Penerimaan Mahasiswa Baru Kelas Reguler Program Magister Ilmu Komputer 2020/2021

 

Pengumuman Beasiswa Riset Filkom: Beasiswa Riset Filkom

PENERIMAAN MAHASISWA BARU KELAS REGULER PROGRAM MAGISTER ILMU KOMPUTER TA. 2020/2021

 

1. Persyaratan Pendaftaran

Untuk dapat diterima menjadi mahasiswa Kelas Reguler pada Program Magister Ilmu Komputer FILKOM Universitas Brawijaya, calon mahasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

a Warga Negara Indonesia.
b. Telah lulus program sarjana dengan berbagai latar belakang keilmuan dari perguruan tinggi yang terakreditasi minimal B dan memiliki Indeks Prestasi (IPK) minimal 2,75 untuk skala 4.
c. Memiliki sertifikat ITP-TOEFL (skor minimal 500) atau yang setara yang masih berlaku maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat

  1. Bagi yang belum memiliki sertifikat ITP-TOEFL, bisa menghubungi UPT Bahasa Universitas Brawijaya (http://www.fib.ub.ac.id/UPT_Bahasa/) atau institusi lain yang kredibel untuk memperoleh informasi lebih lanjut yang berkaitan dengan tes yang diminta. Pendaftaran Tes ITP-TOEFL dilaksanakan secara mandiri oleh calon mahasiswa.
  2. Bagi yang belum memiliki sertifikat ITP-TOEFL tapi telah memiliki sertifikat Preparation/Institutional TOEFL, iBT TOEFL atau IELTS maka calon mahasiswa diperkenankan untuk menggunakan sertifikat tersebut sebagai dasar untuk melakukan asesmen awal pada saat seleksi wawancara.
  3. Panitia seleksi  masih akan mempertimbangkan skor yang kurang dari standar yang ditentukan berdasarkan asesmen pada saat seleksi wawancara.Memiliki sertifikat ITP-TOEFL (skor minimal 500) atau yang setara yang masih berlaku maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat.
  4. Jika dinyatakan lolos seleksi, mahasiswa yang nilai TOEFL nya kurang dari standar yang ditentukan dan/atau masih belum memiliki sertifikat ITP-TOEFL akan diwajibkan untuk memperbarui sertifikat ITP-TOEFL nya dan melaporkan hasilnya ke Program Studi.
d. Memiliki sertifikat TPA OTO BAPPENAS (skor minimal 475) dan masih berlaku maksimum 2 tahun setelah tanggal dikeluarkannya sertifikat.

  1. Bagi yang belum memiliki sertifikat TPA OTO BAPPENAS, bisa menghubungi Fakultas Ilmu Administrasi (http://fia.ub.ac.id/) atau Pascasarjana (http://ppsub.ub.ac.id) Universitas Brawijaya atau institusi lain yang kredibel untuk memperoleh informasi lebih lanjut yang berkaitan dengan tes yang diminta. Pendaftaran Tes TPA OTO BAPPENAS dilaksanakan secara mandiri oleh calon mahasiswa.
  2. Panitia seleksi masih akan mempertimbangkan skor yang kurang dari standar yang ditentukan berdasarkan asesmen pada saat seleksi wawancara.
  3. Jika dinyatakan lolos seleksi, mahasiswa yang nilai TPA nya kurang dari standar yang ditentukan akan diwajibkan untuk memperbarui sertifikat TPA OTO BAPPENAS nya dan melaporkan hasilnya ke Program Studi.
e. Memiliki rencana atau sinopsis riset sebagai acuan untuk rencana tesis yang akan dikerjakan selama menjalani program magister yang disesuaikan dengan salah satu Laboratorium Riset atau Grup Riset yang ada:

i.       Sistem Cerdas

ii.      Computer Vision

iii.     Jaringan Berbasis Informasi

iv.    Teknologi Media, Game dan Piranti Bergerak

v.      Rekayasan Perangkat Lunak

vi.    Sistem Informasi

vii.   Geoinformatika

viii.  Embedded System

ix.    Technology-Enhanced Learning

f. Melampirkan karya ilmiah yang telah dipublikasikan sebagai penulis pertama atau penulis pendukung apabila ada.
g. Membuat surat pernyataan kesanggupan untuk menyelesaikan pendidikan magister beserta semua kewajibannya.
h. Menyertakan Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas atau Rumah Sakit.
i. Menyertakan surat rekomendasi dari:

i.      Dua orang yang dianggap mampu memberikan kelayakan akademik pelamar (dosen pembimbing skripsi dan/atau pembimbing akademik), bagi mahasiswa fresh graduate;

ii.     Satu orang dari dosen pembimbing skripsi pada pendidikan sarjana, bagi yang sudah bekerja;

j. Menyertakan surat ijin dari pimpinan (satu surat ijin) pada tempat kerja saat ini, bagi yang sudah bekerja.
k. Lulus tes ujian masuk: bidang (tertulis) dan wawancara. Hasil tes bidang sekaligus akan digunakan untuk menentukan mata kuliah matrikulasi yang harus ditempuh bagi pendaftar yang dinyatakan lulus bersyarat bidang. Materi uji/tes bidang: Algoritma dan Pemrograman (AP), Matematika Komputasi (MK), Jaringan Komputer (JK) dan Basis Data (BD).

