Penerimaan Mahasiswa Baru Program Doktor Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Administrasi Kampus Malang Semester Ganjil 2020/2021

PENERIMAAN MAHASISWA BARU

PROGRAM DOKTOR ILMU ADMINISTRASI

FAKULTAS ILMU ADMINISTRASI

KAMPUS MALANG

Tahun Akademik 2020/2021

 

A. PENDAHULUAN

Secara resmi Program Doktor Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya dibuka mulai tahun ajaran 2001/2002. Pada awal kehadirannya program ini merupakan bagian dan berada di bawah Program Pascasarjana Universitas Brawijaya. Selanjutnya berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Brawijaya No. 030/SK/2006 tertanggal 27 Februari 2006, Program Doktor Ilmu Administrasi (PDIA) pengelolaannya dikembalikan ke Fakultas Ilmu Administrasi.

 

Sejak dibuka program doktor memiliki 2 minat, yakni Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Administrasi Publik. Ketua Program Doktor Ilmu Administrasi pada tahun 2001 – 2005 dijabat oleh Prof.Dr. M. Irfan Islamy, MPA, pada tahun 2005 sampai 2013 dijabat oleh Prof.Dr. Soesilo Zauhar, MS. Dan pada tahun 2014 Ketua Program Doktor Ilmu Administrasi dijabat oleh Prof. Sumartono, MS.

 

Pada tanggal 12 November 2010, PDIA berhasil mendapatkan Sertifikat Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Republik Indonesia (BAN-PT) dengan Surat Keputusan BAN-PT No. 012/BAN-PT/Ak-IX/S3/XI/2010 dan telah re-akreditasi sesuai SK BAN-PT nomor 47/399/2412/S3/2015 untuk periode 2015-2020 dengan Sertifikat Akreditasi A.

 

B. VISI

Menjadi pusat penyediaan sumberdaya manusia Indonesia terkemuka dan kompetitif di bidang Ilmu Administrasi (Administrasi Publik dan Bisnis) pada level nasional dan internasional pada tahun 2025 serta memiliki akhlak mulia sehingga mampu memberikan sumbangsihnya yang paling tinggi bagi kemanusiaan dan kesejahteraan Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

C. MISI

  1. Mengembangkan ilmu administrasi yang memiliki relevansi teoritik dan kebijakan berbasis pada pendekatan transdisipliner sesuai dengan derap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  2. Meningkatkan kapasitas kemandirian dan karakter luhur, yang bertumpu pada konstelasi sosial, budaya, politik dan ekonomi, yang sepadan dan kondusif untuk mewujudkan kenyamanan dan kesejahteraan kehidupan bangsa, dan kesetaraan kehidupan antara bangsa yang bermartabat.
  3. Menanamkan dan membina rasa kebangsaan yang kokoh dan mendalam.

 

D. KURIKULUM

Kurikulum Minat Administrasi Publik

NO KODE MATA KULIAH SKS STATUS SEMESTER
1 IAF90001 Dasar-Dasar Teori Administrasi

Fundamentals of Administrative Theory

2 WK I/II
2 IAP90001 Pengantar Kebijakan Publik

Introduction of Public Policy

2 WK I/II
3 IAF91001 Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian

Philosophy of Science and Research Methodology

3 WP I
NO KODE MATA KULIAH SKS STATUS SEMESTER
4 IAF91002 Teori Administrasi

Advanced Administrative Theory

3 WP I
5 IAP91001 Kepemimpinan Sektor Publik

Public Sector Leadership

3 WM I
6 IAP91002 Reformasi Kebijakan Publik

Public Policy Reform

3 WM I
7 IAP92003 Sistem Administrasi Pemerintahan Lokal

Administrative System of Local Government

2 PD II
8 IAP92005 Reformasi Administrasi & Governance

Governance and Administrative Reform

2 PD II
9 IAP92001 Ekonomi Politik Kebijakan Publik

Political Economy of Public Policy

2 PD II
10 IAP92002 Manajemen Pelayanan Publik

Public Service Management

2 PD II
11 IAP92004 Regulasi Administrasi di Negara-Negara Berkembang

Administrative Regulation in Developing Countries

2 PD II
12 UBU90001 Disertasi

Dissertation

28 WP III/VI

 

