Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister Manajemen Rumah Sakit 2020/2021

PENGUMUMAN
PENERIMAAN MAHASISWA BARU
PROGRAM STUDI MAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT
TAHUN AKADEMIK 2020/2021

 

 

Visi

Menjadi program studi penyelenggara Tri Dharma Perguruan Tinggi yang utama dan berdaya saing global untuk memajukan mutu pelayanan rumah sakit dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat

 

Misi

Menyelenggarakan proses pendidikan  di bidang manajemen rumah sakit yang mampu menghasilkan akademisi profesional dan mumpuni serta berkontribusi membangun masa depan bangsa melalui pengembangan, penyebarluasan, dan penggunaan ilmu pengetahuan dengan berlandaskan nilai TRUST

 

Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan Magister Manajemen Rumah Sakit mengacu pada kompetensi nasional lulusan yang dirumuskan oleh pengelola administrasi rumah sakit yaitu:

  1. Knowledge of Hospital System: Mampu menganalisis dan merespon dinamika faktor eksternal yang meliputi sistem dan organisasi rumah sakit, perspektif pasien dan komunitas, kebijakan dan lingkungan denganmenggunakan pendekatan Evidence Based Management Practice (EBMP) dan knowledgemanagement guna meningkatkan mutu pelayanan, keunggulan kompetitif serta keberlangsungan organisasi rumah sakit dan pengembangan ilmu
  2. Communication: Mampu melakukan advokasi, negosiasi (mediasi) dan lobby secara interpersonal, massa dan media sehingga berhasil membangun kemitraan secara berkesinambungan dengan pemangku kepentingan (stakeholder).
  3. Hospital Business Skill and Knowledge: Mampu menghasilkan nilai tambah dalam proses pengelolaan rumah sakit berdasarkan penguasaan teori dan penerapan fungsi administrasi / manajemen serta prinsip bisnis sehingga dapat meningkatkan mutu, aksesibilitas, keterjangkauan, ekuitas, efektfitas dan efisiensi rumah sakit serta pengembangan program strategis.
  4. Leadership: Mampu membangun iklim dan budaya organisasi rumah sakit untuk beradaptasi dan mentransformasi seluruh elemen organisai melalui kepemimpinan yang efekif (team leadership dan drive result), serta bertanggung jawab terhadap hasil kerja mandiri maupun institusi dan organisasi.
  5. Research and knowledge management: Mampu mengelola riset, data riset, dan berkontribusi dalam pengembangan keilmuan administrasi atau manajemen rumah sakit serta mendiseminasikan hasil riset tersebut sehingga mendapat pengakuan nasional dan internasional dalam bentuk publikasi ilmiah.
  6. Profesionalisme: Mampu menyelaraskan antara individu dan organisasi rumah sakit (person organizational fit) sesuai dengan standar etika dan profesi, meliputi akuntabilitas, orientasi pelayanan, komitmen pada pengembangan profesionalisme dan pembelajaran seumur hidup dengan cara membangun karakter profesional dan kompetensi individu

 

Pengembangan Karier

Berdasarkan tracer study pada enam institusi penyelenggara pendidikan magister administrasi dan manajemen rumah sakit dapat diidentifikasi empat profil lulusan Magister Manajemen Rumah Sakit. Keempat profil tersebut meliputi leader, manager pada rumah sakit dan organisasi pelayanan kesehatan lain, peneliti dan pendidik pada bidang manajemen rumah sakit dan pelayanan kesehatan, serta konsultan manajemen rumah sakit.

 

Model Pembelajaran

Mata kuliah di PS MMRS disusun disesuaikan dengan tahapan dari manajemen dasar hingga lebih spesifik pada manajemen rumah sakit. Proses belajar mengajar di PS MMRS secara garis besar terbagi menjadi lima tahap, yaitu matrikulasi, perkuliahan semester 1, perkuliahan semester 2, magang dan pembimbingan proposal tesis pada semester 3, dan penulisan tesis pada semester 4.

 

Beban studi secara keseluruhan pada Kurikulum 2019 yang berlaku sejak tahun ajaran 2019-2020 sebesar 40 sks. Seluruh beban studi tersebut dibentuk dari kegiatan pembelajaran di kelas  (29 sks) dalam bentuk kuliah – diskusi (26 sks )dan praktikum maupun kunjungan lapangan (3 sks), magang atau hospital management internship (2 sks PKL) dan 9 sks penyusunan tesis. Sebelum perkuliahan, diselenggarakan program penataran alih tahun sebagai upaya matrikulasi dan pembekalan yang dilengkapi dengan study skill dan outbond. Kegiatan penunjang diberikan sebagai ko-kurikuler wajib dan pilihan yang meliputi seminar, workshop dan studi banding.

