Penerimaan Mahasiswa Baru Magister Ilmu Komputer 2021/2022

I. Visi, Misi, Tujuan, dan Moto

 

Visi

Terwujudnya program magister yang unggul dan terdepan di tingkat nasional dan internasional dalam menghasilkan tenaga-tenaga profesional, baik sebagai praktisi maupun akademisi, di bidang Ilmu Komputer/Informatika melalui integrasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.

 

Misi

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dengan mengikuti perkembangan metode dan teknologi terkini (state-of-the-art) di bidang Ilmu Komputer/Informatika melalui integrasi Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Menyiapkan lulusan magister (S2) yang memiliki moral, etika dan profesionalisme di bidang Ilmu Komputer/Informatika.
  3. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan kepada para mahasiswa untuk mampu berpikir inovatif dalam rangka menghasilkan produk-produk yang merupakan software-intensive solution yang mampu bersaing di tingkat nasional dan/atau internasional.
  4. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian yang inovatif dan solutif dengan melibatkan para mahasiswa sesuai bidang minat masing-masing sehingga mampu memberikan kontribusi keilmuan dalam bidang Ilmu Komputer/Informatika yang bermanfaat bagi masyarakat luas.
  5. Meningkatkan kerjasama dengan sebanyak mungkin pemangku kepentingan (stakeholders) dari Program Magister Ilmu Komputer/Informatika dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

 

Tujuan

Terwujudnya program magister (S2) yang produktif dalam menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa yang mampu mengembangkan sains dan teknologi di bidang Ilmu Komputer/Informatika hingga menghasilkan karya yang inovatif dan teruji di tingkat nasional dan/atau internasional.

Manghasilkan lulusan yang mampu mengelola riset dan pengembangan yang memiliki kontribusi keilmuan di bidang Ilmu Komputer/Informatika dan bermanfaat bagi pembangunan bangsa, serta mendapatkan pengakuan nasional dan/atau internasional.

 

Moto

Creating challenges, shaping the future

 

 

II. Kurikulum dan Beban Studi

Kurikulum Program Studi Magister Ilmu Komputer terstruktur dalam 3 (tiga) kelompok mata kuliah, yaitu: (1) Mata Kuliah Dasar, (2) Mata Kuliah Pilihan, (3) Mata Kuliah Tesis. Distribusi beban mata kuliah tesrsebut di atas adalah sebagai berikut:

No Kelompok Mata Kuliah Beban SKS
1 Mata Kuliah Wajib 21
3 Mata Kuliah Pilihan 6
4 Mata KUliah Tesis 13
Jumlah 40

 

III. Tenaga Pengajar

No Nama Pendidikan
1 Wayan Firdaus Mahmudy, S.Si., M.T., Ph.D S3 University of South Australia
2 Tri Astoto Kurniawan, S.T, M.T, Ph.D S3 University of Wollongong, Australia
3 Dr. Eng. Herman Tolle, S.T, M.T S3 Saga University, Jepang
4 Dr. Eng, Fitri Utaminingrum, S.T, M.T S3 Kumamoto University, Jepang
5 Fatwa Ramdani, D.Sc., S.Si, M.Sc
6 Achmad Basuki, S.T, M.MG, Ph.D S3 Keio University, Jepang
7 Ismiarta Aknuranda, S.T, M.Sc, Ph.D S3 University Of Manchester, Inggris
8 Dr. Eng, Fitra Abdurrachman Bachtiar, ST., M.Eng. S3 Ritsumeikan University, Jepang
9 Eko Setiawan, S.T., M.T., M.Eng., Ph.D S3 University of Miyazaki, Jepang
10 Agung Setia Budi, S.T., M.T., M.Eng., Ph.D S3 University of Miyazaki, Jepang
11 Diah Priharsari, S.T., M.T., Ph.D S3 University of Technology Sydney, Australia
12 Dr. Eng. Novanto Yudistira, S.Kom., M.Sc. S3 Hiroshima university, Jepang
13 Drs. Achmad Ridok, M.Kom., Ph.D S3 Universitas Brawijaya
14 Barlian Henryranu Prasetio, S.T., M.T., Ph.D. S3 University of Miyazaki, Jepang
15 Edita Rosana Widasari, S.T., M.T., M.Eng., Ph.D. S3 University of Miyazaki, Jepang
16 Lailil Muflikhah, Dr., S.Kom., M.Sc. S3 Universitas Brawijaya
17 Riswan Septriayadi Sianturi, S.Si.., MM., M.Sc., Ph.D. S3 University of Twente

 

IV. Persyaratan Pendaftaran

Untuk dapat diterima menjadi mahasiswa Kelas Reguler pada Program Magister Ilmu Komputer FILKOM Universitas Brawijaya, calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

a Warga Negara Indonesia.
b. Telah lulus program sarjana dengan berbagai latar belakang keilmuan dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B dan memiliki Indeks Prestasi (IPK) minimal 2,75 untuk skala 4 yang dibuktikan dengan Ijazah, Transkrip, dan Profil mahasiswa pada situs forlap dikti.

