Program Doktor Teknologi Industri Pertanian

Program Doktor Teknologi Industri Pertanian

Visi, Misi, dan Tujuan

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dalam menghasilkan kebaruan ilmu dalam bidang teknologi, manajemen agroindustri, dan rekayasa sistem agroindustri.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang Teknologi Industri Pertanian melalui proses pengembangan keilmuan berbasis riset
  2. Melakukan kegiatan penelitian dan pengembangan keilmuan di bidang teknologi, manajemen agroindustri dan rekayasa sistem agroindustri.
  3. Mensosialisasikan temuan-temuan baru dalam bentuk karya ilmiah pada jurnal skala nasional dan internasional

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan yang menguasai kaidah-kaidah penelitian yang bersifat filosofis, aplikatif dan mandiri dalam bidang agroindustri
  2. Menghasilkan lulusan yang dapat menciptakan temuan baru yang mempunyai nilai lebih, inovatif, teruji dan original dalam bidang ilmu  teknologi, manajemen agroindustry dan rekayasa sistem agroindustri.
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mempublikasikan karya ilmiah dalam skala nasional dan internasional bereputasi.

 

Matakuliah

Matakuliah Wajib Program

No Kode Mata Kuliah SKS Semester
1 TPI7101 Filsafat Ilmu 2 1
2 TPI7109 Pengembangan Agroindustri 2 1
3 TPI7104 Sistem Inovasi Agroindustri 2 1
    Jumlah SKS 6  

 

Matakuliah Pilihan Minat Teknologi Industri Pertanian

No Kode Mata Kuliah SKS Semester
1. TPI7202 Bioteknologi Hilir Agroindustri 2 1
2. TPI7201 Sistem Mutu Terintegrasi 2 1
3. TPI7114 Strategi & Kebijakan Agroindustri 2 1
4. TPI7111 Teknologi Produk Hilir 2 1
5. TPI6113 Analisis dan Pemodelan Sistem 3 1
6. TPI6214 Sistem Penunjang Keputusan 2 1
7. TPI6212 Pengembangan Sumber Daya Manusia 2 1
8. TPI6226 Manajemen dan Teknologi Limbah Agroindustri 2 1
9. TPI6203 Strategi dan Manajemen Rantai Pasok 2 1
10. TPI6227 Bioenergi dan Biorefineri 2 1
11. TPI6217 Rekayasa Proses Lemak dan Oleokimia 2 1
12. TPI6209 Rekayasa Teknologi dan Perancangan Proses 2 1

Mata Kuliah Wajib Minat Keteknikan Pertanian

No Kode Mata Kuliah SKS Semester
1. TPE7101 Rekayasa Alat dan Mesin Industri Pertanian 3 1
2. TPE7102 Rekayasa Pengolahan Limbah Industri Pertanian 3 1
3. TPE7103 Instrumentasi Kontrol dan Informatika Biosisterm 3 1
4. TPE7104 Energi Terbarukan untuk Industri 3 1

 

Tugas Akhir

No Kode Mata Kuliah SKS Semester
1 UBU7007 Disertasi 30 3

Jumah Total Kredit Yang Harus diambil : 42 sks

 

Persyaratan

Calon Pendaftar Program Doktor Teknologi Industri Pertanian Universitas Brawijaya harus memenuhi persyaratan administrasi sebagai berikut:

  1. Foto copy  Ijazah S1 dan S2 yang telah disahkan (legalisir)
  2. Foto copy daftar nilai / transkrip nilai S1 dan S2 yang telah disahkan
  3. Surat rekomendasi dari tiga orang yang dapat dianggap mampu memberikan kelayakan akademik pelamar
  4. Karya Ilmiah setelah lulus kesarjanaannya (tidak waijb)
  5. Riwayat hidup / curriculum vitae
  6. Surat keterangan kesehatan
  7. Surat tugas/ijin dari atasan (jika pelamar telah bekerja) bahwa yang bersangkutan dibebaskan dari tugas-tugas instansi.
  8. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6
  9. Surat keterangan penyandang dana dan penanggung jawab studi
  10. Foto copy sertifikat TPA OTO-BAPPENAS dan sertifikat TOEFL dari lembaga yang telah diakui oleh Pascasarjana FTP UB, masing-masing skor minimum 500
  11. Bagi mahasiswa pindahan selain point 1 s/d 10 diharuskan menyertakan transkrip S3 yang dilegalisir.

