Penerimaan Mahasiswa Baru Program Doktor Administrasi Kampus Jakarta

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

PROGRAM DOKTOR ADMINISTRASI KAMPUS JAKARTA

FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI

 

Tahun Akademik 2022/2023

 

I. PENDAHULUAN

Secara resmi Program Doktor Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dibuka mulai tahun ajaran 2001/2002. Pada awal kehadirannya program ini merupakan bagian dan berada di bawah Program Pascasarjana Universitas Brawijaya. Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Brawijaya No. 030/SK/2006 tertanggal 27 Februari 2006, Program Doktor Ilmu Administrasi (PDIA) pengelolaannya diserahkan ke Fakultas Ilmu Administrasi.

Sejak dibuka Program Doktor Ilmu Administrasi memiliki 2 minat, yakni Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Administrasi Publik. Ketua Program Doktor Ilmu Administrasi pada tahun 2001 – 2005 dijabat oleh Prof.Dr. M. Irfan Islamy, MPA, pada tahun 2005 sampai 2013 dijabat oleh Prof.Dr. Soesilo Zauhar, MS dan pada tahun 2014 Ketua Program Doktor Ilmu Administrasi dijabat oleh Prof. Sumartono, MS.

Pada tanggal 12 November 2010, PDIA berhasil mendapatkan Sertifikat Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia (BAN-PT) dengan Surat Keputusan BAN-PT No. 012/BAN-PT/Ak-IX/S3/XI/2010 dan telah re-akreditasi sesuai SK BAN-PT nomor 47/399/2412/S3/2015 untuk periode 2015-2020 dengan Sertifikat Akreditasi A.

Pada tahun 2012 terbit surat mandat penyelenggaraan di Kampus Jakarta, dan telah terbit ijin penyelenggaraan pada tahun 2015 berdasarkan Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 175/KPT/I/2015 tertanggal 09 Desember 2015.

 

 

II. VISI

Menjadi pusat penyedia sumberdaya manusia Indonesia terkemuka dan kompetitif di bidang Ilmu Administrasi (Administrasi Publik dan Bisnis) pada level nasional dan internasional pada tahun 2025 serta memiliki akhlak mulia sehingga mampu memberikan sumbangsihnya yang paling tinggi bagi kemanusiaan dan kesejahteraan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

III. MISI

  1. Mengembangkan ilmu administrasi yang memiliki relevansi teoritik dan kebijakan berbasis pada pendekatan transdisipliner sesuai dengan derap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Meningkatkan kapasitas kemandirian dan karakter luhur, yang bertumpu pada konstelasi sosial, budaya, politik dan ekonomi, yang sepadan dan kondusif untuk mewujudkan kenyamanan dan kesejahteraan kehidupan bangsa, dan kesetaraan kehidupan antara bangsa yang bermartabat.
  3. Menanamkan dan membina rasa kebangsaan yang kokoh dan mendalam.

 

IV. KURIKULUM

Kurikulum Minat Administrasi Publik

NO KODE MATA KULIAH SKS STATUS SEMESTER
1 IAF90001 Dasar-Dasar Teori Administrasi

Fundamentals of Administrative Theory

2 WK I
2 IAP90001 Kebijakan Publik

Public Policy

2 WK I
3 IAF91001 Filsafat Ilmu

Philosophy of Science

3 WP I
4 IAF91001

 

Metodologi Penelitian

Research Methodology

3 WP I
5 IAF91002 Teori Administrasi

Advanced Administrative Theory

3 WP I
6 IAP91001 Kepemimpinan Sektor Publik

Public Sector Leadership

3 WM II
7 IAP91002 Reformasi Kebijakan Publik

Public Policy Reform

3 WM II
8 IAP92003 Sistem Administrasi Pemerintahan Lokal

Administrative System of Local Government

2 PD II
9 IAP92005 Reformasi Administrasi & Governance

Governance and Administrative Reform

2 PD II
10 IAP92001 Ekonomi Politik Kebijakan Publik

Political Economy of Public Policy

2 PD II
11 IAP92002 Manajemen Pelayanan Publik

Public Service Management

2 PD II
12 UBU93001 Disertasi

Dissertation

28 WP III/VI

 

Kurikulum Minat Administrasi Bisnis

NO KODE MATA KULIAH SKS STATUS SEMESTER
1 IAF90001 Dasar-Dasar Teori Administrasi

Fundamentals of Administrative Theory

2 WK I/II
2 IAB90001 Perilaku Organisasi

Organizational Behaviour

2 WK I/II
3 IAF91001 Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian

Philosophy of Science and Research Methodology

3 WP I
4 IAF91002 Teori Administrasi

Advanced Administrative Theory

3 WP I
5 IAB91001 Teori Corporate Governance dan Etika Bisnis Corporate Governance and Business Ethics Theory 3 WM I
6 IAB91002 Teori-Teori Entrepreneurship