Kurikulum Minat Administrasi Bisnis

NO KODE MATA KULIAH SKS STATUS SEMESTER
1 IAF90001 Dasar-Dasar Teori Administrasi

Fundamentals of Administrative Theory

2 WK I/II
2 IAB90001 Perilaku Organisasi

Organizational Behaviour

2 WK I/II
3 IAF91001 Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian

Philosophy of Science and Research Methodology

3 WP I
4 IAF91002 Teori Administrasi

Advanced Administrative Theory

3 WP I
5 IAB91001 Teori Corporate Governance dan Etika Bisnis Corporate Governance and Business Ethics Theory 3 WM I
6 IAB91002 Teori-Teori Entrepreneurship

Entrepreneurship Theories

3 WM I
7 IAB91003 Teori-Teori Strategi dan Kebijakan Bisnis

Theories in Business Policy and Strategy

3 WM I
8 IAB92001 Psikologi Industri dan Organisasi

Psychological Industry and Organization

2 PD II
9 IAB92002 Isu-isu Kontemporer Pemasaran

Contemporary Issues in Marketing

2 PD II
10 IAB92003 Tata Kelola Teknologi Informasi

Governing Information Technology

2 PD II
11 IAB92004 Teori dan Pengambilan Keputusan Keuangan Theories and Decision Making in Finance 2 PD II
12 UBU90001 Disertasi

Dissertation

28 WP III/VI

 

 

E. PERSYARATAN

Calon pendaftar Program Doktor Ilmu Administrasi Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya harus melakukan pendaftaran secara online di selma.ub.ac.id dan uplod berkas sebagai berikut :

  1. scan ijasah S1 (asli)
  2. scan ijasah S2 (asli)
  3. scan transkrip S1 (asli)
  4. scan transkrip S2 (asli)
  5. scan rekomendasi dari 3 orang (minimal Doktor)
    Download Form Rekomendasi
  6. file tesis atau scan tesis ( cover, lembar pengesahan, lembar originalitas, abstrak/ringkasan )
  7. file karya ilmiah atau scan karya ilmiah / jurnal (cover, daftar isi, artikel)
  8. file rencana proposal disertasi
  9. scan TOEFL (asli)
  10. scan TPA (asli)
  11. file daftar riwayat hidup
  12. scan KTP (asli)
  13. scan Foto Berwarna
  14. scan Surat Keterangan Kesehatan (dari rumah sakit pemerintah minimal puskesmas)
  15. scan surat ijin belajar dari atasan
    Download Form Surat Ijin Belajar
  16. scan surat keterangan tentang sumber dana
    Download Form Keterangan Sumber Dana
  17. scan bukti bayar biaya pendaftaran (asli)

 

Dan berkas yang harus dibawa pada saat wawancara untuk diserahkan ke sekretariat PDIA :

  1. Salinan ijazah S1 dan S2 yang telah dilegalisir (1 lembar)
  2. Salinan transkrip nilai S1 dan S2 (IPK minimal 3.00 ) yang telah dilegalisir (1 lembar)
  3. Surat rekomendasi dari 3 orang yang dianggap dapat memberikan penilaian kelayakan akademik ( 1 lembar)
  4. Salinan Tesis program magister (cover, lembar pengesahan, lembar originalitas, abstrak/ringkasan) ( 1 eksemplar)
  5. Salinan karya ilmiah setelah lulus magister (1 jurnal saja)
  6. Rencana proposal disertasi ( 3 rangkap )
  7. Salinan sertifikat TOEFL ( 1 lembar )
  8. Salinan sertifikat TPA OTTO-BAPPENAS ( 1 lembar ) dan menunjukkan Sertifikat TPA asli
  9. Daftar riwayat hidup (1 eksemplar)
  10. Fotocopy KTP (1 lembar)
  11. Foto terbaru berwarna ukuran 4 × 6 sebanyak 4 (empat) lembar
  12. Surat keterangan kesehatan (1 lembar)
  13. Surat ijin belajar dari atasan, jika pelamar telah bekerja (1 rangkap)
  14. Surat keterangan tentang sumber dana (1 lembar)
  15. Fotocopy Slip Bayar Pendaftaran ( 1 lembar )