 

2. Tahapan Pendaftaran

Berikut adalah tahapan pendaftaran Program Magister Ilmu Komputer/Informatika FILKOM (d/h. PTIIK) UB:

  1. Calon peserta login pada  https://admisi.ub.ac.id menggunakan akun Gmail
  2. Gunakan alamat email Gmail yang benar dan valid untuk melakukan verifikasi email pendaftar;
  3. Login ke email Gmail dan lakukan verifikasi melalui link verifikasi pada email yang dikirim oleh Admisi UB. Setelah email terverifikasi, pendaftar dapat mulai melakukan proses pendaftaran;
  4. Pendaftar memilih Seleksi Pasca FILKOM Magister, kemudian melakukan request KODE PEMBAYARAN;
  5. Proses pendaftaran mulai dari request kode bayar sampai dengan finalisasi dilaksanakan secara online melalui laman https://admisi.ub.ac.id pada tanggal:
    1. Gelombang 1: 16 Maret – 15 Mei 2020
    2. Gelombang 2: 18 Mei – 10 Juli 2020
  6. Apabila proses request berhasil, maka Anda akan memperoleh KODE PEMBAYARAN(13 digit);
  7. Biaya pendaftaran sebesar  Rp.1.000.000 (satu juta rupiah) disetor pada Bank BRI, Bank Mandiri atau Bank BNI seluruh Indonesia (semua kanal pembayaran) di seluruh Indonesia dengan menunjukkan KODE PEMBAYARAN;
  8. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan di bank tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapunHarap mengikuti tata cara pembayaran sebagai berikut :
    1. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BRI
    2. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri
    3. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BNI
  9. Setelah pembayaran berhasil, peserta melakukan konfirmasi pembayaran pada laman https://admisi.ub.ac.id. Harap menggandakan (fotocopy) struk bukti bayar setidaknya 1 (satu) lembar sebagai bukti cadangan;
  10. Setelah konfirmasi, pendaftar dapat melakukan pengisian pendaftaran Seleksi Pasca FILKOM Magister, termasuk mengupload berkas-berkas seperti pada daftar berkas di bawah;
  11. Setelah pendaftaran selesai, peserta akan mendapatkan Nomor Pendaftaran Seleksi Pasca FILKOM Magister.
  12. Calon peserta mencetak Kartu Peserta Ujian.

Terkait dengan berkas-berkas yang perlu disiapkan dan diupload pada pendaftaran online, pendaftar harus mempersiapkan sebagai berikut

  1. Mendownload dan Mengisi Form Pendaftaran yang dapat diunduh di link berikut: http://mcs.filkom.ub.ac.id/unit/prodi/milkom/read/reguler/b499465
  2. Menyiapkan fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang.
  3. Menyiapkan fotokopi sertifikat IBT TOEFL atau PBT TOEFL atau IELTS yang masih valid (berumur < 2 tahun TMT tanggal tes).
  4. Menyiapkan fotokopi sertifikat TPA OTO BAPPENAS yang masih valid (berumur < 2 tahun TMT tanggal tes).
  5. Menyiapkan pasfoto berwarna terbaru: ukuran 4×6 (2 lembar) dan 3×4 (2 lembar).
  6. Berkas-berkas pendaftaran yang sudah dipersiapkan sebelumnya yaitu:
    1. Formulir Pendaftaran
    2. Bukti pembayaran pendaftaran
    3. Form pendaftaran yang telah diisi.
    4. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang.
    5. Fotokopi transkrip yang telah dilegalisir oleh pejabat berwenang.
    6. Fotokopi sertifikat ITP TOEFL yang masih valid.
    7. fotokopi sertifikat TPA OTO BAPPENAS yang masih valid.
    8. Pasfoto terbaru: ukuran 4×6 (2 lembar).
    9. Pasfoto terbaru: ukuran 3×4 (2 lembar).
    10. Publikasi karya ilmiah (jika ada)
    11. Surat pernyataan kesanggupan studi yang bermaterai.
    12. Surat pernyataan sumber biaya yang bermaterai.
    13. Sinopsis rencana studi.
    14. Kartu ujian
    15. Sertifikat penghargaan,pelatihan, seminar, symposium dsb (jika ada)Harus diserahkan ke panitia seleksi, untuk Gelombang I paling lambat tanggal 15 Mei 2020 dan Gelombang II paling lambat tanggal 14 Juli 2020. Semua berkas-berkas pendaftaran harus difotokopi rangkap 2, dan dikirimkan/diserahkan ke:Panitia Seleksi Mahasiswa Baru (Panselmaba)
      Program Studi Magister Ilmu Komputer
      Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM)
      Universitas Brawijaya
      Jl.
      Veteran No. 8
      Malang, Jawa Timur
      Indonesia – 65145
  7. Pendaftaran dapat dilakukan melalui email, dengan ketentuan sebagai berikut :
    1. Semua syarat pendaftaran discan dan dikirimkan ke email: magister.ilkom@ub.ac.id, dengan menyertakan data diri berupa Nama dan No telepon/HP yang aktif pada email.
      SOP Pemberkasan: Semua berkas persyaratan dikirim ke email: magister.ilkom@ub.ac.id, dengan memberikan nama di bagian subjek dan diberikan biodata di email serta mengirim file nya.
      Untuk file sperti tes toefl dan CAT bapenas bisa menggunakan yg terakhir tes, dengan syarat nanti akan melengkapi setelah pandemi dan setelah lembaga tesnya buka kembali.
    2. Berkas yang dikirimkan via email akan diverifikasi kelengkapannya oleh bagian akademik dan akan diinformasikan kembali ke pendaftar dalam waktu 2-3 hari melalui email.
    3. Untuk pendaftar Gelombang II, pada saat verifikasi berkas 13 – 14 Juli 2020 (pukul 08.00 – 15.00), calon mahasiswa baru wajib datang dan membawa dokumen pendaftaran asli yang telah dikirimkan melalui email.
    4. Syarat-syarat yang belum bisa terpenuhi pada saat pendaftaran harus dipenuhi pada saat proses verifikasi berkas.

