Program Studi Doktor Ilmu Akuntansi

Tanggal Penting

Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021

No Kegiatan Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 Keterangan
1 PENDAFTARAN 1 Februari s/d 26 Juni 2020 http://selma.ub.ac.id
Gelombang I 1 Februari s/d 10 April 2020
Gelombang II 11 April s/d 26 Juni 2020
2 SELEKSI SUBSTANSI (TPA & TOEFL) S2 dan S3 FEB UB (jadwal seleksi akan dikirimkan ke Via WA pada calon peserta)
Gelombang I 11 April 2020
Gelombang II 27 Juni 2020
3 SELEKSI UJIAN TULIS (S3)
Gelombang I 13 April 2020
Gelombang II 29 Juni 2020
4  a. SELEKSI WAWANCARA S3
Gelombang I 13 April 2020
Gelombang II 29 Juni 2020
b. SELEKSI WAWANCARA S2
Gelombang I 14 April 2020
Gelombang II 30 Juni 2020
5 PENGUMUMAN HASIL SELEKSI Hasil seleksi akan diumumkan di http://feb.ub.ac.id dan dikirimkan ke Via WA pada calon peserta
Gelombang I 17 April 2020
Gelombang II 3 Juli 2020
6 Matrikulasi (bagi calon mahasiswa baru yang diwajibkan untuk mengikuti berdasarkan hasil seleksi administrasi dan wawancara) Juli 2020 FEB UB
7 Daftar Ulang (disesuaikan dengan kalender akademik UB)
8 Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 (disesuaikan dengan kalender akademik UB)

 

Visi, Misi dan Tujuan

Visi

Menjadi Program Doktor Ilmu Akuntansi bereputasi yang mampu melakukan pencerahan intelektual, mental, dan spiritual sumber daya manusia serta melakukan inovasi sebagai kontribusi untuk akuntansi dan peradaban manusia.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Doktor Ilmu Akuntansi dengan pendekatan holistic, etis, kualitas, kontekstual, wawasan lingkungan dan internasional.
  2. Mengakselerasi pengembangan riset dan inovasi dalam bidang akuntansi dengan pendekatan multiparadigma.
  3. Mendukung penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pendidikan dan riset yang diselenggarakan oleh Jurusan Akuntansi sehingga member manfaat bagi stakeholders.

Tujuan

  1. Menghasilkan suber daya manusia yang tercerahkan secara intelektual, mental, dan spiritual yang dicerminkan dalm bentuk kepribadian yang terpuji, arif dan kebijakan dan mampu melakukan inovasi ilmu akuntansi.
  2. Mengahsilkan suber daya manusia yang mampu melkukan penelitian secara mandiri, original, dan distinct untuk memberikan kontribusi pada ilmu akuntansi.
  3. Mengembangkan dan menghasilkan ilmu akuntansi dengan pendekatan multiparadigma yang mengaitkan akuntansi dengan disiplin ilmu lain yang relevan.

 

Kurikulum dan Beban Studi

Kurikulum Program Doktor Ilmu Akuntansi (PDIA) terdiri dari mata kuliah dengan status:

Kelompok Mata Kuliah Beban SKS
Mata Kuliah Wajib Program 21
Mata Kuliah Wajib Minat 6
Mata Kuliah Pilihan 3
Disertasi 28
Total sks 58

 

Matakuliah Program Doktor Ilmu Akuntansi  

Matakuliah Wajib Program

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Filsafat Ilmu 3 I
2. Metodologi Riset Akuntansi Positivisme 3 I
3. Metodologi Riset Akuntansi Interpretivisme 3 I
4. Metodologi Riset Akuntansi Kritisme 3 I
5. English For Academic Writing 3 I
6. Metodologi Riset Akuntansi Posmodemisme 3 II
7. Independent Study (Publikasi Ilmiah) 3 II
8. Disertasi 28 III

 

Matakuliah Wajib Minat

Minat Akuntansi Manajemen

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Riset Akuntansi Manajemen 3 II
2. Riset Manajemen Strategik 3 II

