Penerimaan Mahasiswa Baru Seleksi mandiri Universitas Brawijaya Jalur Nilai Rapor 2022

PENGUMUMAN
Nomor : 6176/UN10/PP/2022

PENERIMAAN MAHASISWA BARU
SELEKSI MANDIRI UNIVERSITAS BRAWIJAYA

JALUR NILAI RAPOR
TAHUN 2022

 

Seleksi Mandiri Universitas Brawijaya (SMUB) ini merupakan seleksi masuk yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Brawijaya berdasarkan nilai rapor serta prestasi akademik dan non akademik sesuai ketentuan.

I. PERSYARATAN

Bagi pendaftar SMUB Jalur Nilai Rapor harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Lulusan SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2020, 2021 dari sekolah terakreditasi yang sudah memiliki ijazah;
  3. Siswa Kelas XII SMA/SMK/MA atau sederajat dan Paket C tahun 2022 dari sekolah terakreditasi WAJIB memiliki SKL (Surat Keterangan Lulus) atau Surat Keterangan Kelas XII yang ditandatangani Kepala Sekolah dan dilengkapi dengan foto terbaru siswa yang disahkan oleh sekolah (stempel terkena foto). Adapun ukuran foto pada surat keterangan menyesuaikan format masing-masing sekolah. Lulusan Tahun 2022 yang nantinya dinyatakan diterima WAJIB mengunggah dokumen kelulusan (SKL/Ijazah) pada saat registrasi, siswa yang tidak dapat membuktikan dokumen kelulusan maka akan dibatalkan sebagai calon mahasiswa baru Universitas Brawijaya;
  4. Bagi lulusan Sekolah di Luar Negeri WAJIB memiliki surat penyetaraan ijazah dari KEMDIKBUD;
  5. Memiliki NISN yang terdaftar NPSN;
  6. Peserta seleksi memiliki kesehatan yang memadai sehingga tidak mengganggu kelancaran proses pembelajaran di program studinya.

 

II. PILIHAN PROGRAM STUDI
  1. Program studi yang ditawarkan terdiri dari 3 (TIGA) kelompok yaitu Kelompok SAINTEK, Kelompok SOSHUM dan CAMPURAN;
    1. Setiap pendaftar hanya dapat memilih maksimal 2 (dua) program studi dari kelompok SAINTEK atau kelompok SOSHUM dan memenuhi syarat dari masing-masing program studi pada Kelompok PS D3, D4 atau Sarjana;
    2. Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPA dapat memilih 2 (dua) program studi CAMPURAN yaitu 1 (satu) kelompok SAINTEK dan 1 (satu) dari kelompok SOSHUM. Atau keduanya dibidang SAINTEK atau SOSHUM Kelompok PS D3, D4 atau Sarjana;
    3. Peserta dari jurusan SMA/SMK/MA IPS hanya dapat memilih 2 (dua) program studi dari kelompok SOSHUM Kelompok PS D3, D4 atau Sarjana;
    4. Urutan dalam pemilihan program studi menyatakan prioritas pilihan;
    5. Program studi yang ditawarkan dan syarat dari masing-masing program studi dapat dilihat pada:
      1. Kelompok Sarjana SAINTEK / SOSHUM
      2. Kelompok D3/D4 (VOKASI ) SAINTEK/SOSHUM
    6. Bagi peserta yang memilih Program Studi Sarjana Seni Rupa Murni atau D4 Desain Grafis, WAJIB mengunggah portofolio dengan ketentuan sebagai berikut :
      1. Satu buah karya gambar naratif dengan teknik menggambar hitam/putih (B/W) sesuai soal/tema yang telah disediakan.
      2. Satu buah karya gambar bentuk (komposisi benda) dengan teknik menggambar berwarna sesuai soal/tema yang telah disediakan.
      3. Satu hingga dua karya 2D (seperti sketsa, gambar, ilustrasi, lukisan) atau karya 3D(seperti patung, keramik, gerabah, miniatur clay, karakter figure).
      4. Seluruh karya dan dokumen isian disusun dalam format PPT dengan ukuran file maksimal 10 MB. Peserta WAJIB menggunakan template untuk file dan dokumen yang disediakan untuk kepentingan penilaian portofolio SMUB 2022. Apabila peserta tidak menggunakan template file dan dokumen yang disediakan, dokumen portofolio yang bersangkutan dapat didiskualifikasi dalam proses penilaian.
        Daftar unduhan:

