Seleksi Mandiri Penyandang Disabilitas untuk Pascasarjana Interdisipliner 2019

Seleksi Mandiri Penyandang Disabilitas untuk Pascasarjana Interdisipliner 2019

 

Penyandang disabilitas yang hendak masuk di Program Pascasarjana Interdisipliner harus mengikuti proses pendaftaran Gelombang III Pascasarjana Interdisipliner, yaitu:

 

Pendaftaran Online     : 15 Juli-16 Agustus 2019

Seleksi Administrasi    : 19-20 Agustus 2019

Ujian Masuk                : 19-23 Agustus 2019

Wawancara                 : 21-22 Agustus 2019

Pengumuman             : 26 Agustus 2019

Daftar Ulang                : Sesuai Kalender Akademik UB 2019

 

Syarat Pendaftaran Program Pascasarjana Interdisipliner

Pelamar mengajukan permohonan secara tertulis kepada Direktur Program Pascasarjana Universitas dengan alamat:

Program Pascasarjana Universitas Brawijaya
Jalan Mayjen Haryono 169- Malang 65144

 

Permohonan dibuat rangkap (3) tiga, masing-masing dilampiri:

  1. Surat rekomendasi akademik dari dua orang (untuk Program S2) tiga orang (untuk Program S3) yang di anggap dapat memberikan penilaian kelayakan akademik pelamar.
  2. Surat tugas/ijin dari atasan (jika pelamar sudah bekerja) bahwa yag bersangkuatan dibebaskan dari tugas-tugas instansi.
  3. Surat keterangan tentang sumber dana dan/atau penanggungjawab dana studi. Daftar riwayat hidup.
  4. Salinan ijasah sarjana/magister yang telah disahkan.
  5. Salinan daftar nilai (transkrip) yang telah disahkan.
  6. Yang dari Perguruan Tinggi Swasta harus menyerahkan nilai Ujian Negara.
  7. Karya ilmiah setelah lulus kesarjanaannya (apabila ada).
  8. Surat Keterangan Kesehatan.
  9. Salinan sertifikat TPA-OTO Bappenas.
  10. Salinan sertifikat TOEFL.
  11. Pas foto terbaru ukuran 4 x 6 (4 lembar) berwarna.
  12. Surat keterangan disabilitas yang dialami dari dokter/rumah sakit/Puskesmas dan menyerahkan fotokopinya sejumlah 2 lembar. Format surat keterangan disabilitas: https://siam.ub.ac.id/u/SURAT_KETERANGAN_DISABILITAS.docx

 

 

Biaya Pendidikan

 

Kelas Reguler I

Program Pascasarjana (S2) Magister:

Biaya Pendaftaran

SPP Per Semester

Biaya yang dibayarkan sekali selama studi:

Ordik

Ormawa

Perpustakaan

Layanan IT

Jas dan Jaket Almamater

 

Rp. 1.250.000,-

Rp. 8.500.000,-

 

Rp. 325.000,-

Rp. 400,000,-

Rp. 200,000,-

Rp. 200.000,-

Rp. 275.000,-

Program Doktor Ilmu Lingkungan

Biaya Pendaftaran

SPP Per Semester

Biaya yang dibayarkan sekali selama studi:

Ordik

Ormawa

Perpustakaan

Layanan IT

Jas dan Jaket Almamater

 

Rp. 1.250.000,-

Rp. 10.000.000,-

 

Rp. 325.000,-

Rp. 400.000,-

Rp. 200.000,-

Rp. 200.000,-

Rp. 275.000,-

 

Kelas Reguler II

Program Pascasarjana (S2) Magister :

Biaya Pendaftaran

SPP Per Semester

Biaya yang dibayarkan sekali selama studi:

Ordik

Ormawa

Perpustakaan

Layanan IT

Jas dan Jaket Almamater

 

Rp. 1.250.000,-

Rp. 10.000.000,-

 

Rp. 325.000,-

Rp. 400,000,-

Rp. 200,000,-

Rp. 200.000,-

Rp. 275.000,-

Program Doktor Ilmu Lingkungan

Biaya Pendaftaran

SPP Per Semester

Biaya yang dibayarkan sekali selama studi:

Ordik

Ormawa

Perpustakaan

Layanan IT

Jas dan Jaket Almamater

 

Rp. 1.250.000,-

Rp. 15.000.000,-

 

Rp. 325.000,-

Rp. 400.000,-

Rp. 200.000,-

Rp. 200.000,-

Rp. 275.000,-

 

