Indeks Program Studi Sarjana

Saintek

Fakultas Pertanian

  • Agroekoteknologi
    Program Studi Agroekoteknologi bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan di bidang teknologi pengelolaan lingkungan pertanian agar dapat menghasilkan produksi pertanian secara berlanjut, terampil dalam mengelola ekosistem untuk meningkatkan produksi pertanian, serta bijak, inovatif, dan kreatif dalam menerapkan iptek pertanian.
  • Agribisnis
    Program Studi Agribisnis menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu menguasai dan menerapkan ipteks, berfikir analisis, kritis dan sintetis, berkemampuan entrepreneur, beretika, berkeadilan, dan berdaya saing global, serta terampil dalam pengembangan agribisnis untuk pengembangan ekonomi masyarakat.
  • Kehutanan
    Mampu menghasilkan Sarjana Kehutanan yang mempunyai kapasitas untuk mensinergikan bidang kehutanan dan pertanian di dalam mengelola kawasan hutan dan non hutan serta hutan kota untuk kesejahteraan masyarakat dengan memperhatikan kelestariannya.

Fakultas Peternakan

  • Peternakan
    Program Studi Peternakan bertujuan menghasilkan sarjana dengan keunggulan dalam pengembangan dan penerapan ilmu dan teknologi industri peternakan yang berjiwa entrepreneur.

Fakultas Teknik

  • Teknik Mesin
    Program Studi Teknik Mesin bertujuan menghasilkan lulusan dengan kemampuan dalam bidang Teknik Mesin yang berkualifikasi dalam memahami dasar-dasar pengetahuan dan metodologinya, mampu menerapkan pengetahuan dan ketrampilan teknologi, mampu berfikir, bersikap, dan bertindak sebagai ilmuwan, serta mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Teknik Elektro
    Program Studi Teknik Elektro melaksanakan sistem pendidikan yang menghasilkan sarjana yang kompeten dibidang teknik elektro, berjiwa wirausaha dan berbudi pekerti luhur serta dapat mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.
  • Arsitektur
    Program Studi Arsitektur bertujuan untuk menghasilkan lulusan dengan kemampuan kepemimpinan dan bekerja sama dengan disiplin ilmu yang lain, dengan pendekatan arsitektur nusantara yang beradaptasi dengan berbagai rona sosial-budaya masyarakat setempat dan mengolahnya melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada lingkungan binaan berkelanjutan.
  • Teknik Pengairan
    Program Studi Teknik Pengairan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang unggul, tangguh dan mampu bersaing di tingkat nasional, regional dan internasional yang berkaitan dengan perencanaan, perancangan, pelaksanaan, pengoperasian dan pemeliharaan serta pengembangan sumber daya air, serta berkontribusi nyata dalam pengembangan ilmu dan teknologi bidang pengairan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat, sehingga dapat berperan aktif dan parisipatif dalam menentukan arah kebijakan nasional khususnya dalam bidang pengairan.
  • Perencanaan Wilayah dan Kota
    Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif, berwawasan global, dan berorientasi pada perencanaan pembangunan keberlanjutan khususnya pembangunan perkotaan dan perdesaan, mandiri, memiliki kecakapan wirausaha, berdaya pikir kritis dan analitis secara intelektual, sosial dan kultural.
  • Teknik Industri
    Program Studi Teknik Industri menyelenggarakan program pendidikan tinggi Teknik Industri yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat untuk menghasilkan sarjana yang bermoral, berkemampuan akademik, dan berjiwa entrepreneur.
  • Teknik Kimia
    Program Studi Teknik Kimia memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkemampuan akademik, ber-etika, berjiwa dan/atau berkemampuan entrepreneur serta berdaya saing dalam bidang rekayasa perminyakan dan energi serta rekayasa produk hayati yang berwawasan lingkungan.
  • Teknik Sipil
    Program Studi Teknik Sipil menghasilkan lulusan yang mampu melakukan perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan pembangunan infrastruktur, berbudi pekerti dan berkepribadian luhur, berwawasan global, profesional, inovatif, kreatif dan mampu bekerjasama dalam satu tim, memiliki bekal kecakapan berwirausaha dan pengembangan diri.