 

c. Memiliki sertifikat ITP-TOEFL (skor minimal 450) atau yang setara yang masih berlaku (maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat).

  1. Bagi yang belum memiliki sertifikat ITP-TOEFL, bisa menghubungi UPT Bahasa Universitas Brawijaya (http://www.fib.ub.ac.id/UPT_Bahasa/) atau institusi lain yang kredibel untuk memperoleh informasi lebih lanjut yang berkaitan dengan tes yang diminta. Pendaftaran Tes ITP-TOEFL dilaksanakan secara mandiri oleh calon mahasiswa.
  2. Bagi yang belum memiliki sertifikat ITP-TOEFL tapi telah memiliki sertifikat Preparation/Institutional TOEFL, iBT TOEFL atau IELTS maka calon mahasiswa diperkenankan untuk menggunakan sertifikat tersebut sebagai dasar untuk melakukan asesmen awal pada saat seleksi wawancara.
  3. Panitia seleksi  masih akan mempertimbangkan skor yang kurang dari standar yang ditentukan berdasarkan asesmen pada saat seleksi wawancara.
  4. Jika dinyatakan lolos seleksi, mahasiswa yang nilai TOEFL nya kurang dari standar yang ditentukan dan/atau masih belum memiliki sertifikat ITP-TOEFL akan diwajibkan untuk memperbarui sertifikat ITP-TOEFL nya dan melaporkan hasilnya ke Program Studi.
d. Memiliki sertifikat TPA OTO BAPPENAS (skor minimal 450) dan masih berlaku maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat.

  1. Bagi yang belum memiliki sertifikat TPA OTO BAPPENAS, bisa menghubungi Fakultas Ilmu Administrasi (http://fia.ub.ac.id/) atau Pascasarjana (http://ppsub.ub.ac.id) Universitas Brawijaya atau institusi lain yang kredibel untuk memperoleh informasi lebih lanjut yang berkaitan dengan tes yang diminta. Pendaftaran Tes TPA OTO BAPPENAS dilaksanakan secara mandiri oleh calon mahasiswa.
  2. Panitia seleksi masih akan mempertimbangkan skor yang kurang dari standar yang ditentukan berdasarkan asesmen pada saat seleksi wawancara.
  3. Jika dinyatakan lolos seleksi, mahasiswa yang nilai TPA nya kurang dari standar yang ditentukan akan diwajibkan untuk memperbarui sertifikat TPA OTO BAPPENAS nya dan melaporkan hasilnya ke Program Studi.
e. Memiliki rencana atau sinopsis riset sebagai acuan untuk rencana tesis yang akan dikerjakan selama menjalani program magister yang disesuaikan dengan salah satu Laboratorium Riset atau Grup Riset yang ada:

i.       Sistem Cerdas

ii.      Computer Vision

iii.     Jaringan Berbasis Informasi

iv.    Teknologi Media, Game dan Piranti Bergerak

v.      Rekayasan Perangkat Lunak

vi.    Sistem Informasi

vii.   Geoinformatika

viii.  Embedded System

ix.    Technology-Enhanced Learning

f. Melampirkan karya ilmiah yang telah dipublikasikan sebagai penulis pertama atau penulis pendukung apabila ada.
g. Membuat surat pernyataan kesanggupan untuk menyelesaikan pendidikan magister beserta semua kewajibannya.
h. Menyertakan Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas atau Rumah Sakit.
i. Menyertakan surat rekomendasi dari:

i.      Dua orang yang dianggap mampu memberikan kelayakan akademik pelamar (dosen pembimbing skripsi dan/atau pembimbing akademik), bagi mahasiswa fresh graduate;

ii.     Satu orang dari dosen pembimbing skripsi pada pendidikan sarjana, bagi yang sudah bekerja;

j. Menyertakan surat ijin dari pimpinan (satu surat ijin) pada tempat kerja saat ini, bagi yang sudah bekerja.
k.

 

Lulus tes ujian masuk: bidang (tertulis) dan wawancara. Hasil tes bidang sekaligus akan digunakan untuk menentukan mata kuliah matrikulasi yang harus ditempuh bagi pendaftar yang dinyatakan lulus bersyarat bidang. Materi uji atau tes bidang: Algoritma dan Pemrograman (AP), Matematika Komputasi (MK), Jaringan Komputer (JK) dan Basis Data (BD).

 

V. Tahapan Pendaftaran

Berikut adalah langkah-langkah pendaftaran Seleksi Mandiri Pascasarjana untuk Program Magister Ilmu Komputer Universitas Brawijaya.

