Penerimaan Mahasiswa Baru Program Magister Manajemen Rumah Sakit 2018/2019

Visi

Menjadi institusi pendidikan yang mampu menghasilkan praktisi manajemen rumah sakit yang mumpuni melalui penerapan sistem manajemen yang cerdas didalam atmosfir akademik yang kondusif.

 

Misi

Menyelenggarakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis metode ilmiah dengan menjunjung nilai TRUST untuk meningkatkan mutu pelayanan rumah sakit dalam kerangka peningkatan kualitas hidup.

 

Kompetensi Lulusan

Kompetensi lulusan Magister Manajemen Rumah Sakit mengacu pada kompetensi nasional lulusan yang dirumuskan oleh pengelola administrasi rumah sakit yaitu:

  1. Communication: mampu berkomunikasi sebagai leader dan manajer rumah sakit untuk melakukan advokasi, negosiasi dan lobby secara interpersonal, massa dan media sehingga berhasil membangun kemitraan secara berkesinambungan dengan pemangku kepentingan (stakeholder)
  2. Hospital Management and Business Skill : mampu menghasilkan nilai tambah dalam proses pengelolaan rumah sakit melalui penerapan fungsi manajemen dan prinsip bisnis sehingga dapat meningkatkan mutu, aksesibilitas, keterjangkauan, ekuitas, efektfitas dan efisiensi rumah sakit
  3. Knowledge of Hospital System: mampu menganalisis dan merespon dinamika faktor eksternal yang meliputi sistem dan organisasi rumah sakit, perspektif pasien dan komunitas, kebijakan dan lingkungan dengan menggunakan pendekatan Evidence Based Management Practice (EBMP) dan knowledge management guna meningkatkan mutu pelayanan, keunggulan kompetitif serta keberlangsungan organisasi rumah sakit
  4. Leadership :
  5. Mampu membangun mental model pemimpin agar dapat berperan sebagai manajer, leader, researcher dan konsultan perumahsakitan dengan mengembangkan peran kepemimpinan dalam mengelola perubahan
  6. Mampu membangun iklim dan budaya organisasi untuk beradaptasi dan mentrasformasi seluruh elemen organisai melalui kepemimpinan yang efekif (team leadership dan drive result)
  7. Profesionalism: Mampu menyelaraskan antara individu dan pengelolaan rumah sakit sesuai dengan standar etika dan profesi, meliputi akuntabilitas, orientasi pelayanan, komitmen pada pengembangan profesionalisme dan pembelajaran

 

Pengembangan Karier

Lulusan Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit dapat mengembangkan karier sebagai:

  • Hospital Manager dan Leader
  • Consultant on Hospital Management
  • Researcher

 

Model Pembelajaran

Mata kuliah di PS MMRS disusun disesuaikan dengan tahapan dari manajemen dasar hingga lebih spesifik pada manajemen rumah sakit. Proses belajar mengajar di PS MMRS secara garis besar terbagi menjadi lima tahap, yaitu matrikulasi, perkuliahan semester 1, perkuliahan semester 2, magang dan pembimbingan proposal tesis pada semester 3, dan penulisan tesis pada semester 4.

Pada saat matrikulasi/ Penataran Alih Tahun, calon mahasiswa dibekali dengan pengenalan aspek-aspek dasar yang diperlukan (yang harus diketahui) sebelum mengikuti perkuliahan. Selanjutnya, pada semester awal mahasiswa dikenalkan dengan manajemen dasar (dengan titik berat pada pengelolaan manajemen rumah sakit). Pada semester 2 mahasiswa dikenalkan manajemen dengan aspek yang lebih spesifik terdapat di rumah sakit. Pada saat perkuliahan semester 1 dan 2, mahasiswa diberikan tugas-tugas untuk mendukung pemahaman yang berkaitan dengan perkuliahan tersebut, mulai dari self assesment, diskusi kelompok, jurnal reading, praktikum, dan tugas akhir berupa ujian terintegrasi

 

Waktu Pendidikan

Waktu Pendidikan dijadwalkan untuk 4 (empat) semester dan selama-lamanya 8 (delapan) semester termasuk penyusunan tesis

Syarat – syarat Calon Mahasiswa

Prasyarat Akademik
Persyaratan calon peserta meliputi nilai akademik serta latar belakang pendidikan yang dimiliki:

  1. Nilai Akademik
    IPK minimal 2,75 (pada skala 0-4) atau 6,25 (pada skala 0-10).
  2. Latar Belakang Pendidikan
    Calon mahasiswa berlatar pendidikan minimal Strata-1 dan Strata-1 Profesi (Sarjana Kedokteran, Sarjana Keperawatan, Dokter Umum, Dokter Gigi, Sarjana Kesehatan Masyarakat, Sarjana Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Sarjana Ilmu Administrasi).

