Program Studi Doktor Ilmu Ekonomi

Tanggal Penting

Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021

No Kegiatan Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 Keterangan
1 PENDAFTARAN 1 Februari s/d 26 Juni 2020 http://selma.ub.ac.id
Gelombang I 1 Februari s/d 10 April 2020
Gelombang II 11 April s/d 26 Juni 2020
2 SELEKSI SUBSTANSI (TPA & TOEFL) S2 dan S3 FEB UB (jadwal seleksi akan dikirimkan ke Via WA pada calon peserta)
Gelombang I 11 April 2020
Gelombang II 27 Juni 2020
3 SELEKSI UJIAN TULIS (S3)
Gelombang I 13 April 2020
Gelombang II 29 Juni 2020
4  a. SELEKSI WAWANCARA S3
Gelombang I 13 April 2020
Gelombang II 29 Juni 2020
b. SELEKSI WAWANCARA S2
Gelombang I 14 April 2020
Gelombang II 30 Juni 2020
5 PENGUMUMAN HASIL SELEKSI Hasil seleksi akan diumumkan di http://feb.ub.ac.id dan dikirimkan ke Via WA pada calon peserta
Gelombang I 17 April 2020
Gelombang II 3 Juli 2020
6 Matrikulasi (bagi calon mahasiswa baru yang diwajibkan untuk mengikuti berdasarkan hasil seleksi administrasi dan wawancara) Juli 2020 FEB UB
7 Daftar Ulang (disesuaikan dengan kalender akademik UB)
8 Perkuliahan Semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021 (disesuaikan dengan kalender akademik UB)

 

Visi, Misi, dan Tujuan

 

Visi

Menjadi lembaga Pendidikan Doktor Ilmu Ekonomi bertaraf internasional yang unggul dalam pengembangan IlmuE konomi dan berperan aktif dalam memecahkan berbagai permasalahan pembangunan ekonomi.

 

Misi

  1. Melaksanakan proses pendidikan dan pembelajaran yang berkualitas internasional.
  2. Mengembangkan penelitian yang kritis, inovatif dan komprehensif.
  3. Menyebarluaskan hasil pengembangan Ilmu Ekonomi dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.
  4. Mengembangkan kerjasama dengan lembaga-lembaga pemerintah maupun swasta baik yang bertaraf regional, nasional dan internasional.

 

Tujuan

Menghasilkan Doktor Ilmu Ekonomi yang mempunyai kemampuan:

  1. Menyusun konsep pengembangan Ilmu Ekonomi yang kreatif, original, dan teruji.
  2. Memecahkan permaslahan pembangunan ekonomi melalui pendekatan inter-,multi- atau trans-disipliner.
  3. Mengelola, memimpin dan mengembangkan penelitian dan pengabdian yang bermanfaat bagi peningktan kesejahteraan masyarakat.
  4. Mengelola dan mengembangkan jejaring dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian baik pada rataf regional, nasional dan internasional.

 

Kurikulum dan Beban Studi

Struktur kurikulum Program Doktor Ilmu Ekonomi sebagai berikut:

Kelompok Mata Kuliah Beban SKS
Matakuliah Matrikulasi 0
Matakuliah Wajib Program Studi 15
Matakuliah Minat 6
Matakuliah Penunjang Disertasi (Alat) 0
Disertasi 28
Total sks 49

 

Matakuliah Program Doktor Ilmu Ekonomi 

Matakuliah Wajib Program

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Ekonomi Makro Lanjutan 3 I
2. Ekonomi Mikro Lanjutan 3 I
3. Paradigma Ilmu Ekonomi 3 I
4. Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif 3 I
5. Kajian Disertasi (definisi dan konsep,peta/telaah teori terkait, pendekatan, kajian empiric) 3 I

 

