Penerimaan Mahasiswa Baru Program Doktor Ilmu Administrasi Kelas Jakarta Semester Genap 2016/2017

PENERIMAAN MAHASISWA BARU
PROGRAM DOKTOR ILMU ADMINISTRASI
FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI

Semester Genap
TA. 2016/2017

I. PENDAHULUAN

Secara resmi Program Doktor Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dibuka mulai tahun ajaran 2001/2002. Pada awal kehadirannya program ini merupakan bagian dan berada di bawah Program Pascasarjana Universitas Brawijaya. Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Brawijaya No. 030/SK/2006 tertanggal 27 Februari 2006, Program Doktor Ilmu Administrasi (PDIA) pengelolaannya dikembalikan ke Fakultas Ilmu Administrasi.

Sejak dibuka program doktor memiliki 2 minat, yakni Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Administrasi Publik. Ketua Program Doktor Ilmu Administrasi pada tahun 2001 – 2005 dijabat oleh Prof.Dr. M. Irfan Islamy, MPA, pada tahun 2005 sampai 2013 dijabat oleh Prof.Dr. Soesilo Zauhar, MS. Dan pada tahun 2014 Ketua Program Doktor Ilmu Administrasi dijabat oleh Prof. Sumartono, MS.

Pada tanggal 12 November 2010, PDIA berhasil mendapatkan Sertifikat Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia (BAN-PT) dengan Surat Keputusan BAN-PT No. 012/BAN-PT/Ak-IX/S3/XI/2010 dan telah re-akreditasi sesuai SK BAN-PT nomor 47/399/2412/S3/2015 untuk periode 2015-2020 dengan Sertifikat Akreditasi A.

II. VISI

Menjadi pusat penyediaan sumberdaya manusia Indonesia terkemuka dan kompetitif di bidang Ilmu Administrasi (Administrasi Publik dan Bisnis) pada level nasional dan internasional pada tahun 2025 serta memiliki akhlak mulia sehingga mampu memberikan sumbangsihnya yang paling tinggi bagi kemanusiaan dan kesejahteraan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

III. MISI

  1. Mengembangkan ilmu administrasi yang memiliki relevansi teoritik dan kebijakan berbasis pada pendekatan transdisipliner sesuai dengan derap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Meningkatkan kapasitas kemandirian dan karakter luhur, yang bertumpu pada konstelasi sosial, budaya, politik dan ekonomi, yang sepadan dan kondusif untuk mewujudkan kenyamanan dan kesejahteraan kehidupan bangsa, dan kesetaraan kehidupan antara bangsa yang bermartabat.
  3. Menanamkan dan membina rasa kebangsaan yang kokoh dan mendalam.

IV. KURIKULUM

Kurikulum Minat Administrasi Publik

NO KODE MATA KULIAH SKS STATUS SEMESTER
1 IAF90001 Dasar-Dasar Teori AdministrasiFundamentals of Administrative Theory 2 WK I/II
2 IAP90001 Pengantar Kebijakan PublikIntroduction of Public Policy 2 WK I/II
3 IAF91001 Filsafat Ilmu dan Metodologi PenelitianPhilosophy of Science and Research Methodology 3 WP I
4 IAF91002 Teori AdministrasiAdvanced Administrative Theory 3 WP I
5 IAP91001 Kepemimpinan Sektor PublikPublic Sector Leadership 3 WM I
6 IAP91002 Reformasi Kebijakan PublikPublic Policy Reform 3 WM I
7 IAP92003 Sistem Administrasi Pemerintahan LokalAdministrative System of Local Government 2 PD II
8 IAP92005 Reformasi Administrasi & GovernanceGovernance and Administrative Reform 2 PD II
9 IAP92001 Ekonomi Politik Kebijakan PublikPolitical Economy of Public Policy 2 PD II
10 IAP92002 Manajemen Pelayanan PublikPublic Service Management 2 PD II
11 IAP92004 Regulasi Administrasi di Negara-Negara BerkembangAdministrative Regulation in Developing Countries 2 PD II
12 UBU90001 DisertasiDissertation 28 WP III/VI

