Seleksi Penerimaan Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Semester Ganjil 2017/2018

Ditulis pada tanggal 21 Pebruari 2017 pada kategori Berita, Pascasarjana, Pengumuman

Visi

Menjadikan Program Studi Doktor Ilmu Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya sebagai sentra kajian keilmuan dan pendidikan yang berdaya saing Internasional dengan keunggulan bidang Biomedik Bioreproduksi dan Teknologi Kedokteran.

Misi

Menyelenggarakan pendidikan doktor yang mampu mengembangkan ilmu kedokteran dan kesehatan dengan kajian Biomedik Bioreproduksi dan Teknologi Kedokteran melalui penelitian.

Informasi pendaftaran :

Pendaftaran mahasiswa baru PSDIK FKUB untuk  Semester Ganjil dimulai pada awal bulan Februari 2017 sampai dengan akhir bulan Mei 2017.

Sistem seleksi pelamar melalui seleksi awal terhadap pelamar (calon mahasiswa) dengan mempertimbangkan kelengkapan administrasi dan akademik, dilanjutan seleksi berikutnya dengan melaksanakan tes wawancara.

Ketetapan penerimaan mahasiswa diputuskan oleh Dekan atas usul Ketua Program Studi. Penerimaan dan penolakan calon mahasiswa akan diberitahukan secara tertulis oleh Dekan FKUB ke alamat calon mahasiswa.

Jadwal seleksi mahasiswa untuk Semester Ganjil 2017/2018

Kegiatan Tanggal
Registrasi Februari – Mei 2017
Periode 2 TPA & TOEFL Test  11 Feb 2017 ppsub.ub.ac.id/tpa-toefl/
Periode 3 TPA & TOEFL Test  11 Maret 2017 ppsub.ub.ac.id/tpa-toefl/
Periode 4 TPA & TOEFL Test   8 April 2017 ppsub.ub.ac.id/tpa-toefl/
Wawancara Menyusul
Pengumuman penerimaan mahasiswa Juli 2017
Registrasi dan pembayaran SPP online Menyusul
Permulaan aktivitas pembelajaran * Menyusul

* Sekretariat PSDIK FKUB, di  Gedung Graha Medika (Gedung C) lantai 1 Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya. Jl. Veteran, Malang 65145, Telp. 0341-575790, Fax 0341-575790

** Pengumuman hasil seleksi dapat diakses di www.pdik.fk.ub.ac.id

Sistem Penerimaan Mahasiswa

Sistem penerimaan mahasiswa baru di PSDIK-FKUB mempertimbangkan hal-hal berikut yaitu :

(1) Persyaratan Administrasi

(2) Persyaratan Akademik

(3) Wawancara dan

(4) Kapasitas daya tampung Program Studi serta ketersediaan Komisi Pembimbing.

