PENGUMUMAN SELEKSI MANDIRI PROGRAM VOKASI UB
TAHUN 2021
PENGUMUMAN
Nomor : 6413 /UN10/TU/2021
PENERIMAAN MAHASISWA BARU MELALUI
JALUR SELEKSI MANDIRI PROGRAM VOKASI (D3 & D4)
MENGGUNAKAN NILAI UTBK
UNIVERSITAS BRAWIJAYA TAHUN 2021
Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya Program VOKASI merupakan seleksi masuk yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya. Seleksi dilaksanakan berdasarkan penilaian hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2021 serta prestasi akademik dan non akademik khusus untuk Penerimaan Program VOKASI (D3 & D4).
I. PERSYARATAN
Pendaftar Seleksi Mandiri UB Tahun 2021 harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:
- Warga Negara Indonesia (WNI);
- Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2019, 2020 dan 2021;
- Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2019 dan 2020 harus sudah memiliki ijazah;
- Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2021 yang belum memiliki ijazah maka wajib memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi identitas diri dan foto terbaru yang bersangkutan, serta disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto)
;
- Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri harus memiliki surat penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD;
- Terdaftar sebagai peserta dan mengikuti UTBK 2021;
- Memiliki NISN yang terdaftar NPSN;
- Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
II. PILIHAN PROGRAM STUDI
-
- Program studi yang ditawarkan terdiri dari 3 (TIGA) kelompok yaitu Kelompok SAINTEK, Kelompok SOSHUM dan CAMPURAN;
- Setiap pendaftar hanya dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi dari kelompok SAINTEK, kelompok SOSHUM atau CAMPURAN dan memenuhi syarat dari masing-masing program D3 atau D4;
- Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPA yang mengikuti UTBK kelompok SAINTEK dapat memilih 2 (dua) program studi SAINTEK pada D3 atau D4;
- Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPA yang mengikuti UTBK kelompok SOSHUM dapat memilih 2 (dua) program studi SOSHUM pada D3 atau D4;
- Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPA yang mengikuti UTBK CAMPURAN dapat memilih 2 (dua) program studi 1 (satu) pada SAINTEK dan 1 (satu) pada SOSHUM program D3 atau D4;
- Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPS yang mengikuti UTBK SOSHUM hanya dapat memilih 2 (dua) program studi SOSHUM pada D3 atau D4;
- Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan;
- Program studi yang ditawarkan dan syarat dari masing-masing program studi dapat dilihat pada:
- Bagi peserta yang memilih Program Studi D4 Desain Grafis, WAJIB mengunggah portofolio dengan ketentuan sebagai berikut:
- Satu buah karya gambar naratif dengan teknik menggambar hitam/putih (B/W) sesuai soal/tema yang telah disediakan.
- Satu buah karya gambar bentuk (komposisi benda) dengan teknik menggambar berwarna sesuai soal/tema yang telah disediakan.
- Satu hingga dua karya 2D (seperti sketsa, gambar, ilustrasi, lukisan) atau karya 3D (seperti patung, keramik, gerabah, miniatur clay, figuratif karakter).
- Seluruh karya dan dokumen isian disusun dalam format PPT dengan ukuran file maksimal 10 MB. Peserta WAJIB menggunakan template untuk file dan dokumen yang disediakan untuk kepentingan penilaian portofolio SMUB 2020. Apabila peserta tidak menggunakan template file dan dokumen yang disediakan, dokumen portofolio yang bersangkutan dapat didiskualifikasi dalam proses penilaian. Daftar unduhan :
- Khusus bagi pendaftar yang memilih Program Studi D3 Keuangan Perbankan – Bidang Minat Perbankan, terdapat tambahan persyaratan sbb :
- Berpenampilan menarik (good looking)
- Tinggi badan perempuan minimal 160 cm, laki-laki minimal 165 cm. Berat badan proporsional.
- Ramah, komunikatif, bahasa tubuh dan bahasa verbal baik.