Fakultas Kedokteran

  • Kedokteran
    Kedokteran mengembangkan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang kedokteran yang terkini serta bermutu untuk membangun masa depan bangsa dengan dilandasi nilai-nilai universal.
  • Kebidanan
    Program Studi Kebidanan melaksanakan pendidikan S1 Kebidanan terkini dan bermutu sesuai standar nasional pendidikan sarjana kebidanan serta melaksanakan penelitian secara ilmiah untuk mengembangkan IPTEK kebidanan, dan menerapkan hasil penelitian yang inovatif dalam praktik kebidanan.
  • Farmasi
    Program Studi Farmasi menyelenggarakan pendidikan kefarmasian agar peserta didik dapat menjadi sarjana farmasi yg berkarakter dan berjiwa entrepreneur, menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian, dan menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di bidang kefarmasian.

Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

  • Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan
    PS Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan bertujuan untuk menghasilkan sarjana kelautan yang profesional, yang terbuka dan tanggap terhadap perubahan dan kemajuan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Seni (IPTEKS) dalam bidang perikanan dan kelautan, menguasai dasar-dasar ilmiah dalam bidang ilmu kelautan yang berwawasan lingkungan dan berjiwa enterpreneur, serta menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknologi kelautan yang dimilikinya sesuai dengan bidang kompetensinya dalam kegiatan produktif, inovasif dan pelayanan kepada masyarakat.
  • Ilmu Kelautan
    Program Studi Ilmu Kelautan menitik beratkan pada minat/konsentrasi kajian ilmu seperti Oceanografi, Konservasi, dan Eksplorasi terhadap lingkungan laut. Lulusan PS Ilmu kelautan diharapkan mempunyai wawasan dan kemampuan akademik serta teknis yang diperlukan untuk memecahkan permasalahan, melakukan penelitian untuk pengembangan, serta melakukan pelayanan pengabdian serta pemberdayaan masyarakat dalam bidang kelautan berdasarkan kompetensi eksplorasi dan eksploitasi non ikani, oceanografi serta konservasi sumberdaya pesisir dan kelautan.
  • Agrobisnis Perikanan
    PS Agrobisnis Perikanan bertujuan untuk menghasilkan lulusan dengan Kompetensi agrobisnis perikanan (sosial ekonomi perikanan) pada bidang kajian perikanan dan kelautan meliputi: bisnis dan perdagangan, ekonomi sumberdaya, dan sosial perikanan, yang Adaptif, Kreatif, ber-Karakter, Cerdas dan Mandiri (AK2CM), serta berwawasan internasional.
  • Teknologi Hasil Perikanan
    PS Teknologi Hasil Perikanan bertujuan untuk menghasilkan lulusan/sarjana perikanan yang berkualitas sehingga terampil dan mampu berkompetisi di bidangnya, terampil dan mampu mengelola hasil perikanan untuk kepentingan pangan dan industri, berjiwa wirausaha, terampil dan mampu merencanakan serta mengembangkan teknologi industri kecil-menengah perikanan yang ramah lingkungan.
  • Manajemen Sumberdaya Perairan
    PS Manajemen Sumberdaya Perairan bertujuan untuk menghasilkan sumberdaya manusia yang mampu untuk mengembangkan, menerapkan manajemen lingkungan sumberdaya perairan dan perikanan, dan mampu bersaing pada tingkat internasional dan mengabdi untuk pengembangan masyarakat.
  • Budidaya Perairan
    PS Budidaya Perairan bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang mampu dan terampil dalam mengelola perikanan budidaya yang ramah lingkungan, memilih/menentukan rekayasa sistem perikanan budidaya dengan mengacu pada potensi sumberdaya perairan, menentukan peruntukan suatu perairan, mengklasifikasikan suatu jenis perairan, menganalisis kualitas air untuk kepentingan perikanan; serta mampu untuk berwirausahaan.