        1. Template portofolio
        2. Petunjuk penyusunan dokumen portofolio
      1. Khusus bagi pendaftar yang memilih Program Studi D3 Keuangan Perbankan – Bidang Minat Perbankan, terdapat tambahan persyaratan sbb :
        1. Berpenampilan menarik (good looking)
        2. Tinggi badan perempuan minimal 160 cm, laki-laki minimal 165 cm. Berat badan proporsional.
        3. Ramah, komunikatif, bahasa tubuh dan bahasa verbal baik.
        4. Mengirimkan pas foto berwarna ukuran 4×6, foto seluruh badan ukuran post card (harus terlihat dari atas kepala hingga kaki), diunggah pada laman pendaftaran, dan video perkenalan diri full body (bisa dengan format TikTok) tentang latar belakang pendidikan, keluarga, motivasi dll. Menggunakan pakaian formal yaitu untuk laki-laki (kemeja, dan jas), untuk perempuan (kemeja, dan blazer), dengan durasi maksimum 1 menit. Video diunggah di Google Drive menggunakan akun pribadi masing-masing kemudian dibagikan (share). Tautan url dari video tersebut dilampirkan pada pendaftaran online.

 

III. JADWAL PENTING
No. Kegiatan Jadwal
1
  1. Pembayaran biaya pendaftaran jalur Rapor
  2. Pengisian data nilai Rapor dan finalisasi pendaftaran
17 Mei 2022 (pukul 13.00 WIB)  s/d 24 Juni 2022 (pukul 23.59 WIB)
2 Pengumuman hasil seleksi Mandiri Jalur Rapor 26 Juni 2022 (pukul 18.00 WIB)

 

IV. BIAYA PENDAFTARAN

Biaya pendaftaran Seleksi Mandiri UB 2022 adalah sebesar Rp. 350.000 (tiga ratus lima puluh ribu rupiah)

 

V. NILAI RAPOR
  1. Ketentuan pengisian data nilai rapor pada bagian pengetahuan adalah sebagai berikut: Nilai mata pelajaran Matematika (Wajib), Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris (Wajib) dan rata-rata nilai mata pelajaran peminatan/jurusan/kompetensi (Petunjuk detil ada pada Link Pendaftaran). Matematika Minat tidak masuk dalam Perhitungan rata-rata.
  2. Nilai yang diisikan adalah nilai pada tiga semester dengan ketentuan sebagai berikut:
    1. Kelas reguler mengunggah berkas rapor kelas XI semester 1 dan 2, kelas XII semester 1 (Diurutkan semester 3, 4, dan 5) yang telah dilegalisir sekolah.
    2. Kelas akselerasi 2 Tahun (4 Semester) mengunggah berkas rapor kelas X semester 1 dan 2, kelas XI semester 1 (semester 1, 2 dan 3) jika punya nilai 6 semester ketentuan sama dengan reguler yang telah dilegalisir sekolah.
    3. Kelas akselerasi 6 semester mengunggah berkas rapor kelas X semester 3 dan kelas XI semester 1 dan 2 (semester 3, 4, dan 5) yang telah dilegalisir sekolah.
VI. NILAI AKREDITASI

Mengisi nilai akreditasi sekolah (SMA/MA) dan jurusan (bagi SMK) yang masih berlaku (dapat dikonfirmasi pada pihak sekolah/Guru BK) Dalam bentuk Huruf dan Angka.

