Penerimaan Mahasiswa Baru Program Doktor Ilmu Kedokteran FKUB Semester Genap 2017/2018

Informasi Pendaftaran

Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran

Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

Semester Genap TA. 2017/2018 (Kelas Reguler / Non Reguler)

 

Sekretariat PSDIK FKUB, di  Gedung Graha Medika (Gedung C) lantai 1 Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya.
Jl. Veteran, Malang 65145, Telp. 0341-575790, Fax 0341-575790

 

 Visi

Menjadikan Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya sebagai sentra kajian keilmuan dan pendidikan yang berdaya saing Internasional dengan keunggulan bidang Biomedik, Bioreproduksi dan Teknologi Kedokteran.

 

 

Misi

Menyelenggarakan pendidikan doktor yang mampu mengembangkan ilmu kedokteran dan kesehatan dengan kajian Biomedik Bioreproduksi dan Teknologi Kedokteran melalui penelitian.

 

Pendaftaran

Pendaftaran mahasiswa baru PSDIK FKUB untuk  Semester Genap dimulai pada tanggal 1 Oktober 2017 sampai dengan 31 Desember 2017. Sistem seleksi pelamar melalui seleksi awal terhadap pelamar (calon mahasiswa) dengan mempertimbangkan kelengkapan administrasi dan kelengkapan akademik, dilanjutkan seleksi berikutnya dengan melaksanakan tes wawancara.

Ketetapan penerimaan mahasiswa diputuskan oleh Dekan atas usul Ketua Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran FKUB. Penerimaan dan penolakan calon mahasiswa akan diberitahukan secara tertulis oleh Dekan FKUB ke alamat calon mahasiswa.

 

Jadwal seleksi mahasiswa untuk Semester Genap 2017/2018

Kegiatan Tanggal
Registrasi 1 Oktober s/d 31 Desember 2017
Periode   9 : TPA & TOEFL Test   21 Oktober 2017 ppsub.ub.ac.id/tpa-toefl/
Periode 10 : TPA & TOEFL Test  18 November 2017 ppsub.ub.ac.id/tpa-toefl/
Periode 11 : TPA & TOEFL Test  16 Desember 2017 ppsub.ub.ac.id/tpa-toefl/
Wawancara : Januari 2018
Pengumuman penerimaan mahasiswa : Januari 2018
Registrasi dan pembayaran SPP online : Januari 2018
Permulaan aktivitas pembelajaran : Menyusul

 

 

 

SISTEM PENERIMAAN MAHASISWA

Sistem penerimaan mahasiswa baru di PSDIK-FKUB mempertimbangkan hal-hal berikut yaitu:

(1) Persyaratan Administrasi

(2) Persyaratan Akademik

(3) Wawancara dan

(4) Kapasitas daya tampung Program Studi serta ketersediaan Komisi Pembimbing.

 

Persyaratan Administrasi

  1. Ijasah magister / setingkat magister sebidang / tidak sebidang dengan program studi yang dipilih, dengan indek prestasi kumulatif ³ 3,00 (pada skala 0-4).
  2. Surat rekomendasi dari dua orang bekas dosen atau pembimbing yang dipandang mampu memberikan kelayakan akademik calon mahasiswa.
  3. Surat tugas atau surat ijin dari atasan (jika pelamar telah bekerja di suatu instansi) bahwa yang bersangkutan dibebaskan dari tugas-tugas instansi. Untuk dosen universitas negeri dan swasta, surat ijin harus didapat dari Rektor / Kopertis. Untuk calon mahasiswa dari Kemenkes dan instansi lain maka surat izin didapat dari atasan langsung dan Direktur Rumah Sakit.
  4. Surat keterangan sehat termasuk surat keterangan bebas narkoba dari RS Pemerintah.
  5. Surat keterangan / pernyataan bahwa yang bersangkutan sedang dan tidak menjabat selama studi yang diketahui atasan.
  6. Surat keterangan tentang sumber dana dan / atau penanggung jawab dana studi selama pendidikan.
  7. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6.
  8. Kartu Tanda Penduduk.

 

Persyaratan Akademik

  1. Sertifikat TPA-OTO BAPPENAS dengan skor minimal 500 yang masih berlaku.
  2. Sertifikat Bahasa Inggris setara TOEFL yang dikeluarkan oleh Institusi dengan skor minimal 500 yang masih berlaku.
  3. Publikasi jurnal dan atau komunikasi ilmiah / bukti keikutsertaan dalam seminar nasional / internasional minimal dua dalam dua tahun terakhir
  4. Rencana (outline) penelitan disertasi yang akan dilakukan saat menempuh pendidikan di PSDIK-FKUB (maksimal 5 halaman).
  5. Calon mahasiswa sebidang (serumpun) Ilmu Kedokteran meliputi : Ilmu-ilmu Kedokteran Dasar, Kedokteran Klinik (Spesialis), Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan, Keperawatan, Kebidanan, Farmasi, Ilmu-ilmu Hayati (Biologi, Biokimia, Biomedik, Psikologi, Bio-Reproduksi), Gizi, IKOR (Ilmu Kesehatan Olahraga), Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Masyarakat. Pertimbangan lebih ditujukan pada gelar magister / spesialis.
  6. Calon mahasiswa tidak sebidang meliputi : Teknik Mesin, Teknik Elektro, Tehnik Informatika, harus melampirkan sertifikat Program Matrikulasi yang dikeluarkan oleh PSDIK FKUB.