 

Prosedur Pendaftaran

  • Mendapatkan nomor pendaftaran dan PIN yang didapat setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran dan biaya tes seleksi masuk sebesar Rp. 1.25000 melalui  Bank Mandiri/BRI di seluruh Indonesia.
  • Tata Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri
    • Membayar biaya pendaftaran melalui Bank Mandiri (via teller, ATM, internet banking). Tata cara pembayaran sebagai berikut :
      • Melalui Teller Bank Mandiri
        • Datang ke Cabang Bank Mandiri terdekat
        • Mengisi formulir setor tunai/transfer/multipayment (warna biru) dengan mencantumkan “Pendaftaran Program Pascasarjana Interdispiliner” di kolom berita pada slip setoran
        • Calon mahasiswa baru langsung menuju ke teller dengan menyebutkan nomor seleksi (471) dan ditambah no hp (081XXXXX), Contoh : 471081XXXXX
        • Bayar ke Petugas Teller Bank Mandiri dan menerima bukti pembayaran. Pada bukti pembayaran akan tercetak NP dan PIN yang digunakan untuk login di selma.ub.ac.id, untuk melakukan pendaftaran online.
        • Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.
      • Pembayaran Melalui Mesin ATM Mandiri
        • Masukkan Kartu ATM Bank Mandiri
        • Pilih    : Bahasa Indonesia
        • Ketik   : Nomor PIN ATM
        • Pilih    : Menu Pembayaran/Pembelian
        • Pilih    : Multipayment
        • Masukkan Kode : 10006(Universitas Brawijaya) kemudian tekan ’BENAR
        • Ketik   : Nomor Seleksi (471) dan ditambah no hp (081XXXXX), contoh: 471081XXXXX. tekan ’BENAR
        • Layar akan menampilkan identitas jumlah pembayaran Saudara kemudian tekan ’1’ jika data telah sesuai
        • Untuk melakukan eksekusi tekan ’YA’, untuk pembatalan tekan ’TIDAK’
        • Pada bukti pembayaran akan tercetak NP dan PIN yang digunakan untuk login di selma.ub.ac.id, untuk melakukan pendaftaran online.
        • Transaksi telah selesai. Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.
      • Pembayaran Melalui Internet Banking Bank Mandiri
        • Login ke         : bankmandiri.co.iddengan User ID dan PIN internet banking Bank Mandiri anda
        • Pilih    : Menu Pembayaran
        • Pilih    : Menu Pendidikan
        • Pada combo box ’Dari Rekening’, pilih rekening yang akan digunakan untuk bertransaksi
        • Pada combo box ’Penyedia Jasa’, pilih ’10006’ (kode Universitas Brawijaya)
        • Ketik   : Nomor Seleksi (471) dan ditambah no hp (081XXXXX), contoh: 471081XXXXX , pada kotak isian yang tersedia kemudian klik ’Lanjutkan’ kemudian identitas Saudara akan muncul berikut biaya pendidikan yang harus dibayarkan kemudian cantumkan tanda ’v
        • Jika data telah sesuai, klik tombol ’Lanjutkan
        • Masukkan PIN Mandiri(6 digit) yang diperoleh dari token PIN Mandiri lalu klik tombol ’Kirim
        • Tunggu respon dari sistem internet banking untuk status transaksi. Jika berhasil, Saudara akan mendapatkan Nomor Transaksi serta NP dan PINyang digunakan untuk login di selma.ub.ac.id, untuk melakukan pendaftaran online. Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.
  • Setelah mendapatkan nomor pendaftaran dan PIN, calon pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi semua berkas pendaftaran di website pendaftaran Universitas Brawijayahttps://selma.ub.ac.id/wp-app/pendaftaran/pasca_ub
  • Menunggu informasi proses wawancara yang akan diumumkan di website ppsub.ub.ac.id / Selma Universitas Brawijaya.
  • Semua berkas pendaftaran wajib dibawa saat wawancara (rangkap 3) termasuk berkas yang telah diunggah.
  • Berkas tambahan yang perlu dibawa saat wawancara (rangkap 3):
    • Daftar riwayat hidup (Format sendiri)
    • Pendaftar Beasiswa BPDN harus membawa berkas-berkas Beasiswa BPDN
    • Karya ilmiah setelah lulus sarjana/magister (wajib ada) untuk pelamar S3
    • Salinan tesis untuk pelamar S3
    • Rencana proposal disertasi bagi pelamar Program Doktor untuk pelamar S3