VII. TATA CARA PENDAFTARAN
  1. Melakukan pembuatan akun di laman https://admisi.ub.ac.id;
  2. Memilih Seleksi Mandiri UB Jalur Nilai Rapor 2022 pada halaman dashboard;
  3. Melakukan pengisian data Nomor NISN dan NPSN;
  4. Melakukan pembayaran biaya pendaftaran menggunakan Kode Pembayaran yang muncul saat pendaftaran di admisi, (berlaku sebagai Nomor Pendaftaran atau NIM) sesuai dengan Bank yang dipakai.
  5. Calon peserta membayar biaya pendaftaran melalui Bank BNIBank Mandiri atau atau Bank BRI seluruh Indonesia dengan menyertakan Kode Pembayaran (13 digit);
  6. Harap Mengikuti Tata Cara Pembayaran Berikut Tata Cara Pembayaran :
    1. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BNI
    2. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri
    3. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BRI
  7. Setelah pembayaran berhasil, peserta melakukan konfirmasi pembayaran pada laman admisi. Konfirmasi pembayaran dengan input secara Mandiri yaitu masuk di Dashboard admisi dengan klik Pendaftaran kemudian input tanggal bayar, input Biaya Pendaftaran Rp. 350.000, Pilih Bank untuk bayar dan Klik Konfirmasi) tidak ada waktu tunggu jika pembayaran sudah sesuai. Harap menggandakan (fotocopy) struk bukti bayar setidaknya 1 (satu) lembar atau Sreen Shoot layar ATM sebagai bukti cadangan jika bukti bayar tidak keluar.
  8. Mengisi form pendaftaran di laman https://admisi.ub.ac.id;
  9. Memilih program studi yang dituju berdasarkan persyaratan pada poin II;
  10. Mengunggah berkas kelengkapan pendaftaran sebagai berikut:
    1. Foto diri ukuran 3 x 4 background warna bebas (Bisa pakai foto Ijazah/UTBK)
    2. Rapor per Semester sesuai ketentuan pada poin V yang telah dilegalisir pihak sekolah apabila tidak mendapatkan legalisir dapat Scan dari Rapor Aslinya yang ada tanda tangan pihak sekolah.
    3. Scan Ijazah/SKL (bagi siswa lulusan 2020/2021) yang telah di legalisir Pihak Sekolah atau dapat scan dari aslinya.
    4. Scan SKL bagi lulusan 2022 yang telah di legalisir Pihak Sekolah atau scan dari SKL Asli, bagi yang belum punya SKL dapat menggunakan Surat Keterangan kelas XII dan dapat gunakan surat yang sama untuk mengikuti UTBK).
    5. Kartu Tanda Penduduk (KTP)/Surat Keterangan Kependudukan/Kartu Keluarga (KK) bagi yang tidak punya KTP.
    6. Sertifikat prestasi unggul (3 prestasi terbaik) di bidang akademik, olahraga dan seni serta keagamaan saat menempuh Pendidikan SMA/MA/SMK (jika ada prestasi yang diisikan pada isian prestasi);
    7. Tingkat Internasional (Juara I, Juara II, Juara III, Gold, Silver, Bronze)
    8. Tingkat Nasional (Juara I, Juara II, Juara III, Gold, Silver, Bronze)
    9. Tingkat Regional/Provinsi/Kabupaten/Kota (Juara I, Juara II, Juara III, Gold, Silver, Bronze)
    10. Hafizh Al-Quran (5 Juz, 10 Juz, 20 Juz, 30 Juz)
  1. Menyetujui pernyataan isian data dan melakukan finalisasi pendaftaran;
  2. Mencetak kartu peserta seleksi atau simpan dalam bentuk file PDF.
VII. LAIN-LAIN
  1. Setiap peserta WAJIB memenuhi ketentuan dalam pengumuman ini;
  2. Jika ada pengumuman atau perubahan jadwal akan diberitahukan kemudian melalui laman (https://selma.ub.ac.id);
  3. Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan melalui HALO SELMA (https://haloselma.ub.ac.id)

Rektor,

Prof. Dr. Ir. Nuhfil Hanani AR., MS.