Tanggal Penting
PENDAFTARAN GANJIL 2020/2021
No | Kegiatan | Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 | Keterangan |
1 | PENDAFTARAN | 1 Februari s/d 26 Juni 2020 | http://selma.ub.ac.id |
Gelombang I | 1 Februari s/d 10 April 2020 | ||
Gelombang II | 11 April s/d 26 Juni 2020 | ||
2 | SELEKSI SUBSTANSI (TPA & TOEFL) S2 dan S3 | 27 Juni 2020 | FEB UB (jadwal seleksi akan dikirimkan ke Via WA pada calon peserta) |
3 | SELEKSI UJIAN TULIS (S3) | 29 Juni 2020 | |
4 | a. SELEKSI WAWANCARA S3 | 29 Juni 2020 | |
b. SELEKSI WAWANCARA S2 | 30 Juni 2020 | ||
5 | PENGUMUMAN HASIL SELEKSI | 3 Juli 2020 | Hasil seleksi akan diumumkan di http://feb.ub.ac.id dan dikirimkan ke Via WA pada calon peserta |
6 | Matrikulasi (bagi calon mahasiswa baru yang diwajibkan untuk mengikuti berdasarkan hasil seleksi administrasi dan wawancara) | Juli 2020 | FEB UB |
7 | Daftar Ulang | (disesuaikan dengan kalender akademik UB) | |
8 | Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 | (disesuaikan dengan kalender akademik UB) |
A. Visi, Misi, danTujuan
Visi
Menjadi Program Magister Manajemen bertaraf bereputasi Internasional yang mengedepankan etika, jiwa kewirausahaan, Kepemimpinan, dan pengetahuaan berbasis penelitian.
Misi
- Menyelenggarakan Pendidikan Magister Manajemen bereputasi Internasional yang beretika dan berjiwa kewirausahaan.
- Mengembangkan ilmu manajemen secara berkelanjutan melalui penelitian yang inovatif.
- Mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholders yang memberikan kontribusi kepada masyarakat.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan manajerial, kepribadian yang mandiridan mampu mengembangkan keilmuannya; dan kemampuan yang cukup untuk digunakan sebagai bekal melanjutkan studi pada jenjang yang lebih tinggi.
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan bidang keahlian manajemen (manajemen produksi dan operasional, manajemen sumberdaya manusia, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, dan manajemen strategik).
- Menghasilkan lulusan yang mampu melaksanakan penelitian sesuai dengan bidangnya.
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengambil keputusan dan memberikan solusi, berdasarkan analisis ilmu manajemen yang sesuai dengan nilai-nilai etika.
- Menghasilkan lulusan yang mampu berperan aktif dalam memecahkan permasalahan manajemen di masyarakat.
B. Kurikulum dan Beban Studi
Kurikulum PSMM FEB UB terstruktur dalam 4 (empat) Kelompok Mata kuliah,yakni: (1) Mata kuliah Wajib Program, (2) Mata kuliah Wajib Minat, (3) Mata kuliah Pilihan, dan (4) Tesis. Beban studi Program Magister adalah 51 (lima puluh satu) SKS. Distribusi beban studi menurut Kelompok Mata Kuliah adalah sebagai berikut:
Kelompok Mata Kuliah | Beban SKS |
Wajib Program | 24 |
Wajib Minat/Konsentrasi | 9 |
Pilihan | 3 |
Tesis | 15 |
Total Program Studi | 51 |
Matakuliah
Nama matakuliah pada Program Magister Manajemen menurut Kelompok Matakuliah beserta beban SKS-nya adalah seperti berikut ini:
Matakuliah Wajib Program Studi
No. | Nama Mata Kuliah | sks | smt |
1. | Aplikasi Teori Ekonomi di bidang Manajemen | 3 | I |
2. | Manajemen Stratejik | 3 | I |
3. | Manajemen SDM Stratejik | 3 | I |
4. | Manajemen Keuangan Stratejik | 3 | I |
5. | Manajemen Pemasaran Stratejik | 3 | I |
6. | Manajemen Operasional Stratejik | 3 | II |
7. | Entrepreneurship & Business Ethics | 3 | II |
8. | Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif untuk Manajemen | 3 | II |
Jumlah sks | 24 |
Matakuliah Pilihan
No. | Nama Mata Kuliah | sks | smt |
1. | Leadership | 3 | II |
2. | Cross Cultural Management | 3 | II |
3. | Business Experience | 3 | II |
4. | Akuntansi Manajemen | 3 | II |
5. | Teknik Pengambilan Keputusan dalam Manajemen | 3 | II |
6. | Manajemen Resiko | 3 | II |
7. | Social and Public Entrepreneurship | 3 | II |
Jumlah sks | 21 |
Catatan :
- Mahasiswa wajib memilih satu Matakuliah (3 sks).