Fakultas Matematika dan IPA

  • Biologi
    Jurusan Biologi mendidik mahasiswa menjadi sarjana, magister dan doktor yang memiliki pemahaman menyeluruh mengenai konsep biologi modern (konsep paling mutakhir yang berlaku pada saat ini) dan biokonservasi. Sarjana biologi tersebut harus memiliki profil/prestasi akademik yang baik, menjunjung tinggi etika dengan menghargai hak hidup semua bentuk kehidupan dan mampu bekerja sama di lingkungannya.
  • Instrumentasi
    PS Instrumentasi bertujuan untuk turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan daya saing nasional, meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia di bidang ilmu instrumentasi dan terapannya untuk dapat bersaing di tingkat global, memenuhi kebutuhan tenaga ahli dan trampil dengan kompetensi sarjana dalam bidang instrumentasi untuk berbagai kepentingan khususnya industri, medis, energy, eksplorasi dan pengelolaan sumber daya alam dan pelestarian lingkungan, serta mengembangkan penelitian, menyebarluaskan pengetahuan dan teknologi serta menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang Instrumentasi untuk kesejahteraan manusia, khususnya masyarakat Indonesia
  • Teknik Geofisika
    PS Geofisika bertujuan untuk menghasilkan lulusan sarjana Teknik Geofisika yang menguasai konsep-konsep ilmiah ilmu Geofisika dan mampu menerapkannya untuk menyelesaikan berbagai permasalahan, khususnya di bidang Geofisika Eksplorasi, Monitoring, dan Kebencanaan secara prosedural serta mampu mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan ketrampilan khususnya dalam bidang Geofisika Eksplorasi, Monitoring, dan Kebencanaan.
  • Fisika
    PS Fisika bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang bersifat terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu dan teknologi serta dinamika perubahan sosial dan kemasyarakatan, khususnya yang berkaitan dengan bidang Fisika Medis dan Lingkungan; mempunyai kemampuan untuk menerapkan pengetahuan serta ketrampilan teknologi yang dimilikinya secara profesional; menguasai dasar-dasar ilmiah serta pengetahuan dan metodologi sehingga mampu menemukan, memahami, menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian yang terbaik dan bijaksana; mengusasai dasar-dasar ilmiah sehingga mampu berpikir, bersikap dan bertindak sebagai ilmwuan di bidang Fisika Medis dan Lingkungan.
  • Kimia
    Jurusan Kimia menjadi lembaga terkemuka dibidang pendidikan dan riset kimia dalam pengembangan sumber daya alam yang berwawasan lingkungan. Jurusan Kimia melaksanakan pendidikan kimia secara profesional dan berstandar internasional, mengembangkan riset berbasis bahan alam yang potensial menjadi produk unggulan, mengimplementasikan hasil riset untuk mengembangkan industri yang berwawasan lingkungan.
  • Matematika
    PS Matematika bertujuan untuk meningkatkan kemampuan belajar Matematika serta bidang-bidang lain yang berkaitan dengan bidang ilmunya secara mandiri, meningkatkan kemampuan intelektual sederhana dan kemampuan berpikir jauh ke depan secara tepat dan pasti, menumbuhkan kemampuan bernalar, generalisasi dan interpretasi yang tepat sehingga hasilnya dapat didayagunakan pada bidang-bidang lainnya, membina kemampuan berkomunikasi yang dapat menunjang kemampuan interpersonal untuk studi lanjut; dan membaharukan kemampuan daya cipta yang bebas dari unsur subjektivitas dan rekayasa logika sehingga bernilai obyektif dan mampu membangun mahdzab keilmuan baru.
  • Statistika
    PS Statistika bertujuan untuk menyelenggarakan pendidikan berkualitas, menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan statistika, bersaing dan mudah beradaptasi dengan dunia kerja, serta siap melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, menjalin kerjasama pendidikan dan penelitian dengan lembaga lain, menjadi pusat pengembangan statistika, serta menjadi pusat konsultasi dan penyebarluasan statistika.
  • Ilmu Aktuaria
    PS Sarjana Ilmu Aktuaria FMIPA UB mempunyai misi menyelenggarakan pembelajaran yang berorientasi pada perkembangan dan penerapan Ilmu Aktuaria, mengembangkan budaya penelitian di bidang Aktuaria dan terapannya, serta memasyarakatkan Ilmu Aktuaria melalui publikasi hasil penelitian, kerja sama dengan pihak lain dan pengabdian pada masyarakat. Pendidikan di PS Sarjana Ilmu Aktuaria FMIPA UB bertujuan mempersiapkan Sarjana Aktuaria yang mampu berperan dalam bidang karir pilihan mereka. Kurikulum dirancang agar dalam kurun waktu 3 – 5 tahun setelah menyelesaikan studinya, para lulusan berhasil mengembangkan diri sesuai profesi pilihannya dengan menerapkan ilmu aktuaria dalam pekerjaannya. Lulusan juga aktif dalam berbagai kegiatan yang mendukung pengembangan karirnya atau sedang/telah menyelesaikan studi lanjut dalam bidang Ilmu Aktuaria dan terapannya, serta mampu berkomunikasi dan bekerja sama dalam tim serta bertanggung jawab dalam organisasi kerja. Setelah menyelesaikan pendidikannya, lulusan PS Sarjana Ilmu Aktuaria FMIPA UB dapat berkarir diantaranya sebagai Ajun Aktuaris, Analis Keuangan, Analis Pengelolaan Risiko (Risk Management) Investasi, Regulator di bidang keuangan, Ilmuwan/Peneliti, Dosen (Tenaga Akademisi), Konsultan Aktuaria.

