Program Magister Agribisnis

PS S2 AGRIBISNIS FP UB

 

Misi dan Tujuan Penyelenggaraan Program S2 Agribisnis (Magister Agribisnis)

Program S2 Agribisnis akan lebih melengkapi Program Pasca Sarjana di Universitas Brawijaya dan akan lebih memperkuat Universitas Brawijaya  sebagai enterpreneur university yang mempunyai visi menjadi sebuah universitas unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Program S2 Agribisnis Universitas Brawijaya mempunyai Visi, Misi dan Tujuan sebagai berikut.

Visi :

”Pada tahun 2025 menjadi Program Pendidikan S2 Agribisnis yang unggul di tingkat nasional dan internasional yang berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan pengelolaan agribisnis yang berkelanjutan yang berbasis potensi lokal dan berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat”.

Misi :

  1. Menyelenggarakan pendidikan Magister Agribisnis melalui proses pembelajaran berkualitas dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat.
  2. Melakukan kegiatan penelitian, pengkajian dan pengembangan ilmu pengetahuan, konsep dan pemikiran-pemikiran di bidang agribisnis serta mempublikasikannya baik di tingkat nasional maupun internasional.
  3. Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk membantu memecahkan permasalahan dalam bidang agribisnis.

Tujuan :

Program Studi S2 Agribisnis diselenggarakan untuk menghasilkan lulusan Strata 2 untuk tenaga-tenaga akademisi, peneliti, profesional/praktisi dan para pengambil kebijakan di bidang agribisnis dengan kualifikasi :

  1. Mempunyai kemampuan dan pemahaman yang cukup kuat terhadap bidang agribisnis, berwawasan luas, mempunyai kompetensi dan kapasitas yang memadai dalam bidang manajemen agribisnis/perencanaan pembangunan agribisnis, sehingga mampu memecahkan permasalahan yang ada melalui bidang keahlian yang dimiliki.
  2. Mempunyai kemampuan untuk meneliti dan mengembangkan ilmu pengetahuan/teknologi di bidang manajemen agribisnis.
  1. Mempunyai kemampuan untuk menganalisis berbagai permasalahan di bidang manajemen agribisnis, menyusun strategi dan mampu melakukan pengambilan keputusan serta diharapkan mampu berperan aktif dalam bidang agribisnis baik skala lokal, nasional ataupun internasional.

 

Manfaat Program Studi

Manfaat dari Program Studi S2 Agribisnis adalah sebagai berikut:

  1. Program Studi S2 Agribisnis bermanfaat sebagai lembaga pendidikan yang menyiapkan lulusan dalam bidang Magister Agribisnis yang mempunyai kemampuan dan keahlian didalam bidang manajemen agribisnis atau perencanaan pembangunan agribisnis yang berkelanjutan dan berdaya saing.
  2. Program Studi S2 Agribisnis bermanfaat dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang agribisnis yang menunjang proses pembelajaran maupun pengembangan agribisnis Indonesia yang berkelanjutan dan berdaya saing.
  3. Program Studi S2 Agribisnis bermanfaat dalam perannya didalam masyarakat di Indonesia baik melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Pembukaan Program S2 Agribisnis ini akan memberikan manfaat dalam menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan dan keahlian serta kompetensi keilmuan di bidang Agribisnis, sehingga diharapkan akan berkontribusi dalam mengatasi persoalan atas kurangnya sumber daya manusia yang berkualitas dan mempunyai kompetensi yang memadai dalam pengembangan agribisnis di Indonesia. Seperti diketahui bahwa Agribisnis merupakan bisnis di bidang pertanian dalam arti luas (pertanian rakyat, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan) mulai dari hulu (industri input) sampai hilir (industri pengolahan hasil pertanian), dan juga termasuk jasa penunjangnya.  Maka dengan membangun agribisnis Indonesia secara baik, maka diharapkan akan menyelesaikan berbagai persoalan Bangsa Indonesia, dari persoalan pangan, kesempatan kerja dan berusaha, peningkatan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Kurikulum Program S2 Agribisnis dirancang untuk membekali mahasiswa dalam bidang manajemen agribisnis dan perencanaan pembangunan agribisnis, sehingga ilmu tersebut bisa diaplikasikan secara umum dalam sektor pertanian dalam arti luas.  Sehingga diharapkan PS S2 Agribisnis dapat ikut berperan serta dan berkontribusi dalam mengatasi persoalan yang dihadapi Indonesia.

