PENERIMAAN MAHASISWA BARU KELAS REGULER
PROGRAM STUDI MAGISTER SISTEM INFORMASI TA. 2025/2026
Status Akreditasi Magister Sistem Informasi:
Sedang proses menunggu jadwal pelaksanaan visitasi akreditasi minimum LAM INFOKOM
- Persyaratan Pendaftaran
Untuk dapat diterima menjadi mahasiswa Kelas Reguler pada Program Magister Sistem Informasi FILKOM Universitas Brawijaya, calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:- Warga Negara Indonesia.
- Telah lulus program sarjana dengan berbagai latar belakang keilmuan dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B dan memiliki Indeks Prestasi (IPK) minimal 3,00 untuk skala 4.
- Memiliki sertifikat ITP-TOEFL (skor minimal 480) atau yang setara (IELTS 5) yang masih berlaku (maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat).
- Bagi yang belum memiliki sertifikat ITP-TOEFL, bisa menghubungi UPT Bahasa Universitas Brawijaya (Brawijaya Language Center) https://blc.ub.ac.id/ atau institusi lain yang kredibel untuk memperoleh informasi lebih lanjut yang berkaitan dengan tes yang diminta. Pendaftaran Tes ITP-TOEFL dilaksanakan secara mandiri oleh calon mahasiswa.
- Bagi yang belum memiliki sertifikat ITP-TOEFL tapi telah memiliki sertifikat Preparation/Institutional TOEFL, iBT TOEFL atau IELTS maka calon mahasiswa diperkenankan untuk menggunakan sertifikat tersebut sebagai dasar untuk melakukan asesmen awal pada saat seleksi wawancara.
- Panitia seleksi masih akan mempertimbangkan skor yang kurang dari standar yang ditentukan berdasarkan asesmen pada saat seleksi wawancara.
- Jika dinyatakan lolos seleksi, mahasiswa yang nilai TOEFL nya kurang dari standar yang ditentukan dan/atau masih belum memiliki sertifikat ITP-TOEFL akan diwajibkan untuk memperbarui sertifikat ITP-TOEFL nya dan melaporkan hasilnya ke Program Studi.
- Memiliki sertifikat TPA OTO BAPPENAS (skor minimal 480) dan masih berlaku maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat.
- Bagi yang belum memiliki sertifikat TPA OTO BAPPENAS, bisa menghubungi Fakultas Ilmu Administrasi (http://fia.ub.ac.id/) atau Pascasarjana (http://ppsub.ub.ac.id) Universitas Brawijaya atau institusi lain yang kredibel untuk memperoleh informasi lebih lanjut yang berkaitan dengan tes yang diminta. Pendaftaran Tes TPA OTO BAPPENAS dilaksanakan secara mandiri oleh calon mahasiswa.
- Panitia seleksi masih akan mempertimbangkan skor yang kurang dari standar yang ditentukan berdasarkan asesmen pada saat seleksi wawancara.
- Jika dinyatakan lolos seleksi, mahasiswa yang nilai TPA nya kurang dari standar yang ditentukan akan diwajibkan untuk memperbarui sertifikat TPA OTO BAPPENAS nya dan melaporkan hasilnya ke Program Studi.
- Memiliki rencana atau sinopsis riset sebagai acuan untuk rencana tesis yang akan dikerjakan selama menjalani program magister yang disesuaikan dengan salah satu Laboratorium Riset atau Grup Riset yang ada:
- Sistem Cerdas
- Computer Vision
- Jaringan Berbasis Informasi
- Teknologi Media, Game dan Piranti Bergerak
- Rekayasan Perangkat Lunak
- Sistem Informasi
- Geoinformatika
- Embedded System
- Technology-Enhanced Learning
- Melampirkan karya ilmiah yang telah dipublikasikan sebagai penulis pertama atau penulis pendukung apabila ada.
- Membuat surat pernyataan kesanggupan untuk menyelesaikan pendidikan magister beserta semua kewajibannya.
- Menyertakan Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas atau Rumah Sakit.
- Menyertakan surat rekomendasi dari:
- Dua orang yang dianggap mampu memberikan kelayakan akademik pelamar (dosen pembimbing skripsi dan/atau pembimbing akademik), bagi mahasiswa fresh graduate;
- Satu orang dari dosen pembimbing skripsi pada pendidikan sarjana, bagi yang sudah bekerja;
- Menyertakan surat ijin dari pimpinan (satu surat ijin) pada tempat kerja saat ini, bagi yang sudah bekerja (Wajib untuk Program reguler 2).
