Program Doktor Ilmu Pangan

A. VISI, MISI, DAN TUJUAN

Visi

Menjadi program studi doktor di bidang ilmu pangan yang mampu menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan inovatif dalam penelitan dan pengembangan pangan berbasis sumber daya lokal di tingkat internasional.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan doktor di bidang ilmu pangan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang mandiri dalam mengelola, memimpin, dan mengembangkan penelitian serta berperan nyata dalam kehidupan masyarakat global.
  2. Menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu pangan berbasis sumber daya lokal yang relevan dalam menyelesaikan permasalahan terkini untuk mendukung pembangunan nasional melalui sinergi dengan disiplin keilmuan lain
  3. Berperan aktif dalam difusi karya penelitian inovatif dan aplikatif untuk memberikan nilai tambah bagi masyarakat

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan kebaruan di bidang ilmu pangan secara mandiri melalui penelitian dengan pendekatan inter, multi atau trans disipliner
  2. Menghasilkan penelitian dalam bidang ilmu pangan yang dapat dipublikasikan di tingkat internasional
  3. Menghasilkan karya inovatif dan aplikatif yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia.

 

B. Capaian pembelajaran PSDIP:

  1. Mampu melakukan pengembangan ilmu pangan melalui penelitian  secara mandiri, dengan pendekatan inter, multi atau trans disipliner.
  2. Mampu melakukan penelitian terkini, inovatif, dan aplikatif di bidang ilmu pangan sehingga memberikan hasil dan dampak untuk peningkatan daya saing pangan lokal.
  3. Mampu merencanakan, mengelola, memimpin, melaksanakan dan mengembangkan peta jalan (roadmap) penelitian di bidang ilmu pangan melalui pendekatan inter, multi atau trans disiplin yang bermanfaat bagi kemaslahatan umat manusia.
  4. Mampu menghasilkan karya ilmiah yang memiliki kebaruan  inovatif, teruji, dan orisinil di bidang ilmu pangan serta dipublikasikan pada jurnal internasional.

 

C. Kurikulum Program Studi Doktor Ilmu Pangan

Kurikulum Program Studi Doktor Ilmu Pangan (PSDIP) dirancang memberikan fleksibiitas bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang mendukung disertasinya.Total kredit yang harus ditempuh untuk menyelesaiakan program doktor ilmu pangan adalah 42 sks. Beban kredit ini terdiri dari

1) 12 kredit perkuliahan yang terdiri dari 4 sks (2 mata kuliah wajib) dan 8 sks (4 mata kuliah pendukung disertasi);

2) 30 sks untuk disertasi yang terbagi menjadi:

  1. a) Ujian Kualifikasi (1 sks)
  2. b) penulisan proposal dan ujian proposal (2 sks)
  3. b) penelitian dan seminar hasil penelitian (18 sks).
  4. c) publikasi international 2 artikel (4 sks),
  5. d) penulisan disertasi dan ujian disertasi (5 sks).

 

PSDIP memberikan empat pilihan bidang tetapi tidak menutup kemungkinan antar bidang saling berkaitan yaitu Kimia dan Biokimia Pangan, Rekayasa dan Pengolahan Pangan, Mikrobiologi Pangan, dan Nutrisi Pangan.

 

D. MATA KULIAH YANG DITAWARKAN

No. Kode Matakuliah Sks sts Smt
  MATA KULIAH WAJIB
1 IP7101 Filsafat Ilmu dan Metode Penelitian 2 WP 1
2 IP7102 Ilmu Pangan Lanjut 2 WM 1
MATA KULIAH PENDUKUNG DISERTASI
3 IP7103 Kapita Selekta Teknologi Pengolahan Pangan 2 P 1
4 IP7104 Komponen Bioaktif dan Pemanfaatannya 2 P 1
5 IP7105 Derivatisasi Komponen Pangan 2 P 1
6 IP7106 Inovasi Teknologi Pengolahan Pangan 2 P 1
7 IP7107 Ilmu Sensori Pangan 2 P 1
8 IP7108 Teknologi Produksi Senyawa Bioaktif 2 P 1
9 IP7109 Mikrobiologi Pangan Lanjut 2 P 1
10 IP7110 Interaksi Komponen Pangan 2 P 1
11 IP7111 Virologi Pangan 2 P 1
12 IP7112 Bioteknologi Pangan 2 P 1
13 IP7113 Toksikologi Mikroba Pangan 2 P 1
14 IP7114 Nutrisi Molekuler 2 P 1
15 IP7115 Teknik Bioassay 2 P 1
16 IP7116 Fisiologi Nutrisi Pangan 2 P 1
MATA KULIAH DISERTASI
17 IP7001 Ujian Kualifikasi 1 W 2
18 IP7002 Penulisan Proposal dan Ujian Proposal 2 W 2
19 IP7003 Penelitian dan Seminar Hasil penelitian I 6 W 3
20 IP7004 Penelitian dan Seminar Hasil Penelitian II 6 W 4
21 IP7005 Publikasi Ilmiah Internasional I 2 W 5
22 IP7006 Penelitian dan Seminar Hasil Penelitian III 6 W 5
23 IP7007 Publikasi Ilmiah Internasional II 2 W 6
24 IP7008 Penulisan Disertasi dan Ujian Disertasi 5 W 6
Jumah Total Kredit Yang Harus diambil : 42 sks

