Pendaftaran Mahasiswa Baru Seleksi Alih Program Fakultas Ilmu Komputer Semester Ganjil 2021/2022

PENDAFTARAN MAHASISWA BARU SELEKSI ALIH PROGRAM

FAKULTAS ILMU KOMPUTER SEMESTER GANJIL 2021/2021

Seleksi Alih Program (SAP) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Brawijya dari Program Diploma 3 (D-3)/Politeknik atau yang sederajat ke Program S-1 melalui ujian tulis yang dilakukan oleh Universitas Brawijaya

Sistem Pendidikan

Sistem pendidikan yang diterapkan pada program SAP sama dengan sistem pendidikan Program S-1. Setelah penyetaraan mata kuliah berdasarkan transkrip program pendidikan D3, selanjutnya mahasiswa SAP dapat mengambil mata kuliah wajib yang harus ditempuh dan mengambil mata kuliah pilihan berdasarkan keminatan. Proses Pendidikan program SAP dilaksanakan di Kampus I Fakultas Ilmu Komputer (FILKOM) Universitas Brawijaya dan diselengggarakan bersamaan dengan mahasiswa S1 reguler.

Program Studi

  1. Teknik Informatika (S1)
  2. Teknik Komputer (S1)
  3. Sistem Informasi (S1)
  4. Teknologi Informasi (S1)
  5. Pendidikan Teknologi Informasi (S1)

 

Persyaratan Calon Mahasiswa

Calon mahasiswa yang mendaftar Seleksi Alih Program FILKOM Universitas Brawijaya Tahun Akademik 2021/2022 harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  1. Lulusan Politeknik/Akademi/Program Diploma 3 (D-3).
  2. Nilai  Indeks Prestasi Kumulatif>=2.75.
  3. Calon yang ditugaskan dari suatu instansi sebagai mahasiswa tugas belajar harus telah mempunyai masa kerja dibidang keahliannya sekurang-kurangnya dua tahun dan IPK=2.75
  4. Asal Program Studi atau Universitas memiliki akreditasi minimal B.
  5. Khusus Program Studi Teknik Komputer, Calon Mahasiswa tidak diperkenankan buta warna.
  6. Calon Mahasiswa harus mengunggah dokumen berikut saat proses pendaftaran:
    1. Scan Kartu identitas (KTP/SIM)
    2. Scan Foto terbaru  4×6
    3. Scan  ljazah / SKL
    4. Scan Transkrip nilai
    5. Scan Bukti pembayaran Pendaftaran
    6. Bukti Pengantar Dokter bahwa tidak buta warna (Khusus Program Studi Teknik Komputer)
    7. Surat ijin/tugas belajar bagi yang sudah bekerja baik di instansi negeri maupun swasta
    8. Surat pernyataan apabila ijazah/SKL dan transkrip nilai masih dalam proses (Contoh surat pernyataan dapat di unduh pada link berikut : https://bagibagi.link/sap
  7. Teknik Informatika (S1) berasal dari lulusan (D-3) :
    • Teknik Informatika
    • Manajemen Informatika
    • Teknologi Informasi
  8. Teknik Komputer (S1) berasal dari lulusan (D-3):
    • Teknik Komputer
    • Teknik Informatika
    • Teknik Elektro (Bidang/minat Elektronika/Komputer)
  9. Sistem informasi (S1) berasal dari lulusan (D-3):
    • Manajemen Informatika
    • Sistem informasi
    • Komputer dan Sistem Informasi
  10. Pendidikan Teknologi Informasi berasal dari lulusan (D-3)
    • Teknologi Informasi
    • Manajemen Informatika
    • Teknik Informatika
    • Sistem informasi
  11. Teknologi Informasi (S1) berasal dari lulusan (D-3):
    • Teknologi Informasi
    • Manajemen Informatika
    • Teknik Informatika

 

Tanggal Penting

Tanggal Pendaftaran :  5 -30 Juli 2021
Tes Seleksi Masuk : 3 Agustus 2021
Pengumuman Hasil Seleksi : 9 Agustus 2021
Daftar Ulang : Mengikuti jadwal universitas (Bersamaan dengan daftar ulang Jalur  Mandiri)
   

 

 

Persyaratan

Berikut adalah tahapan pendaftaran seleksi Alih Program FILKOM Universitas Brawijaya:

