Program Pascasarjana Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

PENDAHULUAN

Dalam perkembangannya FISIP UB membuka jenjang pendidikan yang lebih tinggi, tidak sekedar S1 semata, tetapi juga  S2 dan S3. Semua itu dilakukan karena tuntutan dan minat masyarakat untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi juga semakin besar. Setelah melalui proses panjang, segala persiapan dilakukan, akhirnya program pascasarjana dibuka di FISIP UB pada tahun akademik 2011/2012. Pembukaan itu berdasarkan pada SK Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 23/D/O/2011 tentang Penyelenggaraan Program Studi Ilmu Komunikasi (S2) pada Universitas Brawijaya Malang, tanggal 24 Januari 2011. Selanjutnya SK tersebut ditindaklanjuti dengan SK Rektor UB Nomor: 037/SK/2011 tentang Pembukaan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Brawijaya. Tanggal 25 Januari 2011. Sedangkan Program Studi Magister Sosiologi berdasarkan SK Rektor UB Nomor: 036/SK/2011 tentang pembukaan Program Studi Magister Sosiologi pada FISIP UB, tanggal 25 Januari 2011, yang sebelumnya juga keluar SK Dirjen Dikti Depdiknas Nomor:215/DIKTI/Kep/2000 tentang Pembentukan Program Studi Magister Sosiologi pada Program Pascasarjana Universitas Brawijaya, tanggal 5 Juli 2000. Selanjutnya pada tahun 2013 dibuka Program Magister Ilmu Sosial berdasarkan SK Mendikbud RI, No. 419/E/O/2013. Program Magister Ilmu Sosial ini mencakup 5 (lima) Minat atau Bidang Konsentrasi Utama (BKU), yaitu : Hubungan Internasional, Psikologi Sosial, Ilmu Politik dan Pemerintahan, Sosiologi Pembangunan dan Kajian Kemiskinan.  Sedangkan untuk pembukaan S3 berdasarkan SK Kemendikbud RI Nomor 418/E/O/2013 tanggal 27 September 2013 dan SK Rektor UB Nomor: 152/SK/2011 tentang Pembukaan Program Doktor Sosiologi pada FISIP UB, tanggal 15 Maret 2011.

 

VISI

Program Pascasarjana FISIP UB memiliki visi  menjadi lembaga pendidikan pascasarjana yang unggul yang berstandar internasional dan mampu berperan aktif dalam pembangunan bangsa melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat berdasarkan pada etika dan moral budaya bangsa Indonesia.

MISI

  1. Mengembangkan Program Pascasarjana FISIP UB menjadi institusi pendidikan yang bertaraf internasional (World Class University).
  2. Menyelenggarakan pendidikan pascasarjana sesuai dengan standar pendidikan Universitas Brawijaya.
  3. Menyelenggarakan pendidikan pascasarjana berdasarkan kurikulum yang berbasis kompetensi.
  4. Menghasilkan lulusan Magister Ilmu Sosial, Magister Ilmu Komunikasi dan Doktor Sosiologi yang memiliki komitmen tinggi atas dasar keilmuan dan mampu menselaraskan dengan realitas sosial kemasyarakatan.

 

Tujuan Program Pendidikan

  1. Menghasilkan lulusan  yang memiliki wawasan pengetahuan dan keahlian tentang berbagai teknik serta metode komunikasi dan sosiologi dan penerapannya dalam kehidupan di masyarakat.
  2. Menghasilkan lulusan yang memiliki keahlian mengolah dan menganalisis teori-teori serta konsep-konsep komunikasi dan sosiologi untuk diterapkan dalam pemecahan masalah secara efektivitas dan efisiensi.
  3. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan merencanakan, mengelola, mengevaluasi serta mengembangkan program-program kegiatan komunikasi, seperti dalam bidang periklanan, kehumasan, media massa, bisnis, teknologi informasi serta manajemen organisasi/perusahaan.
  4. Menghasilkan lulusan yang mempunyai kemampuan merumuskan pendekatan dalam penyelesaian berbagai masalah sosial dan komunikasi dengan pendekatan ilmiah.

 

KURIKULUM

Kurikulum Program Magister dan Program Doktor FISIP UB dapat dilihat pada link berikut:

Kurikulum Pascasarjana FISIP UB

 

PERSYARATAN

Sebelum melakukan pembayaran pendaftaran, calon mahasiswa diharapkan untuk memperhatikan persyaratan pendaftaran. Calon mahasiswa yang tidak memenuhi seluruh persyaratan, secara otomatis akan gugur dalam seleksi administrasi walaupun sudah membayar biaya pendaftaran.

Persyaratan sebagai mahasiswa Program Pascasarjana FISIP UB adalah:

  1. Fotocopy sertifikat TOEFL (minimal 500) dan TPA (minimal 425)  : bisa dikumpulkan menyusul
  2. Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran (formulir dapat didownload di www.ppsfisip.ub.ac.id)
  3. Fotocopy ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisir sebanyak 3 lembar
  4. Rekomendasi akademik dari 2 orang
  5. Pas foto berwarna ukuran 3×4 cm sebanyak 3 lembar
  6. Daftar Riwayat Hidup (curriculum vitae)
  7. Surat keterangan sehat dari dokter
  8. Proposal tentatif disertasi (untuk calon mahasiswa baru S3)
  9. Membayar biaya pendaftaran
NO PROGRAM STUDI Nomor Seleksi BIAYA PENDAFTARAN UKT (per semester)
1 S2-ILMU KOMUNIKASI Rp  750.000,- Rp 9.500.000,- 
2 S2-ILMU SOSIAl

  1. BKU Sosiologi Pembangunan
  2. BKU Kajian Kemiskinan
  3. BKU Ilmu Politik & Pemerintahan
  4. BKU Hubungan Internasional
  5. BKU Psikologi Sosial

 

Rp  750.000,- Rp 9.500.000,-
3 S3-SOSIOLOGI Rp 1.000.000,- Rp 9.500.000,- 

 

 

 

 

STAF PENGAJAR

Prof. Dr. Ir. Darsono Wisadirana, MS

Prof. Dr. Ir. Sanggar Kanto, MS

Prof. Dr. Hotman Siahaan

Prof. Dr. H. Soenyono, SH., M.Si

Dr. Sholih Mu’adi, SH., M.Si

Dr. Mardiyono, MPA

Dr. I Nyoman Ruja, SU

Anif Fatma Chawa, S.Sos., M.Si Ph.D

Siti Kholifah, S.Sos., M.Si., Ph.D

Dr. Ir. Edi Susilo, MS

Dr. Ir. Yayuk Yuliati, MS

Devanto Shasta P, SE., MSi., Ph.D

Dr. Bambang Dwi Prasetyo, S.Sos, M.Si

Rachmat Kriyantono, S.Sos.,M.Si., Ph.D

Dr. Antoni, S.Sos., M.Si

Anang Sujoko, S.Sos., M.Si., D.COMM

Wawan Sobari, S.IP., MA., Ph.D

Dr. Drs. Hilmy Mochtar, MS

Dr. M.Lukman Hakim, S.IP., M.Si

Cleoputri Al Yusainy, S.Psi., M.Psi., Ph.D