  

E. DISTRUBUSI MATA KULIAH

Semester Mata Kuliah Kredit (sks)
Semester I Filsafat dan Metode Penelitian Ilmu Pangan 2
Ilmu Pangan Lanjut 2
Matakuliah pendukung disertasi 8
Total Semester I 12
Semester II Ujian kualifikasi 1
Penulisan Proposal dan Ujian Proposal 2
Total Semester II 3
Semester III Penelitian dan Seminar Hasil Penelitian I 6
Total Semester III 6
Semester IV Penelitian dan Seminar Hasil Penelitian II 6
Total Semester IV 6
Semester V Publikasi Ilmiah Internasional  I 2
Penelitian dan Seminar Hasil Penelitian III 6
Total Semester V 8
Semester VI Publikasi Ilmiah Internasional II 2
Penulisan Disertasi dan Ujian Disertasi 5
Total Semester VI 7

 

F. Persyaratan

Calon Pendaftar Program Doktor Ilmu Pangan Universitas Brawijaya harus memenuhi persyaratan administrasi sebagai berikut:

  1. Foto copy  Ijazah S1 dan S2 yang telah disahkan (legalisir)
  2. Foto copy daftar nilai / transkrip nilai S1 dan S2 yang telah disahkan
  3. Surat rekomendasi dari tiga orang yang dapat dianggap mampu memberikan kelayakan akademik pelamar
  4. Rencana Penelitian
  5. Karya Ilmiah setelah lulus kesarjanaannya (tidak waijb)
  6. Riwayat hidup / curriculum vitae
  7. Surat keterangan kesehatan
  8. Surat tugas/ijin dari atasan (jika pelamar telah bekerja) bahwa yang bersangkutan dibebaskan dari tugas-tugas instansi.
  9. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6
  10. Surat keterangan penyandang dana dan penanggung jawab studi
  11. Foto copy sertifikat TPA OTO-BAPPENAS dan sertifikat TOEFL dari lembaga yang telah diakui oleh Pascasarjana FTP UB, masing-masing skor minimum 500

 

G. Biaya Pendidikan

  1. Pendaftaran : Rp. 300.000,00
  2. Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester : Rp. 11.500.000,-

H. Prosedur  Pendaftaran

  1. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu) melalui Bank Mandiri (via teller, ATM, internet banking). Tata cara pembayaran sebagai berikut :
    1. Melalui Teller Bank Mandiri
      • Datang ke Cabang Bank Mandiri terdekat
      • Mengisi formulir setor tunai/transfer/multipayment (warna biru) dengan mencantumkan “Pendaftaran Pasca FTP UB” di kolom berita pada slip setoran
      • Calon mahasiswa baru langsung menuju ke teller dengan menyebutkan nomor seleksi (610) dan ditambah no hp (081XXXXX), Contoh : 610081XXXXX
      • Jika tagihan sesuai (Rp.300.000) bayar ke Petugas Teller Bank Mandiri dan menerima bukti pembayaran. Pada bukti pembayaran akan tercetak NP dan PIN yang digunakan untuk login di selma.ub.ac.id, untuk melakukan pendaftaran online.
      • Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.
    2. Pembayaran Melalui Mesin ATM Mandiri
      • Masukkan Kartu ATM Bank Mandiri
      • Pilih : Bahasa Indonesia
      • Ketik : Nomor PIN ATM
      • Pilih : Menu Pembayaran/Pembelian
      • Pilih : Multipayment
      • Masukkan Kode : 10006 (Universitas Brawijaya) kemudian tekan ’BENAR
      • Ketik : Nomor Seleksi (610) dan ditambah no hp (081XXXXX), contoh: 610081XXXXX. tekan ’BENAR
      • Layar akan menampilkan identitas jumlah pembayaran Saudara kemudian tekan ’1’ jika data telah sesuai
      • Untuk melakukan eksekusi tekan ’YA’, untuk pembatalan tekan ’TIDAK’
      • Pada bukti pembayaran akan tercetak NP dan PIN yang digunakan untuk login di selma.ub.ac.id, untuk melakukan pendaftaran online.
      • Transaksi telah selesai. Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.
    3. Pembayaran Melalui Internet Banking Bank Mandiri
      • Login ke : www.bankmandiri.co.id dengan User ID dan PIN internet banking Bank Mandiri anda
      • Pilih : Menu Pembayaran
      • Pilih : Menu Pendidikan
      • Pada combo box ’Dari Rekening’, pilih rekening yang akan digunakan untuk bertransaksi
      • Pada combo box ’Penyedia Jasa’, pilih ’10006’ (kode Universitas Brawijaya)
      • Ketik : Nomor Seleksi (610) dan ditambah no hp (081XXXXX), contoh: 610081XXXXX , pada kotak isian yang tersedia kemudian klik ’Lanjutkan’ kemudian identitas Saudara akan muncul berikut biaya pendidikan yang harus dibayarkan kemudian cantumkan tanda ’v
      • Jika data telah sesuai, klik tombol ’Lanjutkan
      • Masukkan PIN Mandiri (6 digit) yang diperoleh dari token PIN Mandiri lalu klik tombol ’Kirim
      • Tunggu respon dari sistem internet banking untuk status transaksi. Jika berhasil, Saudara akan mendapatkan Nomor Transaksi serta NP dan PIN yang digunakan untuk login di selma.ub.ac.id, untuk melakukan pendaftaran online.. Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.
  2. Mendapatkan bukti pembayaran pendaftaran yang didalamnya terdapat PIN dan nomor pendaftaran.
  3. NB : Tanggal Pembayaran akan menentukan gelombang masuk pendaftaran, jadi setelah membayar di Bank diharapkan langsung segera mengisi formulir di http://selma.ub.ac.id/wp-app/pendaftaran/pasca_ub jika tidak akan dinyatakan hangus apabila melebihi tanggal gelombang pendaftaran.
  4. Melakukan pendaftaran secara online dengan melengkapi data-data yang diperlukan melalui situs resmi seleksi masuk mahasiswa Program Pascasarjana FTP Universitas Brawijaya [http://selma.ub.ac.id/wp-app/pendaftaran/pasca_ub] , dengan memasukkan PIN dan nomor pendaftaran.
  5. Pengumuman selanjutnya mengenai seleksi dan pengumuman lain akan diumumkan melalui website selma.ub.ac.id