 

Minat Akuntansi Syariah

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Riset Akuntansi Syariah 3 II
2. Riset Pasar Uang dan Modal Syariah 3 II

 

Minat Akuntansi Sektor Publik

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Riset Akuntansi Sektor Publik 3 II
2. Riset Keuangan Negara & Daerah 3 II

 

Minat Akuntansi Keuangan

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Riset Akuntansi Berbasis Pasar 3 II
2. Riset Manajemen Investasi & Pasar Modal 3 II

 

Minat Akuntansi Keberlanjutan

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Riset Akuntansi Keberlanjutan 3 II
2. Riset Corporate Social Responsibility 3 II

 

Minat Pengauditan

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Riset Pengauditan 3 II
2. Riset Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance) 3 II

 

Minat Sistem Informasi Akuntansi

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Riset Sistem Informasi Akuntansi 3 II
2. Riset Akuntansi Digital 3 II

 

Matakuliah Wajib Pilihan

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Akuntansi Keprilakuan 3 II
2. Akuntansi Forensik 3 II
3. Fiqh Untuk Ekonomi 3 II
4. Ekonomi Publik 3 II
5. Sosiologi 3 II
6. Statistika Multivariat 3 II
7. Antropologi 3 II
8. Psikologi 3 II

 

TATA CARA PENDAFTARAN

Program Doktor Ilmu Akuntansi membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk kelas Reguler I (Perkuliahan diselenggarakan pada hari Senin sampai dengan Jumat). Pendaftaran mahasiswa baru Program Pascasarjana FEB UB dilakukan secara online melalui website Seleksi Masuk Universitas Brawijaya (SELMA UB): http://selma.ub.ac.id/.

Adapun Tata Cara Pendaftaran adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran dan biaya tes seleksi masuk sebesar
    Rp. 2.000.000 untuk mendapatkan Nomor pendaftaran dan PIN.
    https://selma.ub.ac.id/tata-cara-pembayaran/  Gunakan kode bayar: 203 + no ponsel (misal 20308123456789)
  2. Setelah mendapatkan nomor pendaftaran dan PIN, calon pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran (Application Form)
    download formulir pendaftaran
    Dan melengkapi semua berkas pendaftaran di website pendaftaran Universitas Brawijayahttps://selma.ub.ac.id/wp-app/pendaftaran/pasca_ub
    Berkas Pendaftaran yang harus dilengkapi/diisi dan diunggah pada Selma.ub.ac.id adalah sebagai berikut:

    1. Salinan Ijazah Sarjana dan Magister yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang.
    2. Salinan daftar nilai Sarjana dan Magister yang telah disahkan pejabat yang berwenang.
      Bagi lulusan Perguruan Tinggi Swasta yang lulus sebelum dihapuskannya kebijakan ujian Negara harus menyerahkan nilai ujian Negara.
    3. Salinan sertifikat Akreditasi BAN-PT Program Studi Magister yang berlaku saat tahun kelulusan.
    4. Salinan KTP (Kartu Tanda Penduduk).
    5. Salinan Sertifikat Test Potensi Akademik (TPA) OTO BAPPENAS atau yang diselenggarakan oleh FEB UB dengan nilai TPA > 500.
    6. Salinan Sertifikat TOEFL atau IELTS dari lembaga yang diakui oleh FEB UB dengan nilai TOEFL > 525 atau IELTS dengan nilai minimum 6.
    7. Salinan transkrip program Doktor yang telah disahkan pejabat yang berwenang, diperuntukkan bagi mahasiswa pindahan.
    8. Surat rekomendasi dari dua orang yang dianggap mampu memberikan jaminan kelayakan akademik pelamar.
    9. Surat keterangan resmi dari penyandang dana studi.
    10. Surat keterangan kesehatan, termasuk bebas narkoba dari instansi yang berwenang.
    11. Surat tugas/ijin dari atasan (jika pelamar telah bekerja) bahwa yang bersangkutan dibebaskan dari tugas-tugas instansi.
    12. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4 X 6 sebanyak 4 lembar berlatar belakang biru.
    13. Daftar Riwayat Hidup.
  3. Menunggu informasi proses wawancara yang akan diumumkan di website feb.ub.ac.id / Selma Universitas Brawijaya.
  4. Semua berkas pendaftaran wajib dibawa saat wawancara (rangkap 3) termasuk berkas yang telah diunggah.