 

Keunggulan dan karakteristik Program Studi S2 Agribisnis FP UB

Keunggulan dari PS S2 Agribisnis FP UB adalah PS S2 Agribisnis FP UB menyediakan 2 minat (konsentrasi) studi yaitu: Manajemen Agribisnis dan Perencanaan Pembangunan Agribisnis. Minat Manajemen Agribisnis mencakup manajemen agribisnis secara mikro, baik perusahaan, rumah tangga, dan organisasi agribisnis. Sedangkan Minat Perencanaan Pembangunan Agribisnis mencakup perencanaan pembangunan agribisnis secara makro. Dengan demikian PS S2 Agribisnis ini akan mengkaji pengelolaan agribisnis lengkap baik secara mikro maupun makro. Hal ini merupakan keunggulan dan karakteristik PS S2 Agribisnis FP UB.

Perkuliahan akan dilengkapi dengan kuliah-kuliah tamu yang akan menghadirkan para praktisi baik dari kalangan akademik, pemerintahan atau para pengambil kebijakan pembangunan agribisnis dan pengusaha agribisnis dari luar Universitas Brawijaya. Hal ini akan lebih melengkapi pembelajaran di dalam perkuliahan di Program S2 Agribisnis FP UB dengan isu-isu aktual serta fakta dan realita yang terjadi di masyarakat, dunia usaha dan pengambil kebijakan bidang agribisnis dan yang terkait dengannya. Hal ini dimaksudkan juga untuk melatih mahasiswa berpikir analisis dan mampu mengembangkan daya pikir secara logika empiris berbasiskan ilmu pengetahuan dan persoalan yang terjadi di dunia nyata di dalam bidang agribisnis dan yang terkait dengannya. Dengan demikian sistem pembelajaran akan berbasis pada persoalan (problem based learning)  dengan metode student centre learning (SCL), dimana mahasiswa lebih aktif di dalam proses pembelajaran.

 

 

Kompetensi Program S2 Agribisnis

  • Kompetensi Utama

Program S2 Agribisnis Universitas Brawijaya memberikan peluang untuk dapat menempati berbagai macam posisi di segala bidang pekerjaan dengan kompetensi-kompetensi yang ada.

Kompetensi lulusan dan Kualifikasi Bidang Kerja dalam Program Studi ini meliputi dua aspek yaitu :

  1. Magister Agribisnis yang menguasai aspek manajerial
  2. Magister Agribisnis yang menguasai aspek perencanaan pembangunan agribisnis

Kompetensi utama tersebut didukung oleh kompetensi khusus, sesuai dengan konsentrasi kajiannya, yaitu:

  1. Manajemen Agribisnis :
    • Analisis proses produksi agribisnis
    • Analisis rantai pasok agribisnis
    • Analisis pemasaran agribisnis
  2. Perencanaan Pembangunan Agribisnis:
    • Perencanaan proyek agribisnis
    • Pemberdayaan pertanian dan pedesaan
    • Pembangunan Agribisnis berkelanjutan dan berwawasan lingkungan

 

  • Kompetensi Pendukung

Kompetensi Pendukung dari lulusan Program S2 Agribisnis terdiri terdiri dari 5 elemen kompetensi yaitu ;

a.       Landasan Kepribadian

·         Memiliki keyakinan ketakwaan terhadap Tuhan YME sebagai dasar untuk melakukan semua aktivitas

·         Sabar dan tangguh dalam menghadapi setiap permasalahan yang dihadapi baik dalam dunia akademik maupun profesi.

