Update jadwal SMUB 2021:
Pengumuman perpanjangan jadwal pendaftaran SMUB 2021
PENGUMUMAN SELEKSI MANDIRI UB
TAHUN 2021
PENGUMUMAN
Nomor : 4669/UN10/PP/2021
PENERIMAAN MAHASISWA BARU MELALUI
JALUR SELEKSI MANDIRI PROGRAM VOKASI (D3-D4) DAN SARJANA (S1)
MENGGUNAKAN NILAI UTBK
UNIVERSITAS BRAWIJAYA TAHUN 2021
Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya merupakan seleksi masuk yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya untuk program Sarjana (S1) dan Vokasi (D3 & D4). Seleksi dilaksanakan berdasarkan penilaian hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2021 serta prestasi akademik dan non akademik dalam dua (2) Gelombang.
I. PERSYARATAN
Pendaftar Seleksi Mandiri UB Tahun 2021 harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
- Warga Negara Indonesia (WNI);
- Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2019, 2020 dan 2021;
- Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2019 dan 2020 harus sudah memiliki ijazah;
- Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2021 yang belum memiliki ijazah maka wajib memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi identitas diri dan foto terbaru yang bersangkutan, serta disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto)
;
- Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri harus memiliki surat penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD;
- Terdaftar sebagai peserta dan mengikuti UTBK 2021;
- Memiliki NISN yang terdaftar NPSN;
- Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
II. PILIHAN PROGRAM STUDI
- Program studi yang ditawarkan terdiri dari 3 (TIGA) kelompok yaitu Kelompok SAINTEK, Kelompok SOSHUM dan CAMPURAN;
- Setiap pendaftar hanya dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi dari kelompok SAINTEK, kelompok SOSHUM atau CAMPURAN dan memenuhi syarat dari masing-masing program studi S1 maupun D3/D4;
- Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPA yang mengikuti UTBK kelompok SAINTEK dapat memilih 2 (dua) program studi SAINTEK pada S1 maupun D3/D4;
- Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPA yang mengikuti UTBK kelompok SOSHUM dapat memilih 2 (dua) program studi SOSHUM pada S1 maupun D3/D4;
- Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPA yang mengikuti UTBK CAMPURAN dapat memilih 2 (dua) program studi 1 (satu) pada SAINTEK dan 1 (satu) pada SOSHUM program S1 maupun D3/D4;
- Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPS yang mengikuti UTBK SOSHUM hanya dapat memilih 2 (dua) program studi SOSHUM pada S1 maupun D3/D4;
- Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan;
- Program studi yang ditawarkan dan syarat dari masing-masing program studi dapat dilihat pada:
- Bagi peserta yang memilih Program Studi S1 Seni Rupa Murni dan D4 Desain Grafis, WAJIB mengunggah portofolio dengan ketentuan sebagai berikut :
- Satu buah karya gambar naratif dengan teknik menggambar hitam/putih (B/W) sesuai soal/tema yang telah disediakan.
- Satu buah karya gambar bentuk (komposisi benda) dengan teknik menggambar berwarna sesuai soal/tema yang telah disediakan.
- Satu hingga dua karya 2D (seperti sketsa, gambar, ilustrasi, lukisan) atau karya 3D (seperti patung, keramik, gerabah, miniatur clay, figuratif karakter).
- Seluruh karya dan dokumen isian disusun dalam format PPT dengan ukuran file maksimal 10 MB. Peserta WAJIB menggunakan template untuk file dan dokumen yang disediakan untuk kepentingan penilaian portofolio SMUB 2021. Apabila peserta tidak menggunakan template file dan dokumen yang disediakan, dokumen portofolio yang bersangkutan dapat didiskualifikasi dalam proses penilaian. Daftar unduhan :
- Khusus bagi pendaftar yang memilih Program Studi D3 Keuangan Perbankan – Bidang Minat Perbankan, terdapat tambahan persyaratan sbb :
- Berpenampilan menarik (good looking)
- Tinggi badan perempuan minimal 160 cm, laki-laki minimal 165 cm. Berat badan proporsional.
- Ramah, komunikatif, bahasa tubuh dan bahasa verbal baik.