Kurikulum Minat Administrasi Bisnis

NO KODE MATA KULIAH SKS STATUS SEMESTER
1 IAF90001 Dasar-Dasar Teori AdministrasiFundamentals of Administrative Theory 2 WK I/II
2 IAB90001 Perilaku OrganisasiOrganizational Behaviour 2 WK I/II
3 IAF91001 Filsafat Ilmu dan Metodologi PenelitianPhilosophy of Science and Research Methodology 3 WP I
4 IAF91002 Teori AdministrasiAdvanced Administrative Theory 3 WP I
5 IAB91001 Pengembangan OrganisasiOrganizational Development 3 WM I
6 IAB91002 Ekonomi BisnisBusiness Economics 3 WM I
7 IAB91003 Kebijakan BisnisBusiness Policy 2 PD II
8 IAB92001 Manajemen KeuanganFinancial Management 2 PD II
9 IAB92002 Manajemen Sumberdaya ManusiaHuman Resources Management 2 PD II
10 IAB92003 Manajamen PemasaranMarketing Management 2 PD II
11 IAB92004 Manajemen Sistem InformasiInformation System Management 2 PD II
12 UBU90001 DisertasiDissertation 28 WP II/VI

V. PERSYARATAN

Calon pendaftar Program Doktor Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya harus melakukan pendaftaran secara online di selma.ub.ac.id dan harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Salinan ijazah S1 dan S2 yang telah dilegalisir dan softcopy scan ijasah asli
  2. Salinan transkrip nilai S1 dan S2 (IPK minimal 3.00 ) yang telah dilegalisir dan softcopy scan transcript asli
  3. Surat rekomendasi dari 3 orang yang dianggap dapat memberikan penilaian kelayakan akademik
  4. Salinan Tesis program magister (minimal cover, lembar pengesahan, originalitas, abstrak/ringkasan baik hardcopy dan softcopy)
  5. Salinan karya ilmiah setelah lulus magister (link jurnal)(minimal cover, daftar isi, artikel ybs, baik hardcopy dan softcopy)
  6. Rencana proposal disertasi  ( 3 rangkap ) (hardcopy dan softcopy)
  7. Salinan sertifikat TOEFL (hardcopy dan softcopy)
  8. Salinan sertifikat TPA OTTO-BAPPENAS (hardcopy dan softcopy)
  9. Daftar riwayat hidup (hardcopy dan softcopy)
  10. Fotocopy KTP (hardcopy dan softcopy)
  11. Foto terbaru berwarna ukuran 4 × 6 sebanyak 4 (empat) lembar + softcopy
  12. Surat keterangan kesehatan (hardcopy dan softcopy)
  13. Surat ijin belajar dari atasan, jika pelamar telah bekerja (hardcopy dan softcopy)
  14. Surat keterangan tentang sumber dana (hardcopy dan softcopy)

VI. BIAYA PENDIDIKAN

Rincian biaya kuliah adalah sebagai berikut :

  1. Biaya Pendaftaran
    Pendaftaran Kelas Jakarta     :     Rp.               2.500.000
  2. Biaya Paket Kampus Jakarta
    Paket 3 tahun pertama          :     Rp.          145.000.000
    Setelah 3 tahun biaya per semester sebesar  : Rp. 20.000.000

