Program Studi Doktor Ilmu Akuntansi

Tanggal Penting

Semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020

Kegiatan Jadwal Keterangan
Pendaftaran Mahasiswa Baru Beasiswa (BPP-DN) 25 Februari s/d 18

Mei 2019

Online melalui

http://beasiswa.ristekdikti.go.id/bppdn dan http://selma.ub.ac.d

Pendaftaran Mahasiswa Baru Non-Beasiswa (BPP-DN) 25 Februari 2019 s/d 11 Juni 2019 Online melalui http://selma.ub.ac.d
TEST SUBSTANSI

(TOEFL & TPA) Peserta Beasiswa

(BPPDN)

20 Mei 2019 LDC. FEB (jadwal seleksi akan dikirimkan ke alamat email & WA calon peserta)
TEST SUBSTANSI

(TOEFL & TPA)

Peserta Non-Beasiswa (BPPDN)

15 Juni 2019
TEST WAWANCARA Peserta Beasiswa (BPPDN) 22 Mei 2019 FEB UB (jadwal seleksi akan dikirimkan ke alamat email calon peserta)
TEST WAWANCARA

Peserta Non-Beasiswa (BPPDN)

22 Juni 2019
Pengumuman Hasil Seleksi Peserta Beasiswa (BPPDN) 27 Mei 2019 Hasil seleksi akan diumumkan

secara online

di http://feb.ub.ac.id dan dikirimkan

ke alamat email calon peserta

 

Pengumuman Hasil Seleksi Peserta Non-Beasiswa (BPPDN) 28 Juni 2019
Matrikulasi (bagi calon mahasiswa baru yang diwajibkan untuk mengikuti berdasarkan hasil seleksi administrasi) Juli – Agustus FEB UB
Daftar Ulang Mahasiswa Baru Agustus disesuaikan dengan kalender akademik UB
Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2019/2020 Agustus disesuaikan dengan kalender

akademik UB

 

 

 

Program Doktor Ilmu Akuntansi

A. Visi, Misi dan Tujuan

Visi

Menjadi Program Doktor Ilmu Akuntansi bereputasi yang mampu melakukan pencerahan intelektual, mental dan spiritual sumber daya manusia serta melakukan inovasi sebagai kontribusi untuk akuntansi dan peradapan manusia.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan Doktor Ilmu Akuntansi dengan pendekatan holistic, etis, kualitas, kontekstual, wawasan lingkungan dan internasional.
  2. Mengakselerasi pengembangan riset dan inovasi dalam bidang akuntansi dengan pendekatan multiparadigma.
  3. Mendukung penyelenggaraan pengabdian kepada masyarakat yang berbasis pendidikan dan riset yang diselenggarakan oleh Jurusan Akuntansi sehingga member manfaat bagi stakeholders.

Tujuan

  1. Menghasilkan suber daya manusia yang tercerahkan secara intelektual, mental, dan spiritual yang dicerminkan dalm bentuk kepribadian yang terpuji, arif dan kebijakan dan mampu melakukan inovasi ilmu akuntansi.
  2. Mengahsilkan suber daya manusia yang mampu melkukan penelitian secara mandiri, original, dan distinct untuk memberikan kontribusi pada ilmu akuntansi.
  3. Mengembangkan dan menghasilkan ilmu akuntansi dengan pendekatan multiparadigma yang mengaitkan akuntansi dengan disiplin ilmu lain yang relevan.