Entrepreneurship Theories

3 WM I
7 IAB91003 Teori-Teori Strategi dan Kebijakan Bisnis

Theories in Business Policy and Strategy

3 WM I
8 IAB92001 Psikologi Industri dan Organisasi

Psychological Industry and Organization

2 PD II
9 IAB92002 Isu-isu Kontemporer Pemasaran

Contemporary Issues in Marketing

2 PD II
10 IAB92003 Tata Kelola Teknologi Informasi

Governing Information Technology

2 PD II
11 IAB92004 Teori dan Pengambilan Keputusan Keuangan Theories and Decision Making in Finance 2 PD II
12 UBU93001 Disertasi

Dissertation

28 WP III/VI

 

 

V. PERSYARATAN

Calon pendaftar Program Doktor Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya harus melakukan pendaftaran secara online di selma.ub.ac.id dan upload berkas sebagai berikut :

  1. scan Ijasah S1 (asli)
  2. scan ijasah S2 (asli)
  3. scan transkrip S1 (asli)
  4. scan transkrip S2 (asli)
  5. scan rekomendasi dari 3 orang (minimal Doktor)
  6. file tesis atau scan tesis ( cover, lembar pengesahan, lembar originalitas, abstrak/ringkasan )
  7. file karya ilmiah atau scan karya ilmiah / jurnal (cover, daftar isi, artikel)
  8. file rencana proposal disertasi
  9. scan TOEFL (asli)
  10. scan TPA (asli)
  11. file daftar riwayat hidup
  12. scan KTP (asli)
  13. scan Foto Berwarna
  14. scan Surat Keterangan Kesehatan (dari rumah sakit pemerintah minimal puskesmas)
  15. scan surat ijin belajar dari atasan
  16. scan surat keterangan tentang sumber dana

 

Berkas yang harus dibawa pada saat wawancara untuk diserahkan ke sekretariat PDIA :

  1. Salinan ijazah S1 dan S2 yang telah dilegalisir (1 lembar)
  2. Salinan transkrip nilai S1 dan S2 (IPK minimal 3.00 ) yang telah dilegalisir (1 lembar)
  3. Surat rekomendasi dari 3 orang yang dianggap dapat memberikan penilaian kelayakan akademik ( 1 lembar)
  4. Salinan Tesis program magister (cover, lembar pengesahan, lembar originalitas, abstrak/ringkasan) ( 1 eksemplar)
  5. Salinan karya ilmiah setelah lulus magister (1 jurnal saja)
  6. Rencana proposal disertasi ( 3 rangkap )
  7. Salinan sertifikat TOEFL ( 1 lembar )
  8. Salinan sertifikat TPA OTTO-BAPPENAS ( 1 lembar ) dan menunjukkan Sertifikat TPA asli
  9. Daftar riwayat hidup (1 eksemplar)
  10. Fotocopy KTP (1 lembar)
  11. Foto terbaru berwarna ukuran 4 × 6 sebanyak 4 (empat) lembar
  12. Surat keterangan kesehatan dari dokter pemerintah (1 lembar)
  13. Surat ijin belajar dari atasan, jika pelamar telah bekerja (1 rangkap)
  14. Surat keterangan tentang sumber dana (1 lembar)

 

VI. BIAYA PENDIDIKAN

Rincian biaya kuliah adalah sebagai berikut :

  1. Biaya Pendaftaran
    Pendaftaran Kelas Jakarta                                          :           Rp.           2.500.000
  1. Biaya Pendidikan
    UKT per Semester                                                       :           Rp.        25.000.000

 

VII. JADWAL KEGIATAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Gelombang I

Kegiatan Semester Ganjil 2022/2023 Tempat
Pendaftaran Mahasiswa Baru 10 Februari – 08 April 2022 http://admisi.ub.ac.id
Seleksi Administrasi dan Wawancara 11 – 21 April 2022 PDIA FIA UB
Pengumuman Seleksi 26 April 2022 PDIA FIA UB
Daftar Ulang Agustus 2022 (menyesuaikan kalender akademik UB)
Perkuliahan Agustus 2022 (menyesuaikan kalender akademik UB)

 

Gelombang II

Kegiatan Semester Ganjil 2022/2023 Tempat
Pendaftaran Mahasiswa Baru 02 Mei – 29 Juli 2022 http://admisi.ub.ac.id
Seleksi Administrasi dan Wawancara 01 – 12 Agustus 2022 PDIA FIA UB
Pengumuman Seleksi 16 Agustus 2022 PDIA FIA UB
Daftar Ulang Agustus 2022 (menyesuaikan kalender akademik UB)
Perkuliahan Agustus 2022 (menyesuaikan kalender akademik UB)

