PENGUMUMAN
PENERIMAAN MAHASISWA BARU
PROGRAM KELAS KERJASAMA MAGISTER MANAJEMEN RUMAH SAKIT FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS BRAWIJAYA DENGAN RSUD DR.SAIFUL ANWAR MALANG,
SEMESTER GENAP TAHUN AKADEMIK 2022/2023
Visi
Menjadi program studi penyelenggara Tri Dharma Perguruan Tinggi yang utama dan berdaya saing global untuk memajukan mutu pelayanan rumah sakit dalam rangka peningkatan kualitas hidup masyarakat
Misi
Menyelenggarakan proses pendidikan di bidang manajemen rumah sakit yang mampu menghasilkan akademisi profesional dan mumpuni serta berkontribusi membangun masa depan bangsa melalui pengembangan, penyebarluasan, dan penggunaan ilmu pengetahuan dengan berlandaskan nilai TRUST
Kompetensi Lulusan
Kompetensi lulusan Magister Manajemen Rumah Sakit mengacu pada kompetensi nasional lulusan yang dirumuskan oleh pengelola administrasi rumah sakit yaitu:
- Knowledge of Hospital System: Mampu menganalisis dan merespon dinamika faktor eksternal yang meliputi sistem dan organisasi rumah sakit, perspektif pasien dan komunitas, kebijakan dan lingkungan denganmenggunakan pendekatan Evidence Based Management Practice (EBMP) dan knowledgemanagement guna meningkatkan mutu pelayanan, keunggulan kompetitif serta keberlangsungan organisasi rumah sakit dan pengembangan ilmu
- Communication: Mampu melakukan advokasi, negosiasi (mediasi) dan lobby secara interpersonal, massa dan media sehingga berhasil membangun kemitraan secara berkesinambungan dengan pemangku kepentingan (stakeholder).
- Hospital Business Skill and Knowledge: Mampu menghasilkan nilai tambah dalam proses pengelolaan rumah sakit berdasarkan penguasaan teori dan penerapan fungsi administrasi / manajemen serta prinsip bisnis sehingga dapat meningkatkan mutu, aksesibilitas, keterjangkauan, ekuitas, efektfitas dan efisiensi rumah sakit serta pengembangan program strategis.
- Leadership: Mampu membangun iklim dan budaya organisasi rumah sakit untuk beradaptasi dan mentransformasi seluruh elemen organisai melalui kepemimpinan yang efekif (team leadership dan drive result), serta bertanggung jawab terhadap hasil kerja mandiri maupun institusi dan organisasi.
- Research and knowledge management: Mampu mengelola riset, data riset, dan berkontribusi dalam pengembangan keilmuan administrasi atau manajemen rumah sakit serta mendiseminasikan hasil riset tersebut sehingga mendapat pengakuan nasional dan internasional dalam bentuk publikasi ilmiah.
- Profesionalisme: Mampu menyelaraskan antara individu dan organisasi rumah sakit (person organizational fit) sesuai dengan standar etika dan profesi, meliputi akuntabilitas, orientasi pelayanan, komitmen pada pengembangan profesionalisme dan pembelajaran seumur hidup dengan cara membangun karakter profesional dan kompetensi individu
Pengembangan Karier
Berdasarkan tracer study pada enam institusi penyelenggara pendidikan magister administrasi dan manajemen rumah sakit dapat diidentifikasi empat profil lulusan Magister Manajemen Rumah Sakit. Keempat profil tersebut meliputi leader, manager pada rumah sakit dan organisasi pelayanan kesehatan lain, peneliti dan pendidik pada bidang manajemen rumah sakit dan pelayanan kesehatan, serta konsultan manajemen rumah sakit.
Model Pembelajaran
Mata kuliah di PS MMRS disusun disesuaikan dengan tahapan dari manajemen dasar hingga lebih spesifik pada manajemen rumah sakit. Proses belajar mengajar di PS MMRS secara garis besar terbagi menjadi lima tahap, yaitu matrikulasi, perkuliahan semester 1, perkuliahan semester 2, magang, pembimbingan dan penulisan tesis pada semester 3.
Beban studi secara keseluruhan pada Kurikulum 2019 yang berlaku sejak tahun ajaran 2019-2020 sebesar 40 sks. Seluruh beban studi tersebut dibentuk dari kegiatan pembelajaran di kelas (29 sks) dalam bentuk kuliah – diskusi (26 sks ) dan praktikum maupun kunjungan lapangan (3 sks), magang atau hospital management internship (2 sks PKL) dan 9 sks penyusunan tesis. Sebelum perkuliahan, diselenggarakan program penataran alih tahun sebagai upaya matrikulasi dan pembekalan yang dilengkapi dengan study skill dan outbound. Kegiatan penunjang diberikan sebagai ko-kurikuler wajib dan pilihan yang meliputi seminar, workshop dan studi banding.
