Seleksi Mahasiswa Baru Program Doktor Ilmu Kedokteran Semester Genap 2019/2020

Informasi Pendaftaran
Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran
Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

Membuka Pendaftaran Mahasiswa Baru

Semester Genap  TA. 2019/2020 (Kelas Reguler / Non Reguler)

Mulai 9 September s/d 6 Desember 2019

SELMA http://selma.ub.ac.id

 

Bidang Minat :

  1. Ilmu Biomedik
  2. Teknologi Kedokteran
  3. Biologi Reproduksi
  4. Sosio Medicine

 

Visi

Menjadi Pusat Pendidikan dan Penelitian yang diakui secara Internasional di Bidang Ilmu Biomedik, Teknologi Kedokteran, Biologi Reproduksi, Sosio Medicine.

 

Misi

Melakukan Pendidikan dan penelitian yang berkualitas bagi Doctor dalam minat Bidang Ilmu Biomedik, Teknologi Kedokteran, Biologi Reproduksi, Sosio Medicine untuk mencapai Kompetensi Profesional.

 

 

Sekretariat PSDIK FKUB

Gedung Pusat Pendidikan lantai II / Gedung A FKUB

Jl. Veteran, Malang 65145

Telp. 0341-575790, Fax 0341-575790

E-mail  pdik.fkub@gmail.com

 

 

 

untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

  • Hadi Santoso (081232318046)
  • Indah W. (08113590859)

 

Pendaftaran mahasiswa baru PSDIK FKUB untuk  Semester Genap dimulai pada tanggal 9 September sampai dengan 6 Desember 2019. Sistem seleksi pelamar melalui seleksi awal terhadap pelamar (calon mahasiswa) dengan mempertimbangkan kelengkapan administrasi dan kelengkapan akademik, dilanjutkan seleksi berikutnya dengan melaksanakan tes wawancara.

Ketetapan penerimaan mahasiswa diputuskan oleh Dekan atas usul Ketua Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran FKUB. Penerimaan dan penolakan calon mahasiswa akan diberitahukan secara tertulis oleh Dekan FKUB ke alamat calon mahasiswa.

 

Jadwal seleksi mahasiswa untuk Semester Genap TA. 2019/2020

Kegiatan Tanggal
Registrasi : Mulai 9 September s/d 6 Desember 2019
Jadwal Tes TPA dan TOEFL di UB
Periode  2 : TPA & TOEFL Test 16  Sept 2019 ppsub.ub.ac.id/tpa-toefl/
Periode  3 : TPA & TOEFL Test 14 Okt 2019 ppsub.ub.ac.id/tpa-toefl/
Periode  4 : TPA & TOEFL Test  25 Nov 2019 ppsub.ub.ac.id/tpa-toefl/
Catatan : Pendaftaran dan tes  TPA / TOEFL di gedung Pascasarjana Pusat UB. Admin an. Teguh Srianto no HP 081334227676 atau  an. Didik 08125276879
Wawancara
Pengumuman penerimaan mahasiswa:  Desember 2019
Registrasi dan pembayaran SPP online:  Menyusul
Permulaan aktivitas pembelajaran: Menyusul

 

SISTEM PENERIMAAN MAHASISWA

Sistem penerimaan mahasiswa baru mempertimbangkan hal-hal berikut, yaitu :

(1) Persyaratan Administrasi

(2) Persyaratan Akademik

(3) Wawancara

(4) Kapasitas daya tampung Program Studi serta ketersediaan Komisi Pembimbing.

 