 

B. Kurikulum dan Beban Studi

Kurikulum Program Doktor Ilmu Akuntansi (PDIA) terdiri dari mata kuliah dengan status:

Kelompok Mata Kuliah Beban SKS
Mata Kuliah Wajib Program 21
Mata Kuliah Wajib Minat 6
Mata Kuliah Pilihan 3
Disertasi 28
Total sks 58

 

 

Matakuliah Program Doktor Ilmu Akuntansi

 

  1. Matakuliah Wajib Program

 

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Filsafat Ilmu 3 I
2. Metodologi Riset Akuntansi Positivisme 3 I
3. Metodologi Riset Akuntansi Interpretivisme 3 I
4. Metodologi Riset Akuntansi Kritisme 3 I
5. English For Academic Writing 3 I
6. Metodologi Riset Akuntansi Posmodemisme 3 II
7. Independent Study (Publikasi Ilmiah) 3 II
8. Disertasi 28 III

 

  1. Matakuliah Wajib Minat

 

Minat Akuntansi Manajemen

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Riset Akuntansi Manajemen 3 II
2. Riset Manajemen Strategik 3 II

 

Minat Akuntansi Syariah

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Riset Akuntansi Syariah 3 II
2. Riset Pasar Uang dan Modal Syariah 3 II

 

Minat Akuntansi Sektor Publik

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Riset Akuntansi Sektor Publik 3 II
2. Riset Keuangan Negara & Daerah 3 II

 

Minat Akuntansi Keuangan

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Riset Akuntansi Berbasis Pasar 3 II
2. Riset Manajemen Investasi & Pasar Modal 3 II

 

Minat Akuntansi Keberlanjutan

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Riset Akuntansi Keberlanjutan 3 II
2. Riset Corporate Social Responsibility 3 II

 

Minat Pengauditan

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Riset Pengauditan 3 II
2. Riset Tata Kelola Perusahaan (Corporate Governance) 3 II

 

 

Minat Sistem Informasi Akuntansi

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Riset Sistem Informasi Akuntansi 3 II
2. Riset Akuntansi Digital 3 II

 

  1. Matakuliah Wajib Pilihan
No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Akuntansi Keprilakuan 3 II
2. Akuntansi Forensik 3 II
3. Fiqh Untuk Ekonomi 3 II
4. Ekonomi Publik 3 II
5. Sosiologi 3 II
6. Statistika Multivariat 3 II
7. Antropologi 3 II
8. Psikologi 3 II

 

C. TATA CARA PENDAFTARAN

Program Doktor Ilmu Akuntansi membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk kelas Reguler I (Perkuliahan diselenggarakan pada hari Senin sampai dengan Jumat). Pendaftaran mahasiswa baru Program Pascasarjana FEB UB dilakukan secara online melalui website Seleksi Masuk Universitas Brawijaya (SELMA UB): http://selma.ub.ac.id/.

