Penerimaan Mahasiswa Baru Pascasarjana FISIP UB Semester Ganjil 2018/2019

This content has been archived. It may no longer be relevant

PENERIMAAN MAHASISWA BARU
PROGRAM PASCASARJANA FISIP UB
SEMESTER GANJIL 2018/2019

 

PENDAHULUAN

Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya (FISIP-UB) tidak dapat dilepaskan dari perkembangan sejarah FISIP UB sebagai lembaga pendidikan yang didirikan untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara utamanya dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Indonesia seutuhnya. Dalam era globalisasi dewasa ini, Peruruan Tinggi dituntut untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dan berdaya saing, tidak hanya di dalam negeri, tetapi juga di dunia internasional. Untuk itu, lulusan sarjana (program S-1) dipandang masih belum cukup, sehingga perlu dilakukan langkah-langkah untuk mempersiapkan penyelenggaraan pendidikan  program pascasarjana, baik program Magister (S-2) maupun Doktor (S-3).

Program  Pendidikan Ijin Penyelenggaraan
Program Magister Ilmu Komunikasi

  1. Minat Teori Komunikasi
  2. Minat Manajemen Media
  3. Minat Komunikasi Stratejik
SK Mendiknas RI, No.23/D/O/2011
Program Magister Ilmu Sosial

  1. BKU Sosiologi Pembangunan
  2. BKU Kajian Kemiskinan
  3. BKU Ilmu Politik dan Pemerintahan
  4. BKU Kewirausahaan Sosial Politik
SK Mendikbud RI, No.419/E/O/2013
Program Doktor Ilmu Sosiologi SK Mendikbud RI, No.418/E/O/2013

Keterangan :

BKU : Bidang Konsentrasi Utama

 

VISI

Menjadi pusat kajian tingkat pascasarjana di bidang Ilmu Komunikasi dan Sosial yang ditandai dengan publikasi hasil-hasil penelitian pada jurnal peer-reviewed secara berkala, pengajaran yang berkualitas, serta pengabdian masyarakat.

 

MISI

  1. Membangun kerangka kerja yang sistematis, terstruktur, dan terintegrasi sehingga menghasilkan penelitian-penelitian ilmiah yang benar, berkualitas, dan layak dipublikasikan pada jurnal-jurnal peer-reviewed.
  2. Menyelenggarakan pengajaran yang menghasilkan kualitas lulusan yang mampu melakukan penelitian secara mandiri dengan metode yang benar, mampu melakukan analisis yang kritis terhadap fenomena sosial.
  3. Secara aktif menjalin kerjasama dengan universitas-universitas dan lembaga-lembaga penelitian di dalam dan luar negeri.
  4. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat agar kegiatan ilmiah mampu mencerdaskan masyarakat secara luas.

Tujuan Program Studi Magister

  1. Menghasilkan penelitian ilmiah dengan ukuran:
    1. Menerapkan metode penelitian yang benar dan akurat
    2. Hasil penelitian bisa dipublikasikan pada jurnal-jurnal peer reviewed
  2. Menyelenggarakan pengajaran yang menghasilkan kualitas lulusan yang mampu melakukan penelitian secara mandiri dan mampu melakukan analisa ilmiah terhadap fenomena sosial secara kritis.
  3. Membangun kerjasama penelitian dan pengajaran dengan universitas-universitas dan lembaga penelitian di tingkat nasional dan internasional.
  4. Melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan mencerdaskan masyarakat serta mampu mengkritisi kondisi sodial yang ada sehingga kualitas hidup masyarakat menjadi lebih baik.