 

VIII. STAF PENGAJAR

Dosen Tamu

  1. Dr. Syamsul Mu’arif, MA 4.    Prof. Dr. Agus Hermanto, MM
  2. Dr. Martani Husseini, MA
  3. Dr. Fadel Muhammad

Dosen Minat Administrasi Publik

  1. ABDUL HAKIM, Prof. Dr. M.Si
  2. ABDUL JULI ANDI GANI, Prof. Dr, MS
  3. ABDULLAH SAID, Dr, M.Si
  4. AGUS SURYONO, Prof. Dr, MS
  5. ANDY FEFTA WIJAYA, Drs, MDA, Ph.D
  6. BAMBANG SANTOSO H.,Dr.,MS
  7. BAMBANG SUPRIYONO, Prof. Dr.,MS
  8. CHOIRUL SALEH, Dr. M.Si
  9. FADEL MUHAMMAD, Prof. Dr.,
  10. GINANDJAR KARTASASMITA, Prof. Dr.,
  11. ENDAH SETYOWATI Dr., S.Sos, M.Si
  12. FADILLAH AMIN, Dr, MAP
  13. HERMAWAN, Dr.S.IP, M.Si
  14. IRWAN NOOR, Dr. MA
  15. LELY INDAHMINDARTI, Dr, M.Si
  16. LUQMAN HAKIM, Dr, Drs., M.Sc
  17. R. KHAIRUL MULUK,Dr. S.Sos, M.Si
  18. RIYANTO, Dr M.Hum
  19. SARWONO, Dr, M.Si
  20. SISWIDIYANTO, Dr., Drs, MS
  21. SITI ROCHMAH, Dr M.Si
  22. SJAMSIAR SJAMSUDDIN, Prof, Dr
  23. SOESILO ZAUHAR, Prof, Dr, MS
  24. SUJARWOTO, S.IP, M.Si., Ph.D
  25. SUMARTONO, Prof, Dr. MS
  26. SURYADI, Dr, MS
  27. TJAHJANULIN DOMAI, Dr.,MS

 

 Dosen Minat Administrasi Bisnis

  1. ANDRIANI KUSUMAWATI, M.Si.,DBA
  2. BAMBANG SWASTO , Prof, Dr, ME
  3. BENNY HUTAHAYAN, Dr., MM.
  4. EDY YULIANTO, Dr, M.P
  5. ENDANG SITI ASTUTI, Prof.Dr., M.Si
  6. HAMIDAH NAYATI UTAMI, , M.Si
  7. IMAM SUYADI, Dr, M.Si
  8. KADARISMAN HIDAYAT, Dr, M.Si
  9. KUSDI RAHARDJO, Dr, DEA
  10. DZULKIROM AR., Dr.
  11. AL MUSADIEQ, Dr, MBA
  12. MOHAMMAD IQBAL, S.Sos, M.IB., DBA
  13.  NILA FIRDAUSI NUZULA, M.Si, Ph. D
  14. SITI RAGIL HANDAYANI, Dr, M.Si
  15. SRI MANGESTI RAHAYU, Dr, M.Si
  16. TAHER ALHABSJI, Prof, Dr
  17. TEUKU NOERMAN, Dr., MM.
  18. UMAR NIMRAN, Prof, Dr, MA
  19. WILOPO, Dr, MAB
  20. YUSRI ABDILLAH, S.Sos., M.Si., D
  21. ZAINUL ARIFIN, Dr., M.Si.
  22. ARIK PRASETYA, Sos., M.Si., Ph.D
  23. MUHAMMAD SAIFI, Prof, Dr., M.Si
  24. CACIK RUT DAMAYANTI,   ProfAcc,DBA

 

IX. ALAMAT DAN CONTACT PERSON

PROGRAM DOKTOR ILMU ADMINISTRASI (PDIA FIA UB) KAMPUS JAKARTA

  1. Alamat :
    Kampus UB Jakarta, Gedung Wisma Benih
    Jl. Dr. Saharjo No. 313 Tebet Jakarta Selatan
  2. Email :    jkt@ub.ac.id
  3. Website :    fia.ac.ub/doktoral
  4. Telepon               :    Kampus Jakarta ,
    Kampus Malang (0341) 556703, (0341)553737 psw 2006
  5. Contact Person :
    Ayu Pratiwi G.        (082233456807)       ayu1991@ub.ac.id
    Risya Dwijayanti    (082232138332)      risyadwijayanti@ub.ac.id
    Afrendi Hari T        (082143341966)       afrendi_fia@ub.ac.id
    Fajar Christal P.      (081359298686)