Seleksi Mandiri Penyandang Disabilitas 2022

PENGUMUMAN SELEKSI SMPD UB
TAHUN 2022

 

PENGUMUMAN

Seleksi Mandiri Penyandang Disabilitas (SMPD) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Brawijaya (UB) yang diperuntukkan bagi penyandang disabilitas. Panitia SMPD melakukan rangkaian seleksi terhadap calon mahasiswa penyandang disabilitas yang memiliki kapabilitas sesuai dengan jurusan yang dipilih.

SMPD

RANGKAIAN SMPD
  1. Pendaftaran peserta SMPD.
  2. Seleksi administrasi (berdasarkan Nilai Rapor, Prestasi Akademik dan Non Akademik)
  3. Psikotes (College Readiness dan Digital Literacy), Tes Pengetahuan Umum, Matematika, dan Bahasa Indonesia secara online bagi yang lolos seleksi administrasi.
  4. Wawancara verifikasi kondisi disabilitas calon mahasiswa disabilitas secara online bagi yang lolos Tes Pengetahuan Umum, Matematika dan Bahasa Indonesia
  5. Wawancara dengan Ketua Jurusan/Ketua Program Studi secara online bagi yang lolos seleksi wawancara verifikasi.
  6. Pengumuman hasil seleksi.
JADWAL SMPD
23 Mei s.d 30 Juni 2022 Sosialisasi dan Pengumuman
27 Mei  – 18 Juni 2022 Pendaftaran Online, Pembayaran, dan Pengunggahan Berkas
23 Juni 2022 Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi
27 – 29 Juni 2022 Psikotes (College Readiness dan Digital Literacy), Tes Pengetahuan Umum, Matematika, dan Bahasa Indonesia
2 Juli 2022 Pengumuman Hasil Psikotes (College Readiness dan Digital Literacy), Tes Pengetahuan Umum, Matematika, dan Bahasa Indonesia
5 – 6 Juli 2022 Wawancara Verifikasi Kondisi Disabilitas
7 – 8 Juli 2022 Wawancara Kaprodi/Kajur
17 Juli 2022 Pengumuman Akhir
PERSYARATAN UMUM

Pendaftar Seleksi Mandiri harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Penyandang disabilitas;
  3. Lulusan SMA/SMK/MA/SMALB atau sederajat tahun 2020, 2021, dan 2022;
    1. Bagi lulusan SMA/SMK/MA/ SMALB atau sederajat dan Paket C tahun 2020 dan 2021 harus sudah memiliki ijazah;
    2. Bagi lulusan SMA/SMK/MA/ SMALB atau sederajat dan Paket C tahun 2022 yang belum memiliki ijazah maka wajib memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah dan/atau Ijazah. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi identitas diri dan foto berwarna terbaru yang bersangkutan, serta disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto);
  4. Bagi lulusan SMALB yang ingin mengambil prodi/jurusan SAINTEK, maka bisa mengisi jurusan asal sekolah IPA, dan bagi yang ingin mengambil prodi/jurusan SOSHUM, maka dapat mengisi jurusan asal sekolah IPS.
  5. Pada bagian pengisian nilai rapor, peserta dari SMALB yang mengisikan asal sekolah IPA dapat mengisikan nilai rapor IPA, dan peserta SMALB yang mengisikan asal sekolah IPS dapat mengisi nilai rapor IPS.
  6. Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri harus memiliki surat penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD;
  7. Memiliki NISN yang terdaftar NPSN;
  8. Calon mahasiswa mampu menggunakan komputer, melakukan imbulasi atau mobilitas dengan atau tanpa alat bantu.
  9. Bagi peserta yang memilih Program Studi Sarjana Seni Rupa Murni atau D4 Desain Grafis, WAJIB mengunggah portofolio dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Satu buah karya gambar naratif dengan teknik menggambar hitam/putih (B/W) sesuai soal/tema yang telah disediakan.
    2. Satu buah karya gambar bentuk (komposisi benda) dengan teknik menggambar berwarna sesuai soal/tema yang telah disediakan.
    3. Satu hingga dua karya 2D (seperti sketsa, gambar, ilustrasi, lukisan) atau karya 3D(seperti patung, keramik, gerabah, miniatur clay, karakter figure).
    4. Seluruh karya dan dokumen isian disusun dalam format PPT dengan ukuran file maksimal 10 MB. Peserta WAJIB menggunakan template untuk file dan dokumen yang disediakan untuk kepentingan penilaian portofolio SMUB 2022. Apabila peserta tidak menggunakan template file dan dokumen yang disediakan, dokumen portofolio yang bersangkutan dapat didiskualifikasi dalam proses penilaian.
      Daftar unduhan:

      1. Template portofolio
      2. Petunjuk penyusunan dokumen portofolio
  10. Khusus bagi pendaftar yang memilih Program Studi D3 Keuangan Perbankan – Bidang Minat Perbankan, terdapat tambahan persyaratan sbb :
    1. Berpenampilan menarik (good looking)
    2. Tinggi badan perempuan minimal 160 cm, laki-laki minimal 165 cm. Berat badan proporsional.
    3. Ramah, komunikatif, bahasa tubuh dan bahasa verbal baik.
    4. Mengirimkan pas foto berwarna ukuran 4×6, foto seluruh badan ukuran post card (harus terlihat dari atas kepala hingga kaki), diunggah pada laman pendaftaran, dan video perkenalan diri full body (bisa dengan format TikTok) tentang latar belakang pendidikan, keluarga, motivasi dll. Menggunakan pakaian formal yaitu untuk laki-laki (kemeja, dan jas), untuk perempuan (kemeja, dan blazer), dengan durasi maksimum 1 menit. Video diunggah di Google Drive menggunakan akun pribadi masing-masing kemudian dibagikan (share). Tautan url dari video tersebut dilampirkan pada pendaftaran online.
TATA CARA PENDAFTARAN
  1. Calon peserta melakukan pengisian data awal di laman https://admisi.ub.ac.id
  2. Gunakan alamat email yang benar dan valid untuk melakukan verifikasi email pendaftar
  3. Pendaftar memilih Pendaftaran SMPD 2022 dan melakukan request kode pembayaran
  4. Apabila proses request berhasil, maka Anda akan memperoleh KODE PEMBAYARAN (13 digit)
  5. Calon peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.350.000 melalui Bank BNI atau Bank Mandiri (Teller, ATM, dan Internet Banking) seluruh Indonesia dengan menyertakan KODE PEMBAYARAN (13 digit) mulai 23 Mei 2022 s.d. 18 Juni 2022
  6. Harap mengikuti tata cara pembayaran berikut:
    1. Tata cara pembayaran melalui Bank BNI
    2. Tata cara pembayaran melalui Bank Mandiri
    3. Tata cara pembayaran melalui Bank BRI
  7. Setelah pembayaran berhasil, peserta melakukan konfirmasi pembayaran pada laman admisi. Harap menggandakan / fotokopi struk bukti bayar setidaknya 1 (satu) lembar sebagai bukti cadangan
  8. Mengisi formulir online dan mengunggah data dukung sebagai berikut.
    1. Bukti pembayaran biaya pendaftaran.
    2. Kartu tanda peserta SMPD 2022.
    3. Pas foto 4×6 sebanyak 2 lembar (berwarna/hitam putih).
    4. Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Kartu Keluarga (KK)).
    5. Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) SMA/SMK/SMALB/MA atau Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Ijazah (apabila sudah ada) untuk lulusan tahun 2022.
    6. Ijazah asli SMA/SMK/SMALB/MA untuk lulusan tahun 2020 dan 2021.
    7. Rapor per semester.