  1. Persyaratan Administrasi
    1. Surat Pernyataan keaslian Ijasah.
    2. Ijasah magister / setingkat magister sebidang / tidak sebidang dengan program studi yang dipilih.
    3. Transkrip magister / setingkat magister dengan indek prestasi kumulatif ³ 3,00 (pada skala 0-4).
    4. Surat rekomendasi dari dua orang bekas dosen atau pembimbing yang dipandang mampu memberikan kelayakan akademik calon mahasiswa.
    5. Surat tugas atau surat ijin dari atasan (jika pelamar telah bekerja di suatu instansi) bahwa yang bersangkutan dibebaskan dari tugas-tugas instansi. Untuk dosen universitas negeri dan swasta, surat ijin harus didapat dari Rektor / Kopertis. Untuk calon mahasiswa dari Kemenkes dan instansi lain maka surat izin didapat dari atasan langsung dan Direktur Rumah Sakit.
    6. Surat keterangan tentang sumber dana dan / atau penanggung jawab dana studi selama pendidikan.
    7. Surat keterangan sehat termasuk surat keterangan bebas narkoba dari RS Pemerintah.
    8. Daftar Riwayat hidup.
    9. Surat keterangan / pernyataan bahwa yang bersangkutan sedang dan tidak menjabat selama studi yang diketahui atasan.
    10. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6.
    11. Kartu Tanda Penduduk.
  2. Persyaratan Akademik
    1. Sertifikat TPA-OTO BAPPENAS dengan skor minimal 500 yang masih berlaku.
    2. Sertifikat Bahasa Inggris setara TOEFL yang dikeluarkan oleh Institusi dengan skor minimal 500 yang masih berlaku.
    3. Publikasi jurnal dan atau komunikasi ilmiah / bukti keikutsertaan dalam seminar nasional / internasional minimal dua dalam dua tahun terakhir
    4. Rencana (outline) penelitan disertasi yang akan dilakukan saat menempuh pendidikan di PSDIK-FKUB (maksimal 5 halaman).
    5. Calon mahasiswa sebidang (serumpun) Ilmu Kedokteran meliputi : Ilmu-ilmu Kedokteran Dasar, Kedokteran Klinik (Spesialis), Kedokteran Gigi, Kedokteran Hewan, Keperawatan, Kebidanan, Farmasi, Ilmu-ilmu Hayati (Biologi, Biokimia, Biomedik, Psikologi, Bio-Reproduksi), Gizi, IKOR (Ilmu Kesehatan Olahraga), Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Masyarakat. Pertimbangan lebih ditujukan pada gelar magister / spesialis.
    6. Calon mahasiswa tidak sebidang meliputi : Teknik Mesin, Teknik Elektro, Tehnik Informatika, harus melampirkan sertifikat Program Matrikulasi yang dikeluarkan oleh PSDIK FKUB.
  3. Wawancara
    1. Wawancara dilakukan setelah persyaratan administrasi dan akademik calon mahasiswa dinilai lengkap.
    2. Wawancara bertujuan untuk menilai kesiapan dan kesanggupan calon mahasiswa menyelesaikan pendidikan dalam waktu yang telah ditetapkan.
    3. Dalam wawancara calon mahasiswa diminta menjajikan secara singkat rencana penelitiannya untuk dinilai kebaruan, kedalaman dan kemungkinan keterlaksanaannya.
  4. Persyaratan Penerimaan Mahasiswa Asing
    PSDIK FKUB dapat menerima mahasiswa yang berasal dari mancanegara untuk mengikuti kelas reguler atau kelas khusus bahasa Inggris. Syarat-syarat yang diperlukan untuk dapat diterima adalah sebagai berikut:

    1. Surat Pernyataan keaslian Ijasah.
    2. Ijasah yang setara dengan magister dan salinan daftar nilai yang mendapat pengesahan dari
    3. Surat ijin belajar dari Kemenristekdikti.
    4. Surat keterangan sehat termasuk bebas narkoba dari RS Pemerintah Indonesia.
    5. Surat keterangan tentang sumber dana dan / atau penanggung jawab dana studi.
    6. Pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6.
    7. Paspor yang masih berlaku.
    8. Surat tanda lulus ujian bahasa Indonesia yang diselenggarakan oleh program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) yang masih berlaku untuk yang mengikuti kelas reguler.
    9. Sertifikat TOEFL yang dikeluarkan Institusi yang masih berlaku dengan nilai sekurang-kurangnya 5
    10. Publikasi jurnal dan atau komunikasi ilmiah / bukti keikutsertaan dalam seminar internasional minimal dua dalam dua tahun terakhir.
    11. Rencana (outline) penelitan disertasi yang akan dilakukan saat menempuh pendidikan di PSDIK-FKUB (maksimal 5 halaman).
    12. Tes wawancara oleh Tim Pewawancara PSDIK FKUB.
    13. Kelas khusus Bahasa Inggris akan dibuka dengan minimal mahasiswa 3 orang.
  5. Prosedur Pelamaran
    1. Calon mahasiswa mengajukan lamaran dengan mengisi formulir secara online.
    2. Permohonan dilampiri (scan dan upload) persyaratan administrasi dan akademik seperti disebutkan diatas.
    3. Waktu pelamaran : Pelamaran Semester Ganjil dimulai pada awal bulan Pebruari sampai dengan akhir bulan Mei. Pelamaran Semester Genap dimulai pada awal bulan Oktober sampai dengan akhir bulan Desember.
    4. Seleksi calon mahasiswa / Kriteria Penerimaan : Seleksi awal terhadap calon mahasiswa adalah kelengkapan administrasi dan akademik, dilanjutan seleksi dengan tes wawancara. Ketetapan penerimaan mahasiswa diputuskan oleh Dekan atas usul Ketua Program Studi. Penerimaan dan penolakan calon mahasiswa akan diberitahukan secara tertulis oleh Dekan FKUB ke alamat calon mahasiswa.