Tahapan Pendaftaran

  1. Calon peserta login pada  https://admisi.ub.ac.id menggunakan akun Gmail
  2. Gunakan alamat email Gmail yang benar dan valid untuk melakukan verifikasi email pendaftar;
  3. Login ke email Gmail dan lakukan verifikasi melalui link verifikasi pada email yang dikirim oleh Admisi UB. Setelah email terverifikasi, pendaftar dapat mulai melakukan proses pendaftaran;
  4. Pendaftar memilih Seleksi Pasca FIA Doktor Ilmu Administrasi, kemudian melakukan request KODE PEMBAYARAN;
  5. Proses pendaftaran mulai dari request kode bayar sampai dengan finalisasi dilaksanakan secara online melalui laman https://admisi.ub.ac.id pada tanggal: 1 April s/d 30 Juni 2020
  6. Apabila proses request berhasil, maka Anda akan memperoleh KODE PEMBAYARAN(13 digit);
  7. Biaya pendaftaran sebesar  2.000.000 (satu juta rupiah) disetor pada Bank BRI, Bank Mandiri atau Bank BNI seluruh Indonesia (semua kanal pembayaran)di seluruh Indonesia dengan menunjukkan KODE PEMBAYARAN;
  8. Biaya pendaftaran yang telah dibayarkan di bank tidak dapat ditarik kembali dengan alasan apapunHarap mengikuti tata cara pembayaran sebagai berikut :
    1. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BRI
    2. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank Mandiri
    3. Tata Cara Pembayaran Melalui Bank BNI
  9. Setelah pembayaran berhasil, peserta melakukan konfirmasi pembayaran pada laman https://admisi.ub.ac.id. Harap menggandakan (fotocopy) struk bukti bayar setidaknya 1 (satu) lembar sebagai bukti cadangan;
  10. Setelah konfirmasi, pendaftar dapat melakukan pengisian pendaftaran Seleksi Pasca FIA Doktor Ilmu Administrasi;
  11. Setelah pendaftaran selesai, peserta akan mendapatkan Nomor Pendaftaran Seleksi Pasca FIA Doktor Ilmu Administrasi.
  12. Calon peserta mencetak Kartu Peserta Ujian.

 

F. BIAYA PENDIDIKAN

Rincian biaya kuliah adalah sebagai berikut :

  1. Biaya Pendaftaran
    Pendaftaran Kampus Malang     : Rp.             2.000.000
  1. Biaya UKT per Semester Kampus Malang
    Reguler  I                                      :     Rp.             14.000.000
    Reguler II                                     :     Rp.             16.500.000

 

G. JADWAL KEGIATAN PENERIMAAN MAHASISWA BARU

Kegiatan Semester Gasal 2020/2021 Tempat
Pendaftaran Mahasiswa Baru 1 April – 30 Juni 2020                     http://selma.ub.ac.id
Seleksi Administrasi April – Juni 2020                                     PDIA FIA UB
Pengumuman Seleksi Administrasi April – Juni 2020                                     PDIA FIA UB
Seleksi Wawancara April – Juni 2020                                     PDIA FIA UB
Pengumuman Seleksi Wawancara 03 Agustus 2020                                     PDIA FIA UB
Daftar Ulang 30 Juli – 10 Agustus 2020                (menyesuaikan kalender akademik UB)
Perkuliahan September 2020 – Februari 2021 (menyesuaikan kalender akademik UB)

 

 

H. STAF PENGAJAR

Dosen Tamu

  1. Prof. Dr. Azhar Kasim, MS.                                 4.    Prof. Dr. Martani Husseini, MA.
  2. Prof. Dr. Jacob Warella, MPA.                                 5.    Prof. Dr. Didik J. Rachbini, M.Sc.
  3. Prof. Dr. Moechtar Mas’oed, MA.                 6.    Prof. Dr. Ginandjar Kartasasmita

                        