VII. TAHAPAN SELEKSI

  1. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp.2.000.000 untuk kelas Malang, atau Rp.2.500.000 untuk kelas Jakarta melalui Bank yang bekerjasama dengan UB (Mandiri, BNI, BRI, BTN (Teller)). Kemudian mendapatkan bukti pembayaran pendaftaran yang didalamnya terdapat PIN dan nomor pendaftaran. Kode seleksi untuk pembayaran pendaftaran S3 FIA UB Kelas Jakarta: 632 + nomor ponsel Anda (misal 63208123456789). Pastikan jumlah tagihan yang muncul sesuai sebelum melakukan pembayaran.
    Lihat Tata cara pembayaran.
  2. Melakukan pendaftaran secara online dengan melengkapi data-data yang diperlukan melalui link pendaftaran online, dengan memasukkan PIN dan nomor pendaftaran. Sebelum melakukan pendaftaran online, mohon persiapkan dokumen-dokumen yang perlu diupload. Daftar dokumen yang perlu diupload dapat dilihat pada poin VIII di bawah.
    Pendaftaran online: http://selma.ub.ac.id/wp-app/pendaftaran/pasca_ub
  3. Mengikuti proses seleksi (TOEFL, TPA, wawancara sesuai pengumuman dari fakultas/prodi terkait).
  4. Pengumuman peserta yang lolos seleksi dapat dilihat di website SELMA sesuai jadwal.
  5. Calon yang lolos seleksi melakukan proses daftar ulang sesuai pengumuman pada website SELMA.

VIII. DOKUMEN YANG PERLU DIUPLOAD ONLINE

Ukuran dokumen harus diatas 100kb dan dibawah 500kb, format JPEG/JPG/PNG/PDF/DOC/DOCX

  1. Salinan ijazah S1 yang telah dilegalisir  *
  2. Salinan ijazah S2 yang telah dilegalisir  *
  3. Salinan transkrip nilai S1 yang telah dilegalisir *
  4. Salinan transkrip nilai S2 (IPK minimal 3.00 ) yang telah dilegalisir  *
  5. Surat rekomendasi dari 3 orang yang dianggap dapat memberikan penilaian kelayakan akademik   *
    Download Form Rekomendasi
  6. Salinan Tesis program magister (minimal : cover, lembar pengesahan, lembar originalitas, abstrak, rangkuman dan atau isi tesis format pdf )
  7. Salinan karya ilmiah setelah lulus magister (jurnal ilmiah : cover, daftar isi, artikel ybs dan link jurnal jika ada)
  8. Rencana proposal disertasi  * (format pdf dan word)
  9. Salinan sertifikat TOEFL
  10. Salinan sertifikat TPA OTTO-BAPPENAS
  11. Daftar riwayat hidup *
  12. Fotocopy KTP *
  13. Foto terbaru berwarna ukuran 4 × 6 sebanyak 4 (empat) lembar  *
  14. Surat keterangan kesehatan *
  15. Surat ijin belajar dari atasan, jika pelamar telah bekerja *
    Download Form Surat Ijin Belajar
  16. Surat keterangan tentang sumber dana *
    Download Form Keterangan Sumber Dana

* Wajib ada

IX. JADWAL KEGIATAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Kegiatan Semester Gasal 2016/2017 Tempat
Pendaftaran Mahasiswa Baru 1 Desember 2016 – 9 Januari 2017 http://selma.ub.ac.id
Seleksi Administrasi 10-11 Januari 2017 PDIA FIA UB
Pengumuman Seleksi Administrasi 11 Januari 2017 http://selma.ub.ac.id
Seleksi Wawancara 13-14 Januari 2017
20-21 Januari 2017
PDIA FIA UB
Pengumuman Seleksi Wawancara 30 Januari 2017 http://selma.ub.ac.id
Daftar Ulang (pembayaran SPP) 1-11 Februari 2017
Perkuliahan 20 Febuari – 10 Juni 2017