- Untuk matakuliah pilihan, perkuliahan baru akan dilaksanakan jika jumlah peserta minimal 5 mahasiswa
Matakuliah Minat/Konsentrasi
Minat Manajemen Pemasaran
No | Nama Mata Kuliah | sks | smt |
1. | Perilaku Konsumen | 3 | II |
2. | Riset Pemasaran | 3 | II |
3. | Global Marketing | 3 | II |
Jumlah sks | 9 |
Minat Manajemen Keuangan
No | Nama Mata Kuliah | sks | smt |
1. | Riset Keuangan | 3 | II |
3. | Manajemen Keuangan Internasional | 3 | II |
2. | Manajemen Investasi & Pasar Modal | 3 | II |
Jumlah sks | 9 |
Minat Manajemen Sumberdaya Manusia
No | Nama Mata Kuliah | sks | smt | |
1. | Manajemen Sumberdaya Manusia Internasional | 3 | II | |
2. | Perilaku Organisasi | 3 | II | |
3. | Riset Perilaku Organisasi dan Sumberdaya Manusia | 3 | II | |
Jumlah sks | 9 |
Minat Manajemen Stratejik
No | Nama Mata Kuliah | sks | smt |
1. | Manajemen Global | 3 | II |
2. | Riset Manajemen Stratejik & Entrepreneurship | 3 | II |
3. | Flexibility Manajemen | 3 | II |
Jumlah sks | 9 |
Minat Manajemen Operasional
No | Nama Mata Kuliah | sks | smt |
1. | Internasional Operation Manajemen | 3 | II |
2. | Riset Manajemen Operasional | 3 | II |
3. | Total Quality Manajemen | 3 | II |
Jumlah sks | 9 |
Tugas Akhir
No | Nama Tugas Akhir | sks | smt |
1. | T e s i s | 15 | III/IV |
C. TATA CARA PENDAFTARAN
Program Magister Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk kelas Reguler I (Perkuliahan diselenggarakan pada hari Senin sampai dengan Jumat) dan Reguler II (Perkuliahan diselenggarakan pada hari Jumat Sore dan Sabtu). Pendaftaran mahasiswa baru Program Pascasarjana FEB UB dilakukan secara online melalui website Seleksi Masuk Universitas Brawijaya (SELMA UB): http://selma.ub.ac.id/.
Adapun Tata Cara Pendaftaran adalah sebagai berikut:
- Melakukan pembayaran biaya pendaftaran dan biaya tes seleksi masuk sebesar
Rp. 1.000.000,00 untuk mendapatkan Nomor pendaftaran dan PIN.
https://selma.ub.ac.id/tata-cara-pembayaran/ Gunakan kode bayar: 020 + no ponsel (misal 02008123456789). - Setelah mendapatkan nomor pendaftaran dan PIN, calon pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran (Application Form):
download formulir pendaftaran
Dan melengkapi semua berkas pendaftaran di website pendaftaran Universitas Brawijaya: http://selma.ub.ac.id/wp-app/pendaftaran/pasca_ub
Berkas Pendaftaran yang harus dilengkapi/diisi dan diunggah pada selma.ub.ac.id adalah sebagai berikut:- Salinan Ijazah Sarjana yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang.
- Salinan daftar nilai Sarjana yang telah disahkan pejabat yang berwenang.
Bagi lulusan Perguruan Tinggi Swasta yang lulus sebelum dihapuskannya kebijakan ujian Negara harus menyerahkan nilai ujian Negara. - Salinan sertifikat Akreditasi BAN-PT Program Studi Sarjana yang berlaku saat tahun kelulusan.
- Salinan KTP (Kartu Tanda Penduduk).
- Salinan Sertifikat Test Potensi Akademik (TPA) OTO BAPPENAS atau yang diselenggarakan oleh FEB UB dengan nilai TPA > 450.
- Salinan Sertifikat TOEFL atau IELTS dari lembaga yang diakui oleh FEB UB dengan nilai TOEFL > 500 atau IELTS dengan nilai minimum 5,5.
- Salinan transkrip program Magister yang telah disahkan pejabat yang berwenang, diperuntukkan bagi mahasiswa pindahan.
- Surat rekomendasi dari dua orang yang dianggap mampu memberikan jaminan kelayakan akademik pelamar.
- Surat keterangan kesehatan, termasuk bebas narkoba bagi yang berwenang.