- Mengirimkan pas foto berwarna ukuran 4×6, foto seluruh badan ukuran post card (harus terlihat dari atas kepala hingga kaki), diunggah pada laman pendaftaran, dan video perkenalan diri full body (bisa dengan format TikTok) tentang latar belakang pendidikan, keluarga, motivasi dll. Menggunakan pakaian formal yaitu untuk laki-laki (kemeja, dan jas), untuk perempuan (kemeja, dan blazer), dengan durasi maksimum 1 menit. Video diunggah di Google Drive menggunakan akun pribadi masing-masing kemudian dibagikan(share). Tautan url dari video tersebut dilampirkan pada pendaftaran online.
- Program studi yang ditawarkan terdiri dari 3 (TIGA) kelompok yaitu Kelompok SAINTEK, Kelompok SOSHUM dan CAMPURAN;
III. JADWAL PENTING
No. | Kegiatan | Jadwal |
1 | Pembayaran biaya pendaftaran jalur UTBK | 12 Juli 2021 (pukul 13.00 WIB) s/d 21 Juli 2021 (pukul 23.59 WIB) |
2 | Pengisian data UTBK dan finalisasi | 12 Juli 2021 (jam 13.00 WIB) s/d 22 Juli 2021 (pukul 23.59 WIB) |
3 | Pengumuman hasil seleksi | 27 Juli 2021 (pukul 13.00 WIB) |
IV. BIAYA PENDAFTARAN
Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri Program Vokasi UB 2021 adalah sebesar Rp. 350.000,00 (Tiga ratus lima puluh ribu rupiah). Biaya yang telah dibayarkan tidak dapat di tarik kembali dengan alasan apapun.
V. MEKANISME PENDAFTARAN
- Melakukan pembuatan akun di laman https://admisi.ub.ac.id;
- Memilih SMPV Jalur UTBK 2021 pada halaman dashboard;
- Melakukan pengisian data UTBK 2021 berupa Nomor Peserta, NISN dan NPSN;
- Melakukan konfirmasi kesesuaian data UTBK dan mendapatkan Kode Pembayaran;
- Melakukan pembayaran biaya pendaftaran menggunakan Kode Pembayaran;
- Calon peserta membayar biaya pendaftaran melalui Bank BNI, Bank Mandiri atau atau Bank BRI seluruh Indonesia dengan menyertakan KODE PEMBAYARAN (13 digit);
- HARAP MENGIKUTI TATA CARA PEMBAYARAN BERIKUT
Tata Cara Pembayaran : - Melakukan konfirmasi pembayaran kemudian mengisi form pendaftaran di laman https://admisi.ub.ac.id;
- Memilih program studi yang dituju berdasarkan persyaratan pada poin II;
- Mengunggah berkas kelengkapan pendaftaran sebagai berikut :
- Foto diri sesuai ketentuan (Bebas Rapi Ukuran 3×4, dapat menyesuaikan dengan Foto Ijazah atau Pendaftaran LTMPT);
- Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Kartu Keluarga (KK);
- Kartu Peserta UTBK-SBMPTN;
- Sertifikat prestasi unggul (3 prestasi terbaik) di bidang akademik, olahraga dan seni serta keagamaan saat menempuh Pendidikan SMA/MA/SMK (jika ada prestasi yang diisikan pada isian prestasi);
- Tingkat Internasional (Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, Harapan II, Harapan III, Peserta)
- Tingkat Nasional (Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, Harapan II, Harapan III, Peserta)
- Tingkat Regional/Propinsi/Kota/Kabupaten (Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, Harapan II, Harapan III, Peserta)
- Hafizh Al-Quran (5 Juz, 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz)
- Menyetujui pernyataan isian data dan melakukan finalisasi pendaftaran;
- Mencetak kartu peserta seleksi;
- Pendaftaran seleksi hanya dapat dilakukan satu kali, setelah proses finalisasi maka data tidak dapat diubah dan tidak dapat mendaftar lagi. Pastikan bahwa data UTBK 2021 yang digunakan untuk mendaftar, isian pada form pendaftaran, dan berkas kelengkapan pendaftaran sudah lengkap dan benar.
PENGUMUMAN
Nomor : 6414 /UN10/TU/2021
PENERIMAAN MAHASISWA BARU MELALUI
JALUR SELEKSI MANDIRI PROGRAM VOKASI (D3 & D4) MENGGUNAKAN NILAI RAPOR
UNIVERSITAS BRAWIJAYA TAHUN 2021
Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) Program VOKASI merupakan seleksi masuk yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya. Seleksi dilaksanakan berdasarkan nilai rapor serta prestasi akademik dan non akademik sesuai ketentuan. Bagi peminat SMUB yang tidak mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Tahun 2021 dapat mengikuti seleksi dengan menggunakan Nilai Rapor. Peminat yang sudah mendaftar seleksi menggunakan nilai UTBK Tahun 2021 juga dapat mengikuti seleksi menggunakan nilai rapor.