 

BIAYA PENDIDIKAN

  1. Pendaftaran : Rp. 2.000.000,00
  2. Matrikulasi :
    1. Reguler I : Rp. 3.000.000,00
  3. Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester :
    1. Reguler I : Rp. 15.000.000,00

 

Tenaga Pengajar

No NAMA PENDIDIKAN
1 Prof. Dr. Bambang Subroto, SE., MM., Ak. S3 Universitas Gadjah Mada
2 Prof. Dr. Drs. Sutrisno T., M.Si., Ak., CA. S3 Universitas Gadjah Mada
3 Prof. Iwan Triyuwono, SE., M.Ec., Ph.D., Ak. S3 University of Wollongong, Australia
4 Prof. Eko Ganis Sukoharsono, SE., M.Com- Hons., Ph.D., Ak., CSRS., CSRA. S3 University of Wollongong, Australia
5 Prof. Gugus Irianto, SE., MSA., Ph.D. Ak. S3 University of Wollongong, Australia
6 Drs. Imam Subekti, M.Si., Ph.D., Ak., CA. S3 University Sains Malaysia
7 Dr. Bambang Hariadi, SE., M.Ec., Ak, CPA. S3 Universitas Brawijaya
8 Dr. Bambang Purnomosidhi, SE., MBA., Ak. S3 Universitas Brawijaya
9 Dr. Rosidi, SE., MM., Ak., CA. S3 Universitas Airlangga
10 Drs. Ali Djamhuri, SE., M.Com., Ph.D., CPA., Ak. S3 University Sains Malaysia
11 Dr. Erwin Saraswati, SE., M.Acc., Ak., CPMA., CSRA., CA. S3 Universitas Indonesia
12 Drs. Nurkholis, M.Bus.(Acc)., Ph.D., Ak., CA. S3 International Islamic University of Malaysia
13 Dr. Dra. Lilik Purwanti, M.Si., Ak., CA. S3 Universitas Brawijaya
14 Dr. Roekhudin, M.Si., Ak., CSRS., CA. S3 Universitas Brawijaya
15 Dr. Drs., Zaki Baridwan, M.Si., Ak., CA. S3 Universitas Brawijaya
16 Dr. Wuryan Andayani, SE., M.Si., Ak. S3 Universitas Gadjah Mada
17 Dr. Dra. Endang Mardiati, M.Si., Ak. S3 Universitas Brawijaya
18 Dr. M. Achsin, SE., MM., CPA., Ak. S3 Universitas Brawijaya
19 Aulia Fuad Rahman, SE., M.Si., DBA., Ak., SAS. S3 University Sains Malaysia
20 Noval Adib, SE., MSA., Ph.D., Ak., CA. S3 University Sains Malaysia
21 Abdul Ghofar, SE., M.Si., DBA., Ph.D., CPMA., Ak., CA. S3 Victoria University
22 Yeney W. Prihatiningtias, SE., MSA., DBA., Ph.D., Ak., CA. S3 University of Canberra, Australia
23 Dr. Mohamad Khoiru Rusydi , SE., M.Ak., Ak.

 

S3 Universitas Indonesia
24 Dr.  Syaiful Iqbal , SE., M.Si., Ak.

 

S3 Universitas Gadjah Mada
25 Dr. Sari Atmini , SE., M.Si., Ak. S3 Universitas Gadjah Mada

 

CONTACT PERSON

Nama Telp Kantor Email
1.     Djoko Widodo

(Bagian Akademik FEB UB)

(0341) 562154 ext 4314  

pmd.feb@ub.ac.id

 

2.     Agus Widodo

(Bagian Akademik FEB UB)

(0341) 562154 ext 4314