Dosen Minat Administrasi Publik

  1. ABDUL HAKIM, Prof. Dr. M.Si
  2. ABDUL JULI ANDI GANI, Prof. Dr, MS
  3. ABDULLAH SAID, Dr, M.Si
  4. AGUS SURYONO, Prof. Dr, MS
  5. ALFI HARIS W, Dr. SAP.,M.AP.,MMG
  6. ANDY FEFTA WIJAYA, Drs, MDA, Ph.D
  7. BAMBANG SANTOSO H.,Dr.,MS
  8. BAMBANG SUPRIYONO, Prof. Dr.,MS
  9. CHOIRUL SALEH, Dr. M.Si
  10. ENDAH SETYOWATI Dr., S.Sos, M.Si
  11. FADILLAH AMIN, Dr, MAP
  12. FADILLAH PUTRA, M.Si., MPAff., Ph.D
  13. FADEL MUHAMMAD, Prof. Dr.,
  14. FIRDA HIDAYATI, S.Sos, MPA, DPA
  15. HERMAWAN, Dr.S.IP, M.Si
  16. IMAM HANAFI, Dr, M.Si, MS
  17. IRWAN NOOR, Dr. MA
  18. LELY INDAHMINDARTI, Dr, M.Si
  19. LUQMAN HAKIM, Dr, Drs., M.Sc
  20. MARDIYONO, Dr. MPA
  21. MOCHAMAD MAKMUR, Dr.,MS
  22. MOCHAMAD ROZIKIN, Dr. Drs, MAP
  23. MOHAMMAD NUH, Dr. S.IP, M.Si
  24. R. KHAIRUL MULUK,Dr. S.Sos, M.Si
  25. RATIH NUR PRATIWI, Dr. M.Si
  26. RIYANTO, Dr M.Hum
  27. SARWONO, Dr, M.Si
  28. SISWIDIYANTO, Dr., Drs, MS
  29. SITI ROCHMAH, Dr M.Si
  30. SJAMSIAR SJAMSUDDIN, Prof, Dr
  31. SOESILO ZAUHAR, Prof, Dr, MS
  32. SUJARWOTO, S.IP, M.Si., Ph.D
  33. SUMARTONO, Prof, Dr. MS
  34. SURYADI, Dr, MS
  35. TJAHJANULIN DOMAI, Dr.,MS
  36. WIKE, S.Sos., M.Si, DPA

 

Dosen Minat Administrasi Bisnis

  1. ANDRIANI KUSUMAWATI, M.Si.,DBA
  2. ARI DARMAWAN, Dr., S.AB.,M.AB
  3. ARIK PRASETYA, S.Sos, M.Si.Ph.D
  4. CACIK RUT D, M.Prof.Acc,DBA
  5. EDRIANA PANGESTUTI, SE., M.Si, DBA
  6. EDY YULIANTO, Dr, M.P
  7. EKO G, Prof, Dr, M.Com. Hons, Ph.D
  8. ENDANG SITI ASTUTI, Prof.Dr., M.Si
  9. HAMIDAH NAYATI UTAMI, , M.Si
  10. IMAM SUYADI, Dr, M.Si
  11. KADARISMAN HIDAYAT, Dr, M.Si
  12. KUSDI RAHARDJO, Dr, DEA
  13. AL MUSADIEQ, Dr, MBA
  14. DZULKIROM AR., Dr.
  15. MOHAMMAD IQBAL, M.IB., DBA
  16. MUKHAMMAD KHOLID M, MAB, Ph.D
  17. NENGAH SUDJANA, Dr., M.Si
  18. NILA FIRDAUSI NUZULA, M.Si, Ph. D
  19. SAPARILA WOROKINASIH, Dr., M.Si
  20. SITI RAGIL HANDAYANI, Dr, M.Si
  21. SRI MANGESTI RAHAYU, Dr, M.Si
  22. SUHADAK, Prof, Dr, M.Ec
  23. SUHARYONO, Prof, Dr, MA
  24. SUNARTI, Dr. S.Sos, MAB
  25. TAHER ALHABSJI, Prof, Dr
  26. TRI WULIDA A, M.Si, MHRM, PhD
  27. UMAR NIMRAN, Prof, Dr, MA
  28. WILOPO, Dr, MAB
  29. YUSRI ABDILLAH, S.Sos., M.Si., Ph.D
  30. ZAINUL ARIFIN, Dr., M.Si

.

 

I. ALAMAT DAN CONTACT PERSON

PROGRAM DOKTOR ILMU ADMINISTRASI (PDIA FIA UB)

  1. Alamat :     MT. Haryono 163 Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65145
  2. Email :     fia@ub.ac.id
  3. Website :     fia.ac.ub/doktoral
  4. Telepon :     (0341) 556703 atau (0341)553737 psw 2006
  5. Contact Person :
    Taufan Pamili C.         (085234465115)
    Afrendi Hari T             (082143341966)
    Risya Dwijayanti        (082232138332)