- Lulus tes ujian masuk: bidang (tertulis) dan wawancara. Hasil tes bidang sekaligus akan digunakan untuk menentukan mata kuliah matrikulasi yang harus ditempuh bagi pendaftar yang dinyatakan lulus bersyarat bidang. Materi uji atau tes bidang: Infrastruktur Teknologi Informasi (ITI), Pengembangan Sistem Informasi (PSI), Manajemen Data dan Konten (MD), Manajemen dan Tata Kelola Sistem Informasi (MTKSI).
- Tahapan Pendaftaran
Tahapan pendaftaran mengikuti informasi pada halaman seleksi pascasarjana UB:
Seleksi Pascasarjana UB
Template formulir dan surat pernyataan dapat diunduh di link berikut (tab Unduh Formulir):Kelas Reguler : https://filkom.ub.ac.id/msi/pendaftaran-kelas-reguler-i-magister-sistem-informasi/
Kelas Reguler-II https://filkom.ub.ac.id/msi/pendaftaran-kelas-reguler-ii-magister-sistem-informasi/Kelengkapan dokumen yang perlu diupload pada pendaftaran online :- Foto diri berwarna terbaru (File JPG)
- Ijazah dan Transkrip Sarjana (File PDF)
- Ijazah dan Transkrip Magister (untuk pendaftar program Doktor) (File PDF)
- Sertifikat Tes Potensi Akademik (File PDF)
- Sertifikat TOEFL/Tes kemampuan bahasa Inggris lainnya (lihat syarat pada masingmasing program studi untuk keterangan lebih lanjut) (File PDF)
- Dua surat rekomendasi akademik (untuk pendaftar program Magister), atau tiga surat rekomendasi akademik (untuk pendaftar program Doktor) (File PDF)
- Surat keterangan sehat dan bebas narkoba (File PDF)
- KTP (File JPG)
- Surat Ijin/Penugasan dari instansi (bagi yang sudah bekerja) (File PDF)
- Daftar Riwayat Hidup (File PDF)
- Sinopsis rencana penelitian (File PDF)
- Surat keterangan sumber dana (File PDF)
- Profil mahasiswa pada situs forlap dikti (lakukan pencarian pada https://pddikti.kemdikbud.go.id/ kemudian upload screenshot halaman data mahasiswa pada Admisi UB) (File JPG)
- Jenis Program dan Biaya
Program Reguler 1 : Waktu kuliah Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIBProgram Reguler 2 : Waktu kuliah Senin-Jumat (Hybrid) pukul 18.00-20.30 WIB & Sabtu (Luring) pukul 08.00-12.00 WIB.Biaya pendidikan magister untuk pendaftaran mahasiswa kelas reguler TA. 2025/2026 terdiri atas:i. Biaya Pendaftaran Reguler I & II Rp 1.000.000,- ii. Biaya matrikulasi (jika diwajibkan) per sks Rp 250.000,- iii. a. UKT Reguler 1 a) Rp 11.700.000,- b. UKT Reguler 2 a) Rp.15.000.000,- Note:
- a) Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan di bank tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun.
- a) Mengikuti peraturan Rektor yang berlaku.
- Waktu-waktu penting
Berikut adalah tanggal penting terkait pendaftaran Program Magister Sistem Infromasi FILKOM Universitas Brawijaya:Gelombang I- Pendaftaran Program Magister : –
- Verifikasi berkas pendaftaran : –
- Psikotes : –
- Tes bidang* : –
- Tes wawancara : –
- Pengumuman hasil seleksi : –
- Daftar ulang mahasiswa baru : –
Gelombang II
- Pendaftaran Program Magister : 7 Mei – 31 Mei 2025
- Verifikasi berkas pendaftaran : 2 Juni – 20 Juni 2025
- Psikotes : 21 Juni 2025
- Tes bidang* : 21 Juni 2025
- Tes wawancara : 21 Juni 2025
- Pengumuman hasil seleksi : 30 Juni 2025 (Mengikuti Pengumuman SELMA UB)
Daftar ulang mahasiswa baru : 1 – 19 Juli 2025
*) Materi uji: Infrastruktur Teknologi Informasi (ITI), Pengembangan Sistem Informasi (PSI), Manajemen Data dan Konten (MD), Manajemen dan Tata Kelola Sistem Informasi (MTKSI).
Kontak :
Official Website : https://filkom.ub.ac.id/
Email : [email protected]