Adapun Tata Cara Pendaftaran adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran dan biaya tes seleksi masuk sebesar Rp. 2.000.000 untuk mendapatkan Nomor pendaftaran dan PIN. Tata cara pembayaran sebagai berikut
    1. Melalui Teller Bank Mandiri
      • Datang ke Cabang Bank Mandiri terdekat
      • Mengisi formulir setor tunai/transfer/multipayment (warna biru) dengan mencantumkan “Pendaftaran S3 Fakultas Ekonomi” di kolom berita pada slip setoran
      • Calon mahasiswa baru langsung menuju ke teller dengan menyebutkan nomor seleksi (203) dan ditambah no hp (081XXXXX), Contoh : 203081XXXXX
      • Jika jumlah tagihan sesuai, bayar ke Petugas Teller Bank Mandiri dan menerima bukti pembayaran. Pada bukti pembayaran akan tercetak NP dan PIN yang digunakan untuk login di selma.ub.ac.id, untuk melakukan pendaftaran online.
      • Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.
    2. Pembayaran Melalui Mesin ATM Mandiri
      • Masukkan Kartu ATM Bank Mandiri
      • Pilih : Bahasa Indonesia
      • Ketik : Nomor PIN ATM
      • Pilih : Menu Pembayaran/Pembelian
      • Pilih : Multipayment
      • Masukkan Kode : 10006 (Universitas Brawijaya) kemudian tekan ’BENAR
      • Ketik : Nomor Seleksi (203) dan ditambah no hp (081XXXXX), contoh: 203081XXXXX. tekan ’BENAR
      • Layar akan menampilkan identitas jumlah pembayaran Saudara kemudian tekan ’1’ jika data telah sesuai
      • Untuk melakukan eksekusi tekan ’YA’, untuk pembatalan tekan ’TIDAK’
      • Pada bukti pembayaran akan tercetak NP dan PIN yang digunakan untuk login di selma.ub.ac.id, untuk melakukan pendaftaran online.
      • Transaksi telah selesai. Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.
    3. Pembayaran Melalui Internet Banking Bank Mandiri
      • Login ke : www.bankmandiri.co.id dengan User ID dan PIN internet banking Bank Mandiri anda
      • Pilih : Menu Pembayaran
      • Pilih : Menu Pendidikan
      • Pada combo box ’Dari Rekening’, pilih rekening yang akan digunakan untuk bertransaksi
      • Pada combo box ’Penyedia Jasa’, pilih ’10006’ (kode Universitas Brawijaya)
      • Ketik : Nomor Seleksi (203) dan ditambah no hp (081XXXXX), contoh: 203081XXXXX , pada kotak isian yang tersedia kemudian klik ’Lanjutkan’ kemudian identitas Saudara akan muncul berikut biaya pendidikan yang harus dibayarkan kemudian cantumkan tanda ’v
      • Jika data telah sesuai, klik tombol ’Lanjutkan
      • Masukkan PIN Mandiri (6 digit) yang diperoleh dari token PIN Mandiri lalu klik tombol ’Kirim
      • Tunggu respon dari sistem internet banking untuk status transaksi. Jika berhasil, Saudara akan mendapatkan Nomor Transaksi serta NP dan PIN yang digunakan untuk login di selma.ub.ac.id, untuk melakukan pendaftaran online.. Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.
  2. Setelah mendapatkan nomor pendaftaran dan PIN, calon pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran (Application Form) dan melengkapi semua berkas pendaftaran di website pendaftaran Universitas Brawijaya: http://selma.ub.ac.id/wp-app/pendaftaran/pasca_ub
    Berkas Pendaftaran yang harus dilengkapi/diisi dan diunggah pada Selma.ub.ac.id adalah sebagai berikut:

    1. Salinan Ijazah Sarjana dan Magister yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang.
    2. Salinan daftar nilai Sarjana dan Magister yang telah disahkan pejabat yang berwenang.
      Bagi lulusan Perguruan Tinggi Swasta yang lulus sebelum dihapuskannya kebijakan ujian Negara harus menyerahkan nilai ujian Negara.
    3. Salinan sertifikat Akreditasi BAN-PT Program Studi Magister yang berlaku saat tahun kelulusan.
    4. Salinan KTP (Kartu Tanda Penduduk).
    5. Salinan Sertifikat Test Potensi Akademik (TPA) OTO BAPPENAS atau yang diselenggarakan oleh FEB UB dengan nilai TPA > 500.
    6. Salinan Sertifikat TOEFL atau IELTS dari lembaga yang diakui oleh FEB UB dengan nilai TOEFL > 525 atau IELTS dengan nilai minimum 6.
    7. Salinan transkrip program Doktor yang telah disahkan pejabat yang berwenang, diperuntukkan bagi mahasiswa pindahan.
    8. Surat rekomendasi dari dua orang yang dianggap mampu memberikan jaminan kelayakan akademik pelamar.
    9. Surat keterangan resmi dari penyandang dana studi.
    10. Surat keterangan kesehatan, termasuk bebas narkoba dari instansi yang berwenang.
    11. Surat tugas/ijin dari atasan (jika pelamar telah bekerja) bahwa yang bersangkutan dibebaskan dari tugas-tugas instansi.
    12. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4 X 6 sebanyak 4 lembar berlatar belakang biru.
    13. Daftar Riwayat Hidup.
  3. Menunggu informasi proses wawancara yang akan diumumkan di website feb.ub.ac.id / Selma Universitas Brawijaya.
  4. Semua berkas pendaftaran wajib dibawa saat wawancara (rangkap 3) termasuk berkas yang telah diunggah.