·          Ikhlas dalam berkarya dan berkomitmen melakukan yang terbaik dalam tiap pekerjaan.

  • Jujur dan dapat dipercaya dalam ucapan dan tindakan.

b.      Penguasaan ilmu dan ketrampilan

  • Terampil menuangkan ide yang berhubungan dengan ilmu Agribisnis dengan minat / disiplin ilmu industri dan peramalan khususnya.
  • Terampil menyimak berbagai informasi berbahasa Inggris dalam berbagai media mengenai ilmu Agribisnis.
  • Terampil menggunakan falsafah Agribisnis terutama Agribisnis sebagai media komunikasi interaktif untuk membina hubungan sosial.
  • Memiliki pengetahuan tentang ilmu dan teori Agribisnis.
  • Memiliki pengetahuan tentang karya sebagai sebuah entitas, produk sosial, budaya dan politik.
  • Memahami prinsip-prinsip dasar suatu penelitian ilmiah dalam bidang Agribisnis.

c.      Kemampuan Berkarya

  • Mampu menerapkan pengetahuan Agribisnis dalam memecahkan permasalahan yang ada.
  • Mampu memberikan analisis Agribisnis atas fenomena yang terjadi di sekitarnya.
  • Mampu membaca dan mengapresiasi Agribisnis dengan baik.
  • Mampu bertindak secara sistematis dan terarah dalam melakukan pekerjaan.

d.      Sikap dan Perilaku dalam Berkarya

  • Memiliki kecintaan atas karya ilmiah, nasional maupun internasional.
  • Memiliki minat dan usaha untuk melestarikan dan mengembangkan ilmu Agribisnis.
  • Memiliki wawasan global , berdaya pikir kritis dan humanis.
  • Memiliki kreativitas dan kemandirian dalam berkarya.
  • Memiliki kepercayaan diri yang besar dan keinginan untuk selalu mengembangkan potensi diri.
  • Memiliki jiwa kepemimpinan yang baik dan mampu bekerja sama dalam sebuah tim.

e.     Pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat

  • Memiliki jiwa sosial dan kepekaan terhadap lingkungan sekitar.
  • Memiliki etika kesopanan dan penghargaan terhadap sesama.
  • Mampu menyampaikan pendapat secara efektif baik di lingkungan akademik maupun sosial kemasyarakatan.
  • Mampu melakukan negoisasi secara efektif dengan berbagai pihak dalam usaha mengembangkan kehidupan kemasyarakatan yang lebih humanis.
  • Mampu berinteraksi positif baik dalam lingkup sosial maupun profesional.

 

SUMBERDAYA

  • SUMBERDAYA MANUSIA

Kualifikasi Dosen Dan Tenaga Kependidikan

                Mata kuliah yang ditawarkan oleh PS S2 Agribisnis akan diampu oleh dosen-dosen yang sesuai kualifikasi atau kompetensinya, masing-masing dosen akan mengampu satu mata kuliah dalam satu semester. Berikut rincian nama-nama dosen pengajar yang akan mengajar di Program Studi S2 Agribisnis.