Fakultas Teknologi Pertanian

  • Bioteknologi
    Program Studi yang menyelenggarakan program pendidikan yang berkualitas di bidang Bioteknologi Industri yang dapat bersaing secara nasional dan internasional, menyelenggarakan penelitian Bioteknologi Industri untuk menghasilkan produk yang bermanfaat bagi kesejahteraan manusia serta melakukan difusi ilmu dan teknologi ke masyarakat dalam menghadapi era bioekonomi.
  • Teknologi Pangan
    Program Studi yang menyelenggarakan program pendidikan bertaraf internasional yang berorientasi untuk menghasilkan ilmuwan, praktisi industri, dan wirausahawan yang profesional dalam bidang ilmu dan teknologi pangan, menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu dan teknologi dalam bidang pangan serta ikut berperan aktif dalam penerapan dan penyebarluasan ilmu dan teknologi pangan dalam rangka mendorong perkembangan Industri.
  • Teknologi Bioproses
    Program Studi yang menyelenggarakan proses pendidikan Sarjana Teknologi Bioproses secara profesional berstandar internasional, yang mampu menghasilkan sarjana yang berkompeten di bidang Teknologi Bioproses, mengembangkan penelitian dalam Teknologi Bioproses untuk produk pangan dan non-pangan serta mengimplementasikan hasil riset untuk mengembangkan industri berbasis bioproses, baik industri skala kecil, sedang maupun besar.
  • Teknik Lingkungan
    Program Studi yang melaksanakan proses pendidikan secara profesional untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi dalam bidang Teknik Lingkungan, menciptakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi serta berperan aktif dalam kegiatan ilmiah global pada bidang teknik lingkungan melalui kegiatan penelitian, penulisan artikel ilmiah, seminar dan deseminasi hasil penelitian serta berperan aktif menyelesaikan permasaahan lingkungan tropis dan lingkungan global dalam rangka pembangunan bangsa berkelanjutan baik dalam lingkup Nasional maupun internasional, melalui penerapan hasil ciptaan dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, hasil penelitan atau bersinergi dengan kelompok disiplin keilmuan lain.
  • Teknik Pertanian dan Biosistem
    Program Studi yang melaksanakan proses pendidikan secara profesional untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi dalam bidang Keteknikan Pertanian, berperan aktif menyelesaikan permasalahan dalam bidang Keteknikan Pertanian melalui sinergi dengan kelompok disiplin keilmuan yang lain, berperan aktif dalam kegiatan ilmiah global bidang Keteknikan Pertanian, serta membangun dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berhubungan dengan keteknikan pertanian.
  • Teknik Industri Pertanian
    Program Studi yang menyelenggarakan pendidikan dalam bidang agroindustri untuk menghasilkan lulusan yang profesional, berjiwa entrepreneur, dan berkepribadian Indonesia, menyelenggarakan penelitian terapan dan penyebarluasan IPTEK untuk mengembangkan sistem agroindustri, serta melaksanakan pengabdian masyarakat untuk mewujudkan agroindustri nasional yang tangguh.

Fakultas Kedokteran Hewan

  • Pendidikan Dokter Hewan
    Program Kedokteran Hewan memiliki visi menghasilkan Dokter Hewan yang kompeten, tangguh dan mampu bersaing dengan profil lulusan sebagai klinikus dengan penguasaan aspek wawasan molekuler, akademisi, peneliti dan technopreuner yang diakui di tingkat nasional dan internasional.