Matakuliah Peminatan

Minat Ekonomi Pembangunan

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Ekonomi Publik 3 I
2. Pembangunan Ekonomi Lokal dan Perencanaan Partisipatif 3 I
3. Keuangan Negara dan Daerah 3 I
4. Ekonomi Regional dan Pengembangan Wilayah 3 I

 

Minat Ekonomi, Keuangan dan Perbankan 

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Ekonomi Keuangan 3 I
2. Ekonomi Lembaga Keuangan 3 I
3. Keuangan Internasional 3 I
4. Kebijakan Moneter 3 I

 

Minat Ekonomi Syariah

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Teori Ekonomi Islam 3 I
2. Ekonomi Lembaga Keuangan Islam 3 I
3. Islamic Wealth 3 I
4. Fikih Muamalat 3 I

 

Matakuliah Penunjang Disertasi

No. Nama Mata Kuliah sks smt
1. Academic Writing 0 I
2. Computer for Economic Modelling 0 I

 

Tugas Akhir  

No. Nama Tugas Akhir sks smt
1. Disertasi 28 III/IV

 

 

TATA CARA PENDAFTARAN

Program Doktor Ilmu Ekonomi membuka pendaftaran mahasiswa baru untuk kelas Reguler I (Perkuliahan diselenggarakan pada hari Senin sampai dengan Jumat) dan Reguler II (Perkuliahan diselenggarakan pada hari Jumat Sore dan Sabtu). Pendaftaran mahasiswa baru Program Pascasarjana FEB UB dilakukan secara online melalui website Seleksi Masuk Universitas Brawijaya (SELMA UB): http://selma.ub.ac.id/.

Adapun Tata Cara Pendaftaran adalah sebagai berikut:

  1. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran dan biaya tes seleksi masuk sebesar
    Rp. 2.000.000 untuk mendapatkan Nomor pendaftaran dan PIN.
    https://selma.ub.ac.id/tata-cara-pembayaran/  Gunakan kode bayar: 203 + no ponsel (misal 20308123456789)
  2. Setelah mendapatkan nomor pendaftaran dan PIN, calon pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran (Application Form)
    download formulir pendaftaran
    dan melengkapi semua berkas pendaftaran di website pendaftaran Universitas Brawijayahttps://selma.ub.ac.id/wp-app/pendaftaran/pasca_ub
    Berkas Pendaftaran yang harus dilengkapi/diisi dan diunggah pada Selma.ub.ac.id adalah sebagai berikut:

    1. Salinan Ijazah Sarjana dan Magister yang telah disahkan oleh pejabat yang berwenang.
    2. Salinan daftar nilai Sarjana dan Magister yang telah disahkan pejabat yang berwenang.
      Bagi lulusan Perguruan Tinggi Swasta yang lulus sebelum dihapuskannya kebijakan ujian Negara harus menyerahkan nilai ujian Negara.
    3. Salinan sertifikat Akreditasi BAN-PT Program Studi Magister yang berlaku saat tahun kelulusan.
    4. Salinan KTP (Kartu Tanda Penduduk).
    5. Salinan Sertifikat Test Potensi Akademik (TPA) OTO BAPPENAS atau yang diselenggarakan oleh FEB UB dengan nilai TPA > 500.
    6. Salinan Sertifikat TOEFL atau IELTS dari lembaga yang diakui oleh FEB UB dengan nilai TOEFL > 525 atau IELTS dengan nilai minimum 6.
    7. Salinan transkrip program Doktor yang telah disahkan pejabat yang berwenang, diperuntukkan bagi mahasiswa pindahan.
    8. Surat rekomendasi dari dua orang yang dianggap mampu memberikan jaminan kelayakan akademik pelamar.
    9. Surat keterangan resmi dari penyandang dana studi.
    10. Surat keterangan kesehatan, termasuk bebas narkoba dari instansi yang berwenang.
    11. Surat tugas/ijin dari atasan (jika pelamar telah bekerja) bahwa yang bersangkutan dibebaskan dari tugas-tugas instansi.
    12. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4 X 6 sebanyak 4 lembar berlatar belakang biru.
    13. Daftar Riwayat Hidup
  3. Menunggu informasi proses wawancara yang akan diumumkan di website feb.ub.ac.id / Selma Universitas Brawijaya.
  4. Semua berkas pendaftaran wajib dibawa saat wawancara (rangkap 3) termasuk berkas yang telah diunggah.