Tujuan Program Studi Doktor

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan analisis Sosiologis yang kuat didukung dengan penguasaan teori dan metodologi dalam Sosiologi
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengorganisasikan penelitian secara lintas disiplin dan berkepentingan terhadap temuan-temuan baru baik di bidang akademik dan atau kebijakan
  3. Menghasilkan lulusan yang mampu mempublikasikan penelitian dalam jurnal nasional terakreditasi dan internasional terindeks
  4. Menjadi pusat kajian dan informasi ilmiah di bidang Sosiologi terkait dengan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
  5. Membangun kerjasama dengan institusi dalam maupun luar negeri terkait dengan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi

 

Masa Studi

  • Masa studi untuk Program Magister adalah 3 s/d 4 semester dan maksimal 8 (delapan) semester termasuk penyusunan tesis
  • Masa Studi untuk Program Doktor adalah 6 s/d 10 semester dan maksimal 14 (empat belas) semester termasuk penyusunan disertasi

 

Syarat – Syarat Calon Mahasiswa

Persyaratan calon peserta meliputi nilai akademik serta latar belakang pendidikan yang dimiliki:

  1. Nilai Akademik
    IPK minimal 2,75 (pada skala 0-4) atau 6,25 (pada skala 0-10).
  2. Latar Belakang Pendidikan
    Calon mahasiswa berlatar pendidikan minimal Strata-1 untuk pelamar S2  baik linear maupun tidak linear
    Calon mahasiswa berlatar pendidikan minimal Strata-1 dan Strata-2 untuk pelamar S3 baik linear maupun tidak linear

 

Sistem Rekrutmen/Seleksi

Sistem rekruitment dilakukan sebagai berikut :

  1. Tes TPA (Tes Potensi Akademik) OTO Bappenas dengan skor minimal 450
  2. Tes Toefl dengan skor minimal 500
  3. Tes tulis sesuai program studi yang dipilih
  4. Tes wawancara dilakukan oleh Ketua Program Studi (KPS) / Dosen yang berkompeten

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru

Pendaftaran Semester Ganjil 19 Pebruari – 12 Juli 2018
Pelaksanaan Seleksi Tulis dan wawancara

a. Gelombang I
b. Gelombang II

 

28 – 29 Maret 2018
3 – 4 Juli 2018

Pengumuman hasil Seleksi

a. Gelombang I
b. Gelombang II

 

4 – 6 April 2018
12 – 13 Juli 2018

Daftar Ulang Semester Ganjil TA 2018/2019 6 -16 Agustus 2018
Awal perkuliahan Semester Ganjil TA 2018/2019 20 Agustus 2018

 

Biaya dan Kode Pembayaran

NO PROGRAM STUDI Nomor Seleksi BIAYA PENDAFTARAN UKT (per semester)
1 S2-ILMU KOMUNIKASI 042 Rp  500.000,- Rp 10.000.000,-
2 S2-ILMU SOSIAl 042 Rp  500.000,- Rp 10.000.000,-
3 S3-SOSIOLOGI 062 Rp 1.000.000,- Rp 12.000.000,-

Prosedur  Pendaftaran

Pembayaran Pendaftaran dapat dilakukan di Bank BNI seluruh Indonesia dengan tahapan sebagai berikut:

    • Melalui Teller Bank BNI
      • Datang ke Cabang Bank BNI terdekat
      • Mengisi formulir setor tunai/transfer/multipayment (warna biru) dengan mencantumkan “Pendaftaran S2 …. / S3 …. FISIP UB dan No Handphone” di kolom berita pada slip setoran
      • Calon mahasiswa baru langsung menuju ke teller dengan menyebutkan nomor seleksi (kode 062 untuk Program Doktor dan kode 042 untuk Program Magister) dan ditambah no hp (081XXXXX), Contoh : 62081XXXXX / 42081xxxxxxxx
      • Bayar ke Petugas Teller Bank BNI dan menerima bukti pembayaran
      • Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.
    • Pembayaran Melalui Mesin ATM Bank BNI
      • Masukkan Kartu ATM Bank BNI
      • Pilih : Bahasa Indonesia
      • Ketik : Nomor PIN ATM
      • Pilih : Menu lain
      • Pilih : Pembayaran
      • Pilih : Menu berikutnya
      • Pilih : Universitas
      • Pilih : Student Payment Center (SPC)
      • Ketik Kode Universitas : 8032 (Universitas Brawijaya) dilanjutkan dengan nomor seleksi (kode 062 untuk Program Doktor dan kode 042 untuk Program Magister) dan ditambah no hp (081XXXXX), Contoh : Contoh : 062081XXXXX / 042081xxxxxxxx
      • Kemudian akan muncul layar konfirmasi, apabila benar maka pilih “YA BAYAR” untuk melakukan pembayaran
      • Kemudian pilih rekening “Tabungan”
      • Transaksi telah selesai. Data pembayaran secara otomatis akan tersimpan di database UB.Mendapatkan Nomor Pendaftaran dan PIN yang didapat setelah melakukan pembayaran melalui  Bank BNI 46 , dengan tata cara pembayaran sebagai berikut:
        Tata Cara Pembayaran melalui Bank BNI
  1. Setelah mendapatkan nomor pendaftaran dan PIN, calon pendaftar dapat mengisi formulir pendaftaran dan melengkapi semua berkas pendaftaran pada pendaftaran online pascasarjana:
    http://selma.ub.ac.id/wp-app/pendaftaran/pasca_ub

      • Pilih salah satu jenjang dan program studi

      • Setelah semua data terisi dan tersimpan, silakan mencetak Bukti Pendaftaran
  2. Berkas yang didownload dari http://ppsfisip.ub.ac.id/fasilitas/download dan diserahkan ke program pascasarjana fisip ub:
    • Pas foto terbaru ukuran 3 x 4
    • Salinan ijasah S1 dan atau S2  yang telah disahkan
    • Salinan daftar nilai selama di Perguruan Tinggi yang telah disahkan; bagi calon mahasiswa yang berasal dari PTS harus menyerahkan nilai ujian negara.
    • Fotocopy KTP (Kartu Tanda Penduduk) yang masih berlaku
    1. Berkas yang didownload dan dilengkapi:
      • Surat keterangan sumber dana / penanggung jawab dana studi
      • Surat rekomendasi oleh dua prang yang dianggap mampu memberikan kelayakan akademik pelamar
      • Surat Surat Tugas/Ijin Belajar dari atasan (jika pelamar telah bekerja) bahwa yang bersangkutan dibebaskan dari tugas-tugas instansi.
      • Surat keterangan kesehatan dari dokter pemerintah, termasuk Bebas Narkoba
      • Daftar Riwayat Hidup.
      • Fotocopy sertifikat TPA OTO-BAPPENAS (min. 425)
      • Sertifikat TOEFL (min. 500)
      • Proposal Tentatif Disertasi (bagi calon pelamar S3).

 KURIKULUM

 

STAF PENGAJAR

Prof. Dr. Ir. Darsono Wisadirana, MS

Prof. Dr. Ir. Sanggar Kanto, MS

Prof. Dr. Unti Ludigdo, Ak.

Dr. Sholih Mu’adi, SH., M.Si

Dr. Mardiyono, MPA

Dr. I Nyoman Ruja, SU

Anif Fatma Chawa, S.Sos., M.Si Ph.D

Siti Kholifah, S.Sos., M.Si., Ph.D

Dr. Ir. Edi Susilo, MS

Dr. Ir. Yayuk Yuliati, MS

Devanto Shasta P, SE., MSi., Ph.D

Dr. Bambang Dwi Prasetyo, S.Sos, M.Si

Rachmat Kriyantono, S.Sos.,M.Si., Ph.D

Dr. Antoni, S.Sos., M.Si

Anang Sujoko, S.Sos., M.Si., D.COMM

Wawan Sobari, S.IP., MA., Ph.D

Dr. Drs. Hilmy Mochtar, MS

Dr. M.Lukman Hakim, S.IP., M.Si

Cleoputri Al Yusainy, S.Psi., M.Psi., Ph.D

 

Pendaftaran Online

http://selma.ub.ac.id/wp-app/pendaftaran/pasca_ub