X. STAF PENGAJAR

Dosen Tamu

1.      Prof. Dr. Azhar Kasim, MS.                                       7.    Prof. Dr. Ginandjar Kartasasmita

2.      Prof. Dr. Jacob Warella, MPA.                                 8.    Dr. Ir. Fadel Muhammad

3.      Prof. Dr. Moechtar Mas’oed, MA.

4.      Prof. Dr. Martani Husseini, MA.

5.     Prof. Dr. Didik J. Rachbini, M.Sc.

6.     Prof. Dr. P. Israwan Setyoko

Dosen Minat Administrasi Publik

  1. ABDUL HAKIM, Prof. Dr. M.Si
  2. ABDUL JULI ANDI GANI, Prof. Dr, MS
  3. ABDULLAH SAID, Dr, M.Si
  4. AGUS SURYONO, Prof. Dr, MS
  5. ANDY FEFTA WIJAYA, Drs, MDA, Ph.D
  6. BAMBANG SANTOSO HARYONO,Dr.,MS
  7. BAMBANG SUPRIYONO, Prof. Dr.,MS
  8. CHOIRUL SALEH, Dr. M.Si
  9. ENDAH SETYOWATI Dr., S.Sos, M.Si
  10. FADILLAH AMIN, Dr, MAP
  11. HERMAWAN, Dr.S.IP, M.Si
  12. IMAM HANAFI, Dr, M.Si, MS
  13. IRWAN NOOR, Dr. MA
  14. LELY INDAHMINDARTI, Dr, M.Si
  15. LUQMAN HAKIM, Dr, Drs., M.Sc
  16. MARDIYONO, Dr. MPA
  17. MOCHAMAD MAKMUR, Dr.,MS
  18. M.R. KHAIRUL MULUK,Dr. S.Sos, M.Si
  19. RATIH NUR PRATIWI, Dr. M.Si
  20. RIYANTO, Dr M.Hum
  21. SARWONO, Dr, M.Si
  22. SITI ROCHMAH, Dr M.Si
  23. SJAMSIAR SJAMSUDDIN, Prof, Dr
  24. SOESILO ZAUHAR, Prof, Dr, MS
  25. SUJARWOTO, S.IP, M.Si., Ph.D
  26. SUMARTONO, Prof, Dr. MS
  27. SURYADI, Dr, MS
  28. TJAHJANULIN DOMAI, Dr.,MS

Dosen Minat Administrasi Bisnis

  1. ANDRIANI KUSUMAWATI, S.Sos.,M.Si.,DBA
  2. BAMBANG SWASTO , Prof, Dr, ME
  3. EDY YULIANTO, Dr, M.P
  4. ENDANG SITI ASTUTI, Prof.Dr., M.Si
  5. HAMIDAH NAYATI UTAMI,Dr.,S.SOS,M.Si
  6. IMAM SUYADI, Dr, M.Si
  7. KADARISMAN HIDAYAT, Dr, M.Si
  8. KERTAHADI, Dr, M.Com
  9. KUSDI RAHARDJO, Dr, DEA
  10. MOCH. DZULKIROM AR., Dr.
  11. M. AL MUSADIEQ, Dr, MBA
  12. MOHAMMAD IQBAL, S.Sos, M.IB., DBA
  13. NILA FIRDAUSI NUZULA, S.Sos.,M.Si, Ph. D
  14. SITI RAGIL HANDAYANI, Dr, M.Si
  15. SRI MANGESTI RAHAYU, Dr, M.Si
  16. SUHADAK, Prof, Dr, M.Ec
  17. SUHARYONO, Prof, Dr, MA
  18. TAHER ALHABSJI, Prof, Dr
  19. TEUKU NORMAN, Dr
  20. UMAR NIMRAN, Prof, Dr, MA
  21. WILOPO, Dr, MAB
  22. YUSRI ABDILLAH, S.Sos., M.Si., Ph.D
  23. ZAINUL ARIFIN, Dr., MS

XI. STAF ADMINISTRASI DAN OPERATOR

  1. Email : kampus malang: pdia.fia@gmail.com               kampus jakarta: pdia.jkt@gmail.com
  2. Website : www.fia.ub.ac.id/doktoral
  3. Telepon : kampus malang: (0341) 556703 atau (0341)553737 psw 2006
    kampus jakarta: (021) 3500537
  4. Contact Person :
    Ayu Pratiwi G. (082233456807) pratiwiayu31@gmail.com
    Erlin Yuniastuti (087859242454) erlin_fia@ub.ac.id
    Risya Dwijayanti (082232138332) risyadwijayanti@ub.ac.id
    Zaky Bahtiar (085101575075) zaky_fia@ub.ac.id