Program Studi Magister Akuntansi

 

PENDAFTARAN GANJIL 2020/2021 

Tanggal Penting

No Kegiatan Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 Keterangan
1 PENDAFTARAN 1 Februari s/d 26 Juni 2020 http://selma.ub.ac.id
Gelombang I 1 Februari s/d 10 April 2020
Gelombang II 11 April s/d 26 Juni 2020
2 SELEKSI SUBSTANSI (TPA & TOEFL) S2 dan S3 FEB UB (jadwal seleksi akan dikirimkan ke Via WA pada calon peserta)
Gelombang I 11 April 2020
Gelombang II 27 Juni 2020
3 SELEKSI UJIAN TULIS (S3)
Gelombang I 13 April 2020
Gelombang II 29 Juni 2020
4  a. SELEKSI WAWANCARA S3
Gelombang I 13 April 2020
Gelombang II 29 Juni 2020
b. SELEKSI WAWANCARA S2
Gelombang I 14 April 2020
Gelombang II 30 Juni 2020
5 PENGUMUMAN HASIL SELEKSI Hasil seleksi akan diumumkan di http://feb.ub.ac.id dan dikirimkan ke Via WA pada calon peserta
Gelombang I 17 April 2020
Gelombang II 3 Juli 2020
6 Matrikulasi (bagi calon mahasiswa baru yang diwajibkan untuk mengikuti berdasarkan hasil seleksi administrasi dan wawancara) Juli 2020 FEB UB
7 Daftar Ulang (disesuaikan dengan kalender akademik UB)
8 Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 (disesuaikan dengan kalender akademik UB)

 

A. Visi, Misi, dan Tujuan

Visi

Menjadi program studi S2 akuntansi bereputasi internasional dalam pengembangan ilmu akuntansi melalui riset yang dilandasi oleh jiwa wirausaha, kesadaran ketuhanan, kemanusiaan, dan lingkungan

 

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan S2 Akuntansi yang mendorong jiwa wirausaha berlandaskan prinsip profesionalisme dan
  2. Menumbuhkan kemampuan riset untuk pengembangan ilmu akuntansi yang berkarakter nilai-nilai lokal dan
  3. Mendukung penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pendidikan dan riset yang diselenggarakan oleh Jurusan Akuntansi sehingga memberi manfaat bagi

 

Tujuan

  1. Menghasilkan sarjana setingkat magister dengan pola piker holistic, dan rasional etis, dalam konteks kekinian.
  2. Menghasilkan ilmu pengetahuan akuntansi dengan karakter multiparadigma pada akuntansi modern secara toritas maupun empiris.
  3. Menghasilkan karya ilmiah yang dapat dimuat pada jurnal terakreditasi.

 

B. Kurikulum dan Beban Studi

Kurikulum program Magister Akuntansi FEB UB merupakan jalur akademik dan dijabarkan dalam beberapa kelompok matakuliah. Matakuliah disusun untuk mengembangkan kemampuan dalam pemecahan masalah manajerial di bidang akuntansi serta mengembangkan pengetahuan melalui penelitian dengan perspektif multiparadigma.

Kurikulum Program Magister Akuntansi Jalur Akademik terdiri dari 3 Kelompok matakuliah, yaitu kelompok matakuliah wajib program, kelompok matakuliah Wajib Peminatan, serta kelompok matakuliah pilihan. Matakuliah wajib peminatan terdiri dari minat Akuntansi Keuangan, minat Akuntansi Sektor Publik, minat Akuntansi Keuangan Syari’ah, minat Akuntansi Perpajakan, minat Akuntansi Manajemen, dan minat Sistem Informasi Akuntansi. Jumlah beban studi Program Magister Akuntansi adalah 45 sks, dengan distribusi beban studi sebagai berikut :

Kelompok Mata Kuliah Jalur Akademik Beban SKS
Wajib Program 24
Peminatan 6
Pilihan 6
Tesis 9
Total Program Studi 45

 

Matakuliah Program Magister Jalur Akademik

Nama matakuliah pada Program Magister Akuntansi Jalur Akademik menurut Kelompok Matakuliah beserta beban SKS-nya adalah seperti berikut ini:

Matakuliah Wajib Program

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Metodologi Penelitian Kualitatif 3 I
2. Metodologi Penelitian Kuantitatif 3 I
3. Etika Profesi dan Tatakelola Perusahaan 3 I
4. Teori Akuntasi Keuangan 3 I
5. Akuntansi Manajemen dan Biaya 3 I
6. Akuntansi Multiparadigma 3 I
7. Auditing dan Assurances 3 II
8. Statistik dan Multivariate 3 II
Jumlah SKS 24