I. PERSYARATAN
Bagi pendaftar SMUB Program VOKASI harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :
- Warga Negara Indonesia (WNI);
- Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat tahun 2019, 2020 dan 2021;
- Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2019 dan 2020 harus sudah memiliki ijazah;
- Bagi lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2021 yang belum memiliki ijazah maka wajib memiliki Surat Keterangan Lulus Pendidikan Menengah dan/atau Ijazah. Surat Keterangan Lulus sekurang-kurangnya memuat informasi identitas diri dan foto terbaru yang bersangkutan, serta disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto);
- Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri harus memiliki surat penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD;
- Memiliki NISN yang terdaftar NPSN;
- Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.
II. PILIHAN PROGRAM STUDI
- Program studi yang ditawarkan terdiri dari 3 (TIGA) kelompok yaitu Kelompok SAINTEK, Kelompok SOSHUM dan CAMPURAN;
- Setiap pendaftar hanya dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi dari kelompok SAINTEK, kelompok SOSHUM atau CAMPURAN dan memenuhi syarat dari masing-masing program studi VOKASI;
- Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPA dapat memilih 2 (dua) program studi CAMPURAN yaitu 1 (satu) kelompok SAINTEK dan 1 (satu) dari kelompok SOSHUM. Atau keduanya dibidang SAINTEK atau SOSHUM Kelompok PS D3 atau D4;
- Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPS hanya dapat memilih 2 (dua) program studi dari kelompok SOSHUM Kelompok PS D3 atau D4;
- Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan;
- Program studi yang ditawarkan dan syarat dari masing-masing program studi dapat dilihat pada:
- Bagi peserta yang memilih Program Studi D4 Desain Grafis, WAJIB mengunggah portofolio dengan ketentuan sebagai berikut:
- Satu buah karya gambar naratif dengan teknik menggambar hitam/putih (B/W) sesuai soal/tema yang telah disediakan.
- Satu buah karya gambar bentuk (komposisi benda) dengan teknik menggambar berwarna sesuai soal/tema yang telah disediakan.
- Satu hingga dua karya 2D (seperti sketsa, gambar, ilustrasi, lukisan) atau karya 3D (seperti patung, keramik, gerabah, miniatur clay, figuratif karakter).
- Seluruh karya dan dokumen isian disusun dalam format PPT dengan ukuran file maksimal 10 MB. Peserta WAJIB menggunakan template untuk file dan dokumen yang disediakan untuk kepentingan penilaian portofolio SMUB 2020. Apabila peserta tidak menggunakan template file dan dokumen yang disediakan, dokumen portofolio yang bersangkutan dapat didiskualifikasi dalam proses penilaian. Daftar unduhan :
- Khusus bagi pendaftar yang memilih Program Studi D3 Keuangan Perbankan – Bidang Minat Perbankan, terdapat tambahan persyaratan sbb :
- Berpenampilan menarik (good looking)
- Tinggi badan perempuan minimal 160 cm, laki-laki minimal 165 cm. Berat badan proporsional.
- Ramah, komunikatif, bahasa tubuh dan bahasa verbal baik.
- Mengirimkan pas foto berwarna ukuran 4×6, foto seluruh badan ukuran post card (harus terlihat dari atas kepala hingga kaki), diunggah pada laman pendaftaran, dan video perkenalan diri full body (bisa dengan format TikTok) tentang latar belakang pendidikan, keluarga, motivasi dll. Menggunakan pakaian formal yaitu untuk laki-laki (kemeja, dan jas), untuk perempuan (kemeja, dan blazer), dengan durasi maksimum 1 menit. Video diunggah di Google Drive menggunakan akun pribadi masing-masing kemudian dibagikan(share). Tautan url dari video tersebut dilampirkan pada pendaftaran online.