- Mengirimkan pas foto berwarna ukuran 4×6, foto seluruh badan ukuran post card (harus terlihat dari atas kepala hingga kaki), diunggah pada laman pendaftaran, dan video perkenalan diri full body (bisa dengan format TikTok) tentang latar belakang pendidikan, keluarga, motivasi dll. Menggunakan pakaian formal yaitu untuk laki-laki (kemeja, dan jas), untuk perempuan (kemeja, dan blazer), dengan durasi maksimum 1 menit. Video diunggah di Google Drive menggunakan akun pribadi masing-masing kemudian dibagikan(share). Tautan url dari video tersebut dilampirkan pada pendaftaran online.
III. JADWAL PENTING
- Gelombang I (Program D3, D4, dan S1) :
No. Kegiatan Jadwal 1 Pembayaran biaya pendaftaran jalur UTBK 2 Juni 2021 (pukul 13.00 WIB) s/d 15 Juni 2021 (pukul 23.59 WIB) Diperpanjang sampai 16 Juni 2021 (pukul 23.59 WIB) 2 Pengisian data UTBK dan finalisasi 2 Juni 2021 (jam 13.00 WIB) s/d 16 Juni 2021 (pukul 23.59 WIB) Diperpanjang sampai 17 Juni 2021 (pukul 23.59 WIB) 3 Pengumuman hasil seleksi 23 Juni 2021 (pukul 13.00 WIB) - Gelombang II (Program S1):
No. Kegiatan Jadwal 1 Pembayaran biaya pendaftaran jalur UTBK 18 Juni 2021 (pukul 13.00 WIB) s/d 13 Juli 2021 (pukul 23.59 WIB) 2 Pengisian data UTBK dan finalisasi 18 Juni 2021 (jam 13.00 WIB) s/d 14 Juli 2021 (pukul 23.59 WIB) 3 Pengumuman hasil seleksi 18 Juli 2021 (pukul 15.00 WIB)
IV. BIAYA PENDAFTARAN
V. MEKANISME PENDAFTARAN
- Melakukan pembuatan akun di laman https://admisi.ub.ac.id;
- Memilih Seleksi Mandiri UB 2021 pada halaman dashboard;
- Melakukan pengisian data UTBK 2021 berupa Nomor Peserta, NISN dan NPSN;
- Melakukan konfirmasi kesesuaian data UTBK dan mendapatkan Kode Pembayaran;
- Melakukan pembayaran biaya pendaftaran menggunakan Kode Pembayaran;
- Calon peserta membayar biaya pendaftaran melalui Bank BNI, Bank Mandiri atau atau Bank BRI seluruh Indonesia dengan menyertakan KODE PEMBAYARAN (13 digit);
- HARAP MENGIKUTI TATA CARA PEMBAYARAN BERIKUT
Tata Cara Pembayaran : - Setelah pembayaran berhasil, peserta melakukan konfirmasi pembayaran pada laman admisi. Harap menggandakan (fotocopy) struk bukti bayar setidaknya 1 (satu) lembar sebagai bukti cadangan;
- Mengisi form pendaftaran di laman https://admisi.ub.ac.id;
- Memilih program studi yang dituju berdasarkan persyaratan pada poin II;
- Mengunggah berkas kelengkapan pendaftaran sebagai berikut:
- Foto diri
- Fotokopi Ijazah/SKL yang telah dilegalisir;
- Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Kartu Keluarga (KK);
- Kartu Peserta UTBK;
- Sertifikat prestasi unggul (3 prestasi terbaik) di bidang akademik, olahraga dan seni serta keagamaan saat menempuh Pendidikan SMA/MA/SMK (jika ada prestasi yang diisikan pada isian prestasi);
- Tingkat Internasional (Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, Harapan II, Harapan III/setara)
- Tingkat Nasional (Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, Harapan II, Harapan III/setara)
- Tingkat Regional/Propinsi/Kota/Kabupaten (Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, Harapan II, Harapan III/setara)
- Hafizh Al-Quran (5 Juz, 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz)
- Menyetujui pernyataan isian data dan melakukan finalisasi pendaftaran;
- Mencetak kartu peserta seleksi.
PENGUMUMAN
Nomor : 4670/UN10/PP/2021
PENERIMAAN MAHASISWA BARU MELALUI
JALUR SELEKSI MANDIRI PROGRAM VOKASI (D3-D4) DAN SARJANA (S1)
MENGGUNAKAN NILAI RAPOR
UNIVERSITAS BRAWIJAYA TAHUN 2021
(DUA GELOMBANG)
Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) merupakan seleksi masuk yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya untuk Program VOKASI (D3-D4) dan Sarjana (S1) dan Seleksi dilaksanakan berdasarkan nilai rapor serta prestasi akademik dan non akademik sesuai ketentuan. Bagi peminat SMUB yang tidak mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2021 dapat mengikuti seleksi dengan menggunakan Nilai Rapor. Peminat yang sudah mendaftar seleksi menggunakan nilai UTBK Tahun 2021 juga dapat mengikuti seleksi menggunakan nilai rapor.