    8. Surat keterangan disabilitas dari rumah sakit/puskesmas/lembaga yang diakui pemerintah dengan stempel resmi dari rumah sakit/puskesmas/lembaga yang diakui pemerintah terkait. Format surat keterangan disabilitas dapat diunduh di https://siam.ub.ac.id/u/SURAT_KETERANGAN_DISABILITAS.docx atau di website PLD UB http://pld.ub.ac.id.
    9. Surat rekomendasi guru/wali kelas/kepala sekolah SMA/SMK/SMALB/MA atau sederajat dengan stempel resmi dari sekolah terkait. Format surat rekomendasi dapat diunduh di https://siam.ub.ac.id/u/REKOMENDASI_GURU.docx atau di website PLD UB http://pld.ub.ac.id.
    10. Slip gaji orang tua (ayah dan ibu) maksimal 2 bulan terakhir.
    11. Jika poin h tidak dapat dipenuhi, peserta dapat menyerahkan surat keterangan penghasilan orang tua dari RT atau pemerintah desa.
    12. Sertifikat keterlibatan di komunitas/organisasi.
    13. Sertifikat prestasi unggul (3 prestasi terbaik) di bidang akademik, olahraga dan seni serta keagamaan.
      1. Tingkat Internasional (Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, Harapan II, Harapan III, Peserta)
      2. Tingkat Regional (Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, Harapan II, Harapan III, Peserta)
      3. Tingkat Nasional (Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, Harapan II, Harapan III, Peserta)
      4. Hafizh Al-Quran (5 Juz, 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz)
    14. Surat Pernyataan Keaslian Dokumen sesuai template dokumen yang disediakan. (silakan unduh disini)
    15. Melakukan finalisasi pendaftaran.
    16. Mencetak kartu peserta seleksi.
  9. Program studi yang ditawarkan terdiri dari 3 (TIGA) kelompok yaitu kelompok SAINTEK, kelompok SOSHUM, CAMPURAN:
    1. Setiap pendaftar hanya dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi dari kelompok SAINTEK atau kelompok SOSHUM dan memenuhi syarat dari masing-masing program studi pada kelompok PS Diploma III, Diploma IV, atau Sarjana
    2. Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPA dapat memilih 2 (dua) program studi CAMPURAN yaitu 1 (satu) kelompok SAINTEK dan 1 (satu) dari kelompok SOSHUM atau keduanya pada bidang SAINTEK atau SOSHUM kelompok PS Diploma III, Diploma IV, atau Sarjana
    3. Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPS hanya dapat memilih 2 (dua) program studi dari kelompok SOSHUM kelompok PS Diploma III, Diploma IV, atau Sarjana
    4. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan
    5. Program studi yang ditawarkan dapat dilihat pada laman Daftar Program Studi.
  10. Informasi lebih detail mengenai pendaftaran SMPD UB akan diumumkan kemudian di laman https://selma.ub.ac.id. Batas terakhir pendaftaran online adalah tanggal 18 Juni 2022.
BIAYA PENDAFTARAN

Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri Penyandang Disabilitas adalah sebesar Rp.350.000 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah).

SELEKSI WAWANCARA

Peserta yang lolos seleksi administrasi akan dihubungi untuk wawancara verifikasi. Peserta yang lolos tes Wawancara Verifikasi akan mengikuti seleksi selanjutnya yaitu Wawancara Kaprodi/Kajur.

Wawancara Verifikasi Konfirmasi kondisi disabilitas, Kesiapan Perkuliahan, dan Literasi Teknologi
Wawancara Kaprodi/Kajur Wawancara dengan Ketua Program Studi dan Ketua Jurusan pilihan calon mahasiswa
No. Fakultas Nama Prodi Jenis Disabilitas yang Diterima
Hambatan Penglihatan Tuli dan/atau Kesulitan Mendengar Hambatan Belajar dan Konsentrasi Hambatan Mobilitas / Disabilitas Fisik
1 Hukum (FH) S1 Ilmu Hukum V V V V
2 Ekonomi dan Bisnis (FEB) S1 Ekonomi Pembangunan X X V V
S1 Akuntansi X V V V
S1 Ekonomi Islam V V V V
S1 Manajemen V V V V
S1 Kewirausahaan V V V V
S1 Ekonomi, Keuangan dan perbankan V V V V
3 Ilmu Administrasi (FIA S1 Administrasi Bisnis V V X V
S1 Administrasi Publik V V V V
S1 Ilmu Perpustakaan V V V V
S1 Pariwisata V V X V
S1 Administrasi Pendidikan V V V V
S1 Perpajakan V V V V
4 Pertanian (FP) S1 Agribisnis X V X V
S1 Agroekoteknologi X X X X
S1 Agribisnis – PSDKU Kediri V V X V
S1 Agroekoteknologi – PSDKU Kediri Menunggu konfirmasi Menunggu konfirmasi Menunggu konfirmasi Menunggu konfirmasi
S1 Kehutanan V X X X
5 Peternakan (FAPET) S1 Peternakan Menunggu konfirmasi Menunggu konfirmasi Menunggu konfirmasi Menunggu konfirmasi
S1 Peternakan – PSDKU Kediri X X X V
6 Teknik(FT) S1 Teknik Pengairan X V X V
S1 Teknik Sipil X X X V
S1 Arsitektur X V X V
S1 Teknik Elektro X X X X
S1 Teknik Industri V V X V
S1 Perencanaan Wilayah dan Kota X V X V
S1 Teknik Mesin Menunggu konfirmasi Menunggu konfirmasi Menunggu konfirmasi Menunggu konfirmasi
7 Kedokteran (FK) S1 Kedokteran X X X X
S1 Kebidanan X X X X
8 Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) S1 Pemanfaatan Sumber Daya Perikanan X X V X
PSDKU Akuakultur X V V X
S1 Ilmu Kelautan X X X X
S1 Teknologi Hasil Perikanan X X X X
S1 Sosial Ekonomi Perikanan PSDKU-Kediri V X X V
S1 Agrobisnis Perikanan X X X X
S1 Budidaya Perairan X X X X
9 Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) S1 Biologi V V X V
S1 Kimia V X V X
S1 Matematika X X X V
S1 Statistika X V V V
S1 Fisika V X V V
10 Teknologi Pertanian (FTP) S1 Ilmu dan Teknologi Pangan V V V X
S1 Teknologi Industri Pertanian X X X V
S1 Bioteknologi V V V V
S1 Teknik Bioproses X X X V
S1 Teknik Pertanian V V X X
S1 Teknik Lingkungan Menunggu Konfirmasi Menunggu Konfirmasi Menunggu Konfirmasi Menunggu Konfirmasi
11 Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) S1 Psikologi V V V V
S1 Sosiologi V V V V
S1 Ilmu Politik V X X V
S1 Ilmu Pemerintahan V V X V
S1 Ilmu Komunikasi V V X V
S1 Hubungan Internasional V X X V
12 Ilmu Budaya S1 Pendidikan Bahasa Inggris V X X V
S1 Bahasa dan Sastra Perancis X X X V
S1 Sastra Cina X X X V
S1 Sastra Inggris V V V V
S1 Seni Rupa Murni X V X V
S1 Pendidikan Bahasa Jepang X X V V
S1 Sastra Jepang X X X V
S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia V X X V
S1 Antropologi X X X V
13 Kedokteran Hewan (FKH) X X X X
14 Ilmu Komputer (FILKOM) S1 Pendidikan Teknologi Informasi X X X V
S1 Teknologi Informasi X X X V
S1 Sistem Informasi V V X V
S1 Teknik Informatika X V V V
S1 Teknik Komputer X V X V
15 Kedokteran Gigi (FKG) X X X X
16 Vokasi (FV) D3 Teknologi Informasi X V X V
D3 Administrasi Bisnis X V X V
D4 Desain Grafis X V X V
D4 Manajemen Perhotelan X X X X
D3 Keuangan dan Perbankan X V X X
17 Ilmu Kesehatan (FIKES) S1 Keperawatan X X X X
S1 Gizi X X X X

Keterangan:
X = Tidak menerima
V = Menerima

Informasi lebih lanjut:
Rumah Layanan Disabilitas
Universitas Brawijaya
Jl. Veteran, Kota Malang, Jawa Timur
0341 575777 ext. 149; +62 811-303-0626
[email protected]
https://pld.ub.ac.id/