III. JADWAL PENTING
No. | Kegiatan | Jadwal |
1 | Pembayaran biaya pendaftaran jalur Nilai Rapor | 12 Juli 2021 (pukul 13.00 WIB) s/d 21 Juli 2021 (pukul 23.59 WIB) |
2 | Pengisian data Nilai Rapor dan finalisasi | 12 Juli 2021 (jam 13.00 WIB) s/d 22 Juli 2021 (pukul 23.59 WIB) |
3 | Pengumuman hasil seleksi | 27 Juli 2021 (pukul 13.00 WIB) |
IV. BIAYA PENDAFTARAN
Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri UB 2021 adalah sebesar Rp. 350.000,00 (Tiga ratus lima puluh ribu rupiah). Biaya yang telah dibayarkan tidak dapat di tarik kembali dengan alasan apapun.
V. DATA NILAI RAPOR YANG DIPERLUKAN
- Mengisi nilai rapor pada bagian pengetahuan dengan ketentuan sebagai berikut: Nilai mata pelajaran Matematika (Mapel Wajib), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris (Mapel Wajib) dan rata-rata nilai mata pelajaran peminatan/jurusan/kompetensi;
- Nilai yang diisikan adalah nilai pada tiga semester dengan ketentuan sebagai berikut:
- Kelas reguler mengunggah berkas rapor kelas XI semester 1 dan 2, kelas XII semester 1 (semester 3, 4, dan 5)
- Kelas akselerasi 4 semester mengunggah berkas rapor kelas X semester 1 dan 2, kelas XI semester 1 (semester 1, 2 dan 3) jika punya nilai 6 semester ketentuan sama dengan reguler
- Kelas akselerasi 6 semester mengunggah berkas rapor kelas X semester 3 dan kelas XI semester 1 dan 2 (semester 3, 4, dan 5)
VII. MEKANISME PENDAFTARAN
-
- Melakukan pembuatan akun di laman https://admisi.ub.ac.id;
- Memilih SMPV Jalur Rapor 2021 pada halaman dashboard;
- Melakukan pengisian data Nomor NISN dan NPSN;
- Melakukan pembayaran biaya pendaftaran menggunakan Kode Pembayaran;
- Calon peserta membayar biaya pendaftaran melalui Bank BNI, Bank Mandiri atau atau Bank BRI seluruh Indonesia dengan menyertakan KODE PEMBAYARAN (13 digit);
- HARAP MENGIKUTI TATA CARA PEMBAYARAN BERIKUT
Tata Cara Pembayaran : - Melakukan konfirmasi pembayaran kemudian mengisi form pendaftaran di laman https://admisi.ub.ac.id;
- Memilih program studi yang dituju berdasarkan persyaratan pada poin II;
- Mengunggah berkas kelengkapan pendaftaran sebagai berikut :
- Foto diri sesuai ketentuan;
- Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Kartu Keluarga (KK);
- Berkas-berkas Rapor sesuai data akademik SLTA yang diisikan;
- Sertifikat prestasi unggul (3 prestasi terbaik) di bidang akademik, olahraga dan seni serta keagamaan saat menempuh Pendidikan SMA/MA/SMK (jika ada prestasi yang diisikan pada isian prestasi);
- Tingkat Internasional (Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, Harapan II, Harapan III, Peserta)
- Tingkat Nasional (Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, Harapan II, Harapan III, Peserta)
- Tingkat Regional/Propinsi/Kota/Kabupaten (Juara I, Juara II, Juara III, Harapan I, Harapan II, Harapan III, Peserta)
- Hafizh Al-Quran (5 Juz, 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz)
- Menyetujui pernyataan isian data dan melakukan finalisasi pendaftaran;
- Mencetak kartu peserta seleksi;
- Pendaftaran seleksi hanya dapat dilakukan satu kali, setelah proses finalisasi maka data tidak dapat diubah dan tidak dapat mendaftar lagi. Pastikan bahwa data UTBK 2021 yang digunakan untuk mendaftar, isian pada form pendaftaran, dan berkas kelengkapan pendaftaran sudah lengkap dan benar.
Malang, 2021 | ||
Rektor, | ||
Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS |
Informasi:
- Jika ada pengumuman atau perubahan jadwal akan diberitahukan kemudian melalui laman (https://selma.ub.ac.id);
- Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan melalui HALO SELMA (https://haloselma.ub.ac.id)