Seleksi

Sistem rekruitmen Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit  dilakukan sebagai berikut :

  1. Tes wawancara dilakukan oleh Ketua Program Studi (KPS)
  2. Tes MMPI dilakukan oleh ahli tim psikologi dan psikiatri dengan data yang yang dijaga kerahasiaannya

 

Kalender Penerimaan

Batas Akhir Pendaftaran 31 Maret 2018
Pelaksanaan Seleksi MMPI 9 – 20 April 2018
Pelaksanaan Seleksi Wawancara 8 – 9 Mei 2018
Pengumuman Seleksi 24 Mei 2018
Daftar Ulang Matrikulasi /PAT 30 – 31 Mei 2018
Matrikulasi/ Penataran Alih Tahun 29 Juni – 4 Juli 2018
Daftar Ulang Semester Ganjil TA. 2016/2017 Menyesuaikan jadwal universitas
Orientasi Pendidikan Prodi (Study Skill & Outbond) 24 – 31 Agustus 2018

Biaya Pendidikan

Biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti pendidikan di Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit PPS FKUB adalah sebagai berikut :

Pendaftaran  dan Seleksi Rp.      1.000.000,-
Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester Rp.    20.500.000,-

Keterangan: biaya pendidikan dapat berubah sesuai SK rektor yang berlaku

 

PROSEDUR  PENDAFTARAN

Pembayaran Pendaftaran dapat dilakukan di Bank Mandiri dan BNI seluruh Indonesia, dengan tahapan sebagai berikut:

  1. Mendapatkan Nomor Pendaftaran dan PIN yang didapat setelah melakukan pembayaran biaya pendaftaran dan biaya tes seleksi masuk sebesar Rp. 1.000.000,- melalui  Bank yang ditunjuk.
  2. Setelah mendapatkan nomor pendaftaran dan PIN, calon pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi semua berkas pendaftaran di website pendaftaran Universitas Brawijaya https://selma.ub.ac.id/wp-app/pendaftaran/mmrs
    • Pilih pendaftaran
    • Pilih Program Pasca Sarjana
    • Cetak Bukti Pendaftaran
  3. Menunggu informasi proses seleksi yang akan diumumkan di website
    http:// www.mmrs.fk.ub.ac.id / selma.ub.ac.id
  4. Semua berkas pendaftaran wajib dibawa saat seleksi (1 berkas asli) termasuk berkas yang telah diunggah.
    1. Berkas yang diupload:
      • Pas foto terbaru ukuran 4 x 6
      • Salinan ijasah S1 dan atau S2 yang telah disahkan
      • Salinan daftar nilai selama di Perguruan Tinggi yang telah disahkan; bagi calon mahasiswa yang berasal dari PTS harus menyerahkan nilai ujian negara.
      • Fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku
      • Surat Persetujuan Studi dari Keluarga
    2. Berkas yang didownload dan dilengkapi:
      • Surat keterangan tentang sumber dana dan/atau penanggung jawab dana studi
        Download-Surat Keterangan Sumber Biaya Pendidikan
      • Surat rekomendasi dua orang (untuk magister) yang dapat dianggap mampu memberikan kelayakan akademik pelamar
        Download-Rekomendasi Kelayakan Akademik
      • Surat keterangan kesehatan dari dokter pemerintah, termasuk Bebas Narkoba
      • Surat tugas/ijin dari atasan (jika pelamar telah bekerja) bahwa yang bersangkutan dibebaskan dari tugas-tugas instansi. Untuk dosen universitas negeri dan swasta ijin harus didapat dari Rektor.  Untuk calon mahasiswa dari depkes maka izin didapat dari atasan langsung contoh, direktur rumah sakit, kepala dinas kesehatan.
        Download-Surat Penugasan Belajar (untuk institusi)
        Download-Surat Persetujuan Studi (untuk anggota keluarga)
      • Karya ilmiah setelah lulus kesarjanaannya berbentuk abstrak atau manuskrip jurnal (bagi yang dipersyaratkan).
      • Daftar Riwayat Hidup.
      • Fotocopy sertifikat TPA OTO-BAPPENAS (min. 400)
      • Sertifikat TOEFL (min. 500)
      • Pas foto terbaru ukuran 4 x 6

 

 Tata Cara Pembayaran Pendaftaran:

Tata Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri

  1. Membayar biaya pendaftaran melalui Bank Mandiri (via teller, ATM, internet banking). Tata cara pembayaran sebagai berikut :
    • Melalui Teller Bank Mandiri
      • Datang ke Cabang Bank Mandiri terdekat
      • Mengisi formulir setor tunai/transfer/multipayment (warna biru) dengan mencantumkan “Pendaftaran PS MMRS FKUB dan No Handphone” di kolom berita pada slip setoran
      • Calon mahasiswa baru langsung menuju ke teller dengan menyebutkan nomor seleksi (052) dan ditambah no hp (081XXXXX), Contoh : 052081XXXXX
      • Bayar ke Petugas Teller Bank Mandiri dan menerima bukti pembayaran. Pada bukti pembayaran akan tercetak Nomor Pendaftaran dan PIN yang digunakan untuk login di selma.ub.ac.id, untuk melakukan pendaftaran online.
      • Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.
    • Pembayaran Melalui Mesin ATM Mandiri
      • Masukkan Kartu ATM Bank Mandiri
      • Pilih    : Bahasa Indonesia
      • Ketik   : Nomor PIN ATM
      • Pilih    : Menu Pembayaran/Pembelian
      • Pilih    : Multipayment
      • Masukkan Kode : 10006 (Universitas Brawijaya) kemudian tekan ’BENAR
      • Ketik   : Nomor Seleksi (052) dan ditambah no hp (081XXXXX), contoh: 052081XXXXX. tekan ’BENAR
      • Layar akan menampilkan identitas jumlah pembayaran Saudara kemudian tekan ’1’ jika data telah sesuai
      • Untuk melakukan eksekusi tekan ’YA’, untuk pembatalan tekan ’TIDAK’
      • Pada bukti pembayaran akan tercetak Nomor Pendaftaran dan PIN yang digunakan untuk login di selma.ub.ac.id, untuk melakukan pendaftaran online.
      • Transaksi telah selesai. Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.
    • Pembayaran Melalui Internet Banking Bank Mandiri
      • Login ke         : www.bankmandiri.co.id dengan User ID dan PIN internet banking Bank Mandiri anda
      • Pilih    : Menu Pembayaran
      • Pilih    : Menu Pendidikan
      • Pada combo box ’Dari Rekening’, pilih rekening yang akan digunakan untuk bertransaksi
      • Pada combo box ’Penyedia Jasa’, pilih ’10006’ (kode Universitas Brawijaya)
      • Ketik   : Nomor Seleksi (052) dan ditambah no hp (081XXXXX), contoh: 052081XXXXX , pada kotak isian yang tersedia kemudian klik ’Lanjutkan’ kemudian identitas Saudara akan muncul berikut biaya pendidikan yang harus dibayarkan kemudian cantumkan tanda ’v
      • Jika data telah sesuai, klik tombol ’Lanjutkan
      • Masukkan PIN Mandiri (6 digit) yang diperoleh dari token PIN Mandiri lalu klik tombol ’Kirim
      • Tunggu respon dari sistem internet banking untuk status transaksi. Jika berhasil, Saudara akan mendapatkan Nomor Transaksi serta Nomor Pendaftaran dan PIN yang digunakan untuk login di selma.ub.ac.id, untuk melakukan pendaftaran online.. Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.

 

Tata Cara Pembayaran melalui Bank BNI

  1. Melalui Teller Bank BNI
    • Datang ke Cabang Bank BNI terdekat
    • Mengisi formulir setor tunai/transfer/multipayment (warna biru) dengan mencantumkan “Pendaftaran PS MMRS FKUB dan No Handphone” di kolom berita pada slip setoran
    • Calon mahasiswa baru langsung menuju ke teller dengan menyebutkan nomor seleksi (052) dan ditambah no hp (081XXXXX), Contoh : 052081XXXXX
    • Bayar ke Petugas Teller Bank BNI dan menerima bukti pembayaran
    • Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.
  2. Pembayaran Melalui Mesin ATM Bank BNI
    • Masukkan Kartu ATM Bank BNI
    • Pilih    : Bahasa Indonesia
    • Ketik   : Nomor PIN ATM
    • Pilih    : Menu lain
    • Pilih    : Pembayaran
    • Pilih    : Menu berikutnya
    • Pilih    : Universitas
    • Pilih    : Student Payment Center (SPC)
    • Ketik Kode Universitas : 8032 (Universitas Brawijaya) dilanjutkan dengan nomor seleksi (052) dan ditambah no hp (081XXXXX), Contoh : 8032052081XXXXX
    • Kemudian akan muncul layar konfirmasi, apabila benar maka pilih “YA BAYAR” untuk melakukan pembayaran
    • Kemudian pilih rekening “Tabungan”
    • Transaksi telah selesai. Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.
  3. Pembayaran Melalui Internet Banking Bank BNI
    • Login ke         : www.bni.co.id Pilih Internet Banking Personal, kemudian input User IDdan Password.
    • Pilih    : Menu Pembayaran – Biaya Pendidikan – Pembayaran
    • Pengisian data sebagai berikut :
      • Pilih Universitas Brawijaya dari dropdown Perguruan Tinggi, input nomor seleksi (052) dan ditambah no hp (081XXXXX), Contoh : 052081XXXXX
      • Pilih nomor rekening dari dropdown daftar rekening
      • Klik tombol kunci
      • Input delapan digit nomor yang muncul ke BNI e-secure
      • Input nomor respon dari BNI e-secure pada aplikasi Internet Banking BNI
      • Klik proses
    • Akan muncul layar konfirmasi
      • Input delapan digit nomor yang muncul ke BNI e-secure
      • Input nomor respon dari BNI e-secure pada aplikasi Internet Banking BNI
      • Klik proses
      • Untuk transaksi berhasil, akan tampil layar konfirmasi
    • Selanjutnya pilih “cetak bukti pembayaran” untuk mencetak receipt atau pilih “simpan bukti pembayaran” untuk menyimpan receipt ke dalam file penyimpanan
    • Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.

Informasi lebih lanjut:
Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit
Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Jalan Veteran, Malang, 65145
Telp. [0341] 568989 ( Eva Sofia )
Fax. [0341] 575849

http://www.mmrs.fk.ub.ac.id

e-mail: mmrs.fk@ub.ac.id