Alur Penerimaan Mahasiswa Baru PSDIK-FKUB

  1. Calon mahasiswa mengisi formulir yang telah disediakan secara online.
  2. Permohonan dilampiri (scan / upload) dengan Persyaratan Administrasi dan Akademik meliputi :
    • Persyaratan Administrasi :
      1. Surat Pernyataan keaslian Ijasah – download **)
      2. Ijazah magister / Spesialis *)
      3. Transkrip Akademik Magister / Spesialis *)
      4. Rekomendasi 2 orang (amplop tertutup) – download **)
      5. Surat Tugas atau Surat Ijin atasan **)
      6. Pernyataan Sumber Dana **)
      7. Surat Keterangan Dokter **)
      8. Daftar Riwayat Hidup – download *)
      9. Surat Keterangan / Pernyataan sedang atau tidak menjabat structural **)
      10. Foto berwarna terbaru ukuran 4×6 *)
      11. Kartu Tanda Penduduk *)
    • Persyaratan Akademik :
      1. Sertifikat TPA OTO-BAPPENAS minimal 500 **)
      2. Sertifikat TOEFL minimal 500 / 550 (mahasiswa asing)  **)
      3. Publikasi / Komunikasi Ilmiah Nasional / Internasional dalam dua tahun terakhir **)
      4. Rencana (Outline) penelitian yang akan dilakukan. – download **)
      5. Sertifikat lulus Program Matrikulasi PSDIK FKUB (bagi yang tidak sebidang) **)
    • Persyaratan Administrasi untuk Mahasiswa Asing :
      1. Surat Pernyataan keaslian Ijasah – download **)
      2. Ijazah. *)
      3. Salinan Daftar Nilai. *)
      4. Surat ijin belajar dari Kemenristekdekti. **)
      5. Rekomendasi 2 orang. – download **)
      6. Pernyataan Sumber Dana. **)
      7. Surat Keterangan Sehat **)
      8. Daftar Riwayat Hidup. – download *)
      9. Foto berwarna terbaru ukuran 4×6. *)
      10. Paspor*)
    • Persyaratan Akademik untuk Mahasiswa Asing:
      1. Sertifikat TOEFL Institusi. **)
      2. Sertifikat TOEFL minimal 500 / 550 (mahasiswa asing)  **)
      3. Publikasi / Komunikasi Ilmiah . **)
      4. Rencana (Outline) penelitian. – download **)

Ket:

*) Upload di http://selma.ub.ac.id/wp-app/pendaftaran/pasca_ub

**) kirim mail ke ppsfk@ub.ac.id

 

Prosedur Pelamaran adalah sebagai berikut :

  1. Calon mahasiswa mendownload formulir pendaftaran PSDIK FKUB dan mengisinya, kemudian kirim mail ke ppsfk@ub.ac.id.
  2. Membayar biaya pendaftaran Seleksi PSDIK FKUB sebesar Rp.1.000.000 (satu juta rupiah) melalui Bank Mandiri/Bank BNI/Bank BRI (Kode seleksi yang dimasukkan untuk pembayaran pendaftaran PSDIK FKUB adalah 051 + nomor ponsel Anda, misal 051081234567890) dengan tata cara pembayaran sebagai berikut : Tata Cara Pembayaran Pendidikan UB
  3. Melakukan pendaftaran secara online menggunakan PIN dan nomor pendaftaran kemudian melengkapi data-data yang diperlukan melalui link pendaftaran berikut:
    http://selma.ub.ac.id/wp-app/pendaftaran/pasca_ub
  4. Pengumuman peserta yang lolos seleksi akan diumumkan di web pdik.fk.ub.ac.id

 

Formulir

Formulir Pendaftaran PSDIK Indonesia – English

Biaya :

Biaya yang diberlakukan di PSDIK – FKUB adalah sebagai berikut :

Biaya pendaftaran (satu kali pembayaran) IDR 1.000.000
Biaya SPP per semester (kelas reguler) IDR 17.500.000
Biaya SPP per semester (kelas non regular) IDR 20.000.000
Biaya SPP per semester (kelas Internasional) US$ 2000

Catatan :

  1. Biaya pendaftaran harus dibayarkan terlebih dahulu agar dapat dilakukan proses selanjutnya secara online.
  2. Kelas Internasional bisa dibuka/dilaksanakan minimal 3 orang peserta, apabila kurang dari 3 orang akan digabungkan dengan kelas regular.