Bahan kajian secara keseluruhan dibagi menjadi materi manajemen organisasi, manajemen pelayanan kesehatan, serta metodologi yang merangkum tidak hanya metodologi penelitian, tetapi juga metode analisis manajemen dan writing skill yang ditopang dengan filsafat ilmu dan pembelajaran untuk membangun kompetensi seorang Magister. Dengan konsep integrasi pada bahan kajian manajemen organisasi dan manajemen pelayanan kesehatan tidak hanya berisi materi kajian sesuai bidang ilmu tetapi juga dilengkapi dengan materi metode analisis sesuai kajian. Program magang merupakan fase internship yang memberikan kesempatan mahasiswa untuk menganalisis permasalahan manajemen rumah sakit pada real setting sehingga memungkinkan aplikasi dan evaluasi semua butir kompetensi baik pada aspek kognisi, afeksi maupun psikomotor. Program tesis merupakan end point yang memberikan kesempatan pengembangan keilmuan secara mandiri dan mempublikasikan hasil kajiannya dalam bentuk manuskrip maupun presentasi pada pada lingkup lokal, nasional dan internasional
Waktu Pendidikan
Waktu Pendidikan dirancang 3 (tiga) semester dan maksimal 4 (empat) semester termasuk penyusunan tesis
Syarat – syarat Calon Mahasiswa
Prasyarat Akademik
Persyaratan calon peserta meliputi nilai akademik serta latar belakang pendidikan yang dimiliki:
- Nilai Akademik
IPK minimal 2,75 (pada skala 0-4) atau 6,25 (pada skala 0-10). - Latar Belakang Pendidikan
Calon mahasiswa berlatar pendidikan minimal Strata-1 atau setara dan Strata-1 Profesi dari berbagai bidang ilmu.
Kalender Penerimaan
GELOMBANG I
Pendaftaran Online 23 – 25 Januari 2023
Pengumuman Hasil Seleksi 30 Januari 2023
Matrikulasi / Penataran Alih Tahun 2 – 25 Februari 2023
Daftar Ulang Semester Genap TA. 2022/2023 23 Januari – 3 Februari 2023
Orientasi Pendidikan Prodi (Study Skill & Outbound) 2 – 4 Maret 2023
Biaya Pendidikan
Biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti pendidikan kelas kerjasama di Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit PPS FKUB adalah sebagai berikut :
Pendaftaran dan Seleksi Rp. 250.000,- Uang Kuliah Tunggal (UKT) per semester Rp. 25.000.000,-
PERSYARATAN PENDAFTARAN
- Pas foto berwarna terbaru ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar
- Salinan ijasah S1 dan atau S2 yang telah dilegalisir
- Salinan transkrip nilai s1 dan atau S2 yang telah dilegalisir; bagi pelamar yang berasal dari PTS menyerahkan nilai ujian negara (bagi yang dipersyaratkan)
- Salinan KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku
- Surat Persetujuan Studi dari Keluarga (dapat digantikan dengan Perjanjian Kerjasama) 6. Surat keterangan tentang sumber dana dan atau penanggung jawab dana studi (dapat digantikan dengan Perjanjian Kerjasama)
- Surat rekomendasi dua orang yang dapat dianggap mampu memberikan kelayakan akademik pelamar (dapat digantikan dengan Perjanjian Kerjasama)
- Surat tugas / izin dari atasan (jika pelamar telah bekerja) bahwa yang bersangkutan dibebaskan dari tugas-tugas instansi. Untuk dosen universitas negeri dan swasta, izin harus didapat dari Rektor. Untuk pelamar dari Depkes maka izin didapat dari atasan langsung contoh, Direktur Rumah Sakit, Kepala Dinas Kesehatan (dapat digantikan dengan SK atau ST Direktur RS tempat bekerja)
- Karya ilmiah setelah lulus kesarjanaannya berbentuk abstrak atau manuskrip jurnal (bagi yang dipersyaratkan).
- Daftar riwayat hidup.
- Salinan sertifikat TPA OTO-BAPPENAS (min. 450)*
- Salinan Sertifikat TOEFL PBT/ITP (min. 450)*
- Berkas hardcopy dikumpulkan ke:Sekretariat PS Magister Manajemen Rumah Sakit, Gedung A Lantai II, Fakultas Kedokteran UB. Jalan Veteran Malang, paling lambat 25 Januari 2023
Info tata cara pendaftaran dapat dilihat pada pengumuman berikut, di bagian Mekanisme Pendaftaran
Seleksi Mandiri Pascasarjana UB Semester Genap 2022/2023
FORM PENDAFTARAN
Download form persetujuan studi
Download form rekomendasi kelayakan akademik
Download form keterangan tentang sumber dana
Download form penugasan belajar
(Isi formulir dengan huruf kapital dan tinta warna hitam)
Keterangan:
o Untuk form persetujuan studi, form rekomendasi kelayakan akademik, form keterangan tentang sumber dana : dapat digantikan dengan Perjanjian Kerjasama antara RSSA dan FKUB
o Untuk form penugasan belajar: dapat digantikan dengan SK atau ST Direktur RS tempat bekerja
INFORMASI TES DI UNIVERSITAS BRAWIJAYA:
TPA
https://ppsub.ub.ac.id/id/?s=tpa&submit=Search
Narahubung: Teguh Srianto – 081334227676
TOEFL
Eko Yuni Setyawan 0812-3393-181
Tes TPA atau Toefl dapat diikuti di luar Universitas Brawijaya.
Informasi lebih lanjut:
Program Studi Magister Manajemen Rumah Sakit
Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya
Jalan Veteran, Malang, 65145
Telp. [0341] 568989
Fax. [0341] 575849
Hotline: 081 330 95 1515 (Eva)
http://www.mmrs.fk.ub.ac.id
e-mail: [email protected]