Penerimaan Peserta Didik Program Studi Pendidikan Dokter Subspesialis (PS PDSS) Periode Juli 2024

JALUR REGULER

Proses Pendaftaran dan Pemberkasan

  1. Pendaftaran untuk Program Studi Pendidikan Dokter Subspesialis Periode Juli 2024 dibuka mulai tanggal 15 – 18 Mei 2024
  2. Calon peserta login pada https://admisi.ub.ac.idmenggunakan akun Gmail
  3. Gunakan alamat email Gmail yang benar dan valid untuk melakukan verifikasi email pendaftar;
  4. Login ke email Gmail dan lakukan verifikasi melalui link verifikasi pada email yang dikirim oleh Admisi UB. Setelah email terverifikasi, pendaftar dapat mulai melakukan proses pendaftaran;
  5. Pendaftar memilih Seleksi Kedokteran Spesialis, kemudian melakukan request KODE PEMBAYARAN;
  6. Proses pendaftaran mulai dari request kode bayar sampai dengan finalisasi dilaksanakan secara online melalui laman https://admisi.ub.ac.id. Jika ada permasalahan terkait pembayaran atau proses pendaftaran silahkan menghubungi ke helpdesk-tik.ub.ac.id
  7. Pertanyaan terkait Persyaratan penerimaan silahkan menghubungi Hotline telepon (0341) 335 222 atau email ke [email protected].
  8. Apabila proses request berhasil, maka Anda akan memperoleh KODE PEMBAYARAN (13 digit);
  9. Biaya pendaftaran sebesar 500.000 (lima ratus ribu rupiah) disetor pada Bank BRI, Bank Mandiri atau Bank BNI seluruh Indonesia (semua kanal pembayaran) di seluruh Indonesia dengan menunjukkan KODE PEMBAYARAN;
  10. Proses pembayaran hanya dapat dilakukan pada jadwal pendaftaran saja. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan di bank tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun. Harap mengikuti tata cara pembayaran sebagai berikut :
    1. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BRI
    2. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri
    3. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BNI
  11. Setelah pembayaran berhasil, peserta melakukan konfirmasi pembayaran pada laman https://admisi.ub.ac.id. Peserta diharapkan menggandakan (fotocopy) struk bukti bayar setidaknya 1 (satu) lembar sebagai bukti cadangan;
  12. Melakukan pendaftaran secara online dengan melengkapi data-data dan dokumen yang diperlukan melalui https://admisi.ub.ac.id.
  13. Biaya pendaftaran dan tes seleksi yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan atau dialihkan dengan alasan apapun.

 

PROSES SELEKSI

Proses seleksi penerimaan calon peserta PS PDS meliputi:

  1. Proses seleksi penerimaan calon peserta PS PDSS meliputi: 
    1. seleksi administrasi;
    2. tes potensi akademik, tes kesehatan mental dan fisik, dan tes kemampuan berbahasa  Inggris; dan
    3. tes tulis dan wawancara.
  2. Seleksi administrasi meliputi:
    1. verifikasi biodata dan kelengkapan berkas persyaratan umum dan khusus; dan
    2. validasi keaslian berkas yang telah diupload.
  3. Seleksi tes potensi akademik, tes kesehatan mental dan fisik, dan tes kemampuan berbahasa  Inggris dilaksanakan oleh Panitia Seleksi dan/atau oleh instansi/lembaga yang ditunjuk oleh  Panitia Seleksi.
    1. Pelaksanaan dan Pembayaran Tes TPA bisa langsung melalui  https://koperasi.bappenas.go.id/jadwal-tpa/
    2. Pelaksanaan dan pembayaran Tes Toefl bisa langsung ke Laboratorium Bahasa FKUB, Jl.  Veteran, Malang
    3. Tes Psikologi-Psikiatri dilaksanakan oleh Yayasan Psikologi dan Psikiatri Malang, dengan  biaya sebesar Rp 700.000 dibayarkan melalui Bank Mandiri No. Rekening 144-00-2435500- 7 atas nama YAYASAN PSIKOLOGI DAN PSIKIATRI MALANG.
    4. Tes Kesehatan dilaksanakan di GCU RSSA dengan biaya sebesar Rp. 2.170.000,- dibayarkan melalui Nomor Virtual Account Bank Mandiri : 891184466
    5. Bukti transfer Tes Psikologi-Psikiatri dan Tes kesehatan bisa di upload ke link https://s.ub.ac.id/buktibayartahap2sp2
  4. Tes kesehatan fisik dan mental meliputi:
    1. tes kesehatan fisik dengan ketentuan seluruh calon peserta seleksi tidak boleh menderita  penyakit yang dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain serta dapat mengganggu  proses pendidikan dan pelayanan; dan
    2. tes kesehatan mental melalui tes psikologi-psikiatri.
  5. Seleksi tes tulis dan wawancara diselenggarakan oleh masing-masing Program Studi, serta  hasilnya diumumkan secara terbuka.
  6. Hasil Tes Toefl dan TPA dikumpulkan melalui link https://s.ub.ac.id/uploadtoefltpa
  7. Semua dokumen hasil tes seleksi calon peserta PS PDSS menjadi milik panitia seleksi