  1. Pendaftaran dapat dilakukan sampai dengan tanggal 29 Juli 2021
  2. Calon peserta login padahttps://admisi.ub.ac.id menggunakan akun Gmail
  3. Gunakan alamat email Gmail yang benar dan valid untuk melakukan verifikasi email pendaftar;
  4. Login ke email Gmail dan lakukan verifikasi melalui link verifikasi pada email yang dikirim oleh Admisi UB. Setelah email terverifikasi, pendaftar dapat mulai melakukan proses pendaftaran;
  5. Pendaftar memilih Seleksi Alih Program FILKOM Ganjil 2021, kemudian melakukan request KODE PEMBAYARAN;
  6. Proses pendaftaran mulai dari request kode bayar sampai dengan finalisasi dilaksanakan secara online melalui laman https://admisi.ub.ac.id pada tanggal: 29 Juni – 29 Juli 2021
  7. Apabila proses request berhasil, maka Anda akan memperoleh KODE PEMBAYARAN (13 digit);
  8. Biaya pendaftaran sebesar  500.000,- (Lima Ratus Ribu Rupiah) disetor pada Bank BRI, Bank Mandiri atau Bank BNI seluruh Indonesia (semua kanal pembayaran) di seluruh Indonesia dengan menunjukkan KODE PEMBAYARAN;
  9. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan di bank tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapunHarap mengikuti tata cara pembayaran sebagai berikut :
    1. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BRI
    2. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri
    3. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BNI
  10. Setelah pembayaran berhasil, peserta melakukan konfirmasi pembayaran pada laman https://admisi.ub.ac.id. Harap menggandakan (fotocopy) struk bukti bayar setidaknya 1 (satu) lembar sebagai bukti cadangan;
  11. Setelah konfirmasi, pendaftar dapat melakukan pengisian pendaftaran Seleksi Alih Program FILKOM Sarjana, termasuk mengungah berkas Persyaratan Calon Mahasiswa.
  12. Setelah selesai, peserta akan mendapatkan Nomor Pendaftaran SAP Nomor pendaftaran dapat dicetak sebagai arsip peserta, dan sebagai syarat untuk dapat mengikuti Tes Seleksi Masuk.

Tes Seleksi Masuk

 Tanggal 03 Agustus 2021, Pkl 08.00 WIB
Materi 1.     Test Kemampuan  Bidang :

Teknik Informatika:

·           Pengantar Teknologi Informasi

·           Sistem Digital + Arsitektur dan Organisasi Komputer

·           Database + Rekayasa Perangkat Lunak

·           Pemrograman

·           Jaringan Komputer

Teknik Komputer:

·         Pengantar Teknologi Informasi

·         Sistem Digital + Arsitektur dan Organisasi Komputer

·         Dasar Elekronika + Mikrokontroler

·         Pemrograman

·         Jaringan Komputer

Sistem Informasi:

·         Pengantar Teknologi Informasi

·         Sistem Informasi Manajemen

·         Manajemen dan Organisasi

·         Database + Rekayasa Perangkat Lunak

·         Pemrograman

·         Jaringan Komputer

Teknologi Informasi:

·         Pengantar Teknologi Informasi

·         Sistem Digital + Arsitektur dan Organisasi Komputer

·         Database + Rekayasa Perangkat Lunak

·         Pemrograman

·         Jaringan Komputer

Pendidikan Teknologi Informasi:

·         Pengantar Teknologi Informasi

·         Sistem Digital + Arsitektur dan Organisasi Komputer

·         Database + Rekayasa Perangkat Lunak

·         Pemrograman

·         Jaringan Komputer

2.     Tes Potensi Akademi/Psikotest

Mekanisme dan prosedur ujian dapat dilihat pada web : filkom.ub.ac.id

Bagi calon peserta yang lulus seleksi administrasi berkas dan telah mendapatkan nomor pendaftaran, panitia akan menyampaikan akun ujian melalui email masing-masing peserta.

Ujian diselenggarakan secara daring dengan mekanisme yang akan diumumkan kemudian melalui web : filkom.ub.ac.id

 

Biaya Pendidikan

Perincian Biaya Pendidikan dapat dilihat seperti pada tabel berikut:

Program Studi Per-Semester Satu Kali Bayar
Kategori SPP Kategori IPI
Teknik Informatika Rp.        7.500.000 Rp.     40.000.000
Teknik Komputer Rp.        7.500.000 Rp.     40.000.000
Sistem Informasi Rp.        7.500.000 Rp.     40.000.000
Teknologi Informasi Rp.        7.500.000 Rp.     40.000.000
Pendidikan Teknologi Informasi Rp.        7.500.000 Rp.     35.000.000

 

Informasi

 Website : selma.ub.ac.id; filkom.ub.ac.id
 Sosial Media : Instagram: filkomub ; Twitter : @filkomUB

Bila terdapat informasi yang tidak dapat dipahami atau kurang jelas, dapat menghubungi nomor kontak berikut :

Akbar Widianto P, S.Kom. : 0811 3225 7272 (WA Only)
Linda Ilfiana Mahalesi, S.Psi. : 0811 3225 4666 (WA Only)