Fakultas Ilmu Komputer

  • Teknik Informatika
    Program Studi Informatika menyajikan pemanfaatan teknologi informasi dalam proses identifikasi masalah, pengolahan data dan informasi, serta pemecahan masalah dan pengambilan keputusan sesuai dengan prinsip keilmuan dan kerekayasaan.
  • Teknik Komputer
    Program Studi Teknik komputer bertujuan men-sinergikan kecerdasan manusia dengan kecanggihan teknologi perangkat lunak dan kehandalan perangkat keras untuk mewujudkan sebuah sistem cerdas yang mampu meningkatkan kesejahteraan manusia.
  • Pendidikan Teknologi Informasi
    Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi menghasilkan lulusan sebagai tenaga pendidik yang memiliki kompetensi utama bidang keguruan yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi profesional bidang teknologi informasi, kompetensi sosial, dan kepribadian.
  • Teknologi Informasi
    Program Studi Teknologi Informasi berkonsentrasi untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas di bidang teknologi Informasi, memiliki kemampuan untuk berkompetisi di dunia kerja. Untuk itu, kurikulum Program Studi Teknologi Informasi disusun secara khusus dengan mengacu pada kebutuhan dunia kerja dan standar dari Association for Computing Machinery (ACM).
  • Sistem Informasi
    Program Studi Sistem Informasi berfokus pada peningkatan kemampuan manajerial teknologi informasi dan komunikasi serta sumber daya manusia yang diharapkan dapat menciptakan sistem yang mampu mengakomodir akan kebutuhan informasi yang berkembang pesat.

Fakultas Kedokteran Gigi

  • Pendidikan Dokter Gigi
    Pendidikan Dokter Gigi (PDG) mengembangkan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang ilmu kedokteran gigi yang mutakhir, bermutu, tepat guna dan berbasis nanoteknologi. PDG mencetak lulusan berjiwa dan/atau berkemampuan enterpreneur di bidang kedokteran gigi yang bermanfaat bagi masyarakat dan mengembangkan organisasi dan manajeman yang memiliki daya saing.

Fakultas Ilmu Kesehatan

  • Ilmu Keperawatan
    Program Studi Keperawatan (Ners) menghasilkan lulusan ners profesional yang berjiwa entrepreunership yang mampu bersaing di tingkat nasional dan internasional dengan unggulan gawat darurat dilandasi oleh nilai-nilai universal. Program Studi Ners juga menghasilkan penelitian yang bermutu dengan pendanaan hibah yang berasal dari dalam dan luar Universitas Brawijaya serta menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang bermutu dan terwujudnya wilayah binaan dalam rangka pemberdayaan masyarakat.
  • Ilmu Gizi
    Program Studi Ilmu Gizi menyelenggarakan pendidikan di bidang gizi kesehatan yang bermutu internasional dan mengembangkan penelitian di bidang gizi kesehatan yang tepat guna sesuai dengan permasalahan gizi di masyarakat. Program studi ini menyebarluaskan hasil penelitian di bidang gizi kesehatan melalui publikasi nasional dan internasional, menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan, dan menjalin kerjasama dengan institusi dalam dan luar negeri dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.

PSDKU Kediri

  • Agribisnis (PSDKU Kediri)
    Program Studi Agribisnis menghasilkan lulusan yang berkualitas yang mampu menguasai dan menerapkan ipteks, berfikir analisis, kritis dan sintetis, berkemampuan entrepreneur, beretika, berkeadilan, dan berdaya saing global, serta terampil dalam pengembangan agribisnis untuk pengembangan ekonomi masyarakat.
  • Agroekoteknologi (PSDKU Kediri)
    Program Studi Agroekoteknologi bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan di bidang teknologi pengelolaan lingkungan pertanian agar dapat menghasilkan produksi pertanian secara berlanjut, terampil dalam mengelola ekosistem untuk meningka
  • Akuakultur (PSDKU Kediri)
    PS Budidaya Perairan (Akuakultur) bertujuan untuk menghasilkan sarjana yang mampu dan terampil dalam mengelola perikanan budidaya yang ramah lingkungan, memilih/menentukan rekayasa sistem perikanan budidaya dengan mengacu pada potensi sumberdaya perairan, menentukan peruntukan suatu perairan, mengklasifikasikan suatu jenis perairan, menganalisis kualitas air untuk kepentingan perikanan; serta mampu untuk berwirausaha.
  • Peternakan (PSDKU Kediri)
    Program Studi Peternakan bertujuan menghasilkan sarjana dengan keunggulan dalam pengembangan dan penerapan ilmu dan teknologi industri peternakan yang berjiwa entrepreneur.
  • Sosial Ekonomi Perikanan (PSDKU Kediri)
    PS Agrobisnis Perikanan bertujuan untuk menghasilkan lulusan dengan Kompetensi agrobisnis perikanan (sosial ekonomi perikanan) pada bidang kajian perikanan dan kelautan meliputi: bisnis dan perdagangan, ekonomi sumberdaya, dan sosial perikanan, yang Adaptif, Kreatif, ber-Karakter, Cerdas dan Mandiri (AK2CM), serta berwawasan internasional.