Daftar Dosen PS S2 Agribsinis FP UB

NO NAMA Jabatan Akademis Kualifikasi
1. Prof. Dr. Iksan Semaoen, M.Sc Guru Besar Ekonomi Pertanian
2. Prof. Dr. Muhamad Muslich Mustajab, MS Guru Besar Ekonomi Pertanian
3. Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, MS Guru Besar Ekonomi Pertanian
4. Prof. Dr. Ir. Sugiyanto, MS Guru Besar Sosial Ekonomi Pertanian
5. Prof.Dr. Ir. Kliwon Hidayat, MS Guru Besar Sosiologi Pedesaan
6. Prof. Dr. Keppi Sukesi, MS Guru Besar Sosial Ekonomi Pertanian
7. Prof. Dr. Ir. Budi Setiawan, MS Buru Besar Manajemen Perusahaan Agribisnis
8. Prof. Ir. Ratya Anindita, MS, Ph.D. Guru Besar Pemasaran Pertanian
9. Prof. Dr. Ir. Djoko Koestiono, MS Guru Besar Manajemen Agribisnis
10. Dr. Ir. Hesti R. Wijaya Lektor Kepala Sosial Ekonomi Pertanian
11. Dr.Ir. Yayuk Yuliati, MS Lektor Kepala Sosial Ekonomi Pertanian
12. Dr. Ir. A. Wahib Muhaimin, MS Lektor Kepala Sosial Ekonomi Pertanian
13. Dr. Ir. Syafrial, MS Lektor Kepala Ekonomi Pertanian
14. Dr. Ir. Rini Dwiastuti, MS Lektor Ekonomi Pertanian
15. Dr. Ir. Suhartini, MP. Lektor Ekonomi Sumberdaya Alam dan Lingkungan
16. Ir. Edi Dwi Cahyono, M.Sc Lektor Komunikasi dan Sosial Agribisnis
17. Ir. Agustina Shinta, MS Lektor Ekonomi dan Manajemen Agribisnis
18. Rosihan Asmara, SE, MP Lektor Ekonomi Pertanian
19. Reza Safitri, S.Sos, M.Si Asisten Ahli Komunikasi Agribisnis
20. Fitria Dina Riana, SP, MP Asisten Ahli Ekonomi dan Manajemen Agribisnis
21. Wisynu Ari Gutama, SP, MMA Asisten Ahli Manajemen Agribisnis
22. Riyanti Isaskar, SP, M.Si Asisten Ahli Ekonomi dan Manajemen Agribisnis
23. Nur Baladina, SP. MP Asisten Ahli Ekonomi Pertanian
24. Tri Wahyu Nugroho, SP., MP. Asisten Ahli Ekonomi Pertanian
25. Heri Toiba, SP., MP. Asisten Ahli Ekonomi Pertanian

 

Untuk mendukung mata kuliah Kajian Agribisnis (tematik) yang berkaitan Tanaman Pangan dan Hortikultura dan Tanaman Perkebunan diperlukan Dosen dari Jurusan Budidaya Pertanian Fakultas Pertanian yaitu :

Tabel 3. Daftar Dosen dari PS lain di FP UB

No NAMA Jabatan Akademik
1 Prof. Ir. Sumeru Ashari, M.Agr.Sc, Ph.D. Guru Besar
2. Ir. Arifin Noor Sugiharto, M.Sc., Ph.D. Lektor Kepala

 

  • DOSEN YANG AKAN MENGAMPU PROGRAM STUDI

Berikut data dosen pengampu mata kuliah di PS S2 Agribisnis :

 

Daftar Dosen Pengampu Mata Kuliah di PS S2 Agribisnis FP UB

No Mata Kuliah Dosen Pengampu Peran dalam PS
1. Ekonomi Manajerial Prof. Dr. Iksan Semaoen, M.Sc.

Dr. Ir. Suhartini, MP.

2. Metode Kuantitatif Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, MS Dewan Penasehat
3. Manajemen dan Analisis Pemasaran Agribisnis Prof. Ir. Ratya Anindita, MS, Ph.D.
4. Manajemen Produksi dan Operasi Prof. Dr. Ir. Budi Setiawan, MS Dewan Penasehat
5. Ekonomi Kesejahteraan Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani, MS
6. Perencanaan dan Analisis Proyek Agribisnis Dr. Ir. Syafrial, MS

Dr. Ir. Suhartini, MP.

7. Agropreneurship Ir. Agustina Shinta, MS
8. Bisnis dan Perdagangan Internasional Prof. Ir. Ratya Anindita, MS, Ph.D.

Heri Toiba, SP., MP.