Bahan kajian secara keseluruhan dibagi menjadi materi manajemen organisasi, manajemen pelayanan kesehatan, serta metodologi yang merangkum tidak hanya metodologi penelitian, tetapi juga metode analisis manajemen dan writing skill yang ditopang dengan filsafat ilmu dan pembelajaran untuk membangun kompetensi seorang Magister. Dengan konsep integrasi pada bahan kajian manajemen organisasi dan manajemen pelayanan kesehatan tidak hanya berisi materi kajian sesuai bidang ilmu tetapi juga dilengkapi dengan materi metode analisis sesuai kajian. Program magang merupakan fase internship yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk menganalisis permasalahan manajemen rumah sakit pada real setting sehingga memungkinkan aplikasi dan evaluasi semua butir kompetensi baik pada aspek kognisi, afeksi maupun psikomotor. Program tesis merupakan end point yang memberikan kesempatan pengembangan keilmuan secara mandiri dan mempublikasikan hasil kajiannya dalam bentuk manuskrip maupun presentasi pada pada lingkup lokal, nasional dan internasional

Waktu Pendidikan

Waktu Pendidikan dirancang 4 (empat) semester dan maksimal 8 (delapan) semester termasuk penyusunan tesis

Syarat – syarat Calon Mahasiswa

Prasyarat Akademik
Persyaratan calon peserta meliputi nilai akademik serta latar belakang pendidikan yang dimiliki:

  1. Nilai Akademik
    IPK minimal 2,75 (pada skala 0-4) atau 6,25 (pada skala 0-10).
  2. Latar Belakang Pendidikan
    Calon mahasiswa berlatar pendidikan minimal Strata-1 dan Strata-1 Profesi (Sarjana Kedokteran, Sarjana Keperawatan, Dokter Umum, Dokter Gigi, Sarjana Kesehatan Masyarakat, Sarjana Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Sarjana Ilmu Administrasi).

Seleksi

Sistem rekruitmen Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit  dilakukan sebagai berikut :

  1. Tes MMPI dilakukan oleh tim ahli psikologi dan psikiatri dengan data yang dijaga kerahasiaannya
  2. Tes wawancara dilakukan oleh Tim Penerimaan Mahasiswa Baru

 

Kalender Penerimaan

 

Batas Akhir Pendaftaran Online 30 April 2020
Pelaksanaan Seleksi Wawancara Online 7 – 8 Mei 2020
Pengumuman Seleksi 22 Mei 2020
Daftar Ulang Matrikulasi / PAT 8 – 18 Juni 2020
Matrikulasi / Penataran Alih Tahun 19 Juni – 18 Juli 2020
Daftar Ulang Semester Ganjil TA. 2020/2021 Menyesuaikan jadwal Universitas
Orientasi Pendidikan Prodi (Study Skill & Outbond) 10 – 15 Agustus 2020


 

Biaya Pendidikan

Biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti pendidikan di Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit PPS FKUB adalah sebagai berikut :

Pendaftaran dan Seleksi Rp.   1.000.000,-
Biaya Tambahan Seleksi MMPI** Rp.      250.000,-
Matrikulasi / Penataran Alih Tahun Rp.   3.500.000,-
Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester Rp. 20.500.000,-

Keterangan:

*biaya pendidikan dapat berubah sesuai SK rektor yang berlaku

** bagi peserta yang mengulang tes MMPI

 