Soshum

Fakultas Hukum

  • Ilmu Hukum
    Program Studi Ilmu Hukum menetapkan kompetensi lulusan dengan kemampuan untuk memahami asas-asas hukum, norma hukum dan memiliki keterampilan dasar penelitian hukum, serta menangani masalah-masalah hukum secara profesional, dan bersikap dan berperilaku humanis, etis, dan religius.

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • Kewirausahaan
    Program Studi Kewirausahaan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang kreatif, inovatif dan memiliki kemampuan mengelola dan menciptakan usaha secara mandiri yang beretika, bermoral dan mampu bersaing secara global.
  • Manajemen
    Program Studi Manajemen bertujuan untuk menciptakan relevansi lulusan yang mampu berkompetisi di dalam dan luar negeri, menciptakan iklim akademik yang kondusif, meningkatkan produktivitas dan efisiensi yang tinggi, serta menumbuhkan jiwa dan budaya kewirausahaan dan kompetensi profesional. (*Program Studi Manajemen juga membuka Kelas Internasional)
  • Akuntansi
    Program Studi Akuntansi memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang berjiwa wirausaha dan mampu mengintegrasikan kesadaran ketuhanan, kemanusiaan, dan lingkungan dalam kepribadiannya, memperkuat dan menyebarluaskan karya ilmiah bidang akuntansi yang berkarakter nilai lokal dan universal serta menyebarluaskan hasil inovasi dan kreasi mahasiswa dan dosen akuntansi melalui pengabdian kepada masyarakat. (*Program Studi Akuntansi juga membuka Kelas Internasional)
  • Ekonomi Pembangunan
    Program Studi Ekonomi Pembangunan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang teori ekonomi dan aplikasinya, menghasilkan lulusan yang mampu berpikir dan bersikap kritis, kreatif, dan inovati, menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan komunikasi yang efektif.
  • Ekonomi Islam
    Program Studi Ekonomi Islam bertujuan Menghasilkan lulusan yang dapat mengikuti dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi Ekonomi Islam, Menghasilkan lulusan yang mampu berpikir dan bersikap kritis,kreatif dan inovatif dengan kemampuan komunikasi yang efektif, Menghasilkan sumber daya insani yang mampu untuk menggali dan mengembangkan nilai-nilai lokal yang sinergis dengan nilai-nilai Islam sehingga mampu menghasilkan konsep yang bermanfaat bagi penyelesaian persoalan-persoalan ekonomi.
  • Ekonomi, Keuangan dan Perbankan
    Tujuan yang ingin dicapai oleh PS EKP FEB UB adalah menghasilkan lulusan yang: Dapat mengikuti dan mengembangkan konsep, teori dan aplikasi ekonomi keuangan dan perbankan.Mampu berpikir dan bersikap kritis, kreatif dan inovatif dengan kemampuan komunikasi yang efektif. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat. Memiliki integritas moral dan etika yang tinggi sehingga mampu bekerja dengan jujur dan bertanggung jawab. (*Program Studi Ekonomi, Keuangan, dan Perbankan juga membuka Kelas Internasional)