 

Matakuliah Pilihan

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Analisis Keuangan dan Pasar Modal 3 II
2. Auditing Sektor Publik 3 II
3. Disruption dan Modal Ventura 3 II
4. Fiqih Muamalah 3 II
5. Manajemen  Bisnis Syariah 3 II
6. Manajemen Stratejik 3 II
7. Isu-Isu Terkini dalam Perpajakan 3 II
8. Akuntansi Manajemen Digital 3 II
9. Akuntansi Forensik 3 II

 

Catatan :

  1. Mahasiswa Mengambil 6 sks.
  2. Untuk matakuliah ini, perkuliahan baru akan dilaksanakan jika jumlah peserta minimal 5 mahasiswa.

 

Matakuliah Peminatan

Minat Akuntansi Keuangan

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Market Based Accounting Research 3 II
2. Sustinabilitas, Pertanggungjawaban social, dan pelaporan 3 II
Jumlah sks 6

 

Minat Akuntansi Sektor Publik

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Akuntansi Sektor Publik 3 II
2. Sustinabilitas, Pertanggungjawaban social, dan pelaporan 3 II
Jumlah sks 6

 

Minat Akuntansi Keuangan Syari’ah

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Akuntansi Syari’ah 3 II
2. Manajemen Keuangan Syari’ah 3 II
Jumlah sks 6

 

Minat Akuntansi Perpajakan

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Akuntansi Perpajakan 3 II
2. Perencanaan Perpajakan 3 II
Jumlah sks 6

 

Minat Akuntansi Manajemen

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Akuntansi Manajemen Stratejik 3 II
2. Akuntansi Keperilakuan 3 II
Jumlah sks 6

 

Minat Sistem Informasi

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Sistem Informasi Manajemen 3 II
2. Sistem Informasi Akuntansi 3 II
Jumlah sks 6

 

Tugas Akhir

No. Nama Tugas Akhir sks smt
1. Tesis (A) 9 III/IV
Jumlah sks 9

 

 

TATA CARA PENDAFTARAN

Program Magister Akuntansi Program membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk kelas Reguler I (Perkuliahan diselenggarakan pada hari Senin sampai dengan Jumat) dan Reguler II (Perkuliahan diselenggarakan pada hari Jumat Sore dan Sabtu). Pendaftaran mahasiswa baru Program Pascasarjana FEB UB dilakukan secara online melalui website Seleksi Masuk Universitas Brawijaya (SELMA UB): http://selma.ub.ac.id/.

Adapun Tata Cara Pendaftaran adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran dan biaya tes seleksi masuk sebesar
    Rp. 1.000.000,00 untuk mendapatkan Nomor pendaftaran dan PIN.
    https://selma.ub.ac.id/tata-cara-pembayaran/  Gunakan kode bayar: 020 + no ponsel (misal 02008123456789).
  2. Setelah mendapatkan nomor pendaftaran dan PIN, calon pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran (Application Form):
    download formulir pendaftaran
    Dan melengkapi semua berkas pendaftaran di website pendaftaran Universitas Brawijaya:  https://selma.ub.ac.id/wp-app/pendaftaran/pasca_ub
    Berkas Pendaftaran yang harus dilengkapi/diisi dan diunggah pada Selma.ub.ac.id adalah sebagai berikut:

    1. Salinan Ijazah Sarjana yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang.
    2. Salinan daftar nilai Sarjana yang telah disahkan pejabat yang berwenang.
      Bagi lulusan Perguruan Tinggi Swasta yang lulus sebelum dihapuskannya kebijakan ujian Negara harus menyerahkan nilai ujian Negara.
    3. Salinan sertifikat Akreditasi BAN-PT Program Studi Sarjana yang berlaku saat tahun kelulusan.
    4. Salinan KTP (Kartu Tanda Penduduk).
    5. Salinan Sertifikat Test Potensi Akademik (TPA) OTO BAPPENAS atau yang diselenggarakan oleh FEB UB dengan nilai TPA > 450.
    6. Salinan Sertifikat TOEFL atau IELTS dari lembaga yang diakui oleh FEB UB dengan nilai TOEFL > 500 atau IELTS dengan nilai minimum 5,5.
    7. Salinan transkrip program Magister yang telah disahkan pejabat yang berwenang, diperuntukkan bagi mahasiswa pindahan.
    8. Surat rekomendasi dari dua orang yang dianggap mampu memberikan jaminan kelayakan akademik pelamar.
    9. Surat keterangan kesehatan, termasuk bebas narkoba bagi yang berwenang.
    10. Surat tugas/ijin dari atasan (jika pelamar telah bekerja) bahwa yang bersangkutan dibebaskan dari tugas-tugas instansi.
    11. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4 X 6 sebanyak 4 lembar berlatar belakang biru.
    12. Daftar Riwayat Hidup.
  3. Menunggu informasi proses wawancara yang akan diumumkan di website feb.ub.ac.id / Selma Universitas Brawijaya.
  4. Berkas yang telah diunggah beserta persyaratan pendaftaran lainnya disusun sesuai daftar urutan dan di jilid cover warna Merah (rangkap 2). Berkas dapat diserahkan sebelum wawancara.