PROSEDUR  PENDAFTARAN

Pembayaran Pendaftaran dapat dilakukan di Bank Mandiri dan BNI seluruh Indonesia, dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Mendapatkan Nomor Pendaftaran dan PIN yang didapat setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran dan biaya tes seleksi masuk sebesar Rp. 1.000.000,- melalui  Bank yang ditunjuk.
  2. Setelah mendapatkan nomor pendaftaran dan PIN, calon pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi semua berkas pendaftaran di website pendaftaran Universitas Brawijaya https://selma.ub.ac.id/wp-app/pendaftaran/pasca_ub
    • Pilih pendaftaran
    • Pilih Program Pasca Sarjana
    • Cetak Bukti Pendaftaran
  3. Menunggu informasi proses seleksi yang akan diumumkan di website
    http:// www.mmrs.fk.ub.ac.id / selma.ub.ac.id
  4. Semua berkas pendaftaran wajib dibawa saat seleksi (1 berkas asli) termasuk berkas yang telah diunggah.
    1. Berkas yang diunggah:
      • Pas foto berwarna terbaru ukuran 4 x 6
      • Salinan ijasah S1 dan atau S2 yang telah disahkan
      • Salinan daftar nilai selama di Perguruan Tinggi yang telah disahkan; bagi calon mahasiswa yang berasal dari PTS harus menyerahkan nilai ujian negara.
      • Salinan KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku
      • Surat Persetujuan Studi dari Keluarga
    2. Berkas yang diunduh dan dilengkapi:
      • Surat keterangan tentang sumber dana dan/atau penanggung jawab dana studi
        Download-Surat-Keterangan-Sumber-Biaya-Pendidikan
      • Surat rekomendasi dua orang (untuk magister) yang dapat dianggap mampu memberikan kelayakan akademik pelamar
        Download-Rekomendasi-Kelayakan-Akademik
      • Surat keterangan kesehatan dari dokter pemerintah, termasuk Bebas Narkoba
      • Surat tugas / izin dari atasan (jika pelamar telah bekerja) bahwa yang bersangkutan dibebaskan dari tugas-tugas instansi. Untuk dosen universitas negeri dan swasta izin harus didapat dari Rektor.  Untuk calon mahasiswa dari depkes maka izin didapat dari atasan langsung contoh, Direktur Rumah Sakit, Kepala Dinas Kesehatan.
        download surat penugasan belajar (untuk institusi)
        download surat persetujuan studi (untuk keluarga)
      • Karya ilmiah setelah lulus kesarjanaannya berbentuk abstrak atau manuskrip jurnal (bagi yang dipersyaratkan).
      • Daftar riwayat hidup.
      • Salinan sertifikat TPA OTO-BAPPENAS (min. 400)
      • Salinan Sertifikat TOEFL (min. 500)
      • Pas foto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 2 (dua) lembar

 Tata Cara Pembayaran Pendaftaran:

  1. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri
    Membayar biaya pendaftaran melalui Bank Mandiri (via teller, ATM, internet banking). Tata cara pembayaran sebagai berikut :

    1. Melalui Teller Bank Mandiri
      • Datang ke Cabang Bank Mandiri terdekat
      • Mengisi formulir setor tunai/transfer/multipayment (warna biru) dengan mencantumkan “Pendaftaran PS MMRS FKUB dan No Handphone” di kolom berita pada slip setoran
      • Calon mahasiswa baru langsung menuju ke teller dengan menyebutkan nomor seleksi (052) dan ditambah no hp (081XXXXX), Contoh : 052081XXXXX
      • Bayar ke Petugas Teller Bank Mandiri dan menerima bukti pembayaran. Pada bukti pembayaran akan tercetak Nomor Pendaftaran dan PIN yang digunakan untuk login di selma.ub.ac.id, untuk melakukan pendaftaran online.
      • Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.
    2. Pembayaran Melalui Mesin ATM Mandiri
      • Masukkan Kartu ATM Bank Mandiri
      • Pilih    : Bahasa Indonesia
      • Ketik   : Nomor PIN ATM
      • Pilih    : Menu Pembayaran/Pembelian
      • Pilih    : Multipayment
      • Masukkan Kode : 10006 (Universitas Brawijaya) kemudian tekan ’BENAR
      • Ketik   : Nomor Seleksi (052) dan ditambah no hp (081XXXXX), contoh: 052081XXXXX. tekan ’BENAR
      • Layar akan menampilkan identitas jumlah pembayaran Saudara kemudian tekan ’1’ jika data telah sesuai
      • Untuk melakukan eksekusi tekan ’YA’, untuk pembatalan tekan ’TIDAK’
      • Pada bukti pembayaran akan tercetak Nomor Pendaftaran dan PIN yang digunakan untuk login di selma.ub.ac.id, untuk melakukan pendaftaran online.
      • Transaksi telah selesai. Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.
    3. Pembayaran Melalui Internet Banking Bank Mandiri
      • Login ke : www.bankmandiri.co.id dengan User ID dan PIN internet banking Bank Mandiri anda
      • Pilih    : Menu Pembayaran
      • Pilih    : Menu Pendidikan
      • Pada combo box ’Dari Rekening’, pilih rekening yang akan digunakan untuk bertransaksi
      • Pada combo box ’Penyedia Jasa’, pilih ’10006’ (kode Universitas Brawijaya)
      • Ketik   : Nomor Seleksi (052) dan ditambah no hp (081XXXXX), contoh: 052081XXXXX , pada kotak isian yang tersedia kemudian klik ’Lanjutkan’ kemudian identitas Saudara akan muncul berikut biaya pendidikan yang harus dibayarkan kemudian cantumkan tanda ’v
      • Jika data telah sesuai, klik tombol ’Lanjutkan
      • Masukkan PIN Mandiri (6 digit) yang diperoleh dari token PIN Mandiri lalu klik tombol ’Kirim
      • Tunggu respon dari sistem internet banking untuk status transaksi. Jika berhasil, Saudara akan mendapatkan Nomor Transaksi serta Nomor Pendaftaran dan PIN yang digunakan untuk login di selma.ub.ac.id, untuk melakukan pendaftaran online.. Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.
  2. Tata Cara Pembayaran melalui Bank BNI
    Mohon tidak melakukan pembayaran melalui mobile banking BNI