 

 

Wawancara

  1. Wawancara dilakukan setelah persyaratan administrasi dan akademik calon mahasiswa dinilai lengkap.
  2. Wawancara bertujuan untuk menilai kesiapan dan kesanggupan calon mahasiswa menyelesaikan pendidikan dalam waktu yang telah ditetapkan.
  3. Dalam wawancara calon mahasiswa diminta menjajikan secara singkat rencana penelitiannya untuk dinilai kebaruan, kedalaman dan kemungkinan keterlaksanaannya (out line).

 

Prosedur Pelamaran

  1. Calon mahasiswa mengajukan lamaran dengan mengisi formulir secara online.
  2. Permohonan dilampiri (scan dan upload) persyaratan administrasi dan akademik seperti disebutkan diatas.
  3. Waktu pelamaran : Pelamaran Semester Ganjil dimulai pada awal bulan Pebruari sampai dengan akhir bulan Mei. Pelamaran Semester Genap dimulai pada awal bulan Oktober sampai dengan akhir bulan Desember.
  4. Seleksi calon mahasiswa / Kriteria Penerimaan : Seleksi awal terhadap calon mahasiswa adalah kelengkapan administrasi dan akademik, dilanjutan seleksi dengan tes wawancara. Ketetapan penerimaan mahasiswa diputuskan oleh Dekan atas usul Ketua Program Studi. Penerimaan dan penolakan calon mahasiswa akan diberitahukan secara tertulis oleh Dekan FKUB ke alamat calon mahasiswa.

 

 

ALUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU PSDIK FKUB

  1. Calon mahasiswa mengisi formulir yang telah disediakan secara online.
  2. Permohonan dilampiri (scan / upload) dengan Persyaratan Administrasi dan Akademik meliputi :
  • Persyaratan Administrasi :
    1. Ijazah magister / Spesialis
    2. Transkrip Akademik Magister / Spesialis
    3. Rekomendasi 2 orang (amplop tertutup)
    4. Surat Tugas atau Surat Ijin atasan
    5. Pernyataan Sumber Dana
    6. Surat Keterangan Sehat
    7. Daftar Riwayat Hidup
    8. Surat Keterangan  / Pernyataan sedang atau tidak menjabat struktural
    9. Foto berwarna terbaru ukuran 4×6
    10. Kartu Tanda Penduduk.
  • Persyaratan Akademik :
    1. Sertifikat lulus Program Matrikulasi PSDIK FKUB (bagi yang tidak sebidang)
    2. Sertifikat TPA OTO-BAPPENAS minimal 500
    3. Sertifikat TOEFL  minimal 500 / 550 (mahasiswa asing)
    4. Publikasi / Komunikasi Ilmiah Nasional / Internasional  dalam dua tahun terakhir
    5. Rencana (Outline) penelitian yang akan dilakukan.

 

Prosedur Pelamaran adalah sebagai berikut :

  1. Calon mahasiswa mendownload formulir pendaftaran PSDIK FKUB dan mengisinya, kemudian meng up load pada pendaftaran online.
  2. Membayar biaya pendaftaran Seleksi PSDIK FKUB sebesar Rp.1.000.000 (satu juta rupiah) melalui Bank Mandiri/Bank BNI/Bank BRI (Kode seleksi yang dimasukkan untuk pembayaran pendaftaran PSDIK FKUB adalah 051 + nomor ponsel Anda, misal 051081234567890) dengan tata cara pembayaran sebagai berikut : Tata Cara Pembayaran Pendidikan UB
  3. Melakukan pendaftaran secara online menggunakan PIN dan nomor pendaftaran kemudian melengkapi data-data yang diperlukan melalui link pendaftaran berikut:
    http://selma.ub.ac.id/wp-app/pendaftaran/pasca_ub
  4. Pengumuman peserta yang lolos seleksi akan diumumkan di web pdik.fk.ub.ac.id

 

Formulir

Download Formulir Pendaftaran PSDIK

Biaya :

Biaya yang diberlakukan di PSDIK – FKUB adalah sebagai berikut :

Biaya pendaftaran (satu kali pembayaran) IDR 1.000.000
Biaya SPP per semester (kelas reguler) IDR 17.500.000
Biaya SPP per semester (kelas non regular) IDR 20.000.000

Catatan :

  1. Biaya pendaftaran harus dibayarkan terlebih dahulu agar dapat dilakukan proses selanjutnya secara online.
  2. Kelas Non Reguler dilaksanakan berdasarkan peraturan yang berlaku.
  3. Hal-hal yang belum dimengerti, silahkan menghubungi :

 

Sekretariat PSDIK FKUB, di  Gedung Graha Medika (Gedung C) lantai 1 Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Jl. Veteran, Malang 65145,

Telp. 0341-575790, Fax 0341-575790

  1. Samsul A. (08113590859)
  2. Deny S. (085233227600)