Fakultas Ilmu Administrasi

  • Administrasi Bisnis
    Program Studi Administrasi Bisnis bertujuan untuk menghasilkan lulusan dengan kemampuan akademik dalam merumuskan perencanaan, implementasi, evaluasi, dan tindak lanjut aktifitas bisnis, serta mampu berkomunikasi dengan pihak luar dalam bidang ilmu pengetahuan, penelitian maupun aplikasi kegiatan-kegiatan ilmiah di bidang bisnis. (*Program Studi Administrasi Bisnis juga membuka Kelas Internasional)
  • Perpajakan
    Program Studi Perpajakan bertujuan untuk menghasilkan sarjana Perpajakan yang berkualitas, profesional, memiliki integritas moral dan mampu bersaing dalam era global.
  • Pariwisata
    Program Studi Pariwisata bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu Mampu merumuskan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan dan pengendalian, serta evaluasi program dalam level operasional di berbagai jenis organisasi bisnis pariwisata.
  • Administrasi Publik
    Program Studi Admnistrasi Publik bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan berdedikasi tinggi serta peka terhadap masalah-masalah Administrasi Publik, menguasai Ilmu dan Teknologi Administrasi, cakap serta mampu membina dan mengembangkan Ilmu Administrasi Publik/Negara. (*Program Studi Administrasi Publik juga membuka Kelas Internasional)
  • Ilmu Perpustakaan
    Program Studi Ilmu Perpustakaan bertujuan untuk menghasilkan sarjana perpustakaan dan ilmu informasi yang mempunyai kemampuan akademik, mandiri serta profesional di bidang perpustakaan dan ilmu informasi di tingkat nasional dan internasional.
  • Administrasi Pendidikan
    Program Studi Administrasi Pendidikan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang mampu menguasai konsep dan teori tentang mendesain dan mengelola institusi pendidikan, mengimplementasi kebijakan pendidikan, mengelola pelayanan pendidikan serta mampu mengelola institusi pendidikan untuk mewujudkan nilai-nilai dan mutu pendidikan: efisiensi, efektivitas, berkeadilan, dan demokrasi baik secara individual maupun tim.

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

  • Sosiologi
    PS Sosiologi memiliki visi untuk Menjadi jurusan unggul yang berperan aktif bagi pengembangan masyarakat melalui proses pendidikan, penelitian dan pengabdian serta menjadi pusat informasi ilmiah di bidang sosiologi dengan berbasis kearifan sosial dan budaya. Maka dari itu, lulusan PS Sosiologi diharapkan memiliki kompetensi, kemandirian dan daya saing yang mampu berperan aktif bagi pengembangan dan pemberdayaan masyarakat.
  • Ilmu Komunikasi
    PS Komunikasi bertujuan untuk menghasilkan lulusan dengan kemampuan Teoritis (memahami teori, metodologi dan desain penelitian, memahami fenomena komunikasi dengan perspektif local), Praktis (aplikasi teori, praktik penulisan jurnalistik, pelatihan komunikasi, mediasi dan negosiasi, serta mendiagnosa dan menganalisa konten media), serta Manajerial (identifikasi dan perumusan program komunikasi, konsultasi dan penyusunan strategi komunikasi pemasaran dan market research). (*Program Studi Ilmu Komunikasi juga membuka Kelas Bahasa Inggris)
  • Psikologi
    Program Studi Psikologi bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, memiliki keterampilan intelektual dan praktis, serta berjiwa entrepreneur, mengembangkan penelitian yang berorientasi pada teknologi dan implikasinya terhadap individu dan masyarakat melalui pusat studi psikologi serta menerapkan psikologi untuk memberdayakan individu dan masyarakat melalui teknologi.
  • Hubungan Internasional
    Secara umum, Sarjana Ilmu Hubungan Internasional UB diarahkan untuk memiliki kompetensi dalam beberapa bidang kerja, antara lain: Urusan Diplomatik, yakni pengetahuan dan keterampilan untuk bekerja di Departemen/Kementrian Luar Negeri dan institusi diplomatik lainnya; Urusan Transnasional, yaitu pengetahuan dan keterampilan untuk bekerja pada beragam institusi transnasional atau menjadi pelaku (aktor) transnasional sendiri; Ilmuwan yang mencakup pengetahuan dan keterampilan dasar untuk bekerja sebagai analis, pengajar dan peneliti; Jurnalis, yakni pengetahuan dan keterampilan untuk bekerja sebagai jurnalis, terutama untuk isu dan permasalahan internasional. (*Program Studi Hubungan Internasional juga membuka Kelas Bahasa Inggris)
  • Ilmu Politik
    PS Ilmu Politik bertujuan untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi pengetahuan dan keahlian (skill) dalam memahami dan menganalisis politik Indonesia dan kebijakan publik, peka dan bisa berpartisipasi dalam perubahan politik dan debat kebijakan, menguasai metodologi dan teknologi Politik serta berkontribusi terhadap perubahan politik yang lebih baik, memiliki kapasitas akademik dan keahlian yang cukup untuk melanjutkan studi S2 dan S3, serta memiliki komitmen pengabdian kepada masyarakat bagi perbaikan kualitas politik masyarakat dan kebijakan pemerintah.
  • Ilmu Pemerintahan
    Lulusan Program Studi Ilmu Pemerintahan dapat bekerja dalam berbagai institusi pemerintahan maupun non pemerintahan seperti birokrat, politisi, ketua lembaga pemerintahan, dosen, konsultan, staf ahli, peneliti, analis media, analis pemerintahan, pekerja sosial dan social entrepreneur. Mahasiswa lulusan ilmu pemerintahan diharapkan memiliki pengetahuan tentang pemerintahan secara umum dan pengetahuan tentang kelembagaan, inovasi dan pemerintahan daerah secara khusus. Memiliki sikap moral santun, berintegritas dan beretika serta mampu bekerjasama dalam tim dan memiliki jiwa social entrepreneur.