    1. Melalui Teller Bank BNI
      1. Datang ke Cabang Bank BNI terdekat
      2. Mengisi formulir setor tunai/transfer/multipayment (warna biru) dengan mencantumkan “Pendaftaran PS MMRS FKUB dan No Handphone” di kolom berita pada slip setoran
      3. Calon mahasiswa baru langsung menuju ke teller dengan menyebutkan nomor seleksi (052) dan ditambah no hp (081XXXXX), Contoh : 052081XXXXX
      4. Bayar ke Petugas Teller Bank BNI dan menerima bukti pembayaran
      5. Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.
    2. Pembayaran Melalui Mesin ATM Bank BNI
      • Masukkan Kartu ATM Bank BNI
      • Pilih    : Bahasa Indonesia
      • Ketik   : Nomor PIN ATM
      • Pilih    : Menu lain
      • Pilih    : Pembayaran
      • Pilih    : Menu berikutnya
      • Pilih    : Universitas
      • Pilih    : Student Payment Center (SPC)
      • Ketik Kode Universitas : 8032 (Universitas Brawijaya) dilanjutkan dengan nomor seleksi (052) dan ditambah no hp (081XXXXX), Contoh : 8032052081XXXXX
      • Kemudian akan muncul layar konfirmasi, apabila benar maka pilih “YA BAYAR” untuk melakukan pembayaran
      • Kemudian pilih rekening “Tabungan”
      • Transaksi telah selesai. Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.
    3. Pembayaran Melalui Internet Banking Bank BNI
      • Login ke         : www.bni.co.id Pilih Internet Banking Personal, kemudian input User IDdan Password.
      • Pilih    : Menu Pembayaran – Biaya Pendidikan – Pembayaran
      • Pengisian data sebagai berikut :
        • Pilih Universitas Brawijaya dari dropdown Perguruan Tinggi, input nomor seleksi (052) dan ditambah no hp (081XXXXX), Contoh : 052081XXXXX
        • Pilih nomor rekening dari dropdown daftar rekening
        • Klik tombol kunci
        • Input delapan digit nomor yang muncul ke BNI e-secure
        • Input nomor respon dari BNI e-secure pada aplikasi Internet Banking BNI
        • Klik proses
      • Akan muncul layar konfirmasi
        • Input delapan digit nomor yang muncul ke BNI e-secure
        • Input nomor respon dari BNI e-secure pada aplikasi Internet Banking BNI
        • Klik proses
        • Untuk transaksi berhasil, akan tampil layar konfirmasi
      • Selanjutnya pilih “cetak bukti pembayaran” untuk mencetak receipt atau pilih “simpan bukti pembayaran” untuk menyimpan receipt ke dalam file penyimpanan
      • Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.

 

Informasi lebih lanjut:
Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit
Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Jalan Veteran, Malang, 65145

Telp. [0341] 568989
Fax.  [0341] 575849

Hotline: 081 330 95 1515 (Eva)

http://www.mmrs.fk.ub.ac.id

e-mail: mmrs.fk@ub.ac.id