3. Biaya-biaya

Biaya pendidikan magister untuk pendaftaran mahasiswa kelas regular TA. 2020/2021 terdiri atas:

 

     i. Pendaftaran Rp   1.000.000,-
   ii. Biaya matrikulasi (jika diwajibkan) per sks Rp      250.000,-
  iii. UKTa) Rp 11.700.000,-

 

Note:

  1. a) Biaya yg masuk UKT: ORDIK UB, ORMAWA UB, ORDIK Filkom, Perpustakaan, Layanan IT, Jas almamater, Wisuda dan Biaya Bandwidth.

 

 

4. Waktu-waktu penting

Berikut adalah tanggal penting terkait pendaftaran Program Magister Ilmu Komputer FILKOM Universitas Brawijaya:

 

GELOMBANG I

 

a. Pendaftaran Reguler Program Magister : 16 Maret  –  15 Mei 2020
b. Verifikasi berkas pendaftaran : 18 – 19 Mei 2020
c. Psikotes : 20 Mei 2020 (pkl 07.30 – 09.30 WIB) c)
d. Tes bidang : 20 Mei 2020  (pkl 10.00 – 12.00 WIB) c)
e. Tes wawancara : 20 Mei 2020 (pkl 13.00 – selesai) c)
f. Pengumuman hasil seleksi : 25 Mei 2020
g. Daftar ulang mahasiswa baru : 27 Juli – 7 Agustus 2020
h. Orientasi pendidikan FILKOM : 10 Agustus 2020
i. Pekan matrikulasi : 3 – 14 Agustus 2020
j. Awal perkuliahan : 17 Agustus 2020

 

GELOMBANG II

a. Pendaftaran Reguler Program Magister : 18 Mei  –  10 Juli 2020
b. Verifikasi berkas pendaftaran dan pengambilan kartu ujian : 13 – 14 Juli 2020 (pkl 08.00 – 15.00) b)

 

c. Psikotes : 15 Juli 2020 (pkl 07.30 – 09.30 WIB) c)
d. Tes bidang : 15 Juli 2020 (pkl 10.00 – 12.00 WIB) c)
e. Tes wawancara : 15 Juli 2020 (pkl 13.00 – selesai) c)
f. Pengumuman hasil seleksi : 20 Juli 2020
g. Daftar ulang mahasiswa baru : 27 Juli – 7 Agustus 2020
h. Orientasi pendidikan FILKOM : 10 Agustus 2020
i. Pekan matrikulasi : 3 – 14 Agustus 2020
j. Awal perkuliahan : 17 Agustus 2020

 

  1. b) Bertempat di Sekretariat Program Studi Magister Ilmu Komputer FILKOM UB, Gedung F lt. 5, dengan menunjukkan dokumen asli.
  2. c) Materi uji: Algoritma dan Pemrograman (AP), Matematika Komputasi (MK), Jaringan Komputer (JK), Basis Data (BD).

5. Ketentuan lain

Seleksi mahasiswa baru tidak menggunakan seleksi sistem gugur. Panitia seleksi akan mempertimbangkan setiap skor berdasarkan bobot masing-masing dari setiap tahap untuk menentukan nilai akhir seleksi. Kandidat yang diterima akan ditentukan berdasarkan rangking nilai akhir yang disesuaikan dengan kapasitas yang ada. Skor yang masih kurang dari standar pada Persyaratan Pendaftaran akan tetap digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk asesmen pada saat tahap wawancara.