 

Biaya Pendidikan

  1. Pendaftaran : Rp. 000.000,00
  2. Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester : Rp. 1500.000,-

 

Tahapan Pendaftaran

Berikut adalah tahapan pendaftaran Program Pascasarjana FTP UB:

  1. Calon peserta login pada  https://admisi.ub.ac.id menggunakan akun Gmail
  2. Gunakan alamat email Gmail yang benar dan valid untuk melakukan verifikasi email pendaftar;
  3. Login ke email Gmail dan lakukan verifikasi melalui link verifikasi pada email yang dikirim oleh Admisi UB. Setelah email terverifikasi, pendaftar dapat mulai melakukan proses pendaftaran;
  4. Pendaftar memilih Seleksi Pasca FTP Magister atau Seleksi Pasca FTP Doktor, kemudian melakukan request KODE PEMBAYARAN;
  5. Proses pendaftaran mulai dari request kode bayar sampai dengan finalisasi dilaksanakan secara online melalui laman https://admisi.ub.ac.id pada tanggal:
    1. Gelombang 1: 16 Maret – 17 April 2020
    2. Gelombang 2: 27 April – 12 Juni 2020
    3. Gelombang 3: 22 Juni – 17 Juli 2020
  6. Apabila proses request berhasil, maka Anda akan memperoleh KODE PEMBAYARAN(13 digit);
  7. Biaya pendaftaran sebesar  Rp.1.000.000 (satu juta rupiah) disetor pada Bank BRI, Bank Mandiri atau Bank BNI seluruh Indonesia (semua kanal pembayaran)di seluruh Indonesia dengan menunjukkan KODE PEMBAYARAN;
  8. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan di bank tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapunHarap mengikuti tata cara pembayaran sebagai berikut :
    1. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BRI
    2. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri
    3. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BNI
  9. Setelah pembayaran berhasil, peserta melakukan konfirmasi pembayaran pada laman https://admisi.ub.ac.id. Harap menggandakan (fotocopy) struk bukti bayar setidaknya 1 (satu) lembar sebagai bukti cadangan;
  10. Setelah konfirmasi, pendaftar dapat melakukan pengisian pendaftaran Seleksi Pasca FTP Magister atau Seleksi Pasca FTP Doktor;
  11. Setelah pendaftaran selesai, peserta akan mendapatkan Nomor Pendaftaran Seleksi Pasca FTP Magister atau Seleksi Pasca FTP Doktor.
  12. Calon peserta mencetak Kartu Peserta Ujian.

 

 

Dokumen Yang Perlu Diupload Online

Ukuran dokumen harus diatas 100kb dan dibawah 500kb, format JPEG/JPG/PNG/PDF/DOC/DOCX

  1. Salinan ijazah S1 dan S2 yang telah dilegalisir
  2. Salinan transkrip nilai S1 dan S2 (IPK minimal 3.00) yang telah dilegalisir
  3. Curiculum Vitae / Daftar Riwayat Hidup *
  4. Surat rekomendasi dari 3 orang yang dianggap dapat memberikan penilaian kelayakan akademik *
  5. Surat Ijin belajar dari atasan, jika pelamar telah bekerja *
  6. Surat keterangan kesehatan
  7. Surat keterangan tentang sumber dana *

*)  Bisa Download di Formulir Pendaftaran S3: Formulir Pendaftaran S3

 

Contact Person :

  1. Judo Purwanto, SE. (HP. 08155555269, Email : judopurwanto2@gmail.com)

 


 

  1. Tenaga Pengajar
NO NAMA NO NAMA
1. Prof. Dr. Ir. Wignyanto, MS 14. Dr. Ir. Nur Hidayat, MP
2. Prof. Dr. Ir. Imam Santoso, MP. 15. Dr. Siti Asmaul Mustaniroh, STP., MP
3. Prof. Dr. Ir. Sumardi H.S., MS. 16. Sri Suhartini, STP., M.Env.Mgt., Ph.D
4. Prof. Dr. Bambang Suharto, MS. 17. Wik Agustin Prima Dania, STP, M.Eng., Ph.D
5. Prof. Dr. Ir. Pratikto, M.MT. 18. Suprayogi, STP.MP., PhD.
6. Dr. Ir. Bambang Dwi Argo, DEA. 19. Irnia Nurika, S.TP., MP., Ph.D.
7. Dr. Ir. Bambang Susilo, M.Sc.Agr. 20. Ir. Fuad Achmadi, M.Sc., Ph.D.
8. Dr. Retno Astuti, STP., MT. 21. Panji Deoranto, STP., MP., Ph.D.
9. Dr. Sucipto, STP, MP. 22. Yusuf Hendrawan, STP..M.App.Life.Sc.,Ph.D
10. Dr. Ir. Susinggih Wijana, MS. 23. Dr. Ir. Anang Lastriyanto, M.Si.
11. Dr. Ir. Maimunah Hindun P., MS. 24. Dr. Ir. Tunggul Sutan H., MT.
12. Dr. Dodyk Pranowo, STP., M.Si. 25. Dr. Ir. J. Bambang Rahadi W., MS.
13. Dr. Ir. Endah Rahayu Lestari, MS. 26. Dr.Eng. Evi Kurniati, STP., MT