9. Manajemen Keuangan dan Analisis Investasi Agribisnis Riyanti Isaskar, SP, M.Si Wakil Kaprodi Bidang Keuangan
10. Manajemen Sumberdaya Alam dan Lingkungan Dr. Ir. Suhartini, MP.
11. Farm Management Wisynu Ari Gutama, SP, MMA
12. Ekonomi Perencanaan Pembangunan Prof. Dr. Ir. Budi Setiawan

Dr. Ir. Suhartini, MP.

13. Analisis Kebijakan Pertanian dan Agribisnis Tri Wahyu Nugroho,SP,MP Wakil Kaprodi Bidang Pendidikan
14. Metode Penelitian Sosial Ekonomi dan Manajemen Dr. Ir. Rini Dwiastuti, MS
15. Kajian Agribisnis Prof. Ir. Sumeru Ashari, M.Ag., Sc., Ph.D.
16. Manajemen Strategik Prof. Dr. Ir. Muhamad Muslich Mustajab, MS
17. Ekonomi Regional Prof. Dr. Ir. Djoko Koestiono, MS
18. Manajemen Sumberdaya Manusia Dr. Ir. A. Wahib Muhaimin, MS Ketua Program Studi
19. Perencanaan Pembangunan Pertanian dan Agribisnis Prof. Dr. Ir. Sugiyanto, MS
20. Perencanaan Pembangunan Pedesaan Prof. Dr. Keppi Sukesi, MS
21. Perencanaan Wilayah yang Berkelanjutan Dr.Ir. Yayuk Yuliati, MS
22. Pemberdayaan Masyarakat Prof.Dr. Ir. Kliwon Hidayat, MS

Ir. Edy Dwi Cahyono, Ph.D.

23. Pengantar Ekonomi dan Bisnis Nur Baladina,SP,MP
24. Perilaku Konsumen Fitria Dina Riana, SP, MP
25. Komunikasi Bisnis Reza Safitri, S.Sos, M.Si
26. Sistem Informasi Manajemen Rosihan Asmara, SE, MP
27. Supply Chain Manajemen Ir. Rahman Hartono,MP

 

 

ISI KURIKULUM

Isi kurikulum yang berlaku untuk program studi Manajemen Agribisnis saat ini adalah sebagai berikut:

Mata Kuliah Wajib Program Studi Agribisnis

No Kode MK Mata Kuliah Sks Smt
1. PTE 6109 Ekonomi Manajerial 3 I
2. PTE 61140 Manajemen Produksi dan Operasi Agribisnis 3 I
3. PTE 61142 Manajemen Strategi Agribisnis 3 I
4. PTE 61147 Manajemen Sumberdaya Manusia Agribisnis 3 I
5. PTE 61138 Bisnis dan Perdagangan Internasional 3 I
6. PTE 61144 Kebijakan Pembangunan Agribisnis 3 I

 

Mata Kuliah Pilihan Minat Agribisnis

No Kode MK Mata Kuliah Sks Smt
1. PTE 62245 Ekonomi Produksi Agribisnis 3 II
2. PTE 62246 Manajemen Sumberdaya Alam dan Lingkungan 3 II
3. PTE 62143 Manajemen PEmasaran Agribisnis 3 II
4. PTE 62134 Metode Penelitian Agribisnis 3 II
5. PTE 62131 Riset Operasi Agribisnis 3 II
6. PTE 62236 Supply Chain Management 3 II
7. PTE 62239 Agropreneurship 3 II
8. PTE 622 Analisis Pasar 3 II
9. PTE 622 Manajemen Keuangan Agribisnis 3 II

 

 

Informasi Bagian Administrasi PascaSarjana FP UB

(0341)576 273 FAX (0341) 553931

FANDIK NURKIJANTO  +62 813-3443-1242

Informasi pendaftaran dan unduh berkas pendaftaran pada laman Pascasarjana FMIPA:

http://pps.fp.ub.ac.id/program/mahasiswa/informasi-pendaftaran/