  1. Persyaratan Administrasi
    1. Ijasah Magister / setingkat Magister sebidang / tidak sebidang dengan program studi yang dipilih, dengan indek prestasi kumulatif ³ 3,00 (pada skala 0 – 4).
    2. Transkrip Akademik Magister / Spesialis
    3. Surat rekomendasi dari 2 (dua) orang bekas dosen atau pembimbing yang dipandang mampu memberikan kelayakan akademik calon mahasiswa (dalam amplop tertutup).
    4. Surat Tugas atau Surat Ijin dari atasan (jika pelamar telah bekerja di suatu instansi) bahwa yang bersangkutan dibebaskan dari tugas-tugas instansi. Untuk dosen universitas negeri dan swasta, surat ijin harus didapat dari Rektor / Kopertis. Untuk calon mahasiswa dari Kemenkes dan instansi lain maka surat izin didapat dari atasan langsung dan Direktur Rumah Sakit.
    5. Surat keterangan tentang sumber dana dan / atau penanggung jawab dana studi selama pendidikan.
    6. Surat keterangan sehat termasuk surat keterangan bebas narkoba dari RS Pemerintah.
    7. Daftar Riwayat Hidup.
    8. Surat keterangan / pernyataan bahwa yang bersangkutan sedang dan tidak menjabat struktural selama studi yang diketahui atasan.
    9. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6.
    10. Kartu Tanda Penduduk.
  2. Persyaratan Akademik
    1. Sertifikat TPA-OTO BAPPENAS / yang dikeluarkan oleh Universitas Negeri yang masih berlaku. Sertifikat TOEFL (bahasa Inggris) dengan nilai minimal 525 atau nilai minimal 550 bagi mahasiswa asing.
    2. Publikasi Jurnal / Komunikasi Ilmiah Nasional / Internasional dan bukti keikut sertaan dalam seminar Nasional / Internasional dalam waktu dua tahun terakhir.
    3. Membuat rencana atau Out Line tentang penelitan terkait disertasi yang akan dilakukan saat menempuh pendidikan di PSDIK FKUB. Out Line diketik maksimal 5 halaman dan soft copynya dikirimkan via e-mail ke fkub@gmail.com
    4. Sertifikat lulus Program Matrikulasi PSDIK FKUB (bagi yang tidak sebidang).
      Informasi :
  1. Calon mahasiswa sebidang (serumpun) Ilmu Kedokteran meliputi : Ilmu-ilmu Kedokteran Dasar, Kedokteran Klinik (Spesialis), Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan, Keperawatan, Kebidanan, Farmasi, Ilmu-ilmu Hayati (Biologi, Biokimia, Biomedik, Psikologi, Bio-Reproduksi), Gizi, IKOR (Ilmu Kesehatan Olahraga), Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Masyarakat. Pertimbangan lebih ditujukan pada gelar Magister / Spesialis.
  2. Calon mahasiswa tidak sebidang meliputi : Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Informatika, harus melampirkan sertifikat Program Matrikulasi yang dikeluarkan oleh PSDIK FKUB.
  • Wawancara
    1. Wawancara dilakukan setelah persyaratan Administrasi dan persyaratan Akademik calon mahasiswa dinilai lengkap, dengan bukti menyerahkan hard copy atau berkas Aslinya sebelum wawancara akan dimulai.
    2. Wawancara bertujuan untuk menilai kesiapan dan kesanggupan calon mahasiswa menyelesaikan pendidikan dalam waktu yang telah ditetapkan.
    3. Dalam wawancara calon mahasiswa diminta menyajikan / presentasi dan power poin secara singkat rencana penelitiannya atau Out Line nya untuk dinilai kebaruan, kedalaman dan kemungkinan keterlaksanaannya.
  • Prosedur Pelamaran
    1. Calon mahasiswa mengajukan lamaran dengan mengisi formulir secara online (SELMA).
    2. Permohonan dilampiri scan dan up load persyaratan administrasi dan persyaratan akademik seperti disebutkan diatas, dikirim dikirim e-mail ke fkub@gmail.com
    3. Seleksi calon mahasiswa / Kriteria Penerimaan : Seleksi awal terhadap calon mahasiswa adalah kelengkapan persyaratan Administrasi dan persyaratan Akademik, dilanjutan seleksi dengan tes wawancara. Ketetapan penerimaan mahasiswa diputuskan oleh Dekan atas usul KPS PSDIK FKUB. Penerimaan dan penolakan calon mahasiswa akan diberitahukan secara tertulis oleh Dekan FKUB ke alamat calon mahasiswa.

 

 

ALUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU PSDIK FKUB

  1. Calon mahasiswa mengisi formulir yang telah disediakan secara online (SELMA).
  2. Permohonan dilampiri scan dan up load semua persyaratan Administrasi dan persyaratan Akademik yang dikirimkan e-mail ke pdik.fkub@gmail.com

 

Prosedur Pelamaran adalah sebagai berikut :

  1. Membayar biaya pendaftaran Seleksi PSDIK FKUB sebesar Rp.2.000.000 (dua juta rupiah) melalui Teller Bank Mandiri atau Teler Bank BNI atau Teler Bank BRI
    (Kode seleksi yang dimasukkan untuk pembayaran pendaftaran PSDIK FKUB adalah 051 + nomor ponsel Anda. Contoh  051081234567890.

    Catatan : Mohon pembayaran tidak melalui mesin ATM, karena PIN SELMA tidak selalu dapat tampil pada print out bukti transaksi ATM.
     
  2. Melakukan pendaftaran secara online menggunakan PIN dan nomor pendaftaran kemudian melengkapi data-data yang diperlukan melalui link pendaftaran berikut:
    http://selma.ub.ac.id/wp-app/pendaftaran/pasca_ub
  3. Pengumuman peserta yang lolos seleksi akan diumumkan di web pdik.fk.ub.ac.id

 

Formulir Pendaftaran

Download Formulir Pendaftaran PSDIK

Isi formulir dengan huruf kapital dan tinta warna hitam.

 

Biaya :

Biaya yang diberlakukan di PSDIK  FKUB adalah sebagai berikut :

Biaya pendaftaran (satu kali pembayaran) IDR 2.000.000
Biaya SPP per semester kelas reguler 1 IDR 20.000.000
Biaya SPP per semester kelas regular 2 IDR 25.000.000
Biaya SPP Internasional  $    5250

 

 

Catatan :

  1. Biaya pendaftaran harus dibayarkan terlebih dahulu agar dapat dilakukan proses selanjutnya secara online.
  2. Kelas Non Reguler dilaksanakan berdasarkan peraturan yang berlaku.
  3. Hal-hal yang belum dimengerti, silahkan menghubungi :

Sekretariat PSDIK FKUB

Gedung Pusat Pendidikan lantai II / Gedung A FKUB

Jl. Veteran, Malang 65145

Telp. 0341-575790, Fax 0341-575790

E-mail  pdik.fkub@gmail.com

 

 

untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi:

  • Hadi Santoso (081232318046)
  • Indah W. (08113590859)