Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PSPPI) Tahun Ajaran 2018/2019

Penerimaan Mahasiswa Baru Program Studi Pendidikan Profesi Insinyur (PSPPI) Tahun Ajaran 2018/2019

 

INTRODUKSI

Mempertimbangkan pentingnya tenaga kerja Indonesia khususnya dalam bidang rekayasa dipersiapkan menghadapi era globalisasi, maka DPR telah mengesahkan UU No 11 Tahun 2014 tentang Undang-undang Keinsinyuran. Salah satu poin dalam UU itu adalah pasal 7 s/d 9  tentang Pendidikan Profesi Insinyur. Program Profesi Insinyur adalah:

“Program Profesi Insinyur adalah program pendidikan tinggi setelah program sarjana untuk membentuk kompetensi Keinsinyuran.”

Menurut Pasal 8,

“Program Profesi Insinyur diselenggarakan oleh perguruan tinggi bekerja sama dengan kementerian terkait, Persatuan Insinyur Indonesia (PII), dan kalangan industri dengan mengikuti standar Program Profesi Insinyur.”

Berdasarkan amanah itulah, maka pada bulan Mei 2016 Pemerintah dalam hal ini Kementrian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi menugaskan 40 perguruan tinggi di Indonesia untuk menyelenggarakan Program Profesi Insinyur. Universitas Brawijaya Malang menjadi salah satu Perguruan Tinggi yang ditunjuk untuk mulai membuka program tersebut. Surat izin penyelenggaraan Program Profesi Insinyur di Universitas Brawijaya telah diberikan berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 595/KPT/I/2017.

Berdasarkan SK Menteri tersebut, maka terhitung mulai Semester Ganjil 2018/2019 Program Studi Program Profesi Insinyur Universitas Brawijaya (PSPPI-UB) akan membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa baru. Program yang ditawarkan adalah Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Berdasarkan definisi, RPL adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal atau informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal (Pasal 1, Permen Ristek Dikti No 26 Tahun 2016).

Program Profesi Insinyur yang akan diselenggarakan di PSPPI-UB akan mengacu pada definisi di atas. Pengakuan terhadap capaian pembelajaran calon mahasiswa akan didasarkan tidak hanya pada pendidikan formal, namun juga pada pengalaman kerja yang telah diperoleh oleh calon mahasiswa sebelum bergabung di PSPPI-UB.

Program pembelajaran dilakukan selama 1 semester. Dalam satu semester tersebut, berkas mahasiswa yang terdiri dari riwayat pendidikan formal serta riwayat pengalaman kerjanya akan dievaluasi oleh Program un.  tuk menentukan kelayakannya untuk memperoleh Gelar Insinyur. Selain itu, mahasiswa dipersyaratkan mengikuti perkuliahan/tatap muka yang jumlah tatap mukanya akan diatur lebih lanjut.

PERSYARATAN PENDAFTARAN

Untuk dapat mendaftar pada program PSPPI-UB, calon mahasiswa harus mempunyai kualifikasi sebagai berikut:

  1. Telah memperoleh gelar/ijasah Sarjana Teknik, Rumpun Keteknikan lainnya atau Sarjana Terapan Bidang Teknik (D4) dari institusi yang telah terakreditasi oleh BAN PT
  2. Mempunyai Transkrip akademik jenjang pendidikan terakhir yang sah dan legal.
  3. Memiliki pengalaman kerja dalam praktik keinsinyuran minimal 2 (dua) tahundari instansi tempat bekerja.
  4. Surat Keterangan Sehat dari Dokter.
  5. Pas foto berwarna terbaru ukuran 3X4, berpakaian formal dengan wajah menghadap kamera.

 

TANGGAL PENDAFTARAN

25 Juni – 20 Agustus 2018

 

BIAYA

Pendaftaran                 Rp.   1.000.000,-

SPP (1 Semester)        Rp. 11.880.000,-

 

Tahapan Pendaftaran

  1. Membayar Biaya Pendaftaran Rp.1.000.000 melalui Bank Mandiri (Teller/Online/ATM), dan mendapatkan nomor pendaftaran dan PIN dari Bank Mandiri.
    ID pembayaran untuk Pendidikan Profesi Insinyur adalah 601+nomor HP, contoh: 601081234567890.
    Tata cara pembayaran Bank Mandiri
  2. Melakukan pendaftaran secara online melalui link pendaftaran berikut, dengan memasukkan No pendaftaran dan PIN yang diperoleh dari Bank setelah membayar biaya pendaftaran:
    http://selma.ub.ac.id/wp-app/pendaftaran/profesi/
  3. Pengumuman penerimaan maupun pengumuman terkait lainnya akan diumumkan melalui website Pendidikan Profesi Insinyur/Website Selma.

 

Info lebih lanjut

Untuk informasi lebih lanjut terkait dengan Program Profesi Insinyur dapat menghubungi:

Ir. Ludfi Djakfar, MSCE, Ph.D., IPM
Ketua Program Studi PSPPI
+628123314402
Ldjakfar@ub.ac.id

psppi@ub.ac.id

http://psppi.teknik.ub.ac.id/