  1. Melakukan pembuatan akun di laman https://admisi.ub.ac.id;
  2. Memilih seleksi yang akan dituju di halaman dashboard
  3. Memilih program studi yang akan dipilih dan melakukan requestKode Pembayaran, pastikan jumlah biaya yang muncul sudah sesuai dengan informasi yang ada di pengumuman ini (Poin 3).
  4. Pembayaran biaya pendaftaran dilakukan pada Bank BRI, Bank Mandiri atau Bank BNI seluruh Indonesia (semua kanal pembayaran) di seluruh Indonesia dengan menunjukkan KODE PEMBAYARAN;
  5. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan di bank tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapunPastikan jumlah pembayaran sudah sesuai dengan program studi yang dituju, dan harap mengikuti tata cara pembayaran sebagai berikut :
    1. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BRI
    2. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri
    3. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BNI
  6. Melakukan konfirmasi pembayaran kemudian mengisi form pendaftaran di laman https://admisi.ub.ac.id;
  7. Mengisi form pendaftaran dan mengunggah berkas kelengkapan pendaftaran
  8. Mencetak kartu peserta seleksi;

Template formular dan surat pernyataan dapat diunduh di link berikut (tab Unduh Formulir): http://mcs.filkom.ub.ac.id/unit/prodi/milkom/read/reguler/b49946509ff64e

VI. Biaya-biaya

Biaya pendidikan magister untuk pendaftaran mahasiswa kelas regular TA. 2021/2022 terdiri atas:

 

     i. Pendaftaran Reguler I Rp   1.000.000,-
   ii. Biaya matrikulasi (jika diwajibkan) per sks Rp      250.000,-
  iii. UKTa) Rp 11.700.000,-

 

Note:

  1. a) Mengikuti peraturan Rektor yang berlaku.

 

VII. Waktu-waktu penting

Berikut adalah tanggal penting terkait pendaftaran Program Magister Ilmu Komputer FILKOM Universitas Brawijaya:

 

Gelombang I

a. Pendaftaran Reguler Program Magister : 15 Februari – 21 Maret 2021
b. Verifikasi berkas pendaftaran : 22 Maret – 23 Maret 2021
c. Psikotes : 25 Maret 2021
d. Tes bidang* : 25 Maret 2021
e. Tes wawancara : 26 – 27 Maret 2021
f. Pengumuman hasil seleksi : 31 Maret 2021
g. Daftar ulang mahasiswa baru : Menyesuaikan jadwal UB
h. Orientasi pendidikan FILKOM : Menyesuaikan jadwal UB
i. Pekan matrikulasi : Menyesuaikan jadwal UB
j. Awal perkuliahan : Menyesuaikan jadwal UB

 

 

Gelombang II

a. Pendaftaran Reguler Program Magister : 5 April – 30 Mei 2021
b. Verifikasi berkas pendaftaran : 31 Mei – 1 Juni 2021
c. Psikotes : 2 Juni 2021
d. Tes bidang* : 2 Juni 2021
e. Tes wawancara : 3 – 4 Juni 2021
f. Pengumuman hasil seleksi : 8 Juni 2021
g. Daftar ulang mahasiswa baru : Menyesuaikan jadwal UB
h. Orientasi pendidikan FILKOM : Menyesuaikan jadwal UB
i. Pekan matrikulasi : Menyesuaikan jadwal UB
j. Awal perkuliahan : Menyesuaikan jadwal UB

 

 

Gelombang II

a. Pendaftaran Reguler Program Magister : 14 Juni – 25 Juli 2021
b. Verifikasi berkas pendaftaran : 26 – 27 Juli 2021
c. Psikotes : 28 Juli 2021
d. Tes bidang* : 28 Juli 2021
e. Tes wawancara : 29 – 30 Juli 2021
f. Pengumuman hasil seleksi : 3 Agustus 2021
g. Daftar ulang mahasiswa baru : Menyesuaikan jadwal UB
h. Orientasi pendidikan FILKOM : Menyesuaikan jadwal UB
i. Pekan matrikulasi : Menyesuaikan jadwal UB
j. Awal perkuliahan : Menyesuaikan jadwal UB

 

*) Materi uji: Algoritma dan Pemrograman (AP), Matematika Komputasi (MK), Jaringan Komputer (JK), Basis Data (BD)

 

 

VIII. Ketentuan lain

Seleksi mahasiswa baru tidak menggunakan seleksi sistem gugur. Panitia seleksi akan mempertimbangkan setiap skor berdasarkan bobot masing-masing dari setiap tahap untuk menentukan nilai akhir seleksi. Kandidat yang diterima akan ditentukan berdasarkan rangking nilai akhir yang disesuaikan dengan kapasitas yang ada. Skor yang masih kurang dari standar pada Persyaratan Pendaftaran akan tetap digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk asesmen pada saat tahap wawancara.

 

IX. Contact Person

Andito Aryo D.P, S.Psi

+62 822-5768-5412

anditoaryodp@ub.ac.id

 

Info lainnya:

http://tif.filkom.ub.ac.id/unit/prodi/milkom/read/pendaftaran-kelas-reguler-1/b49946509ff64e