Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas (SPKPD) Universitas Brawijaya 2017

Pendahuluan

Seleksi Program Khusus Penyandang Disabilitas (SPKPD) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Brawijaya (UB) yang diperuntukkan bagi penyandang disabiitas. Panitia SPKPD akan melakukan rangkaian seleksi terhadap calon mahasiswa penyandang disabilitas yang memiliki kapabilitas sesuai dengan jurusan yang dipilih. Setiap penyandang disabilitas memiliki kesempatan untuk memperoleh beasiswa dengan persyaratan masingmasing beasiswa. Rangkaian SPKPD yaitu:

  • Tahap 1: Pendaftaran peserta SPKPD
  • Tahap 2: Simulasi materi dasar dalam perkuliahan yaitu Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia & Bahasa Inggris yang akan dilaksanakan selama satu hari
  • Tahap 3: Psikotes dan tes kesehatan selama satu hari
  • Tahap 4: Tes wawancara terhadap calon mahasiswa & orang tua calon mahasiswa selama satu hari
  • Tahap 5: Pengumuman hasil penerimaan & pemberkasan

Prosedur Pendaftaran

  1. Mengunduh (download) formulir pendaftaran
    FORM PENDAFTARAN SPKPD
    – SURAT KETERANGAN DISABILITAS DARI DOKTER
    – SURAT PERNYATAAN ORANG TUA
    – REKOMENDASI GURU ATAU TENAGA PROFESIONAL
  2. Mengisi formulir pendaftaran dan mengirimkan formulir pendaftaran ke email: penerimaan.psldub@gmail.com atau psldbrawijaya@ub.ac.id;
  3. Peserta yang lolos seleksi administrasi membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 500.000,- pada Bank BNI di semua cabang seluruh Indonesia dan kemudian akan dilakukan pemanggilan untuk mengikuti rangkaian tes selanjutnya di Universitas Brawijaya;
  4. Keputusan yang dibuat oleh panitia SPKPD tidak dapat diganggu gugat.

Persyaratan Umum

  1. Peserta SPKPD adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dan penyandang disabilitas;
  2. Calon Mahasiswa mampu melakukan imbulasi atau mobilitas dengan atau tanpa alat bantu;
  3. Lulus dari satuan pendidikan dan ujian nasional SMA/MA/SMK/SMA LB pada tahun 2015, 2016 atau 2017.

Jadwal SPKPD 2017

  • 13 Juni – 7 Juli 2017 Pendaftaran SPKPD Online
  • 10 Juli 2017 Verifikasi Data
  • 11 Juli 2017 Pengumuman Seleksi Administrasi
  • 12 Juli – 17 Juli 2017 Pembayaran Biaya Pendaftaran
  • 18 Juli 2017 Psikotes dan Tes Kesehatan
  • 19 Juli 2017 Simulasi Perkuliahan
  • 20 Juli 2017 Tes Wawancara
  • 25 Juli 2017 Pengumuman Akhir

Berkas yang dibawa dan diserahkan pada saat mengikuti rangkaian tes SPKPD:

  1. Bukti pembayaran biaya pendaftaran;
  2. Kartu tanda peserta SPKPD;
  3. Pas foto 4×6 sebanyak 3 lembar (berwarna/hitam putih);
  4. Kartu identitas (KTP/Kartu pelajar/SIM/Paspor) dan menyerahkan copy sebanyak 2 lembar;
  5. Ijazah SMA/SMK/SMA LB/MA atau sederajat dan menyerahkan copy sebanyak 2 lembar;
  6. Rapor SMA/SMK/SMA LB/MA atau sederajat dan menyerahkan copy sebanyak 2 lembar;
  7. Akta kelahiran dan Kartu Keluarga (C1) dan menyerahkan copy sebanyak 2 lembar;
  8. Surat keterangan perihal disabilitas yang dialami dari Dokter/Rumah Sakit/Puskesmas dan menyerahkan copy sebanyak 2 lembar. Format surat keterangan disabilitas dapat diunduh di website seleksi masuk UB: www.selma.ub.ac.id atau di website PSLD UB: www.psld.ub.ac.id;
  9. Surat rekomendasi guru atau wali kelas SMA/SMK/SMA LB/MA atau sederajat. Format surat rekomendasi dapat diunduh di website seleksi masuk UB: www.selma.ub.ac.id atau di website PSLD UB: www.psld.ub.ac.id;
  10. Slip gaji orang tua (maksimal 2 bulan terakhir) dan menyerahkan copy sebayak 2 lembar;
  11. Jika poin (j) dan (k) tidak dapat dipenuhi, maka peserta dapat menyerahkan surat keterangan RT/RW tentang kondisi perekonomiannya;
  12. Surat penghargaan atau sertifikat prestasi tertentu (bagi yang memilikinya) dan menyerahkan copy sebanyak 2 lembar.

Daftar Fakultas/Jurusan/Program Studi/Peminatan yang ditawarkan SPKPD UB 2017:

Program Sarjana:

  1. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
    Sosiologi, Ilmu Komunikasi, Psikologi, Hubungan Internasional, Ilmu Politik, Ilmu Pemerintahan
  2. Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Islam, Manajemen, Akuntansi
  3. Fakultas Ilmu Administrasi
    Ilmu Administrasi Publik, Pariwisata, Ilmu Administrasi Bisnis
  4. Fakultas Hukum
    Ilmu Hukum
  5. Fakultas Ilmu Budaya
    Sastra Inggris, Sastra Cina, Sastra Jepang, Sastra Perancis, Antropologi Sosial, Seni Rupa Murni, Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris, Pendidikan Bahasa dan Sastra Jepang, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  6. Fakultas Teknik
    Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknin Kimia, Teknik Elektro, Teknik Industri, Arsitektur, Teknik Pengairan, Perencanaan Wilayah dan Kota
  7. Fakultas Teknologi Pertanian
    Ilmu dan Teknologi Pangan, Bioteknologi, Keteknikan Pertanian, Teknik Lingkungan, Teknologi Industri Pertanian
  8. Fakultas Pertanian
    Agribisnis, Agroekoteknologi
  9. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
    Manajemen Sumber Daya Perikanan, Budidaya Perairan, Ilmu Kelautan, Agrobisnis Perairan, Ilmu Kelautan, Agrobisnis Perikanan, Teknologi Hasil Perikanan, Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan
  10. Fakultas Matematika IPA
    Biologi, Kimia, Fisika, Matematika, Statistika, Teknik Geofisika
  11. Fakultas Imu Komputer
    Teknik Informatika, Sistem Informasi, Pendidikan Teknologi Informasi
  12. Program Vokasi (D3)
    Kesekretariatan
    • Bidang Keahlian Sekretaris
    • Bidang Keahlian Public Relation
    • Bidang Keahlian Bahasa Inggris
    • Bidang Keahlian Perpustakaan & Arsip
    • Bidang Keahlian Perancangan Peraturan & Kontrak Bisnis
    Keuangan & Perbankan
    • Bidang Keahlian Perbankan
    • Bidang Keahlian Perpajakan
    • Bidang Keahlian Akuntansi Perpajakan
    Usaha Perjalanan Wisata
    • Bidang Keahlian Pariwisata
    • Bidang Keahlian Perhotelan
    Manajemen Informatika & Teknik Komputer
    • Bidang Keahlian Teknologi Informasi & Komputer
    • Bidang Keahlian Manajemen Informatika
    • Bisnis & Multimedia
    • Bidang Keahlian Desain Komunikasi Visual
    • Bidang Keahlian Pertelevisian & Film
    • Bidang Keahlian Desain Interior