 

BIAYA PENDIDIKAN
Reguler I (Perkuliahan diselenggarakan pada hari Senin sampai dengan Jumat) dan Reguler II (Perkuliahan diselenggarakan pada hari Jumat Sore dan Sabtu)

  1. Pendaftaran : Rp. 2.000.000,00
  2. Matrikulasi :
    1. Reguler I : Rp. 3.000.000,00
    2. Reguler II : Rp. 3.900.000,00
  3. Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester :
    1. Reguler I : Rp. 14.500.000,00
    2. Reguler II : Rp. 16.500.000,00

 

Tenaga Pengajar

NOO NAMA PENDIDIKAN
1 Prof. Dr. M. Pudjihardjo, SE., MS. S3 Universitas Brawijaya
2 Prof. Dr. Maryunani, SE., MS. S3 Institut Pertanian Bogor
3 Prof. Munawar, SE., DEA., Ph.D. S3 Universite de Nice, Prancis
4 Prof. Agus Suman, SE., DEA., Ph.D. S3 Universite Pierre Menders, Prancis
5 Prof. Candra Fajri Ananda, SE., M.Sc., Ph.D. S3 University of Goentingen, Jerman
6 Prof. Dr. Khusnul Ashar, SE., MA S3 Universitas Brawijaya
7 Prof. Dr. Ghozali Maski, SE., MS. S3 Universitas Brawijaya
8 Prof. Devanto Shasta Pratomo, SE., M.Si., Ph.D. S3 University of Lancaster, Inggris
9 Dr. Multifiah, SE., MS. S3 Universitas Brawijaya
10 Dr. Iswan Noor, SE., ME. S3 Universitas Brawijaya
11 David Kaluge, SE., MS., M.Ec.Dev., Ph.D. S3 University of Canberra, Australia
12 Dr. Moh. Khusaini, SE., M.Si., MA S3 Universitas Brawijaya
13 Dr. Susilo, SE., MS. S3 Universitas Airlangga
14 Dwi Budi Santoso, SE., MS., Ph.D. S3 University of New England, Australia
15 Dra. Marlina Ekawaty, M.Si., Ph.D. S3 University Sains Malaysia
16 Dr. Rachmad Kresna Sakti, SE., M.Si. S3 Universitas Brawijaya
17 Dr. Asfi Manzilati, SE., ME. S3 Universitas Brawijaya
18 Arif Hoetoro, SE., MT., Ph.D S3 International Islamic University of Malaysia
19 Wildan Syafitri, SE., ME., Ph.D. S3 University of Kassel, Jerman
20 Putu Mahardika Adi S., SE., M.Si., MA., Ph.D. S3 University of Rome, Italy
21 Setyo Tri Wahyudi, SE., MEc., Ph.D. S3 Universiti Utara Malaysia
22 Dr. Sri Muljaningsih, SE., MSP S3 Universitas Brawijaya
23 Dr. Nurul Badriyah, SE., ME. S3 Universitas Brawijaya
24 Dias Satria, Ph.D. S3 The University of Adelaide
25 Farah Wulandari Pangestuti , SE., ME., Ph.D  S3 Universitas Jerman
26 Ferry Prasetyia , SE., M.App.Ec., Ph.D

 

 S3 Universitas Jerman

 

CONTACT PERSON

Nama Telp Kantor Email
1.    Djoko Widodo

(Bagian Akademik FEB UB)

(0341) 562154 ext 4314  

pmd.feb@ub.ac.id

 

2.     Agus Widodo

(Bagian Akademik FEB UB)

(0341) 562154 ext 4314