I. PERSYARATAN
Bagi pendaftar SMUB harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
- Warga Negara Indonesia (WNI);
- Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2019, 2020 dan 2021;
- Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2019 dan 2020 harus sudah memiliki ijazah;
- Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2021 yang belum memiliki ijazah maka wajib memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi identitas diri dan foto terbaru yang bersangkutan, serta disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto);
;
- Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri harus memiliki surat penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD;
- Memiliki NISN yang terdaftar NPSN;
- Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
II. PILIHAN PROGRAM STUDI
- Program studi yang ditawarkan terdiri dari 3 (TIGA) kelompok yaitu Kelompok SAINTEK, Kelompok SOSHUM dan CAMPURAN;
- Setiap pendaftar hanya dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi dari kelompok SAINTEK atau kelompok SOSHUM dan memenuhi syarat dari masing-masing program studi pada Kelompok PS D3, D4 atau Sarjana;
- Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPA dapat memilih 2 (dua) program studi CAMPURAN yaitu 1 (satu) kelompok SAINTEK dan 1 (satu) dari kelompok SOSHUM. Atau keduanya dibidang SAINTEK atau SOSHUM Kelompok PS D3, D4 atau Sarjana;
- Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPS hanya dapat memilih 2 (dua) program studi dari kelompok SOSHUM Kelompok PS D3, D4 atau Sarjana;
- Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan;
- Program studi yang ditawarkan dan syarat dari masing-masing program studi dapat dilihat pada:
- Bagi peserta yang memilih Program Studi S1 Seni Rupa Murni dan D4 Desain Grafis, WAJIB mengunggah portofolio dengan ketentuan sebagai berikut :
- Satu buah karya gambar naratif dengan teknik menggambar hitam/putih (B/W) sesuai soal/tema yang telah disediakan.
- Satu buah karya gambar bentuk (komposisi benda) dengan teknik menggambar berwarna sesuai soal/tema yang telah disediakan.
- Satu hingga dua karya 2D (seperti sketsa, gambar, ilustrasi, lukisan) atau karya 3D (seperti patung, keramik, gerabah, miniatur clay, figuratif karakter).
- Seluruh karya dan dokumen isian disusun dalam format PPT dengan ukuran file maksimal 10 MB. Peserta WAJIBmenggunakan template untuk file dan dokumen yang disediakan untuk kepentingan penilaian portofolio SMUB 2021. Apabila peserta tidak menggunakan template file dan dokumen yang disediakan, dokumen portofolio yang bersangkutan dapat didiskualifikasi dalam proses penilaian. Daftar unduhan:
- Khusus bagi pendaftar yang memilih Program Studi D3 Keuangan Perbankan – Bidang Minat Perbankan, terdapat tambahan persyaratan sbb :
- Berpenampilan menarik (good looking)
- Tinggi badan perempuan minimal 160 cm, laki-laki minimal 165 cm. Berat badan proporsional.
- Ramah, komunikatif, bahasa tubuh dan bahasa verbal baik.
- Mengirimkan pas foto berwarna ukuran 4×6, foto seluruh badan ukuran post card (harus terlihat dari atas kepala hingga kaki), diunggah pada laman pendaftaran, dan video perkenalan diri full body (bisa dengan format TikTok) tentang latar belakang pendidikan, keluarga, motivasi dll. Menggunakan pakaian formal yaitu untuk laki-laki (kemeja, dan jas), untuk perempuan (kemeja, dan blazer), dengan durasi maksimum 1 menit. Video diunggah di Google Drive menggunakan akun pribadi masing-masing kemudian dibagikan(share). Tautan url dari video tersebut dilampirkan pada pendaftaran online.