I. Pendaftaran Online

  1. Berikut adalah link pendaftaran online Pascasarjana FTP UB, gunakan Nomor Pendaftaran dan PIN yang didapat dari Bank untuk login.
    http://selma.ub.ac.id/wp-app/pendaftaran/pasca_ub
  1. Nomor Pendaftaran yang didapat dari Biaya pendaftaran berlaku hanya sampai batas akhir pendaftaran dari tiap-tiap gelombang
    Contoh : nomor pendaftaran gelombang 1 tidak bisa digunakan untuk pendaftaran gelombang 2 (hangus).

J. Dokumen Yang Perlu Diupload Online

Ukuran dokumen harus diatas 100kb dan dibawah 500kb, format JPEG/JPG/PNG/PDF/DOC/DOCX

  1. Salinan ijazah S1 dan S2 yang telah dilegalisir
  2. Salinan transkrip nilai S1 dan S2 (IPK minimal 3.00) yang telah dilegalisir
  3. Curiculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup *
  4. Surat rekomendasi dari 3 orang yang dianggap dapat memberikan penilaian kelayakan akademik *
  5. Surat Ijin belajar dari atasan, jika pelamar telah bekerja *
  6. Surat keterangan kesehatan
  7. Surat keterangan tentang sumber dana *

*)  Bisa Download di Formulir Pendaftaran S3

Formulir Pendaftaran S3

 

K. Contact Person :

  1. Judo Purwanto, SE. (HP. 08155555269, Email : judopurwanto2@gmail.com)
  2. Eko Yuli Purwanto, S.AB. (HP. 081336077783, Email: ekoftpakademik@gmail.com)

 

L. Tenaga Pengajar

NO NAMA NO NAMA
1. Prof.  Dr. Ir. Simon Bambang W.,M.App.Sc 12. Dr. Agustin Krisna Wardani, STP, MSi
2. Prof. Dr. Ir. Harijono, M.App.Sc 13. Dr. Widya Dwi Rukmi Putri, STP, MP
3. Prof. Dr. Ir. Yunianta, DEA 14. Dr. Erryana Martati, STP, MP
4. Prof. Dr. Teti Estiasih, STP, MP 15. Erni Sofia Murtini, STP, MP, PhD
5. Prof. Muhaimin Rifai, PhD, Med.Sc 16. Dr. Siti Narsito Wulan, STP, MP
6. Dr. Ir. Tri Dewanti Widyaningsih, M.Kes 17. Kiki Fibrianto, STP, M.Phil, PhD
7. Dr. Ir. Sudarminto Setyo Yuwono, M.App.Sc 18. Dr. Rurini Retnowati, M.Si.
8. Dr. Ir. Elok Zubaidah, MP 19. Dr. Ir. Anang Lastriyanto, M.Si.
9. Dr. Ir. Joni Kusnadi, M.Si 20. dr. Hidayat Suyuti, SpM, PhD
10. Dr. Ir. Aji Sutrisno, M.Sc