PENGUMUMAN
Nomor: 01714/UN10/B/TM.00/2024
PENETAPAN BIAYA PENDIDIKAN PROPOSIONAL
SELEKSI MANDIRI JALUR NILAI UTBK TAHAP II 2024
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
Dengan ini diumumkan penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi calon mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri (SMUB) Nilai UTBK Tahap II Universitas Brawijaya Tahun Akademik 2024/2025 yang telah melakukan pemberkasan secara daring:
- Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa baru jalur Seleksi Mandiri (SMUB) Nilai UTBK Tahap II dibayarkan tiap semester. Pembayaran UKT periode ini untuk semester Ganjil Tahun Akademik 2024/2025.
- Untuk mengetahui besarnya UKT yang telah ditetapkan, silakan LOGIN pada laman Admisi UB (https://admisi.ub.ac.id) mulai tanggal 1 Agustus 2024 pukul 14.00 WIB. Pilih tombol SMUB Nilai UTBK Tahap II 2024 pada bagian Informasi Penetapan Biaya Pendidikan untuk melihat besaran UKT.
- WAJIB membayar UKT yang telah ditetapkan melalui Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, dan BSI (Bank Syariah Indonesia) seluruh Indonesia mulai tanggal 1 Agustus Juli 2024, pukul 18.00 WIB s/d 9 Agustus 2024, pukul 23.59 WIB menggunakan Nomor Pendaftaran SMUB Nilai UTBK Tahap II (contoh: 42100xxxxx) berlaku sebagai NIM (Nomor Induk Mahasiswa), Kode Pembayaran/No. Tagihan/No. Pendaftaran, dengan tata cara sebagai berikut: https://selma.ub.ac.id/tata-cara-pembayaran/.
- WAJIB melakukan registrasi secara online dengan login ke http://admisi.ub.ac.id untuk mendapatkan NOMOR INDUK MAHASISWA (NIM) dengan tata cara sebagai berikut :
- Login ke laman Admisi UB (http://admisi.ub.ac.id).
- Pilih menu SMUB Nilai UTBK tahap II
- Melakukan konfirmasi pembayaran dengan cara klik tautan Konfirmasi Pembayaran yang tersedia di halaman dashboard laman Admisi UB.
- Mengisi informasi untuk konfirmasi pembayaran dan mengunggah foto atau scan bukti pembayaran atau screenshoot dari HP atau ATM.
- Menunggu proses verifikasi selesai dan proses sinkronisasi. Apabila proses verifikasi berhasil dan sinkronisasi selesai, akan ditampilkan isian untuk mengatur data akun email mahasiswa UB dan Sistem Informasi Akademik Mahasiswa UB (SIAM).
- Setelah berhasil NOMOR INDUK MAHASISWA (NIM) akan ditampilkan pada halaman dashboard laman Admisi UB.
- Setelah mendapatkan NOMOR INDUK MAHASISWA (NIM), mahasiswa LOGIN pada Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM) https://siam.ub.ac.id dengan menggunakan NIM sebagai username dan memasukkan kata sandi.
- Mencetak Form Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) Sementara serta Form Pengambilan Jas Almamater pada menu BIODATA bagian CETAK TANDA BUKTI setelah berhasil login pada Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM) https://siam.ub.ac.id.
- Simpan form yang telah dicetak pada poin 5 yang akan dipergunakan untuk pengambilan KTM dan Jas Almamater. (Jadwal, mekanisme dan prosedur pengambilan KTM dan Jas Almamater akan diumumkan kemudian melalui laman https://selma.ub.ac.id.)
- Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun (termasuk jika diterima di Perguruan Tinggi Kedinasan, Perguruan Tinggi Lain, Mengundurkan Diri dan lain-lain).
- Calon mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam pembayaran UKT dapat mengajukan bantuan keuangan sesuai jadwal berikut:
Kegiatan Jadwal Pengajuan Bantuan Keuangan 1 – 2 Agustus 2024 Verifikasi BEM 2 – 3 Agustus 2024 Verifikasi Wakil Dekan 2 3 – 6 Agustus 2024 Pengumuman 7 Agustus 2024 - Tata Cara Pengajuan Bantuan Keuangan adalah sebagai berikut:
- melakukan pengajuan melalui laman https://bantuankeuangan.ub.ac.id
- mengisi form pengajuan bantuan keuangan dengan lengkap dan benar
- mengunggah bukti dukung sesuai dengan syarat dan ketentuan pada form
- Calon mahasiswa yang lolos verifikasi bantuan keuangan dapat melihat bantuan keuangan yang disetujui pada laman Admisi setelah proses verifikasi selesai dan dapat segera melanjutkan proses pembayaran UKT sesuai tata cara pada poin 4 dan poin 5
- Lain-lain:
- Bagi mahasiswa baru yang telah melakukan registrasi sesuai poin 4, WAJIB mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB). Informasi lebih lanjut mengenai kegiatan PKKMB 2024 akan diumumkan kemudian di laman resmi http://selma.ub.ac.id. Dijadwalkan pada bulan Agustus 2024. Harap selalu memeriksa pengumuman terbaru di laman SELMA secara berkala.
- Tidak ada perpanjangan waktu untuk proses daftar ulang atau Pembayaran UKT.
- Setiap mahasiswa baru yang tidak memenuhi ketentuan pada pengumuman ini dinyatakan mengundurkan diri dan kehilangan hak sebagai mahasiswa baru Universitas Brawijaya tahun akademik 2024/2025.
- Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan secara online melalui HALO SELMA (https://haloselma.ub.ac.id).
Rektor
Prof. Widodo S.Si., M.Si., Ph.D.Med.Sc.