Penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) Jalur SNMPTN 2020/2021

PENGUMUMAN
Nomor : 4116/UN10/TU/2020
PENETAPAN UANG KULIAH TUNGGAL (UKT) JALUR SNMPTN 2020/2021

Dengan ini diumumkan penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi calon mahasiswa baru jalur SNMPTN Universitas Brawijaya Tahun Akademik 2020/2021 yang telah melakukan pemberkasan secara daring.

  1. Pembayaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) bagi mahasiswa baru jalur SNMPTN dibayarkan tiap semester. Pembayaran UKT periode ini untuk semester Ganjil Tahun Akademik 2020/2021.
  2. Untuk mengetahui besarnya UKT yang telah ditetapkan, silakan LOGIN pada laman Admisi UB (https://admisi.ub.ac.id) mulai tanggal 11 Mei 2020pukul 12.00 WIB. Pilih tombol SNMPTN 2020 pada bagian Informasi Penetapan Biaya Pendidikan untuk melihat besaran UKT.
  3. WAJIB membayar UKT yang telah ditetapkan melalui Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank Syariah Mandiri, dan Bank BCA seluruh Indonesia secara on-line atau teller Bank BTN yang dapat dilakukan mulai tanggal 12 Mei, pukul 10.00 s/d 30 Mei 2020, pukul 23.59 menggunakan Nomor Pendaftaran SNMPTN (terdiri dari 10 digit, contoh: 419000xxxx) dengan tata cara sebagai berikut :
    https://selma.ub.ac.id/tata-cara-pembayaran/
  4. Bagi calon mahasiswa yang mendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) dan telah lulus verifikasi kelayakan serta ditetapkan sebagai penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah), maka tidak perlu melakukan pembayaran seperti pada poin 3. Apabila dikemudian hari ternyata diketahui bahwa data-data yang disampaikan ke UB tidak benar, maka Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) akan dicabut dan dapat dikenakan sanksi akademik (dikeluarkan dari UB).
    Hasil verifikasi calon mahasiswa yang mendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) akan diumumkan kemudian melalui laman https://selma.ub.ac.id. Calon mahasiswa yang mendaftar Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) dapat melihat besaran UKT setelah pengumuman hasil verifikasi.
    Biaya pendidikan penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) sudah dibayarkan oleh DIKTI sebesar Rp.400.000,00 x 6 bulan = Rp.2.400.000,00 sehingga UKT dinyatakan lunas dan dapat langsung melakukan proses registrasi (point 5.F).
    Penerima Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-Kuliah) otomatis mendapatkan NIM sehingga tidak perlu melakukan proses konfirmasi.
  5. WAJIB melakukan registrasi secara online dengan login ke http://admisi.ub.ac.id untuk mendapatkan NOMOR INDUK MAHASISWA (NIM) dengan tata cara sebagai berikut :
    1. Login ke laman Admisi UB (http://admisi.ub.ac.id).
    2. Pilih menu SNMPTN
    3. Melakukan konfirmasi pembayaran dengan cara klik tautan Konfirmasi Pembayaran yang tersedia di halaman dashboard laman Admisi UB.
    4. Mengisi informasi untuk konfirmasi pembayaran dan mengunggah foto atau scan bukti pembayaran.
    5. Menunggu proses verifikasi selesai. Apabila proses verifikasi berhasilNOMOR INDUK MAHASISWA (NIM) akan ditampilkan pada halaman dashboard laman Admisi UB.
    6. Setelah mendapatkan NOMOR INDUK MAHASISWA (NIM), mahasiswa  LOGIN pada Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM) https://siam.ub.ac.id dengan menggunakan NIM sebagai username dan memasukkan kata sandi.  Untuk mendapatkan kata sandi, lakukan proses lupa kata sandi dengan mengklik pada tautan Lupa Kata Sandi di halaman depan SIAM. Pada form isian kata sandi masukkan NIM dan email Gmail, kemudian klik centang pada reCaptcha, dan klik tombol Next. Pada halaman selanjutnya, masukkan nomor ujian pada kolom Hint Answer, kemudian klik tombol Next. Jika berhasil maka password baru akan dikirim ke email alternatif.
    7. Mencetak Form Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) Sementara serta Form Pengambilan Jas Almamater pada menu BIODATA bagian CETAK TANDA BUKTI setelah berhasil login pada Sistem Informasi Akademik Mahasiswa (SIAM) https://siam.ub.ac.id.
  6. Simpan form yang telah dicetak pada poin 5 yang akan dipergunakan untuk pengambilan KTM dan Jas Almamater. (Pengambilan KTM dan Jas Almamater akan diumumkan kemudian melalui laman https://selma.ub.ac.id.)
  7. Seluruh biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapun (termasuk jika diterima di Perguruan Tinggi Kedinasan, Perguruan Tinggi Lain, Mengundurkan Diri dan lain-lain).
  8. Lain-lain:
    1. Bagi mahasiswa baru yang telah melakukan registrasi sesuai poin 5, WAJIB mengikuti kegiatan yang akan diumumkan kemudian pada laman SELMA (http://selma.ub.ac.id).
    2. Pembagian Cluster Upacara dapat dilihat di form yang dicetak pada poin 5. Penugasan PKK Maba akan diumumkan kemudian di laman http://selma.ub.ac.idHarap selalu memeriksa pengumuman terbaru di laman SELMA.
    3. Tidak ada kegiatan apapun di Universitas maupun Fakultas sebelum Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru, semua pengumuman resmi tentang mahasiswa baru akan dikeluarkan melalui laman resmi mahasiswa baru UB di laman SELMA (http://selma.ub.ac.id).
    4. Setiap mahasiswa baru yang tidak memenuhi ketentuan pada pengumuman ini dinyatakan mengundurkan diri dan kehilangan hak sebagai mahasiswa baru Universitas Brawijaya tahun akademik 2020/2021.
    5. Hal-hal yang belum jelas dapat ditanyakan secara online melalui HALO SELMA (https://haloselma.ub.ac.id) atau melalui telepon pada bagian berikut (*telepon dilayani pada hari kerja Senin – Jum’at pukul 09.00 – 14.00 WIB pada tanggal 12 Mei 2020 – 30 Mei 2020):
      • Bidang Keuangan ke Bagian Anggaran dan Perbendaharaan Biro Keuangan (Gedung Rektorat Lantai V) Telp.: (0341) 551611 Pesawat 110 atau langsung (0341) 575812 atau email: bendpenerima@ub.ac.id
      • Bidang Akademik ke Bagian Akademik BAK UB (Gedung Rektorat Lantai II) Telp.: (0341) 551611 Pesawat 117 dan 118 atau langsung (0341) 575754
      • Sistem Registrasi Online ke Helpdesk TIK UB Telp.: (0341) 551611 Pesawat 134 atau langsung (0341) 575878.