- Surat tugas/ijin dari atasan (jika pelamar telah bekerja) bahwa yang bersangkutan dibebaskan dari tugas-tugas instansi.
- Pas foto berwarna terbaru ukuran 4 X 6 sebanyak 4 lembar berlatar belakang biru.
- Daftar Riwayat Hidup.
- Menunggu informasi proses wawancara yang akan diumumkan di website feb.ub.ac.id / Selma Universitas Brawijaya.
- Berkas yang telah diunggah beserta persyaratan pendaftaran lainnya disusun sesuai daftar urutan dan di jilid cover warna Kuning (rangkap 2). Berkas dapat diserahkan sebelum wawancara.
BIAYA PENDIDIKAN
Reguler I (Perkuliahan diselenggarakan pada hari Senin sampai dengan Jumat) dan Reguler II (Perkuliahan diselenggarakan pada hari Jumat Sore dan Sabtu)
- Pendaftaran : Rp. 1.000.000,00
- Matrikulasi :
- Reguler I : Rp. 2.400.000,00
- Reguler II : Rp. 3.200.000,00
- Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester :
- Reguler I : Rp. 11.500.000,00
- Reguler II : Rp. 13.500.000,00
Tenaga Pengajar
No | NAMA | PENDIDIKAN |
1 | Prof. Dr. H. Moeljadi, SE., SU., M.Sc. | S3 Universitas Airlangga |
2 | Prof. Dr. Surachman, SE., MS.IE. | S3 Universitas Airlangga |
3 | Prof. Armanu, SE., M.Sc., Ph.D. | S3 Central Luzon State University,Philipina |
4 | Prof. Dr. Drs. Margono, SU. | S3 Universitas Brawijaya |
5 | Prof. Dr. Achmad Sudiro, SE., ME. | S3 Universitas Brawijaya |
6 | Prof. Dr. Noermijati, SE., MTM. | S3 Universitas Brawijaya |
7 | Sunaryo, SE., M.Si., Ph.D. | S3 Universiti Sains Malaysia |
8 | Dr. Sudjatno, SE., MS. | S3 Universitas Brawijaya |
9 | Dr. Rofiaty, SE., MM. | S3 Universitas Brawijaya |
10 | Dr. Sumiati, SE., M.Si., CSRS. | S3 Universitas Brawijaya |
11 | Dr. Fatchur Rohman, SE., M.Si. | S3 Universitas Brawijaya |
12 | Dr. Siti Aisjah, SE., MS., CSRS. | S3 Universitas Brawijaya |
13 | Dr. Dra. Nur Khusniyah I., M.Si., CSRS. | S3 Universitas Brawijaya |
14 | Dr. Astrid Puspaningrum, SE., MM. | S3 Universitas Brawijaya |
15 | Dodi Wirawan Irawanto, SE., M.Com., Ph.D. | S3 Massey University, New Zealand |
16 | Dr. Atim Djazuli, SE., MM. | S3 Universitas Brawijaya |
17 | Dr. Kusuma Ratnawati, SE., MM. | S3 Universitas Airlangga |
18 | Dr. Mintarti Rahayu, SE., MS., CSRS | S3 Universitas Brawijaya |
19 | Dr. Andarwati, SE., MM., CSRS. | S3 Universitas Airlangga |
20 | Ainur Rofiq, S.Kom., SE., MM., Ph.D. | S3 University of Southern Queensland, Australia |
21 | Ananda Sabil Hussein, SE., M.Com., Ph.D. | S3 Lincoln University, New Zealand |
22 | Dr. Christin Susilowati, SE., M.Si. | S3 Universitas Brawijaya |
23 | Risna Wijayanti, SE., MM., Ph.D | S3 Universitas Brawijaya |
24 | Dr. Wahdiyat Moko, SE., MM | S3 Universitas Brawijaya |
25 | Dr. Agung Yuniarinto, SE., MM | S3 Universitas Brawijaya |
26 | Dr. Mugiono, SE., MM | S3 Universitas Brawijaya |
27 | Dr. Himmyatul Amanah, JJ., SE., MM | S3 Universitas Brawijaya |
28 | Dr. Desi Tri Kurniawati , SE., MM.
|
S3 Universitas Brawijaya |
29 | Sri Palupi Prabandari , SE., MM., Ph.D
|
S3 Universitas China |
CONTACT PERSON
Nama | Telp Kantor | |
1. Djoko Widodo(Bagian Akademik FEB UB) | (0341) 562154 ext 4314Whatsapp: 081222771820 | pmd.feb@ub.ac.id
|
2. Agus Widodo(Bagian Akademik FEB UB) | (0341) 562154 ext 4314Whatsapp: 081217171211 |