Download Formulir Pendaftaran S3

Formulir Pendaftaran S3 PPs FEB UB

 

D. BIAYA PENDIDIKAN

  1. Pendaftaran : Rp. 2.000.000,00
  2. Matrikulasi/SKS :
    1. Reguler I : Rp. 500.000,00
    2. Reguler II : Rp. 650.000,00
  3. Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester :
    1. Reguler I : Rp. 15.000.000,00
    2. Reguler II : Rp. 17.500.000,00

 

Tenaga Pengajar

No NAMA PENDIDIKAN
1 Prof. Dr. Bambang Subroto, SE., MM., Ak. S3 Universitas Gadjah Mada
2 Prof. Dr. Drs. Sutrisno T., M.Si., Ak., CA. S3 Universitas Gadjah Mada
3 Prof. Iwan Triyuwono, SE., M.Ec., Ph.D., Ak. S3 University of Wollongong, Australia
4 Prof. Eko Ganis Sukoharsono, SE., M.Com- Hons., Ph.D., Ak., CSRS., CSRA. S3 University of Wollongong, Australia
5 Prof. Gugus Irianto, SE., MSA., Ph.D. Ak. S3 University of Wollongong, Australia
6 Drs. Imam Subekti, M.Si., Ph.D., Ak., CA. S3 University Sains Malaysia
7 Dr. Bambang Hariadi, SE., M.Ec., Ak, CPA. S3 Universitas Brawijaya
8 Dr. Bambang Purnomosidhi, SE., MBA., Ak. S3 Universitas Brawijaya
9 Dr. Rosidi, SE., MM., Ak., CA. S3 Universitas Airlangga
10 Drs. Ali Djamhuri, SE., M.Com., Ph.D., CPA., Ak. S3 University Sains Malaysia
11 Dr. Erwin Saraswati, SE., M.Acc., Ak., CPMA., CSRA., CA. S3 Universitas Indonesia
12 Drs. Nurkholis, M.Bus.(Acc)., Ph.D., Ak., CA. S3 International Islamic University of Malaysia
13 Dr. Dra. Lilik Purwanti, M.Si., Ak., CA. S3 Universitas Brawijaya
14 Dr. Roekhudin, M.Si., Ak., CSRS., CA. S3 Universitas Brawijaya
15 Dr. Drs., Zaki Baridwan, M.Si., Ak., CA. S3 Universitas Brawijaya
16 Dr. Wuryan Andayani, SE., M.Si., Ak. S3 Universitas Gadjah Mada
17 Dr. Dra. Endang Mardiati, M.Si., Ak. S3 Universitas Brawijaya
18 Dr. M. Achsin, SE., MM., CPA., Ak. S3 Universitas Brawijaya
19 Aulia Fuad Rahman, SE., M.Si., DBA., Ak., SAS. S3 University Sains Malaysia
20 Noval Adib, SE., MSA., Ph.D., Ak., CA. S3 University Sains Malaysia
21 Abdul Ghofar, SE., M.Si., DBA., Ph.D., CPMA., Ak., CA. S3 Victoria University
22 Yeney W. Prihatiningtias, SE., MSA., DBA., Ph.D., Ak., CA. S3 University of Canberra, Australia

 

CONTACT PERSON

Nama Telp Kantor / hp Email
1.     Djoko Widodo (Bagian Akademik PPs FEB UB) (0341) 562154 ext 330  

pasca.fe@ub.ac.id / pascasarjana.feub@gmail.com

 

2.     Agus Widodo (Bagian Akademik PPs FEB UB) (0341) 562154 ext 331