 

PERSYARATAN PENERIMAAN PESERTA DIDIK PROGRAM STUDI PENDIDIKAN DOKTER  SUBSPESIALIS (PS PDSS) 

Persyaratan penerimaan calon peserta didik PS PDSS meliputi persyaratan umum dan khusus.

PERSYARATAN UMUM 

Persyaratan umum penerimaan calon peserta didik Program Studi Subspesialis dilakukan dengan  mengupload scan dokumen asli yang meliputi: 

  1. surat Permohonan kepada Dekan untuk mengikuti Program Pendidikan Dokter Subspesialis;
  2. ijazah/sertifikat profesi pendidikan dokter spesialis;  
  3. transkrip nilai pendidikan spesialis;  
  4. calon peserta tes seleksi yang berstatus pegawai negeri sipil/TNI/POLRI/instansi pemerintah  lain dan calon peserta yang dikirim oleh institusi tempat bekerja wajib melampirkan surat izin  belajar/tugas belajar dari pimpinan yang berwenang;  
  5. surat keterangan pertanggungjawaban sumber pembiayaan studi yang diberi materai;
  6. surat pernyataan persetujuan dari suami/istri bagi yang sudah menikah atau orang tua/wali  mahasiswa bagi yang belum menikah; 
  7. surat rekomendasi dari organisasi profesi sesuai dengan peraturan perundang-undangan pada  cabang/tempat calon peserta tes bekerja yang menyatakan tidak pernah melakukan malpraktek  atau pelanggaran kode etik kedokteran; 
  8. surat tanda registrasi dokter; 
  9. surat keterangan catatan kepolisian; 
  10. sertifikat pelatihan atau sertifikat kompetensi yang sesuai dengan Program Studi pilihan jika  ada; dan 
  11. menandatangani surat pernyataan tes seleksi PS PDSS sesuai dengan format link dokumen

 

PILIHAN PEMINATAN  

  1. Endokrinologi, Metabolik, dan Diabetes 
  2. Gastroentero Hepatologi 
  3. Ginjal Hipertensi 
  4. Hematologi Onkologi Medik 
  5. Reumatologi 
  6. Penyakit Tropik dan Infeksi 

 

PERSYARATAN KHUSUS  

Persyaratan khusus penerimaan calon peserta didik Program Studi Subspesialis Penyakit Dalam  sebagai berikut : 

  1. Surat Rekomendasi Kolegium Ilmu Penyakit Dalam (KIPD) 
  2. Surat Pengantar dari instansi tempat bekerja mengirimkan tugas belajar disertai alasan  ditugaskan belajar (jika ada) 
  3. SK Penempatan/ SK sebagai dokter klinis atau dokter pendidik tetap (jika ada) 4. Surat pernyataan Kembali ke instansi tempat bekerja dengan tanda tangan diatas materai dan  tanda tangan mengetahui pimpinan instansi tempat bekerja 
  4. Fotokopi sertifikat pelatihan dasar endoskopi bagi pendaftar peminatan Gastroenterohepatology  (jika ada) 
  5. Surat referensi terdiri dari : 
  6. PAPDI Cabang sesuai keanggotaan calon peserta 
  7. Perhimpunan Seminat terkait 
  8. Hanya diperbolehkan maksimal 2 (dua) kali mendaftar pada peminatan yang sama di Program  Studi Subspesialis Penyakit Dalam FKUB terhitung sejak tahap pemberkasan