III. JADWAL PENTING
- Gelombang I (Program D3, D4, dan S1) :
No. Kegiatan Jadwal 1 Pembayaran biaya pendaftaran jalur Rapor 2 Juni 2021 (pukul 13.00 WIB) s/d 15 Juni 2021 (pukul 23.59 WIB) Diperpanjang sampai 16 Juni 2021 (pukul 23.59 WIB) 2 Pengisian data nilai Rapor dan finalisasi 2 Juni 2021 (jam 13.00 WIB) s/d 16 Juni 2021 (pukul 23.59 WIB) Diperpanjang sampai 17 Juni 2021 (pukul 23.59 WIB) 3 Pengumuman hasil seleksi 23 Juni 2021 (pukul 13.00 WIB) - Gelombang II (Program S1):
No. Kegiatan Jadwal 1 Pembayaran biaya pendaftaran jalur Rapor 18 Juni 2021 (pukul 13.00 WIB) s/d 13 Juli 2021 (pukul 23.59 WIB) 2 Pengisian data nilai Rapor dan finalisasi 18 Juni 2021 (jam 13.00 WIB) s/d 14 Juli 2021 (pukul 23.59 WIB) 3 Pengumuman hasil seleksi 18 Juli 2021 (pukul 15.00 WIB)
IV. BIAYA PENDAFTARAN
V. DATA NILAI RAPOR YANG DIPERLUKAN
- Mengisi nilai rapor pada bagian pengetahuan dengan ketentuan sebagai berikut: Nilai mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan rata-rata nilai mata pelajaran peminatan/jurusan/kompetensi;
- Nilai yang diisikan adalah nilai pada tiga semester dengan ketentuan sebagai berikut:
- Kelas reguler mengunggah berkas rapor kelas XI semester 1 dan 2, kelas XII semester 1 (semester 3, 4, dan 5)
- Kelas akselerasi 4 semester mengunggah berkas rapor kelas X semester 1 dan 2, kelas XI semester 1 (semester 1, 2 dan 3) jika punya nilai 6 semester ketentuan sama dengan reguler
- Kelas akselerasi 6 semester mengunggah berkas rapor kelas X semester 3 dan kelas XI semester 1 dan 2 (semester 3, 4, dan 5)
VI. DATA NILAI AKREDITASI YANG DIPERLUKAN
VII. MEKANISME PENDAFTARAN
- Melakukan pembuatan akun di laman https://admisi.ub.ac.id;
- Memilih Seleksi Mandiri UB 2021 pada halaman dashboard;
- Melakukan pengisian data Nomor NISN dan NPSN;
- Melakukan pembayaran biaya pendaftaran menggunakan Kode Pembayaran yang muncul saat pendaftaran di admisi;
- Calon peserta membayar biaya pendaftaran melalui Bank BNI, Bank Mandiri atau atau Bank BRI seluruh Indonesia dengan menyertakan KODE PEMBAYARAN (13 digit);
- HARAP MENGIKUTI TATA CARA PEMBAYARAN BERIKUT
Tata Cara Pembayaran : - Setelah pembayaran berhasil, peserta melakukan konfirmasi pembayaran pada laman admisi. Harap menggandakan (fotocopy) struk bukti bayar setidaknya 1 (satu) lembar sebagai bukti cadangan;
- Mengisi form pendaftaran di laman https://admisi.ub.ac.id;
- Memilih program studi yang dituju berdasarkan persyaratan pada poin II;
- Mengunggah berkas kelengkapan pendaftaran sebagai berikut :
- Foto diri
- Rapor per Semester sesuai ketentuan pada poin V.
- Fotokopi Ijazah/SKL yang telah dilegalisir pihak sekolah.
- Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Surat Keterangan Kependudukan/Kartu Keluarga (KK);
- Sertifikat prestasi unggul (3 prestasi terbaik) di bidang akademik, olahraga dan seni serta keagamaan saat menempuh Pendidikan SMA/MA/SMK (jika ada prestasi yang diisikan pada isian prestasi);
- Tingkat Internasional (Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, Harapan II, Harapan III/setara)
- Tingkat Nasional (Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, Harapan II, Harapan III/setara)
- Tingkat Regional/Propinsi/Kota/Kabupaten (Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, Harapan II, Harapan III/setara)
- Hafizh Al-Quran (5 Juz, 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz)
- Menyetujui pernyataan isian data dan melakukan finalisasi pendaftaran;
- Mencetak kartu peserta seleksi;
Malang, 2021 | ||
Rektor, | ||
Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS |
Informasi:
- Jika ada pengumuman atau perubahan jadwal akan diberitahukan kemudian melalui laman (https://selma.ub.ac.id);
- Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan melalui HALO SELMA (https://haloselma.ub.ac.id)