Fakultas Ilmu Budaya

  • Sastra Cina
    Program Studi Sastra Cina bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dasar tentang bahasa, sastra, dan budaya Cina yang terampil dalam bidang penerjemahan, pers serta bisnis/wirausaha. (*Program Studi Sastra Cina juga membuka Kelas Internasional)
  • Sastra Inggris
    Program Studi Sastra Inggris bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berbudi luhur, berbudaya nasional dan berwawasan global dalam bidang bahasa, sastra dan budaya baik Inggris maupun nasional yang berkaitan dengan bidang ilmu lain, berdaya saing dan bernilai ekonomis serta mampu menerapkan dalam kegiatan produktif dan pelayanan kepada masyarakat. (*Program Studi Sastra Inggris juga membuka Kelas Internasional)
  • Sastra Jepang
    Program Studi Sastra Jepang bertujuan menghasilkan lulusan yang memiliki ketrampilan di bidang pengajaran, penelitian dan penerjemahan serta memiliki sifat kewirausahaan dalam bidang bahasa, sastra, budaya Jepang dan kajian secara interdisipliner. (*Program Studi Sastra Jepang juga membuka Kelas Internasional)
  • Bahasa dan Sastra Perancis
    Program Studi Bahasa dan Sastra Perancis memiliki misi untuk menghasilkan lulusan yang menguasai bahasa, sastra dan budaya Prancis, mengembangkan penelitian dalam bidang bahasa, sastra dan budaya Prancis serta mengkomunikasikan dan mengaplikasikannya kepada masyarakat.
  • Pendidikan Bahasa Inggris
    Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris bertujuan menghasilkan lulusan yang dapat mengikuti dan mengembangkan konsep, teori, dan aplikasi pendidikan Bahasa Inggris, memiliki kompetensi Bahasa Inggris tingkat mahir dasar dan kompetensi pedagogis, mampu berpikir kritis, kreatif, dan inovatif dengan kemampuan komunikasi yang efektif.
  • Pendidikan Bahasa Jepang
    Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang bertujuan menghasilkan lulusan sarjana pendidikan bahasa Jepang yang profesional, memiliki kemampuan tinggi dalam mengembangkan dan mengaplikasikan ilmu dalam bidang kependidikan serta memiliki kemampuan kewirausahaan, kemandirian tinggi dan mempunyai daya saing di masyarakat.
  • Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
    Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki misi untuk menyelenggarakan pendidikan tinggi dalam rangka meningkatkan pemerataan dan perluasan akses bagi masyarakat dalam ilmu kependidikan bidang Bahasa dan Sastra Indonesia khususnya, dan budaya nasional pada umumnya.
  • Seni Rupa Murni
    Program Studi Seni Rupa bertujuan untuk menghasilkan lulusan sarjana seni rupa yang kreatif, produktif, dan inovatif sesuai dengan kebutuhan masyarakat serta memiliki jiwa entrepreneur, cerdas, dan berbudaya Indonesia.
  • Antropologi
    Program Studi Antropologi bertujuan untuk menghasilkan sarjana antropologi yang menguasai teori, konsep, dan metode antropologi yang kompeten di bidang sosial budaya, mengungkap dan menganalisis permasalahan-permasalahan sosial budaya masyarakat, serta mengaplikasikan pengetahuan keantropologian dalam kehidupan sosial budaya masyarakat, terutama isu-isu pariwisata, media, dan pembangunan wilayah Indonesia Timur.