 

BIAYA PENDIDIKAN

Reguler I (Perkuliahan diselenggarakan pada hari Senin sampai dengan Jumat) dan Reguler II (Perkuliahan diselenggarakan pada hari Jumat Sore dan Sabtu)

  1. Pendaftaran             : Rp. 1.000.000,00
  2. Matrikulasi :
    1. Reguler I : Rp. 1.800.000,00
    2. Reguler II : Rp. 2.700.000,00
  3. Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester :
    1. Reguler I : Rp. 11.500.000,00
    2. Reguler II : Rp. 13.500.000,00

 

 

Tenaga Pengajar

No NAMA PENDIDIKAN
1 Prof. Dr. Bambang Subroto, SE., MM., Ak. S3 Universitas Gadjah Mada
2 Prof. Dr. Drs. Sutrisno T., M.Si., Ak., CA. S3 Universitas Gadjah Mada
3 Prof. Iwan Triyuwono, SE., M.Ec., Ph.D., Ak. S3 University of Wollongong, Australia
4 Prof. Eko Ganis Sukoharsono, SE., M.Com- Hons., Ph.D., Ak., CSRS., CSRA. S3 University of Wollongong, Australia
5 Prof. Gugus Irianto, SE., MSA., Ph.D. Ak. S3 University of Wollongong, Australia
6 Drs. Imam Subekti, M.Si., Ph.D., Ak., CA. S3 University Sains Malaysia
7 Dr. Bambang Hariadi, SE., M.Ec., Ak, CPA. S3 Universitas Brawijaya
8 Dr. Bambang Purnomosidhi, SE., MBA., Ak. S3 Universitas Brawijaya
9 Dr. Rosidi, SE., MM., Ak., CA. S3 Universitas Airlangga
10 Drs. Ali Djamhuri, SE., M.Com., Ph.D., CPA., Ak. S3 University Sains Malaysia
11 Dr. Erwin Saraswati, SE., M.Acc., Ak., CPMA., CSRA., CA. S3 Universitas Indonesia
12 Drs. Nurkholis, M.Bus.(Acc)., Ph.D., Ak., CA. S3 International Islamic University of Malaysia
13 Dr. Dra. Lilik Purwanti, M.Si., Ak., CA. S3 Universitas Brawijaya
14 Dr. Roekhudin, M.Si., Ak., CSRS., CA. S3 Universitas Brawijaya
15 Dr. Drs., Zaki Baridwan, M.Si., Ak., CA. S3 Universitas Brawijaya
16 Dr. Wuryan Andayani, SE., M.Si., Ak. S3 Universitas Gadjah Mada
17 Dr. Dra. Endang Mardiati, M.Si., Ak. S3 Universitas Brawijaya
18 Dr. M. Achsin, SE., MM., CPA., Ak. S3 Universitas Brawijaya
19 Aulia Fuad Rahman, SE., M.Si., DBA., Ak., SAS. S3 University Sains Malaysia
20 Noval Adib, SE., MSA., Ph.D., Ak., CA. S3 University Sains Malaysia
21 Abdul Ghofar, SE., M.Si., DBA., Ph.D., CPMA., Ak., CA. S3 Victoria University
22 Yeney W. Prihatiningtias, SE., MSA., DBA., Ph.D., Ak., CA. S3 University of Canberra, Australia
23 Dr.  Syaiful Iqbal , SE., M.Si., Ak.

 

S3 Universitas Gadjah Mada
24 Dr. Mohamad Khoiru Rusydi, M.Ak., BPK., Ak., CA S3 Universitas Indonesia

 

 

CONTACT PERSON

Nama Telp Kantor Email
  1. Djoko Widodo

(Bagian Akademik FEB UB)

(0341) 562154 ext 4314  

pmd.feb@ub.ac.id

 

  1. Agus Widodo

(Bagian Akademik FEB UB)

(0341) 562154 ext 4314